20 Destinasi di Pandeglang untuk Wisata Alam yang Seru

Saat liburan sudah tiba, di mana tempat yang ingin kamu tuju untuk menghabiskannya? Pantai, gunung atau air terjun? Jika jawabanmu adalah ketiganya, maka kamu sebaiknya mencoba berkunjung ke Pandeglang. Pandeglang memiliki sederet tempat wisata alam yang indah mulai dari pulau dengan pantainya yang berpasir putih hingga gunung yang menguji staminamu.

Serunya lagi, jarak Pandeglang tidak jauh dari Jakarta dan bisa kamu tempuh dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus dan kereta api. Jika mengendarai mobil atau naik bus, kamu dapat mencari rute ke arah Merak, turun di Serang dan meneruskan perjalanan hingga tiba di Pandeglang. Rute kereta api pun tidak rumit, cukup mencari kereta tujuan Rangkasbitung dan melanjutkan dengan angkutan umum ke Pandeglang. Rute yang tidak terlalu sulit dan punya beragam destinasi, menarik kan? Cek dulu ya rekomendasi TripZilla di bawah ini untuk merencanakan liburanmu di Pandeglang!

1. Bermain di Pulau Liwungan yang masih alami

tempat wisata pandeglang
Image credit: pulauliwungan_trip

Pulau Liwungan merupakan pulau tidak berpenghuni yang lazim dijadikan tujuan wisata. Bagaimana tidak, keindahan dari perpaduan nyiur dan pasir putihnya akan menyegarkan matamu.

Image credit: pulauliwungan_trip

Kamu dapat membawa snorkel atau hammock untuk bersantai di pulau ini. Sekedar berjalan-jalan untuk mencari spot foto juga asyik untuk dilakukan. Jangan lupa membawa bekal dan tetap menjaga kebersihan jika ingin piknik di pulau ini ya!

Alamat: Pulau Liwungan, Citeureup, Panimbang, Pandeglang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

2. Selfie di tengah asrinya di Curug Cinoyong 

tempat wisata pandeglang
Image credit: fahmijakoci

Curug Cinoyong ini selain cukup tinggi juga akan memanjakan matamu dengan keasrian lingkungan di sekitarnya. Dikelilingi area sawah penduduk, kamu dapat melepaskan penat dengan airnya yang jernih dan dingin. Debit airnya cukup deras dengan arus yang kuat jadi kamu wajib berhati-hati jika ingin berenang di sini ya! Kalau tidak mau berbasah-basahan, duduk saja di bebatuannya sambil merasakan angin sepoi-sepoi, nikmat juga kok!

Alamat: Cinoyong, Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

3. Menyepi di Pantai Bugel Mega Camara 

tempat wisata pandeglang
Image credit: petrichor_story 

Pantai yang masih sepi pengunjung ini cocok untuk sekedar berfoto atau bahkan mendirikan tenda. Jika kamu berkunjung saat musim kemarau, maka daratan pantainya akan tampak seperti padang rumput.

Image credit: tanto.arban

Kamu dapat menemukan sudut-sudut yang instagramable di pantai ini. Baik dilihat dari depan maupun dari atas, semua spot sama cantiknya!

Alamat: Banyuasih, Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 20,000 IDR

4. Menatap tenangnya air Situ Cikedal yang bikin rileks

Image credit: mr._kim_07 

Situ yang terletak di pinggir jalan raya ini menarik untuk dijadikan tempat bersantai sejenak. Ukurannya yang cukup luas dan sudah terawat sehingga membuat Situ Cikedal semakin enak dipandang.

tempat wisata pandeglang
Image credit: nwsucii

Situ Cikedal menjadi sumber air bersih untuk warga sekitar dan sumber air irigasi. Jika berkunjung ke sini, kamu dapat menikmati keindahan situ sambil beristirahat di warung yang ada di sekitarnya.

Alamat: Jl. Raya Labuan, Desa Dahu, Kecamatan Cikedal, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

5. Menikmati susunan bebatuan yang indah di Curug Cimanggung

Image credit: tubagushr_

Jika hendak melihat indahnya Curug Cimanggung, sebaiknya kamu datang dengan kendaraan roda dua karena akses jalan yang sempit. Namun jerih payahmu akan terbayar dengan pemandangan yang kamu dapatkan di sini. Bebatuan besar yang terhampar dan kolam curug akan mengundangmu untuk diam dan mengaguminya. Alam sekitarnya yang masih alami akan membuatmu makin betah bersantai di sini.

Alamat: Cinoyong, Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

6. Mengagumi dua tingkat air di Curug Sawer

tempat wisata pandeglang
Image credit: rizalkedua

Curug Sawer ini terdiri dari dua tingkat air terjun dan keduanya punya nama masing-masing. Tingkat pertama disebut Curug Lalakina di bagian atas dan tingkat kedua disebut Curug Bikang. Curug Sawer ini seringkali menjadi lokasi bertapa bagi warga sekitar. Di bawah curug ini juga ada goa sehingga makin menambah kekayaan lanskapnya. Bikin penasaran nih!

Alamat: Sanghiangdengdek, Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

7. Pulau Oar, si kecil yang menyimpan keindahan besar

tempat wisata pandeglang
Image credit: pulauoar 

Pulau Oar yang terletak dalam kawasan Ujung Kulon ini mungil namun layak kamu kunjungi. Siapa yang tidak mau menikmati butiran pasir halus di bawah terik matahari sambil menatap air yang membiru seperti ini?

Image credit: shampo_ketengan

Tidak butuh waktu lama jika kamu ingin berjalan-jalan memutari Pulau Oar. Pulau ini pun sangat aman untuk berenang atau snorkeling sehingga bisa jadi destinasi yang pas untuk dikunjungi bersama keluarga. Dipandang dari sisi mana pun, Pulau Oar terlihat cantik kan?

Alamat: Kertajaya, Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 25,000 IDR

8. Mengagumi ombak yang menawan di Pulau Panaitan

tempat wisata pandeglang
Image credit: bumiiadv_travel 

Daya tarik Pulau Panaitan berupa ombak yang bagus dan juga titik-titik selam yang indah sudah terkenal di kalangan wisatawan. Para pehobi selancar sering mengunjungi pulau ini pada bulan April hingga November untuk menjajal gulungan ombaknya.

tempat wisata pandeglang
Image credit: satpolairres_pandeglang

Terumbu karang yang tumbuh di perairan Pulau Panaitan juga mempesona. Selain kehidupan bawah lautnya, di darat kamu juga bisa menemukan fauna liar seperti biawak, rusa dan monyet. Kekayaan alamnya bisa bikin pengalaman liburanmu jadi makin seru lho!

Alamat: Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

9. Sekaligus melihat dua curug di Curug Ciajeng Kembar 

Image credit: lilisetiawatii_

Seperti namanya, di Curug Ciajeng Kembar ini terdapat dua curug yang berjarak sekitar 50 meter satu sama lain. Kenakan alas kaki yang nyaman untuk menjelajah karena jalan menuju ke curug ini masih berupa jalan setapak. Kalau ingin lebih mudah, datanglah pada musim kemarau saat jalanan tidak licin. Namun jika kamu datang pada musim penghujan, kamu bisa berburu durian di tempat ini. Di area curug memang terdapat pohon-pohon durian sehingga sesekali ada buah durian yang jatuh dan bisa kamu santap. Ingin mencoba?

Alamat: Cinoyong, Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

10. Gunung Pulosari yang menyimpan banyak jejak sejarah

Image credit: vvitrianis

Jika mendaki Gunung Pulosari, kamu tidak hanya mendapatkan pemandangan menarik tetapi juga situs-situs sejarah yang masih ada di sini. Berketinggian 1,346 mdpl, di pos 2 Gunung Pulosari terdapat jalur kawah sebelum menuju ke puncak. Jalur ini cukup sulit, namun kamu akan mendapat bonus waktu tempuh yang singkat dan lanskap kawah yang unik. Sepanjang perjalananmu, kamu pun dapat menemui gerombolan monyet liar dan serangga hutan. Meskipun lelah, tetapi kealamian tempat ini dijamin akan menggugah semangatmu untuk terus mendaki!

Alamat: Pasireurih, Cipeucang, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

11. Bermain air di Pantai Batu Hideung dengan bebatuannya yang eksotis

tempat wisata pandeglang
Image credit: kaskilon 

Pantai Batu Hideung terbagi menjadi dua bagian yaitu Batu Hideung Besar dan Batu Hideung Kecil yang berjarak sekitar dua kilometer. Tidak jauh, jadi kamu dapat sekaligus menjelajahi keindahan kedua pantainya saat berada di tempat wisata di Pandeglang ini.

Image credit: deviwidi_

Mempunyai ciri khas bebatuan yang menonjol di tepi pantainya, Pantai Batu Hideung bisa menjadi pilihan tempat untuk menikmati matahari terbit dan terbenam. Sambil duduk-duduk manis di sini, pemandangan nelayan yang bersiap memancing hasil laut pun dapat kamu saksikan. Sederhana tapi ampuh untuk mengobati penat lho!

Alamat: Panimbang, Tanjungjaya, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 20,000 IDR

12. Pantai Ciputih yang indah dengan penginapannya yang nyaman 

Image credit: ailsa amanda

Pantai Ciputih ini menawarkan lokasi yang sepi dan sesuai bagi kamu yang ingin menenangkan diri. Pantainya bersih dan terdapat juga penginapan di dekatnya kalau kamu ingin bermalam di sini.

Image credit: arthavadin_dolar_simamora 

Untuk menghabiskan hari di Pantai Ciputih, kamu bisa memilih menginap di Ciputih Beach Resort atau berkemah. Semua tergantung pilihan dan anggaranmu. Kalau berkemah, tentunya kamu dapat menentukan lokasi sesuai keinginanmu. Mau yang mana nih?

Alamat: Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

13. Mendayung dan menikmati rimbunnya tetumbuhan di Sungai Cigenter 

Image credit: aulia.du 

Sungai Cigenter yang berada di Pulau Handeleum, di dalam Taman Nasional Ujung Kulon, akan memberikan sensasi yang berbeda dalam wisatamu di Pandeglang. Bagaimana tidak, kamu akan menyusuri Sungai Cigenter dengan perahu dan mendayung bersama teman-temanmu. Asyik kan?

Image credit: erlintopia 

Selain sungai, di area ini juga terdapat padang penggembalaan yang dihuni oleh badak jawa, macan, banteng dan rusa. Meskipun tidak terlalu sering terlihat, namun bersiaplah menemukan hewan-hewan ini saat sedang menjelajah.

Alamat: Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,500 IDR

14. Hiking di Gunung Karang yang juga tempat berziarah

tempat wisata pandeglang
Image credit: wilmisaqih

Gunung Karang yang menghijau indah ini selain ramai dikunjungi pendaki, juga merupakan tempat peziarahan yang populer. Ketika mendaki Gunung Karang, kamu dapat menemukan tanaman-tanaman anggrek yang makin menambah kecantikannya. Ada tiga jalur yang dapat dipilih sehingga dapat disesuaikan dengan kemampuan dan tujuanmu mendaki gunung. Jika sudah tiba di  puncaknya yang disebut dengan Sumur Tujuh, kamu bisa mengabadikan diri dengan berlatarkan lereng gunung, keren kan?

Alamat: Saninten, Kec. Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 05.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

15. Puas bermain air di Turalak Outbound & Adventure

Image credit: radilltour

Turalak Outbound and Adventure merupakan penyedia jasa olahraga air yang berlokasi di Curug Leuwi Bumi. Kamu bisa menikmati curug dengan cara tubing yang pasti menimbulkan sensasi berbeda. Tidak hanya fasilitas tubing yang aman, kamu pun dapat menyewa fasilitas untuk berkemah. Kalau ingin mengajak saudara atau anak kecil berenang di tempat wisata di Pandeglang ini, juga tersedia penyewaan ban dan pelampung. Pendeknya, mau apa saja bisa kamu lakukan dengan mudah deh!

Alamat: Desa Ramea, Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

16. Menghirup udara kaya oksigen di Taman Hutan Raya Banten

Image credit: dannnii_ 

Di Taman Hutan Raya alias Tahura Banten ini, kamu dapat puas menghirup udara segar karena rimbunnya flora yang ada. Merupakan wilayah konservasi, tidak hanya jalan-jalan santai yang dapat kamu lakukan di dalamnya.

Image credit: saefullah_14

Tahura Banten juga menyimpan lokasi wisata lainnya yaitu Curug Putri dan Curug Gendang. Untuk tiba di Curug Putri, kamu perlu menyusuri sungai sehingga kamu bisa menyiapkan baju ganti kalau nggak mau pulang dengan baju basah. Tidak perlu khawatir karena fasilitas ruang ganti, penitipan barang dan warung sudah banyak dibuka di sini kok!

Alamat: Sukarame, Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

17. Menatap cantiknya warna-warni bunga di Taman Bunga Kampung Jambu 

tempat wisata pandeglang
Image credit: kampoeng_jambu_hits 

Taman Bunga Kampung Jambu ini bisa memperkaya daftar tujuan wisatamu di Pandeglang. Warna-warni bebungaan di sini dapat membuat kamu ceria seketika lho! Selain bunga, sesuai dengan namanya, kamu akan melihat kebun jambu yang rindang di sini.

Image credit: nissnisa_29  

Setiap sudut tempat wisata di Pandeglang ini bisa jadi spot foto yang cantik. Tidak cuma berfoto, kamu pun dapat membeli sayuran dan buah-buahan. Jadi selain menambah wawasan, melihat pemandangan indah ditambah lagi memperoleh bahan makanan sehat. Lengkap banget kan?

Alamat: Desa Sukasari, Kec. Kadu Hejo, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.30 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 7,000 IDR

18. Selonjoran di Coconut Island Carita sambil menatap lautan 

tempat wisata pandeglang
Image credit: Coconut Island Carita

Kalau ingin menghabiskan waktu di tempat dengan dekorasi instagramable, kamu bisa berkunjung ke Coconut Island Carita. Kursi santai warna-warni akan menyambutmu dan kamu bisa leyeh-leyeh sambil melayangkan pandang ke laut yang tenang.

Image credit: Coconut Island Carita

Di resort ini, juga terdapat penginapan, restoran, paket wisata dan waterpark yang bisa kamu nikmati. Kamu bisa menghabiskan waktu di sini tanpa terasa dan membeli paket wisata tanpa perlu bersusah payah. Untuk kamu yang gemar wisata nyaman, Coconut Island Carita bisa masuk ke daftarmu nih!

Alamat: Jl. Raya Carita No.8, Caringin, Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 08.30 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 20,000 IDR

19. Benamkan kakimu di tebalnya pasir Pantai Daplangu 

tempat wisata pandeglang
Image credit: amdivergent

Pantai Daplangu adalah salah satu pantai yang juga belum banyak dikunjungi wisatawan. Kalau ingin menikmati teduhnya pantai di sore hari, tempat wisata di Pandeglang ini boleh banget kamu kunjungi. Banyak pohon yang nyaman untuk berteduh dan kalau kamu datang di hari biasa, pasti suasananya akan lebih sepi. Kamu dapat melihat para nelayan yang mempersiapkan jala dan pemandangan ini membuat suasana makin syahdu.

Alamat: Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 20,000 IDR

20. Mengunjungi Bukit Padi yang sederhana tapi menarik 

Image credit: roykaryadi559

Mungkin dari namanya kamu berpikir apa bagusnya bukit yang ditanami padi? Tetapi tempat wisata di Pandeglang yang terdengar biasa saja ini ternyata cantik, lho! Kamu dapat melihat pantai dari atas dan daratannya yang keren. Coba saja naik ke atas pada saat cuaca cerah dan kamu akan disambut panorama laut yang bertemu dengan langit biru seperti ini!

Alamat: Bukit Padi, Desa Tanjung Jaya, Kec. Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

Baca juga: Tempat Wisata Di Lebak, Banten Yang Asyik Dan Instagrammable

Pandeglang punya daya tarik yang lengkap untuk menjadi tempat wisata alam pilihanmu. Buat kamu yang tinggal di Jakarta, Pandeglang bisa dituju untuk liburan singkat di akhir pekan lho!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru