Geopark Global UNESCO Sai Kung Hong Kong: Utopia Geokonservasi Yang Harus Masuk Dalam Daftar Destinasi Kunjungan Kamu

Artikel mengenai cara menikmati Geopark Global UNESCO Sai Kung Hong Kong ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini. Read here for the English version.

Hong Kong menjadi tempat di mana kamu bisa menikmati kuliner paling lezat dan belanja untuk memenuhi keinginan hati kamu. Sepertinya semua orang sudah tahu akan hal itu. Tapi tahukah kamu bahwa Hong Kong menawarkan destinasi alam berkelanjutan sama banyaknya dengan budaya urban yang ada? Geopark Global UNESCO Hong Kong bisa dijangkau dengan menggunakan kapal dari pusat kota dan akan langsung membawa kamu ke petualangan ekologis terbaik yang pernah kamu dapatkan.

JELAJAHI KEANEKARAGAMAN HAYATI HONG KONG

Jika kamu belum pernah mendengar geopark luar biasa yang dimiliki Hong Kong, bayangkan batuan heksagonal vulkanik, mangroves, komunitas koral dan desa nelayan. Jauh dari keriuhan dan kesibukan pusat Hong Kong, bukan? Itulah yang membuat petualangan menjadi sangat menarik dan pastinya layak masuk dalam daftar kunjungan wisata kamu!

Bagaimana Geopark Global UNESCO Hong Kong Sai Kung terbentuk?

sai kung hong kong
Image credit: Tugo Cheng | Hong Kong Tourism Board

Sekitar 140 juta tahun yang lalu, wilayah, yang kemudian menjadi geopark, mengalami sejumlah erupsi vulkanik, yang pada akhirnya menjadikan terbentuknya formasi unik dan menarik yang mewarnai pulau dan batuan ini. Untuk bisa menjawab rasa penasaran kamu dari susunan batuan yang spesial ini, kamu harus berlayar ke dua area utama dari geopark ini, kawasan Volcanic Rock’s Sai Kung dan kawasan Northeast New Territories Sedimentary Rock.

Di Hong Kong, kawasan Sai Kung Volcanic Rocks menjadi destinasi utama yang banyak dikunjungi wisatawan. Kawasan ini terbentuk dari formasi batuan heksagonal vulkanik, yang tidak akan bisa kamu temukan di tempat lain di bumi ini.

Menurut ahli geologi, banyak dari formasi batuan heksagonal ini terbentuk dari lava basaltik dasar, namun, formasi batuan vulkanik yang ada di Sai Kung merupakan batuan vulkanik rhyolitik yang kaya silika sehingga sejauh ini terus menjadi penelitian di kalangan ilmuwan. Satu hal yang pasti, seluruh kawasan ini merupakan daerah yang dilindungi berkat sejarah panjang dan keindahan geologis.

Menjelajah kawasan Batuan Vulkanik Sai Kung Hong Kong

Image credit: ahei via Canva Pro

Kamu bisa tinggal selama satu atau dua pekan ketika mengunjungi Geopark Global UNESCO Hong Kong karena ada banyak pulau yang bisa dijelajahi. Otoritas yang bergerak di bidang ini terus bekerja keras sehingga taman bisa terjaga kondisi alaminya, agar kamu bisa menikmati petualangan ekologis yang nyata. Ini juga menjadi waktu yang tepat untuk menyatu dengan alam. Menikmati keindahan alam dapat mengingatkan kamu akan pentingnya semua ini untuk tetap menjaga dan melindungi lingkungan. Selain itu, dapat dipastikan tidak ada seorang pun yang ingin mengakhiri liburannya dengan buru-buru!

Wilayah Sai Kung Hong Kong sendiri terbagi dalam empat pulau utama: Sharp Island Geo-Area, High Island Geo-Area, Ung Kong Group Geo-Area, dan Ninepin Group Geo-Area. Di sini, pengunjung bisa mengunjungi pantai-pantai dengan karakter berbeda, bermain di perairan yang jernih, melakukan pendakian yang mudah dan tentu saja mengambil gambar mengagumkan dengan latar formasi batuan unik!

Jika kamu ingin melihat aktivitas luar ruang Hong Kong yang istimewa, video di bawah ini bisa memberikan kamu gambaran yang mengesankan.

Bertemu dengan “bebatuan nanas”

Kami yakin kamu pasti bertanya-tanya, apa sih “bebatuan nanas” itu? Hmm, tidak usah membayangkan yang bukan-bukan karena batuan ini bukan terbuat dari nanas. Sharp Island  lebih dikenal karena pantainya yang keren dan garis pantai yang panjang. Terlepas dari nuansa tropis yang ditawarkan, daya tarik utama dari pulau ini adalah “bebatuan nanas”, yang dulunya merupakan batu granit.

sai kung hong kong
Image credit: Hong Kong Tourism Board

Karena pengaruh cuaca dan erosi yang pada akhirnya menjadikan batuan itu seperti yang terlihat sekarang ini, batu kuarsa monzonit tersebar di pantai Sharp Island termasuk pantai Tombolo. Nama bebatuan nanas ini sebenarnya didapatkan dari kuliner lezat Hong Kong yang terkenal dan sangat hits di kalangan penduduk lokal dan turis: roti nanas!

Influencer asal Indonesia Shanty Paredes di Sharp Island | Image credit: Hong Kong Tourism Board

Seperti namanya, “batuan nanas” Sai Kung Hong Kong memiliki bentuk seperti roti nanas, yang mengingatkan orang akan camilan lokal. Batu-batu besar ini memiliki lapisan luar dan dalam, yang mengakibatkan munculnya retakan, mengingatkan pada bagian atas roti nanas. Selain itu, lapisan luar “batu nanas” juga bisa terkelupas seperti bawang!

Penampakan batu-batu besar ini juga cukup menarik. Meski ada hasrat untuk mengambil batu-batu ini sebagai souvenir, ingat untuk tidak melakukannya karena hal itu dilarang. Wisatawan diingatkan untuk membantu mempertahankan dan menjaga Geopark Global UNESCO Hong Kong dengan meninggalkan pantai dan formasi batuan tetap seperti sedia kala. Hal menarik lainnya di Sharp Island tentunya adalah pantai Tombolo, yang hanya muncul saat air surut dan gua lautnya yang misterius.

Mendaki di tengah kolom batu heksagonal

sai kung hong kong
Image credit: Hong Kong Tourism Board

Ketika kamu berpikir tidak ada yang lebih baik lagi dari geopark ini, kamu salah. Kamu bisa langsung menyaksikan batuan heksagonal dan formasi tebing dengan sangat dekat di High Island. Jika kamu memiliki kemampuan untuk mendaki, pengalaman yang didapatkan bisa lebih baik lagi!

Kami menyarankan untuk mengambil High Island Geo Trail di East Dam dari High Island Reservoir. Jalur ini akan membawa kamu ke sejumlah lokasi di mana kamu bisa menyaksikan perbukitan yang hijau dan kolom batuan vulkanis heksagonal  di masa-masa terbaik mereka. Dengan hamparan laut biru yang luar biasa, tidak ada tempat lain yang jauh lebih mengesankan untuk menikmati pemandangan di Hong Kong.

Image credit: Kdwk Leung

Jalur yang harus ditempuh cukup mudah dilalui, jadi kamu tidak perlu khawatir dengan tingkat kesulitannya. Tapi, jika kamu lebih memilih bersantai dan menikmati pemandangan alam yang ditawarkan High Island, ada fasilitas piknik yang bisa kamu temukan di sepanjang jalur ini. Bayangkan menikmati bekal piknik sambil mengagumi garis pantai dan kolom batuan raksasa yang memiliki 140 juta tahun sejarah di belakang mereka. Ini merupakan pengalaman yang berkesan seumur hidup.

Trivia: Kolom heksagonal ini mencakup kawasan dengan luas mencapai 100 kilometer persegi, dengan ketinggian hingga 100 meter dengan total ketebalan 400 meter dan diameter rata-rata 1,2 meter. Sejumlah kolom bahkan berbentuk seperti huruf S! Apakah kamu bisa menyebutkan atraksi heksagonal menarik lainnya di dunia yang mirip dengan ini? Kami akan menunggu!

Kayak dan mengunjungi gua di antara pulau

sai kung hong kong
Image credit: ahei via Canva Pro

Perjalanan menikmati batuan heksagonal berlanjut di gugusan pulau Ung Kong. Hanya saja, kali ini kamu harus mengunjunginya dengan menggunakan kayak atau kapal. Gua laut terbesar dari geopark ini sudah menanti kamu!

Hal pertama yang harus kamu tahu tentang Ung Kong adalah kawasan ini terbagi dalam tiga bagian pulau kecil utama: Wang Chau, Basalt Island dan Bluff Island. Semua pulau ini memiliki formasi batuan heksagonal ikonik lengkung laut dan gua. Wang Chau menjadi pulau terkecil, tapi menjadi rumah dari Wang Chau Kok Cave, salah satu gua laut terbesar di Sai Kung. Pulau yang unik ini juga memiliki lengkung laut sepanjang 30 meter.

Sementara itu, Basalt Island terkenal karena menjadi rumah dari lengkungan laut sepanjang 45 meter. Di sini, kamu bisa turun dari kapal dan menjelajah Guan Gong Knife Cave, baik dengan berenang atau dengan berjalan kaki ketika perairan tidak terlalu dalam. Tebing di sini juga memiliki struktur heksagonal, jadi kami menyarankan untuk kamu bisa mendapatkan kesempatan berenang di tengah bentangan alam dari perairan yang luar biasa ini.

Image credit: Chunyip Wong via Canva Pro

Trivia: Basalt Island dinamai demikian karena suatu kesalahan. Karena kebanyakan kolom batuan heksagonal di seluruh dunia terbuat dari basalt, orang pertama yang datang ke pulau ini mengira hal yang sama juga terjadi di Geopark Global UNESCO Hong Kong ini. Faktanya tidak demikian. Formasi batuan heksagonal geopark terbentuk dari batuan vulkanik riolitik asam kaya silika. Namun nama “basalt” untuk pulau ini tetap dipertahankan.

Di sisi lain, Bluff Island tidak sepopuler dan sebesar Basalt island. Tapi kamu bisa mengunjungi pulau ini dengan menggunakan kayak dari Basalt Island. Perjalanan ke sini biasanya untuk mendapatkan tempat yang jauh lebih tenang dan keren. Pulau ini juga lebih dikenal sebagai destinasi untuk menyelam dan snorkeling untuk menyaksikan batuan koral yang indah.

Silahkan mengunjungi Candle Cave, ambil foto dengan membelakangi formasi batuan heksagonal dan rasakan sensasi hembusan angin laut yang segar. Jika tertarik untuk melakukan pendakian pendek, kamu bisa menuju ke puncak pulau untuk mendapatkan pemandangan yang luar biasa dari Basalt Island. Dengan air laut yang jernih, kehidupan bawah laut yang mengesankan dan perbukitan hijau, pulau ini wajib dikunjungi!

Menemukan tempat tak berpenghuni

Image credit: TY_Lui via Canva Pro

Ingin berlayar ke destinasi di formasi batuan heksagonal paling luas? Langsung saja menuju ke Ninepin Island. Wilayah ini terbentuk dari banyak pulau kecil dan keindahan yang mereka miliki adalah semuanya merupakan tempat yang tidak berpenghuni. Ninepin juga disebut sebagai belantara yang tandus, karena minimnya vegetasi tapi memiliki banyak kolom batuan. Tempat ini bisa menjadi tempat ideal untuk mendapatkan tempat yang tenang dan asyik untuk berjemur dengan formasi batuan geologis di sekeliling kamu.

Ninepin memiliki tiga pulau besar yang bisa dikunjungi: East Ninepin, South Ninepin dan North Ninepin Island. Tebing-tebing pulau ini telah menghadapi erosi ombak dan angin selama bertahun-tahun, yang menghasilkan lanskap alam yang luar biasa. Akan tetapi, North Ninepin Island menjadi yang destinasi terbaik karena memiliki kolom heksagonal paling impresif yang bisa kamu lihat di gugusan pulau Ninepin. Kamu bisa menemukan kolom di Ngan Peng Keng, yang memiliki dua bidang patahan besar, dan Yuen Shek Pai, di mana batuan heksagonal membentuk tangga berputar.

sai kung hong kong
Image credit: LeeYiuTung via Canva Pro

Di sisi lain, South Ninepin Island dikenal karena gua lautnya, yang paling populer adalah Tiger Mouth Cave dan Y-Shaped Cave. Kamu bisa berenang masuk ke gua ini jika memiliki pemandu. Menyewa pemandu tidak hanya menunjukkan dukungan pada inisiatif ecotourism Hong Kong, tapi juga memungkinkan kamu untuk mengetahui lebih banyak pentingnya melindungi kawasan ini bagi warga lokal. Terlepas dari itu, pulau ini juga memiliki Kuil Tin Hau paling kecil di Hong Kong!

Trivia: Nelayan Inggris menjadi orang yang turut andil dalam memberikan nama gugusan pulau ini dengan “Ninepin”. Nama tersebut terinspirasi dari permainan asal Inggris yang mirip dengan bowling. Karena itu, gugusan pulau Ninepin menjadi yang kita kenal sampai sekarang ini.

Jika kamu tertarik melakukan pendakian, persiapkan diri dengan membawa camilan dan minuman karena di Ninepin Island tidak ada fasilitas untuk makan dan minuman. Namun, pastikan kamu tetap menjaga kebersihan. Jika tidak menemukan tempat sampah, tetap bawa sampah bekas makanan dan minuman hingga bisa menemukan lokasi untuk membuangnya. Hong Kong ingin menjaga Geopark Global UNESCO mereka tetap alami, sedapat mungkin mereka menghindari untuk membangun bangunan atau infrastruktur.

Baca juga: Panduan Traveler Pecinta Alam & Lingkungan Ke Pulau-Pulau Bebas Kendaraan Di Hong Kong

Ninepin Island bahkan tidak memiliki dermaga. Hal ini membuat pulau ini bisa terjaga tetap alami. Pendaki yang minim pengalaman disarankan menikmati pemandangan pulau ini dari kapal daripada harus menginjakkan kakinya di Ninepin Island, hal ini juga dapat mengendalikan keramaian yang berkelanjutan dan bisa mempertahankan jejak kaki di kawasan ini agar tetap dalam standar yang menyehatkan.

Siapa yang mengira kita bisa menemukan formasi batuan berkelas dunia dan bentukan alam yang mengagumkan di Hong Kong, dan jaraknya hanya beberapa menit dari pusat kota? Dengan sejarah panjang di belakangnya, kita hanya bisa mendapatkan sedikit informasi dari permukaan.

KETAHUI LEBIH BANYAK MENGENAI KEAJAIBAN ALAM

Situs warisan dunia UNESCO ini memiliki banyak area yang bisa dijelajahi, termasuk Tung Ping Chao, Double Haven dan Ma Shi Chau. Selain itu, ada banyak jalur perjalanan yang tersebar di seluruh pulau Sai Kung. Geopark Global UNESCO Sai Kung di Hong Kong merupakan permata tersembunyi yang harus diperkenalkan karena keanekaragaman dan usaha pelestariannya. Well, kapan kamu berencana untuk berkunjung ke sini?

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs resmi Hong Kong Tourism Board, Facebook dan Instagram.


Dipersembahkan oleh Hong Kong Tourism Board

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru