8 Destinasi Wisata Blora Dengan View Cantik, Eksotik Dan Instagenik

Ada 29 kabupaten dan 6 kota di Jawa Tengah, yang pastinya belum pernah kamu jelajahi semua, kan? Jika berniat untuk menikmati pesona alam terbaik di Jawa Tengah, salah satu kabupaten yang bisa kamu kunjungi dan menikmati kecantikan destinasi wisata yang dimiliki adalah Kabupaten Blora.

Kabupaten yang berada di wilayah perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur di bagian utara Pulau Jawa tersebut ternyata memiliki banyak destinasi wisata alam yang layak mencuri perhatian traveler, tidak hanya yang dari dalam negeri, tapi juga luar negeri. Bayangkan, dengan luas wilayah mencapai 1,805 kilometer persegi, ada destinasi wisata yang bisa dijelajahi.

Dikenal sebagai kota sate, kota barongan hingga kota kayu jati, tidak berlebihan menyematkan satu lagi julukan untuk kabupaten Blora karena potensi wisatanya yang luar biasa. Tidak percaya? Silakan cek daftar destinasi wisata Blora di bawah ini untuk memastikan kepantasan julukan tersebut.

1. Melihat cahaya surga di Goa Terawang

Image credit: @upiecupi

Sungguh, Goa Terawang memberikan sensasi tersendiri bagi siapapun yang datang ke lokasi wisata ini. Bukan hanya nuansa asyik yang ditawarkan, tapi juga kemungkinan kamu bisa melihat cahaya surgawi di tempat ini.

Image credit: @sulistiyoraden

Cahaya tersebut berasal dari sinar matahari yang menembus dari celah-celah goa. Tidak salah jika banyak yang menyebut goa ini menawarkan sensasi Instagenik.

Image credit: @areza_taqwim

Karena alasan itu juga banyak pasangan yang melakukan sesi pemotretan di sini.

Lokasi: Kedungwungu Todanan, Area Sawah Dan Perkebunan, Kabupaten, Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Harga tiket: 10,000 IDR per orang

2. Kracakan Watu Gong, Niagara minimalis versi Blora

Tahu Niagara Falls, kan? Well, destinasi wisata di Blora ini mirip dengan air terjun terkenal di Kanada itu. Hanya saja, semuanya serba minimalis.

Image credit: @laridariblora

Mirip dengan Niagara Falls, Kracakan Watu Gong merupakan jeram yang mengalir dan membentuk air terjun mini yang eksotik. Jika debit air meningkat, jeram ini menghadirkan pemandangan yang mengesankan.

Image credit: @masdaenk_Is

Momen paling pas datang ke destinasi wisata ini adalah menjelang sore. Kamu bisa menikmati sunset dengan nuansa yang asyik.

Lokasi: Jl. Lap. Terbang, Ngloram, Kapuan, Kec. Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Harga tiket: Gratis

3. Air Terjun Masohan dengan nuansa eksotik

Jangan berharap bisa melihat air terjun dengan debit air yang deras dari tinggi hingga belasan, atau bahkan puluhan meter saat berkunjung ke destinasi wisata di Blora ini.

Image credit: 1

Air terjun Masohan berada di lokasi yang tersembunyi. Dibutuhkan sedikit usaha keras untuk bisa sampai ke tempat ini. Di sini, kamu akan menemukan aliran sungai yang terjun dari tebing yang tidak cukup tinggi.

Namun, yang menjadikan air terjun ini menarik adalah pesona alam yang sangat natural di sekelilingnya. Tidak hanya menghadirkan udara segar, kamu juga bakal menikmati pemandangan hijau yang menenangkan, tebing dan aliran sungai yang menawan.

Lokasi: Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Harga tiket: Gratis

4. Wisata kekinian di Bukit Kunci

Seperti halnya destinasi wisata lain di Indonesia, hampir selalu ada destinasi yang menawarkan gardu pandang untuk menikmati lanskap dari ketinggian. Di Blora, Bukit Kunci adalah destinasi itu.

Image credit: @ryo_tsuky

Mengandalkan view alam yang mengesankan, dengan lanskap perbukitan, hutan, persawahan yang menawan, pengelola membuat gardu pandang berbentuk papan titian dan sejumlah lainnya. Dengan mengandalkan warna-warna yang colorful, tempat ini pun jadi favorit bagi wisatawan milenial.

Image credit: @virarest

Spot yang mengesankan ini paling asyik dinikmati saat pagi hari. Selain menikmati pemandangan, kamu juga bisa menghirup udara segar yang menyehatkan.

Lokasi: Dukuh, Watugunung, Bangoan, Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Harga tiket: Gratis

5. Mengunjungi sungai purba Kalinanas

Sudah melihat hewan purba yang hidup hingga sekarang? Bagaimana dengan sungai purba?

Image credit: @wahyourock08

Yang tertarik bisa langsung datang ke Blora, tepatnya di Sungai Japah di desa Kalinanas. Adalah bentuk dinding sungai yang tidak biasa yang membuat sungai ini begitu terkenal, sekaligus eksotis dan Instagenik.

Image credit: @exploreblora

Formasi dinding yang tidak biasa terbentuk karena kikisan air sungai yang terjadi selama ratusan tahun. Air sungainya yang juga jernih menjadi daya tarik lain untuk dilihat.

Lokasi: Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Harga tiket: Gratis

6. Berburu sunrise di puncak Bukit Pencu

Salah satu destinasi wisata lain di yang pas untuk menikmati lanskap Blora dari ketinggian. Juga, Bukit Pencu menjadi tempat yang paling asyik untuk menikmati sunrise.

Image credit: @cayo_dwip

Dari puncak bukit, kamu bisa menikmati hamparan hutan jati yang luas. Selain itu, kamu juga bisa melihat bukit kapur yang menarik.

Image credit: @tumbu_jebrak

Lokasinya cukup jauh dari pusat kota Blora. Perjalanan menuju lokasi juga menantang. Tapi sesampainya di destinasi, dijamin kamu tidak akan kecewa menikmati pemandangan yang disajikan.

Lokasi: Tegaldowo, Gunem, Ladang,Hutan, Tegaldowo, Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah
Harga tiket: 2,000 IDR

7. KDR Park, De Djawatan Benculuk ala Blora

Pernah mengunjungi De Djawatan Benculuk di Banyuwangi? Di Blora ternyata juga ada destinasi dengan pemandangan yang sama, yaitu KDR (Kunduran Distrik Refresh) Park.

Image credit: @hashfizul

Selain sejuk dan teduh, KDR Park juga memiliki pepohonan yang dibalut tumbuhan merambat, yang menyajikan pesona seperti di De Djawatan Benculuk, yaitu nuansa hutan yang eksotis.

Image credit: @budisauri

Di KDR Park juga ada banyak wahana bermain yang bisa dinikmati oleh anak-anak, mulai dari taman bermain hingga ATV yang bisa disewa. Tertari membawa keluarga ke sini?

Lokasi: Kunduran, Sambiroto, Kunduran, Blora, Jawa Tengah
Harga tiket: 3,000 IDR

8. Menikmati pesona Blora yang menarik di Gunung Cengklik

Yang suka selfie dengan latar belakang pesona alam Blora yang menawan, Gunung Cengklik bisa menjadi destinasi wisata yang dituju.

Image credit: @iyus_10

Dari ketinggian tertentu, di gardu pandang yang sudah disiapkan, kamu bisa berpose dengan berbagai gaya dengan view lanskap Blora yang menarik.

Image credit: @windaaprita_

Tempat ini juga menjadi destinasi wisata yang pas buat yang suka dengan aktivitas luar ruang.

Lokasi: Bicak, Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Harga tiket: 5,000 IDR

Baca juga: Tidak Kalah Dari Jogja, Inilah 12 Tempat Wisata Di Jepara Yang Memesona

Bukti bahwa Blora tidak hanya terkenal karena satenya, kan? Berencana untuk berkunjung ke kota salah satu penghasil kayu jati di Indonesia ini dalam waktu dekat?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru