Dari Murah Hingga Mewah, 9 Hotel Di Banyuwangi Ini Cozy Dan Istimewa

Potensi wisata di Banyuwangi sudah jauh lebih berkembang dari satu dekade silam. Banyuwangi seakan menyimpan permata yang unik dan berbeda dari Bali yang sangat ‘touristy’. Apalagi, awal tahun 2018, Pantai Grand Watu Dodol dinobatkan sebagai pantai paling bersih se-ASEAN pada acara ASEAN Tourism Standard Award.

Karena alasan tersebut, tidak sedikit wisatawan, baik dalam maupun luar negeri datang ke kabupaten paling timur di Jawa Timur tersebut. Alhasil, kini sudah banyak pilihan hotel di Banyuwangi yang menarik untuk dipilih. Dari homestay murah meriah hingga resort mewah dengan fasilitas kelas dunia, ada di Banyuwangi. Berikut sembilan hotel di Banyuwangi yang istimewa, yang bisa disesuaikan dengan budget kamu.

1. Yellow Hostel (Mulai dari 41,667 IDR)

Butuh tempat untuk menyegarkan diri sesudah perjalanan darat yang panjang? Berbaring sejenak di Yellow Hostel bisa jadi solusi. Kamar tidur yang bersih dan fasilitas yang cukup memadai ini bisa kamu manfaatkan dengan harga ekonomis.

Image credit: AgodaAgoda

Meskipun murah, hotel di Banyuwangi ini tidak murahan lho. Selain bangunannya yang tergolong baru, ada koneksi WiFi di setiap kamar. Kamu juga bisa berkenalan dengan pelancong dari seluruh dunia. Maklum, Yellow Hostel juga menawarkan paket wisata ke Ijen, pastinya dengan harga yang terjangkau.

Image credit: AgodaAgoda

Lokasi: Jalan Kuntulan, Banyuwangi 68431
Booking di Agoda

2. Latansa Homestay (Mulai dari 74,380 IDR)

Kamu ingin menjelajah Pantai Watu Dodol, Bangsring Underwater, dan Pantai Boom? Latansa Homestay bisa kamu pilih sebagai tempat menginap karena letaknya yang strategis. Selain dekat dengan berbagai destinasi wisata, hotel di Banyuwangi yang murah meriah ini juga berjarak hanya selemparan batu dari Stasiun Banyuwangi Baru dan Pelabuhan Ketapang. Fasilitasnya cukup lengkap, seperti AC, WiFi, dan teras di sebagian kamar.

Image credit: AgodaAgoda

Jika kamu menginap di Latansa Homestay, tidak perlu bingung jika hendak mencari makanan atau membeli sesuatu. Ada Osing Mulo Cafe & Resto, dan minimart yang berada persis di depan penginapan. Tak heran kalau banyak wisatawan lokal maupun asing yang singgah di sini.

Image credit: @osingmulo@osingmulo

Lokasi: Perumahan Bumi Ketapang Indah, Jalan Situbondo, Kalipuro, Banyuwangi 68421
Booking di Agoda

3. Ritma Guest House Syariah (Mulai dari 165,750 IDR)

Jika kamu perempuan yang bepergian sendiri, Ritma Guest House Syariah menawarkan akomodasi yang aman dan nyaman. Dari namanya saja kamu sudah tahu kalau penginapan ini mengharuskan pasangan menunjukkan tanda sudah menikah untuk bisa menginap di sini.

Image credit: AgodaAgoda

Sebagai solo traveler, kamu bisa memilih kamar dengan satu tempat tidur. Tenang, fasilitasnya lengkap, kok! Setiap kamar dilengkapi dengan AC, kamar mandi dalam, televisi, dan lemari.

Image credit: AgodaAgoda

Meskipun berada di pinggir jalan raya, kamar di Ritma Guest House Syariah lumayan kedap suara sehingga kamu tidak perlu khawatir istirahatmu terganggu. Akomodasi ini juga menyediakan air mineral, teh, dan kopi gratis untuk para tamu. Pas banget buat kamu yang ingin bersantai di taman pada sore hari. Lokasinya berjarak sekitar 4 km dari Stasiun Karangasem, strategis dan efisien!

Lokasi: Jalan KH. Wachid Hasyim No. 4, Banyuwangi 68416
Booking di Agoda

4. Kampoeng Joglo Ijen (Mulai dari 224,260 IDR)

Khusus mengunjungi Banyuwangi untuk mendaki Ijen? Kampoeng Joglo Ijen berjarak 1,2 km dari Kawah Ijen, pastinya menghemat waktu perjalananmu mengejar matahari terbit. Kamar-kamar berupa pondok, ditambah dengan sawah-sawah yang menegaskan nuansa pedesaan, menjadikan liburan kamu lebih berkesan. Terdapat fasilitas tenis meja dan tiga kolam renang yang bisa kamu gunakan untuk meredakan kelelahan setelah pendakian. Lengkap banget!

Image credit: @thecosmopolitanchic@thecosmopolitanchic

Kampoeng Joglo Ijen punya pemandangan indah untuk menunjang foto-fotomu. Di samping Pegunungan Ijen yang menjadi latar belakang, ada taman rindang dan sungai dengan air yang jernih tepat di samping penginapan. Tak hanya itu, udara yang sejuk akan membuat istirahatmu semakin nyenyak.

Image credit: @fatimahnrdh@fatimahnrdh

Lokasi: Desa Banjar, Kecamatan Licin, Banyuwangi 68432
Booking di Agoda

5. Didu’s Homestay Bed & Breakfast (Mulai dari 265,000 IDR)

Ini nih, penginapan yang sedang hits di kalangan para traveler! Hotel di Banyuwangi ini istimewa banget! Sejak didirikan pada tahun 2015, Didu Homestay sudah menampung lebih dari 3,000 tamu, lho!

Image credit: AgodaAgoda

Pemilik Didu Homestay dulunya bekerja di kapal pesiar, sehingga mereka paham betul mengenai kebutuhan para wisatawan, dari mulai ruang umum yang mengundangmu bersantai, membaca buku, atau mengobrol dengan tamu lain. Ada juga dapur self-service dan layanan pijat, lho!

Image credit: @didushomestaybwi@didushomestaybwi

Didu Homestay terdiri dari tujuh pondok yang bisa kamu pilih berdasarkan kebutuhanmu, apakah untuk dua, empat, atau bahkan lima orang. Semuanya dilengkapi dengan pemandangan taman yang asri, plus suasana pedesaan di sekitar penginapan. Selain itu, Didu memiliki networking yang luas sehingga memudahkan kamu yang ingin berwisata di Banyuwangi hingga Bali. Bahkan, mereka bisa membantu kamu yang ingin menjelajah dengan jeep. All in one!

Image credit: @didushomestaybwi@didushomestaybwi

Lokasi: Dusun Watulo RT01/RW01 Desa Rejosari Kecamatan Glagah, Banyuwangi 68432
Booking di Agoda

6. Mirah Hotel & Resort Banyuwangi (Mulai dari 322,218 IDR)

Image credit: AgodaAgoda

Butuh transit dalam perjalanan ke Bali (atau ke Jawa Timur), atau memang sedang berlibur di Banyuwangi, hotel bintang tiga ini sayang untuk dilewatkan. Berjarak hanya 2 km dari Pelabuhan Ketapang, Mirah Hotel & Resort punya berbagai pilihan kamar, seperti deluxe, bungalow, atau villa yang terdiri dari dua kamar lengkap dengan kolam renang pribadi.

Image credit: AgodaAgoda

Hotel bergaya semi-boutique ini menyediakan sejumlah fasilitas untuk kamu yang ingin seru-seruan sama teman-teman, seperti kolam renang outdoor, meja biliar dan karaoke. Tentu saja, ada koneksi WiFi di setiap kamar maupun di restoran dan area publik. Mirah Hotel & Resort sedang sering diperbincangkan di antara para pebisnis Jawa Timur, terutama untuk mengadakan pertemuan atau liburan kantor. Jadi, kualitas pelayanannya tidak perlu diragukan lagi!

Image credit: Mirah Hotel and ResortMirah Hotel and Resort

Lokasi: Jalan Yos Sudarso No 28, Kalipuro, Banyuwangi 68421
Booking di Agoda

7. eL Hotel Royale (Mulai dari 506,301 IDR)

Image credit: @elhotelroyalebanyuwangi@elhotelroyalebanyuwangi

Berkunjung ke Banyuwangi dengan pesawat? Tentu kamu mencari hotel dekat bandara, dong! eL Hotel Royale bisa kamu pertimbangkan, apalagi harganya sangat terjangkau untuk ukuran hotel bintang empat. Lokasi hotel ini juga strategis, berada di antara Bandar Udara Banyuwangi, Pelabuhan Ketapang, dan Pantai Cemara.

Image credit: @igorfebriansyah@igorfebriansyah

Bangunan hotel yang megah serta kolam renangnya yang luas, bisa jadi membawa benakmu melayang ke The Mulia Nusa Dua. Suasana yang asri, ditunjang dengan restoran yang menyediakan berbagai menu Indonesia dan internasional, turut menjadikan eL Hotel Royale sebagai salah satu pilihan teratas bagi warga lokal Banyuwangi yang ingin melakukan staycation. Tak perlu ke Bali, di eL Hotel Royale kamu bisa mendapatkan pengalaman menginap yang menyenangkan.

Image credit: @elhotelroyalebanyuwangi@elhotelroyalebanyuwangi

Lokasi: Jalan Raya Jember KM. 7, Banyuwangi 68461
Booking di Agoda

8. Grand Harvest Resort (Mulai dari 785,124 IDR)

Image credit: @grandharvestresort

Satu lagi hotel di Banyuwangi yang dekat dengan Kawah Ijen, yaitu Grand Harvest Resort! Kalau kamu punya anggaran berlebih, dijamin tidak akan menyesal saat memilih hotel bintang empat yang berjarak tidak sampai satu kilometer dari Kawah Ijen ini.

Image credit: @grandharvestresort

Hotel ini baru saja didirikan pada tahun 2017, tetapi sudah banyak menuai tanggapan baik dari para tamu. Terdapat pilihan kamar seperti Family Suite dan Villa 2 kamar tidur yang hampir selalu full booked terutama pada masa liburan atau akhir pekan.

Image credit: @grandharvestresort

Grand Harvest Resort juga punya beragam fasilitas hiburan untuk kamu, seperti empat kolam renang, danau buatan lengkap dengan perahu dayung, hingga aktivitas menunggang kuda. Ambiance yang romantis dan family-friendly membuat akomodasi ini tidak hanya populer di mata para wisatawan, tetapi juga pasangan yang ingin mengadakan prewedding shoot atau pesta pernikahan. Cocok untuk rencana honeymoon kamu!

Image credit: @grandharvestresort

Lokasi: Tamansari, Licin, Banyuwangi 68454
Booking di Agoda

9. Dialoog Banyuwangi (Mulai dari 1,134,375 IDR)

Image credit: Dialoog

Ingin mendapatkan pengalaman tak terlupakan saat berwisata ke Banyuwangi? Menginaplah di Dialoog Banyuwangi yang menghadap langsung ke Selat Bali.

Image credit: Dialoog

Termasuk dalam jaringan Alila Group, hotel bintang empat ini terdiri dari 116 kamar dan memiliki akses ke Pantai So Long. Tidak perlu jauh-jauh kalau hendak menikmati matahari terbenam, bisa sambil berjemur di dekat kolam renang yang mengusung gaya semi-infinity.

Image credit: Dialoog

Keberadaan Casabanyu Restaurant & Bar yang menawarkan berbagai varian menu makanan melengkapi berbagai fasilitas yang tersedia, seperti WiFi di setiap kamar, pijat dan spa, penitipan anak, serta pusat kebugaran.

Image credit: @ivan_purwanto

Di samping itu, kamu pasti tak sabar ingin berfoto di setiap sudut hotel di Banyuwangi ini. Sawah mini, lapangan rumput, dan pohon-pohon kelapa yang menjulang, semuanya mengingatkan akan Bali. Menginap semalam di sini rasanya tidak akan cukup!

Image credit: @mariarahajeng

Lokasi: Jalan Yos Sudarso, Kalipuro, Banyuwangi 68421
Booking di Agoda

Baca juga: Itinerary Jalan-Jalan Liburan Hemat Banyuwangi 3H2M

Sudah tahu opsi yang kamu punya seputar hotel di Banyuwangi? Segera pilih tanggal liburan kamu, dan booking kamar sebelum kehabisan!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru