5 Cara Menikmati Borobudur Antimainstream Anak Jaman Now

Borobudur. Salah satu warisan dunia versi UNESCO di Indonesia, yang kemegahannya terus terjaga sampai saat ini. Sudahlah berbicara keajaiban dan misteri yang ada di candi terbesar umat Budha tersebut karena sulit untuk menggambarkannya secara realis.

Image credit: @nugrossnugraha

Bagaimana pun juga, candi Borobudur akan selalu menjadi situs yang menarik untuk dinikmati. Namun jika tidak mendapatkan cara yang pas untuk menikmati Borobudur, menjelajahi candi di Mungkid, Magelang tersebut bisa sangat melelahkan dan membosankan.

Nah faktanya, ada banyak cara yang pastinya antimainstream untuk bisa menikmati Borobudur dengan cara yang asyik, tidak biasa dan mulai ngehits, lho! Kalian pun akan semakin cinta dan kagum menjaga candi yang diarsiteki oleh Gunadharma tersebut.

Tidak percaya? Yuk simak cara tidak biasa dan antimainstream menikmati Borobudur anak jaman now di bawah ini.

1. Menyambut sunrise di puncak stupa

Ya, datang langsung ke situs candi Borobudur sudah menjadi cara yang biasa dilakukan para wisatawan, lokal mau pun internasional. Namun jika datang di waktu yang tidak biasa, kalian akan mendapatkan sensasi yang sepenuhnya berbeda dibanding lainnya.

Image credit: @thekriezhna

Momen yang paling asyik adalah saat matahari terbit di ufuk timur. Dari puncak stupa Borobudur, kalian akan bisa menikmati sunrise yang benar-benar istimewa. Juga, spotnya Instagenik abis, lho!

Image credit: @wander.franc

Untuk bisa mendapatkan momen tersebut, hanya ada dua cara yang bisa dilakukan: Menginap di Manohara Resort, yang memiliki akses langsung ke situs, atau mengikuti tur sunrise Borobudur. Tertarik untuk mencoba?

Baca juga: 5 Spot Asyik Menikmati Matahari Terbit di Indonesia

2. Menjelajahi desa di sekitar Borobudur

Tidak percaya kalian bisa menikmati keindahan Borobudur dari desa di sekitar komplek candi ini? Silahkan langsung menuju ke desa Wanurejo dan memilih dusun dengan pemandangan cantik, seperti dusun Barepan, Soropadan, Tingal Kulon, Jowahan, Tingal Wetan, Gedongan, Ngentak, Brojolan dan Bejen.

Image credit: @missya_okidoki
Image credit: @verrodewi

Namun, ada satu spot asyik yang tidak boleh kalian lewatkan, yaitu di Balkondes Wanurejo. Di sini, kalian akan mendapati stupa teratas candi Borobudur yang muncul di antara pepohonan dan persawahan warga.

Image credit: @acusvargas

Tempatnya sendiri cukup Instagenik, dan bila sore tiba, nuansa syahdu begitu terasa dan Borobudur semakin terekspos dari kejauhan.

3. Memahami histori lewat seni dan budaya

Tidak sedikit kegiatan bertema seni, budaya dan religi yang bisa kalian ikuti untuk memahami histori Candi Borobudur secara spesial. Dijamin kalian akan memiliki sudut pandang yang berbeda setelah ambil bagian di dalamnya.

Image credit: @isti_tt

Namun, untuk bisa mengikuti setiap kegiatan di Candi Borobudur seperti perayaan Hari raya Waisak, Festival Internasional Borobudur dan juga Mahakarya Borobudur, kalian harus tahu waktu dan tempat kegiatan, dan semuanya bisa diketahui melalui situs resmi Candi Borobudur.

4. Sensasi Punthuk Setumbu dan Gereja Ayam

Gara-gara Rangga yang mengajak Cinta ke Punthuk Setumbu dan gereja ayam di film AADC2, dua lokasi ini menjadi hotspot bagi wisatawan lokal dan internasional untuk menikmati Borobudur dengan cara yang sepenuhnya berbeda.

Image credit: @hippielocker135

Sensasi yang ditawarkan tidak tertandingi dengan spot-spot lain. Lanskap perbukitan, perkebunan dan persawahan warga dengan puncak stupa Borobudur terlihat di kejauhan, susah untuk tidak mengagumi lukisan yang Maha Kuasa ini.

Gereja ayam | Image credit: @monicamonici
Image credit: @travellerscantik

Ini adalah salah satu spot terbaik untuk mengagumi Borobudur, betulkan?

Lokasi Punthuk Setumbu: Jl.Borobudur Ngadiharjo KM3, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Karangrejo, Borobudur, Magelang

Lokasi Gereja Ayam: Kembanglimus, Borobudur, Magelang

5. Terbang dan menikmati dari ketinggian

Bisa dikatakan ini adalah cara menikmati Borobudur yang paling antimainstream. Sensasi yang kalian dapatkan juga sulit untuk disamai oleh banyak orang.

Image credit: @faslanhafizha

Kesempatan menyaksikan indahnya pemandangan alam kota Yogyakarta dan sekitarnya, termasuk mengamati Borobudur dari ketinggian ini ditawarkan oleh Jogja Flying Club.

Salah satu pesawat yang digunakan | Image credit: @jogjaflyingclub
Image credit: @jogjaflyingclub

Kalian bisa ikut dalam penerbangan menggunakan pesawat microflight, yaitu flexi wing dan fix wing atau ada juga dengan menggunakan pesawat trike. Asyik sekali, kan?

Komunitas Jogja Flying Club
Kontak Line: @vmi8653n
Email: [email protected]

Tertarik mencoba salah satunya? Atau semuanya? Ceritakan kepada kami jika kalian punya pengalaman yang asyik cara menikmati Borobudur, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru