Festival Cap Go Meh 2021 Di Singkawang Tidak Digelar

Pandemi Covid-19 yang masih belum bisa terkendali di Indonesia mengakibatkan sejumlah agenda tahunan di sejumlah daerah batal diselenggarakan, salah satunya adalah Festival Cap Go Meh 2021 di Singkawang, Kalimantan Barat.

Diungkapkan Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie, pemerintah kota memutuskan festival tersebut tidak akan digelar di tahun ini. Keputusan tersebut diambil setelah digelar rapat internal dengan mempertimbangkan meminimalkan risiko penyebaran virus corona, yang memicu penularan Covid-19.

“Pada perayaan Imlek 2572 dan festival Cap Go Meh 2021, kemungkinan kegiatan yang dapat mengundang banyak orang akan ditiadakan. Kegiatan yang dimaksud seperti pentas seni budaya dan pameran UMKM yang biasa digelar di Stadion Kridasana,” jelas Tjhai Chui Mie.

Selain itu, kegiatan parade atau festival Cap Go Meh, pawai tatung dan pawai lampion, yang sedianya akan dilangsungkan pada bulan Februari, yaitu pada tanggal 26 Februari 2021, juga tidak akan diselenggarakan.

Namun demikian, dirinya tetap memastikan pemkot akan tetap “meramaikan” perayaan Cap Go Meh dengan menghias kota Singkawang dengan lampu lampion dan banyak lagi lainnya. Ritual malam Cap Go Meh juga tetap dilakukan, namun secara virual, termasuk aktivitas lelang.

Festival Cap Go Meh dan Tatung Singkawang menarik perhatian wisatawan dunia karena keunikannya. Selain itu, ajang ini juga sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak benda Indonesia pada tahun 2020 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penetapan tersebut juga menjadi pengakuan negara terhadap tradisi, ritus, dan perayaan yang telah tumbuh dan berkembang di Kota Singkawang, yang sekaligus menjadi label atau identitas Kota Singkawang sebagai daerah yang melahirkan tradisi tersebut.

Baca juga: 12 Kuliner Singkawang Yang Yummy Dan Maknyus Untuk Sensasi Asyik Di Lidah Kamu

Meski tidak ada perayaan Cap Go Meh di tahun ini, jangan melewatkan kesempatan untuk jalan-jalan ke Singkawang setelah pandemi berakhir, ya! Dijamin seru, guys!


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru