Gunung Bromo Ditutup Untuk Umum Saat Nyepi

Punya rencana untuk liburan ke Gunung Bromo dalam waktu dekat, maka kamu harus memerhatikan jadwal penutupan destinasi wisata paling populer di Jawa Timur tersebut.

Dalam keterangan yang dirilis oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), semua akses masuk ke Gunung Bromo ditutup selama 24 jam, mulai dari pukul 05.00 WIB pada Kamis (7/3) hingga Jumat (8/3) pada pukul 05.00 WIB. Namun, untuk persiapan, penutupan sudah dilakukan sejak Kamis dini hari.

Diungkapkan John Kenedie, Kepala Balai Besar TNBTS, seperti dikutip Antaranews, penutupan Gunung Bromo dari semua kegiatan pariwisata dilakukan untuk menghormati perayaan Hari Raya Nyepi warga Tengger yang beragama Hindu.

Ada pun penutupan dilakukan pada semua akses menuju ke Gunung Bromo, termasuk pintu masuk ke Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Cemorolawang di Tengger Laut Pasir, RPTN Gunung Pananjakan dan RPTN Coban Trisula.

Image credit: @vander_armando

Penutupan akses menuju ke Gunung Bromo juga dilakukan dalam radius delapan kilometer dari puncak, yaitu di gerbang masuk desa Ngadas, desa Wonokitri dan Blok Jemplang di Laut Pasir.

Penutupan akses jalan menuju Gunung Bromo juga akan melibatkan unsur TNI dan kepolisian, bekerja sama dengan para ‘Jaga Baya’, petugas keamanan setempat.

Sebelum pelaksanaan Nyepi, sejumlah wilayah sudah melakukan sejumlah kegiatan keagamaan, seperti di Kecamatan Sukapura, yang sudah melakukan aksi bersih-bersih pada 1 Maret, Ritual Melasti pada 3 Maret dan Tawur Agung/Pujan Kesanga pada 6 Maret, Ngembak Geni pada 8 Maret dan Dharma Santi.

Baca juga: 10 Taman Nasional Di Indonesia Yang Tidak Kalah Indah dari Taman Nasional Komodo

Jadi, dengan Gunung Bromo ditutup, kamu sudah punya destinasi liburan alternatif kan?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru