Lech Zürs am Arlberg: 10 Aktivitas Seru Dan Menyenangkan Di Musim Dingin

Artikel ini diterjemahkan dari versi bahasa Inggris ini. Read the English version here.

Mendapatkan sensasi musim dingin adalah mimpi yang terwujud bagi kita yang tinggal di wilayah tropis seperti Asia Tenggara. Meski ada sejumlah wilayah yang bisa didatangi untuk wisata musim dingin kamu, tidak ada yang bisa mengalahkan pengalaman berada di salah satu destinasi wisata ski terbesar di dunia, Lech Zürs am Arlberg di bagian barat Austria.

Kehidupan pedesaan | Image credit: Lech Zuers Tourismus – Daniel Zangerl

Lech Zürs am Arlberg berada di wilayah perbatasan dengan Jerman, Liechtenstein dan Swiss. Selama musim dingin (Desember hingga April), tempat ini berubah menjadi spot yang luar biasa dengan pemandangan pegunungan yang istimewa, kuliner khas Austria yang maknyus, serta menjadi rumah bagi penggemar ski dunia.

Nah, setelah mengetahui gambaran kasar dari Lech Zürs am Arlberg, di bawah ini adalah sejumlah cara dan aktivitas untuk bisa mendapatkan liburan musim dingin yang berkesan di pedesaan Austria ini!

1. Berpetualang seru dengan bermain ski

Bermain ski di Arlberg | Image credit: Lech Zuers Tourismus – Christoph Schoech

Arlberg adalah resort ski terbesar di Austria dan yang terbesar kelima di dunia, jadi bermain ski di sini adalah keharusan yang harus dialami! Faktanya, tempat ini disebut sebagai ‘Cradle of Alpine skiing’. Ada sejumlah paket yang bisa kamu pilih dengan harga yang bisa disesuaikan, tergantung pada wilayah bermain ski, usia dan durasi serta waktu bermain.

Untuk mereka yang sudah berpengalaman atau yang masih amatiran bisa berpartisipasi dalam lomba ski The White Ring – The Race, salah satu event yang paling ditunggu di Arlberg. Juara Olimpiade Patrick Ortlieb memegang rekor lomba ini dengan 44:35:07 menit pada tahun 2005/06. Selain itu, ada juga lomba Ski Arlberg Run of Fame. The Run of Fame merupakan sirkuit ski yang spektakuler di sepanjang area Ski Arlberg. Panjangnya 85 km dengan ketinggian 18,000 meter.

Baca juga: Welcome to Innsbruck — Austria’s Very Own ‘Capital of the Alps’

2. Belajar dasar bermain ski jika kamu pemula

Belajar bermain ski | Image credit: Lech Zuers Tourismus

Masih newbie dalam bermain ski? Arlberg dan sekolah ski Lech, Oberlech dan Zürs memiliki lebih dari 500 instruktur olahraga salju yang memiliki kualifikasi, instruksi ski yang sudah tersertifikasi dan guides yang akan sangat senang mengajari kamu untuk mengetahui dan belajar mengenai olahraga musim dingin ini.

Selain mengajarkan cara dasar bermain ski dan papan seluncur, mereka juga akan membantu kamu di aktivitas lain seperti ski telemark, hiking dengan menggunakan sepatu salju, tur ski dan heli-skiing atau off-piste skiing. Anak-anak berusia tiga setengah tahun akan diberikan lereng ramah anak untuk bermain ski dan akan didampingi instruktur khusus yang terlatih untuk menangani anak-anak. Kamu hanya tinggal memastikan membooking instruktur pribadi yang diinginkan saat memilih akomodasi hotel untuk kenyamanan kamu!

3. Lemaskan kaki dengan pengalaman hiking di musim dingin yang seru

Hiking di musim dingin | Image credit: Lech Zuers Tourismus – Daniel Zangerl

Bukan penggemar ski? Mengapa tidak menambah pengalaman petualangan hiking kamu? Faktanya, aktivitas ini merupakan cara terbaik untuk melihat pemandangan dan alam sekitar dengan lebih dekat. Lech Zürs am Arlberg menawarkan jaringan sepanjang 40 kilometer berupa lintasan jalan kaki di musim dingin, di mana kamu bisa mendapatkan atmosfer alami dari nuansa segar khas udara musim dingin dan panorama yang luar biasa dengan salju menutupi lanskap, yang bahkan membuat takjub orang lokal yang sudah terbiasa dengan musim dingin.

Untuk pengalaman yang lengkap, pilih paket Guided Torch Snowshoeing Hike, yang mana kamu akan dibekali dengan obor dan minuman panas di setiap Senin dan Rabu. Ski Arlberg bahkan menawarkan potongan harga tiket Sonnenabo, yang bisa membawamu menjelajahi lintasan mendaki pada gunung dan kembali turun sembari menikmati pemandangan pedesaan dari atas.

Tip: Sejumlah lintasan bisa dilalui pada umumnya dengan melihat kondisi salju per harinya, jadi akan lebih baik melihat laporan cuaca Arlberg dan lintasan hiking yang dibuka untuk aktivitas kamu.

4. Jadilah Santa Claus untuk sehari dengan giring kamu yang menggemaskan

Naik kereta kuda | Image credit: Lech Zuers Tourismus – Christoph Schoech

Yups, kamu bisa merasakan pengalaman menjadi Santa Claus selama sehari! Namun, kamu tidak akan melihat delapan rusa menarik kereta saljumu, melainkan sejumlah kuda di jalan yang tertutup salju di Lech Zürs am Arlberg.

Ada juga opsi untuk perjalanan satu arah atau pulang pergi. Ada pun sejumlah tempat yang bakal kamu kunjungi antara lain gereja zug, Alpele dan Auerhahn atau restoran Klösterle.

5. Seru-seruan berseluncur dengan toboggan

Oberlech cable car | Image credit: Lech Zuers Tourismus

Jika kamu ingin rehat sejenak dari bermain ski atau mencoba cara lain menuruni lereng perbukitan di Lech Zürs, mengapa tidak mencoba toboggan run? Toboggan adalah papan luncur yang panjang dan ringan yang digunakan untuk meluncur turun di lereng perbukitan yang bersalju. Aktivitas ini tidak perlu keahlian khusus. Malahan bisa dikatakan bermain toboggan sepenuhnya menjadi cara yang asyik untuk bersenang-senang bersama keluarga. Kamu bisa menyewa toboggan di terminal cable-car Oberlech atau di toko olahraga yang tersebar di wilayah ini.

Berseluncur di Toboggan run, dari Oberlech ke Lech sepanjang 1,2 kilometer akan membawamu melewati kawasan hutan di Lech. Jika sekali perjalanan tidak memuaskanmu, kamu bisa kembali naik cable-car Oberlech ke titik awal seluncuran untuk memulai lagi petualangan kamu. Dan, ada juga toboggan mini di Zürs untuk si kecil ikut mencoba, lho!

6. Berseluncur di rink ice skating Arlberg

Ice rink Zuers | Image credit: Lech Zuers Tourismus – Sarah Andersson

Apalah artinya liburan musim dingin tanpa berseluncur dan menari dengan ice skating? Di dalam Hotel Jagdhaus Monzabon, kamu akan mendapati ice rink pertama dan satu-satunya dengan pendingin di Eropa dengan luas 300 meter persegi dari es buatan.

Di sisi lain, ada juga ice skating rink alami di Zürs, Skating Rink Zurs di tengah Zürs yang buka setiap hari kecuali hari Sabtu. Rink ini juga menawarkan berbagai macam ukuran sepatu skate agar semua orang bisa menikmati sensasi meluncur di atas es. Sebagai tambahan, kamu bisa bermain hoki aatau apline curlng di rink skating alami ini sembari menikmati coklat panas dan mendengarkan musik!

7. Nge-groove di ajang festival Musik Tanzcafe Arlberg

Musik Festival Tanzcafé | Image credit: Lech Zuers Tourismus

Terlepas dari suara tiupan angin yang dingin dan sorakan wisatawan yang mengutarakan suka citanya, kamu mungkin beranggapan tidak ada hal lain yang bisa kamu dengar dan nikmati di desa di lereng pegunungan seperti Lech Zürs. Well, kamu salah total! Musik sudah menjadi bagian penting dari budaya Austria dan Festival Musik Tanzcafe Arlberg adalah cara terbaik untuk melengkapi pengalaman liburan musim dingin kamu di resort ini.

Dihelat di dua pekan pertama April di setiap tahunnya, Festival Musik Tanzcafe Arlberg menampilkan sejumlah grup band internasional dengan genre beragam, mulai dari swing dan jazz hingga rock ‘n roll dan boogie-woogie. Yang membuat festival musik ini lain daripada yang lain adalah background yang ditampilkan di setiap penyelenggaraannya, yaitu jajaran pegunungan yang diselimuti salju dan desa itu sendiri. Selain itu, konser yang dihelat setiap tahun ini gratis tis tis, lho!

8. Relaks dengan sehari penuh spa, pijat dan perawatan kecantikan

Spa | Image credit: Lech Zuers Tourismus – Daniel Zangerl

Selain beragam aktivitas fisik menyenangkan dan seru yang ditawarkan di Lech Zürs, ada juga hal asyik dan lebih menenangkan yang bisa kamu pilih untuk mengembalikan mood dan melemaskan otot di setiap bagian tubuh kamu. Caranya, kamu bisa langsung melenggang ke hotel kamu untuk mendapatkan layanan spa, pijat dan atau perawatan kecantikan. Untungnya, Lech Zürs an Arlberg tidak kekurangan layanan akomodasi dan fasilitas berkualitas untuk membantu kamu mengurangi stres dan mengembalikan mood terbaik kamu.

Tip: Lebih baik jika kamu melakukan pemesanan melalui telepon untuk memastikan mendapat tempat dan layanan yang tepat!

9. Memanjakan lidah dan perut kamu dengan kuliner khas Arlberg

Kuliner Arlberg | Image credit: Lech Zuers Tourismus – Daniel Zangerl

Rasanya kurang lengkap bila liburanmu tidak termasuk kuliner khas lokal tempat kamu berlibur, meskipun demikian saat kamu ke Lech Zürs. Jika sedang tidak melakukan aktivitas musim dingin di luar ruang, kamu bisa duduk di banyak restoran yang ada di Lech Zürs untuk menikmati hidangan khas Austria. Penghargaan The Vöslauer-Falstaff juga sudah diberikan kepada resort ini sebagai World Gourmet Village pada 2008, berkat sejumlah restoran top yang menyajikan kuliner berkualitas di daerah ini. Yang kamu lakukan tinggal memilih antara hidangan bergaya rumahan, masakan internasional atau yang memiliki bintang Michelin. Restoran Falstaff atau Gault Millau bisa menjadi tujuan pertama kamu saat di sini!

10. Menikmati kenyamanan akomodasi pilihan kamu

Suasana desa di saat malam | Image credit: Lech Zuers Tourismus – Daniel Zangerl

Sekadar bersantai di dalam ruangan tidak berarti kamu bakal kehilangan sensasi yang menyenangkan berada di Lech Zürs am Arlberg. Faktanya, akomodasi resor-resor disini memiliki beragam keseruan masing-masingnya. Kamu bisa memilih lebih dari 200 opsi yang ada, mulai dari fasilitas bed & breakfast yang simpel hingga hotel bintang lima. Pilihan makan malam di setiap akomodasi juga sangat beragam, mulai dari snack ringan hingga fine dining yang berkelas!

Jika ada satu hal yang harus kamu ketahui sekarang, itu adalah bahwa Austria pastinya sangat mampu mengakomodasi semua keinginan kita sebagai para wisatawan. Tapi untuk mereka yang ingin melihat banyak pemandangan alam yang memesona, lokasi resort ski terbesar di Austria bisa dijangkau dengan gampang melalui kereta dari sejumlah kota besar. Selain perlengkapan wisata musim dingin kamu, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan hal yang luar biasa indah dalam kunjungan kamu ke tempat penuh impian ini bernama Lech Zürs am Arlberg.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan mengunjungi website resmi Lech Zürs am Arlberg dan Facebook mereka.


Dipersembahkan oleh Austrian National Tourist Office (ANTO) dan Lech Zürs am Arlberg.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru