16 Aktivitas di Chiang Rai Untuk Kunjungan Pertamamu

Artikel ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini. Read here for the English version.

Provinsi Chiang Rai di Thailand utara adalah kota yang tumbuh pesat dalam popularitas di antara wisatawan dari seluruh dunia. Dengan tempat-tempat menarik seperti Rong Suea Ten Blue Temple, Singha Park, dan homestay Akha Village, liburan ke Chiang Rai tentu saja akan menjadi sarat dengan budaya tradisional Thailand yang luas dan beragam. Berikut adalah daftar aktivitas terbaik yang harus dilakukan dan daftar tempat untuk dikunjungi yang akan membuat perjalananmu di Chiang Rai semakin berkesan.

1. Mengagumi mural megah di Blue Temple

Image credit: @j_anandary

Mampirlah ke Blue Temple (atau Rong Suea Ten) dan nikmati keindahan karya arsitektur menakjubkan ini. Kuil yang relatif baru ini menggabungkan motif dan citra Buddhis dalam karya seni mural kontemporernya. Saat matahari terbenam, cermin yang melapisi eksterior kuil mengubahnya menjadi paragon yang menakjubkan dan menjadi aktivitas yang harus dilihat ketika kamu liburan ke Chiang Rai!

2. Zipline melalui perkebunan teh


Image credit: Singha Park Chiang Rai

Ambil zipline yang menyenangkan denganmelintasi Singha Park dan nikmati pemandangan panorama perkebunan teh Thailand yang luasnya membentang ke cakrawala. Singha Park menawarkan empat kursus petualangan zipline yang berbeda bagi mereka yang ingin merasakan sensasi mengasyikkan dan aktivitas baru melihat tanaman hijau yang subur.

3. Lihat kota melalui mata patung Guan Yin terbesar di Thailand

Image credit: @conunpardemaletas (kiri), @khunnuwan2916 (kanan)

Berkendara di sepanjang pinggiran kota, kamu tidak akan melewatkan patung Buddha Dewi Dewa yang besar ini. Huai Pla Kung Temple adalah perpaduan arsitektur Cina dan Thailand yang sangat indah, dan situs ziarah yang populer bagi umat Buddha setempat. Naiki 25 lantai di dalam patung itu dan kamu akan melihat pemandangan kota yang menakjubkan melalui mata Guan Yin.

4. Pesta kuliner lokal kaki lima yang lezat

Image credit: David McKelvey

Lupakan restoran-restoran mewah dan kafe-kafe mahal, makanan terbaik di Thailand adalah dari kedai-kedai makanan kaki lima yang sederhana! Nikmati hidangan Thailand Utara yang mewah seperti mie nasi Khao Soi dan Bua Loy Kai, hidangan penutup santan unik dengan telur rebus dan bola nasi. Bagian terbaik? Kuliner lokal kaki lima yang lezat ini tidak akan menguras dompetmu!

5. Habiskan malam dengan Suku Asli Bukit Akha

Image credit: @tamarableszynskiofficial (kiri), Akha Mudhouse Maesalong (kanan)

Gunung-gunung di Thailand Utara adalah rumah bagi banyak suku pegunungan asli yang bermigrasi ke selatan dari Cina lebih dari seabad yang lalu. Saat ini kamu dapat berkunjung ke beberapa desa untuk menemukan budaya tradisional etnis minoritas. Akha Mudhouse Maesalong adalah atraksi menarik yang menampilkan suku-suku bukit yang paling semarak. Kegiatan ini menawarkan wisata sehari serta homestay bagi pengunjung untuk merasakanbagaimana rasanya hidup seperti orang-orang Akha.

6. Berbelanja sepuasanya di pasar malam

Image credit: @ilaria_prof.sans.frontieres (kiri), @moyaa44 (kanan)

Sementara sebagian besar aktivitas wisatawan bepergian ke Bangkok untuk memenuhi kebutuhan hasrat berbelanja mereka, Chiang Rai adalah surga belanja bagi kamu! Kunjungi pasar malam dan pilihlah dari berbagai macam produk, mulai dari pakaian kekinian hingga oleh-oleh yang dibuat langsung oleh tangan suku-suku pegunungan setempat.

7. Masak telur di sumber air panas

Image credit: Ol’pete

Jika kamu bepergian antara Chiang Rai dan kota-kota sekitar seperti Chiang Mai di selatan, pastikan untuk berhenti di Mae Khachan Hot Springs. Selain merendam kaki yang lelah, kamujuga bisa merebus telur di sumber air panas! Cukup turunkan keranjang ke dalam air di atas tiang dan beberapa telur yang baru dimasak akan matang dalam beberapa menit!

8. Pergi bertualang di puncak pohon

Image credit: Tree Top Adventure Park

Terselip di dalam kawasan Mae Fah LuangGarden, kamu dapat menikmati petualangan berjalan di puncak pohondengan ketinggian 30 meter di atas tanah di antara pepohonan hutan. Jembatan gantung sepanjang 390 meter dijamin menjadi cara unik untuk kamu menjelajahi taman dari perspektif yang berbeda!

9. Berjalan-jalan di Mae Fah Luang Garden

Image credit: Atibordee Kongprepan

Dengan lebih dari 100 spesies bunga yang berbeda, Mae Fah Luang Garden jelas merupakan pemandangan yang menakjubkan untuk dilihat. Berjalan-jalan santai di malam hari melalui 10 hektar lanskap yang indah dan kamuakan dibuat terpesona oleh keindahan flora dan fauna!

10. Spot Superman, Minion, dan lainnya di White Temple

Image credit: @dyibexplorer (kiri), @travelwith_ru (kanan)

Kunjungan wisata ke Chiang Rai tidak akan lengkap tanpa mengunjungi kuilnya yang paling terkenal, Wat Rong Khun. Dibangun oleh salah satu seniman nasional negara itu, Chalermchai Kositpipat, White Temple mencerminkan perjalanan seseorang dari neraka ke surga, dengan gerbang dan jembatan satu arah bagi pengunjung untuk melakukan perjalanan melalui halaman kuil. Wat Rong Khun tidak seperti kuil konvensional lainnya; mural interior dihiasi dengan lukisan-lukisan budaya populer. Perhatikan baik-baik dan kamu akan menemukan orang-orang seperti Michael Jackson, Superman, dan bahkan kaki tangan Despicable Me favoritmu! Memang, White Temple adalah karya indah dari salah satu seniman terhormat Thailand.

11. Minum bir Singha di Singha Park

Image credit: @proudnkd (kiri), @n.ning____ (kanan)

Lager beer bukan satu-satunya yang dikenal dengan merek Singha. Taman lanskap seluas 8,000 hektar ini adalah tempat yang tepat untuk menikmati lingkungan alam dan meremajakan diri, jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kota. Nikmati piknik di tepi sungai yang indah, berjalan-jalan santai di ladang bunga, atau bahkan memberi makan jerapah dan zebra di pertanian Singha Park!

12. Kunjungi rumah mendiang Putri Ibu – Doi Tung Royal Villa

Doi Tung Royal Villa adalah bekas kediaman mendiang Putri Ibu, ibu dari dua raja Thailand yang, bagaimanapun, tidak pernah menjadi ratu sendiri. Ketika dia tinggal di Chiang Rai, dia mengabdikan hidupnya untuk mengubah daerah itu dari daerah yang diliputi oleh kartel narkoba dan perdagangan manusia ke kota yang berkembang seperti sekarang ini. Tidak perlu dikatakan, dia dicintai dan dihormati oleh orang-orang Thailand. Ikuti tur berpemandudi sekitar vila yang terinspirasi oleh negara Swiss untuk mencari tahu lebih banyak tentang Royal Project-nya.

13. Tonton pertunjukan cahaya musikal di menara jam kota

Image credit: Plasticsturgeon

Tepat di pusat kota Chiang Rai, menara jam emas yang luar biasa rumit ini memang merupakan landmark ikonik kota yang luar biasa. Setiap malam, pertunjukan musik pendek mengubah jalan berdebu menjadi oasis lampu yang mewah. Jangan terlambat, acaranya dimulai pukul 8 malam tepat di persimpangan Thanon Jet Yot dan Thanon Baanpa Pragarn!

14. Minum teh yang baru diseduh di perkebunan teh

Image credit: @stefkusters (kiri), @elpluswr (kanan)

Pernah bertanya-tanya dari mana teh Thailand berasal? Terletak di pinggiran kota Chiang Rai adalah beberapa perkebunan teh paling indah yang menyajikan daun teh segar yang diseduh. Kunjungi Choui Fong Tea Farm dan manjakan diridengan secangkir qualiTEA terbaik yang akan membuatmu bersemangat selama sisa perjalanan!

15. Ikuti tur bersepeda di sekitar Distrik Chiang Saen

Distrik utara Chiang Saen adalah kota kuno dengan banyak pemandangan menarik di luar jalur. Naiklah dengan sepeda sambil menjelajahi pedesaan yang menawan dan situs-situs arkeologi bersejarah di lingkungan ini. Jika beruntung, kamu mungkin bisa menangkap kerbau yang berendam di lumpur di sore yang panas!

16. Kunjungi Golden Triangle

Image credit: @travels_anna (kiri), @graymalinpersonal (kanan)

Di masa lalu, Golden Triangleadalah salah satu daerah penghasil opium terbesar di Asia. Sekarang, itu dikenal sebagai tiga-persimpangan Thailand, Myanmar, dan Laos, yang perbatasannya bertemu di Mekong River. Dari tepi perairan Thailand, kamu akan dapat melihat dua negara lainnya, atau bahkan naik perahu wisata lebih jauh ke sungai untuk melihat lebih dekat.

Baca juga: 7 Itinerary Wisata Thailand Untuk Satu Minggu Yang Sempurna

Apa yang kamu tunggu? Mulai rencanakan liburan kamu berikutnya dan nikmati sederet aktivitas menarik di Chiang Rai! Pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan menemukan keindahan dan budaya daerah.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru