Selera Filipina: 10 Destinasi Kuliner Terbaik Untuk Traveller

Artikel ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini. Read here for the English version.

Sudah menjadi rahasia umum bila Filipina disebut sebagai salah satu destinasi kuliner terbaik di dunia. Bepergian dan menjelajah ke seluruh negeri ini, siapapun bisa menemukan ragam makanan yang berbeda di setiap wilayah.

Kamu pastinya akan menemukan makanan dengan rasa yang luar biasa di mana pun kamu berada, tapi jika kamu ingin mendapatkan ide di mana harus memulai, maka semuanya bisa dimulai dengan mengintip bocorannya di sini.

Tidak sabar untuk memulai petualangan kamu? Dengan cebu Pacific, traveller dari Singapura, Hong Kong dan Makau memiliki pilihan untuk memulai petualangan rasa di Filipina di Clark sebelum bepergian menuju beragam destinasi makanan seperti Cebu, Caticlan (Boracay) dan Tagbilaran (Bohol). Maskapai ini juga membuka rute baru dari Clark ke Davao dan Iloilo, jadi kamu pastinya akan memiliki banyak opsi menarik untuk dikunjungi!

PESAN PENERBANGAN KAMU KE FILIPINA DI SINI!

 

1. Pampanga

Sizzling sisig | Image credit: Samantha Celera

Bahkan di antara warga Filipina, orang dari Pampanga, yang biasa disebut Kapampangan, terkenal untuk bisa memasak dengan sangat baik. Fakta ini sudah mendunia, sehingga membuat provinsi ini dipuji sebagai “Ibu kota Kuliner Filipina”. Jika daerah lain dikenal karena makanan tertentu yang dimilikinya, di Pampanga, semua makanan pasti enak.

Makanan yang menempati urutan pertama karena rasanya di Kapampangan adalah sisig, tocino, aligue dan morcon. Selain kuliner lokal yang “normal”, Pampanga juga dikenal karena sejumlah makanan yang cukup aneh, tapi tetap menawarkan rasa yang menakjubkan. Betute tugak (kodok isi), adobong kamaru (serangga anjing tanah) dan balo-balo (ikan lumpur yang difermentasikan dan nasi) adalah beberapa makanan eksotik yang bisa kamu coba. Dan, karena Bandara Internasional Clark berada di Pampanga, tempat ini pun bisa menjadi tempat yang sempurna untuk memulai wisata kuliner di Filipina.

SIAP UNTUK MENIKMATI MAKANAN KHAS PAMPANGA? PESAN PENERBANGANMU!

2. Bacolod

Bacolod Chicken Inasal | Image credit: Bacolod Chicken Inasal Official Facebook Page

Penggemar makanan sehat dari seluruh dunia pastinya akan dibuat jatuh cinta dengan Bacolod, ibu kota dari Negros Occidental. Sebagai bagian dari pulau yang dikenal sebagai “Organic Food Bowl of Asia”, Bacolod memiliki sejumlah lahan pertanian organik yang tersebar di banyak wilayah. Juga terkenal karena ayam inasal (ayam bakar ala Filipina), Bacolod juga popular karena piaya, lumpiang ubod dan seafoodnya. Tentunya, dengan banyaknya bahan makanan organik yang tersedia, para chef lokal menyiapkan setiap masakannya dengan menggunakan bahan yang menyehatkan ini.

3. Davao

Durian

Selain menjadi kampung halaman dari durian, Davao juga menjadi wilayah yang kaya akan ragam buah, yang menjadikannya mendapat julukan “Keranjang Buahnya Filipina”. Lanzones, pomelos, manggis, rambutan, pisang, marang, kamu tinggal sebut saja, Davao mungkin memilikinya. Jika kamu bukan penggemar buah-buahan, Davao juga menawarkan banyak opsi makanan laut yang segar.

Tips: Banyak kios di Davao City menawarkan durian dan semua produk turunannya, seperti permen, selai dan tarts. Cobalah mengunjungi Magsaysay Park dan People’s Park yang tertarik menikmati durian khas Filipina, karena kamu bisa mendapatkan buah tersebut dengan harga yang menarik. Pasar di sekitar kota ini juga menjual durian dan buah lain dengan harga terjangkau.

MULAILAH PETUALANGAN MANIS KAMU DI DAVAO!

4. Palawan

Image credit: Club Paradise Palawan

Selain pantainya yang bersih dan mengesankan, Palawan juga menawarkan makanan yang menggiurkan. Kemungkinan besar, pengunjung sebelumnya dari Crocodile farm di Puerto Princesa sudah tahu betapa enaknya crocodile sisig mereka. Tamilok, cacing kayu yang digoreng atau dibakar, menjadi makanan menarik lainnya yang hanya bisa kamu temukan di sini.

Tapi pulau ini juga menawarkan makanan sedap yang masih berada di zona nyaman kamu. Buah segar dan seafood segar biasanya menjadi pilihan populer di Palawan. Sejumlah restoran terkenal yang membolehkan pengunjungnya berpesta, menikmati kesenian budaya dan mendapatkan pemandangan yang indah adalah KaLui Restaurant dan Badjao Seafront Restaurant. Lebih keren lagi, nikmati jus kelapa segar di dekat pantai sekaligus mengudap potongan nanas, semangka, pepaya dan belimbing.

5. Cebu

Lechon | Image credit: Brendan Lee

Perayaan Filipina tidak akan pernah lengkap tanpa lechon, dan karena itulah mengapa mengunjungi “Pusatnya Lechon di Dunia” menjadi hal yang penting. Di Cebu, lechon bukan sekadar kuliner berbahan daging babi yang biasa saja. Ini menjadi makanan yang secara hati-hati disiapkan, sehingga bisa mendapatkan keseimbangan yang sempurna akan kerenyahan dan kelembutan.

Manisan mangga juga menjadi makanan khas Cebu yang memiliki pamornya sendiri. Rasanya yang manis dan sedikit asam menjadikan makanan ini layak masuk dalam pasalubong (souvenir) paling populer dari Filipina.

DAPATKAN PENERBANGAN PALING TERJANGKAU KE CEBU DI SINI!

6. Bicol

Bicol Express | Image credit: Raymund Macaalay

Tidak ada daerah yang bisa menciptakan makanan dengan rasa pedas yang dominan sebaik di Bicol. Salah satu makanan lokal yang paling terkenal adalah Bicol Express dan laing, yang mana keduanya dimasak dengan gata (santan) dan cabe. Banyak makanan Bicolano yang menjadikan dua bumbu tersebut sebagai bahan utamanya, dan juga sejumlah makanan lainnya dimasak dengan menggunakan gata dan cabe, untuk menunjukkan kekhasan masakan Bicolano. Pecinta makanan manis juga bisa mencicipi es krim dan cheesecake dengan flavour cabe, yang keduanya memang berasal dari daerah ini. Pecinta kopi juga bisa menikmati secangkir kopi pedas. Bagaimana rasanya, ya?

7. Iloilo

La Paz Batchoy | Image credit: Heidigutierrez

Banyak hal yang bisa diungkapkan mengenai makanan Ilonggo, salah satunya adalah kebanyakan makanannya memiliki sisi klasik nostalgia Pinoy. Sajian paling terkenal Iloilo adalah La Paz Batchoy, yang memiliki kesan mendalam bagi warga Filipina. Selain itu, pancit molo, bentuk lain dari sup wonton khas Tiongkok, juga memiliki fans tersendiri di kalangan pecinta makanan. Meski kedua makanan tersebut terinspirasi dari masakan komunitas Tionghoa yang banyak berada di wilayah ini, rasa khas masakan Filipina masih dijaga, yaitu kaya rasa, gurih dan pedas.

PESAN PENERBANGAN KE ILOILO SEKARANG!

8. Cagayan de Oro

Image credit: Mercedes Bakery Official Facebook Page

Kota di utara Mindanao ini menawarkan yang terbaik dalam dua hal: masakan tradisional dan kuliner modern. Bagi yang suka dengan makanan manis bisa mencoba binaki atau jagung manis tamales. Bentuknya seperti muffin jagung dengan sentuhan Filipino, karena disajikan sebagai kakanin atau kue beras. Untuk sajian yang lebih familiar, kamu bisa mencoba sajian terkenal dari Mercedes Bakery, Pineapple Crumble.

Untuk yang tidak terlalu suka makanan manis, tapi pendamba sensasi gurih, kamu tidak boleh melewatkan kinilaw atau ceviche. Biasanya makanan ini terbuat dari seafood mentah, kinilaw ini biasanya ditambahkan cuka yang dicampur dengan suha atau pomelo, yang membuat sajian ini lebih tart. Ingin mencoba yang lainnya? Tidak ada salahnya mencicipi suniglaw, kombinasi antara kinilaw dan sinugba (isi perut babi yang dipanggang).

9. Boracay

Tidak hanya memiliki pemandangan dengan pepohonan tropis yang indah, Boracay juga menjadi pulau dengan shakes buah termanis di Filipina. Gabungan keduanya menjadikan pesona pantai yang dimiliki Boracay jadi tiada tandingannya. Memadupadankan minuman manis tersebut dengan seafood segar khas Boracay memberikan keistimewaan tersendiri.

Tapi apabila kamu bosan dengan makanan yang berhubungan dengan pantai dan laut, tidak ada salahnya mencoba camilan khas Boracay, Chori Burger. Pada dasarnya ini adalah burger dengan chorizo atau sosis daging babi pedas untuk menggantikan daging sapi. Nyam!

TERBANG KE BORACAY DAN LUPAKAN SEMUA KEKHAWATIRAN KAMU!

10. Bohol

Peanut Kisses | Image credit: Peanut Kisses Official Facebook Page

Menikmati Chocolate Hills khas Bohol memang menyenangkan, namun banyak pilihan lain bagi penyuka makanan manis. Pada dasarnya Bohol memiliki banyak opsi untuk makanan yang manis, seperti biko, maruya, otap dan kalamay – yang banyak orang Filipina suka untuk berbagi dengan teman-teman luar negri mereka. Peanut Kisses dan Boholano Ubi Polvoron juga merupakan pasalubong yang keren juga, lho! Untuk mempermudah sampai ke Bohol, baru-baru ini telah dibuka Bandara Internasional Panglao, yang menjadikan salah satu surga terbuka di Filipina itu lebih mudah diakses.

Di Filipina, makanan pada dasarnya adalah bentuk budaya dalam piring. Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengenal orang Filipina selain dengan makanan mereka. Karena itulah, persiapkan diri kamu untuk banyak makanan yang menggiurkan dan membuatmu berliur karena setiap makanan di negara ini pastinya dipersiapkan dengan cinta.

Baca juga: Here’s Why I Think this Airline’s Food Selection is Friendly for EVERYONE

Apakah kamu siap untuk petualangan rasa yang mengesankan dalam hidup kamu? Pesan penerbangan kamu dengan Cebu Pacific sekarang! Dengan harga yang terjangkau, kamu pastinya bisa #FlyToMoreFun dan menuju ke destinasi makanan yang tiada bandingannya. Dan dengan dibukanya rute baru dari Bandara Internasional Clark, kamu bisa memulai petualangan kapan pun juga!

KLIK DI SINI UNTUK MEMULAI WISATA KULINER KAMU!

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs resmi Cebu Pacific, Facebook, Instagram, Twitter dan Youtube.


Dipersembahkan oleh Cebu Pacific.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru