5 Istana Kerajaan di Austria Seperti Dongeng Impianmu

Artikel ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini. Read here for the English version.

Perkebunan yang indah, lampu gantung yang mempesona, dan permukaan dinding yang terpahat, membuat kastel dan istana kerajaan di Austria benar-benar terlihat seperti di buku dongeng loh! Pastinya kamu pernah memiliki impian untuk menjadi seorang pangeran atau putri yang hidup di istana yang semewah istana-istana di Austria. Ayo jalan-jalan ke Austria dan untuk mewujudkan impian kamu dengan mengalami secara langsung istana kerajaan Austria.

Mari kita memulai perjalanan yang menyenangkan ini!

1. Schoenbrunn Palace

Schoenbrunn Palace | Image credit: SKB – A.E. Koller

Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO, Istana Schoenbrunn adalah tempat wisata yang paling sering dikunjungi di Austria. Istana ini terkenal untuk kabin dan apartemen yang dihias secara elegan, The Maze dan Labyrinth di taman, dan museum anak-anak. Selama lebih dari 300 tahun (1569-1918), istana ini berada di tangan Dinasti Habsburg, salah satu dinasti paling dominan di Eropa, sebelum diambil alih oleh Republik Austria.

Vieux Laque Room | Image credit: SKB – A.E. Koller

Sebagian besar bangunan istana terbuka untuk umum, termasuk 40 dari 307 kamar dan tempat tinggal Kaisar Franz Joseph dan istrinya, Elisabeth. Menariknya, bangunan ini masih mempertahankan dekorasi asli Baroque, yang membantu mencerminkan sejarah Austria. Begitu juga dengan tamannya, dimana kamu akan dibuat kagum dengan keindahan Neptune Fountain (Air Mancur Neptune), Obelisk Fountain (Air Mancur Obelisk), Roman Ruin (Reruntuhan Romawi), dan Gloriette dari dekat. Menarik bukan?

Schoenbrunn Palace, Great Parterre | Image credit: SKB – A.E. Koller

Preservasi komplek istana ini dipelopori oleh Schloß Schönbrunn Kultur– und Betriebsges.m.b.H. (SKB), sebuah perusahaan yang juga bertanggung jawab untuk menambahkan atraksi baru kepada Istana untuk beradaptasi dengan kebutuhan dan ketertarikan tamu-tamu yang berbeda. Dengan Museum anak-anak, para pengunjung mudah bisa mendapatkan pengalaman langsung melalui berbagai pemerannya, dimana mereka bisa mencoba mengatur meja kekaisaran, main dengan permainan tradisional, atau mencoba kostum ala kerajaan!

Schoenbrunn Palace, Privy Garden | Image credit: SKB – A.E. Koller

Tip: Beli tiket masuk online untuk menghindari antrean panjang di luar. Direkomendasikan juga untuk mendapatkan tiket kombinasi (yaitu Sisi Ticket), yang sudah termasuk tiket masuk ke tempat wisata lain yang dikelola SKB di seluruh Wina.

Schoenbrunn Zoo, Schoenbrunn Panorama Train | Image credit: Zoo Vienna – Daniel Zupanc

Apakah kamu percaya bahwa kebun binatang tertua di dunia berada di Austria? Dengan 700 spesies hewan, Schoenbrunn Zoo (Kebun Binatang Schoenbrunn) juga merupakan bagian dari pekarangan Schoenbrunn Palace. Menariknya, kebun binatang ini juga dinobatkan sebagai kebun binatang terbaik di Eropa selama empat kali berturut-turut antara tahun 2008 dan 2015!

Panda Kembar Fu Feng dan Fu Ban | Image credit: Zoo Vienna – Daniel Zupanc

Schoenbrunn Zoo adalah rumah bagi panda raksasa, salah satu anggota keluarga beruang paling dicintai yang baru saja bertahan hidup dari kepunahan! Tidak hanya itu, kebun binatang ini juga rumah bagi beruang kutub, harimau Siberia, dan jerapah. Di Taman jerapah, kamu dapat berinteraksi dengan hewan-hewan ini secara langsung yang akan membuat liburanmu semakin berkesan. Jika kamu merencanakan kunjunganmu dengan baik, kamu akan dapat melihat beberapa hewan di saat jam makan mereka sambil mendengarkan staf kebun binatang yang sedang berbagi informasi menarik tentang taman yang mempesona ini. Khawatir akan lapar atau haus? Ada beberapa kafe dan restoran di sekitar kebun binatang yang bisa kamu datangi sambil beristirahat!

Schoenbrunn Zoo, Aquarium House | Image credit: Zoo Vienna – Daniel Zupanc

Cara menuju ke sana: Dari pusat kota Wina, ambil jalur kereta bawah tanah U4 (hijau) melalui stasiun Schönbrunn atau Hietzing ke Istana Schoenbrunn. Kamu juga dapat menggunakan trem 10 dan 60 atau bus 10A.

2. Hofburg Imperial Palace

Hofburg Vienna | Image credit: SKB – Lois Lammerhuber

Dulunya merupakan pusat Kekaisaran Habsburg selama 600 tahun, Hofburg Imperial Palace mampu menarik sekitar 800.000 pengunjung setiap tahunnya. Istana ini memiliki tiga tempat wisata utama yaitu Imperial Apartments, Silver Collection, dan Sisi Museum yang menunjukkan tradisi istana dan kehidupan sehari-hari pada zaman itu. Semuanya dapat diakses menggunakan satu tiket.

Imperial Apartments, Empress Elisabeth’s Grand Salon | Image credit: SKB – Edgar Knaack

Pameran The Imperial Apartments menampilkan keunggulan dari kamar yang ditempati oleh Kaisar Franz Joseph dan istrinya. Beberapa aksesoris utama di sini adalah lampu kristal utama dan tungku keramik, yang sebagian besar masih merupakan bagian dari perabot asli abad ke-18.

Silver Collection Milan table centerpiece | Image credit: SKB – A.E. Koller

Yang terbesar dari semua pameran adalah Silver Collection (Koleksi Perak) yang sekilas menampilkan kekayaan rumah tangga kekaisaran melalui 7.000 alat makan yang indah. Benda-benda yang ditampilkan berupa seperangkat alat makan dan alat lainnya permaisuri Maria Theresa, peralatan makan malam emas Napoleon, dan peralatan pencuci mulut Kaisar Franz Joseph Minton.

Sisi Museum dengan replika gaun yang dikenakan oleh Elisabeth di pesta malam pernikahan| Image credit: SKB – A.E. Koller

Sisi Museum menampilkan barang-barang pribadi Elisabeth, seseorang dengan karakter yang terkenal dengan aura tegang dan suramnya. Barang-barang yang ditampilkan terdiri dari parasol, kipas, sarung tangan, peti obat keliling, dan perhiasan. Jubah hitam, topeng  kematian yang terkait dengan pembunuhannya pada tahun 1898 serta rincian kasusnya juga dapat ditemukan di sini.

Cara menuju ke sana: Dari pusat kota Wina, ambil jalur kereta bawah tanah U3 (oranye) ke Herrengasse. Kamu juga dapat menggunakan trem 1, 2, D, dan 71 dan turun di Burgring, atau bus 1A dan 2A dan turun di Hofburg.

3. Schloss Hof Estate

Schloss Hof, Neptune Fountain dan para penunggang kuda | Image credit: SKB – Lois Lammerhuber

Menjadi bagian peran penting dalam Kekaisaran Habsburg, Schloss Hof Estate di Marchfeld adalah istana pedesaan dan perkebunan terbesar di Austria. Mantan kekaisaran yang hampir 300 tahun ini dibangun untuk Pangeran Eugene dari Savoy, komandan militer ikonik, pecinta dan penikmat seni. Di sini, kamu akan menemukan kediaman aristokratnya, sebuah taman dan kebun pertanian yang ditata indah yang menjadi tuan rumah bagi berbagai perayaan yang diadakan pada saat dia tinggal disini dan juga setelah dibeli oleh Maria Theresa.

Antara 1725 dan 1775, kastel dengan empat sisinya yang asli mengalami renovasi untuk menambah sisi dan tingkat, juga termasuk renovasi kamar di lantai pertama. Sekarang, di lantai yang sama menyelenggarakan pameran-permanen yang menunjukkan sisi yang berbeda dari Pangeran Eugene, serta acara-acara sementara yang diadakan sesekali seperti pameran makanan.

Grand Cascade, Schloss Hof | Image credit: SKB – Hertha Hurnaus

Di luar istana, taman-taman Barok menyediakan perlindungan bagi pecinta alam yang mengunjungi perkebunan. Daerah ini ditandai oleh tujuh teras yang menuju ke River March. Di sini kamu akan melihat bunga, pohon, patung, vas batu, air mancur hias, dan bahkan perkebunan buah jeruk Prince Eugene. The Great Cascade, terinspirasi oleh air mancur Versailles, yang menjadi sorotan utama dari taman, jadi jangan lupa untuk membuat pose Instagram yang fantastik di sini!

Schloss Hof, Carriage Ride | SKB – C. Faith

Kehidupan di era Baroque juga bisa dialami di Estate Farm, sumber utama makanan dan kehidupan mewah Pangeran Eugene di Schloss Hof Estate pada abad ke-18. Sekarang, perkebunan ini memiliki taman herbal, kebun petani Weinviertel, taman dapur Allerleigarten, taman Naschgarten, dan bahkan taman hammock! Kamu juga akan mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan kuda Noriker, domba Wallachian dan Racka, dan keledai Baroque putih sambil berjalan di sekitar peternakan!

Cara menuju ke sana: Dari Wina, naiklah bus hop-on-hop-off dan turun di Schloss Hof Estate. Atau, kamu dapat naik kereta api dari Vienna Hauptbahnhof – Stasiun Pusat ke Stasiun Marchegg, kemudian naik bus antar-jemput gratis ke Schloss Hof.

4. Schloss Niederweiden

Schloss Niederweiden | Image credit: SKB – Harald Boehm

Dimodelkan berdasserkan Chateau de Plaisir Prancis dan vila-vila di Italia utara, arsitektur utama Schloss Niederweiden menunjukkan prestise Baroque ketika masih mempertahankan kesederhanaan.

Dibangun pada tahun 1693 untuk Ernst Rüdiger Count von Starhernberg, bangunan ini menjadi tempat berburu Prince Eugene setelah mengakusisi Schloss Hof Estate di dekatnya. Akhirnya bangunan ini diteruskan ke Maria Theresa, yang merenovasi tempat ini ke keadaan saat ini. Dengan gaya Cina yang menjadi tren pada waktu itu, banyak kamar di istana ini menggambarkan budaya Cina. Salah satunya adalah aula perjamuan yang dilukis dengan pepohonan, alat musik, dan musisi yang tampak oriental.

Schloss Niederweiden, Game Kitchen | Image credit: SKB – Dieter Nagl

Schloss Niederweiden juga terkenal dengan taman dan dapur perburuan, yang merupakan bagian dari konstruksi utamanya. Bagian ini pada awalnya didedikasikan untuk tamu istana yang terkenal. Saat ini, pengunjung dapat dengan mudah melihatnya selama tur ke istana, atau selama ada acara kuliner yang berlangsung di sini.

Cara menuju ke sana: Dari Wina, naiklah bus hop-on-hop-off dan turun di Schloss Niederweiden. Atau, kamu dapat naik kereta api dari Vienna Hauptbahnhof – Stasiun Pusat ke Stasiun Marchegg, kemudian naik bus antar-jemput gratis ke Schloss Niederweiden.

5. Hofmobiliendepot Imperial Furniture Collection

Imperial Furniture Collection, Showcase seen from Andreasgasse | Image credit: BMobV, SKB – Gerhard Walter

Menampilkan 165.000 artefak bersejarah, Hofmobiliendepot Imperial Furniture Collection adalah salah satu koleksi perabotan terbesar di dunia. Tempat ini juga akan mengajak kamu untuk menikmati tur yang seru seperti Alice in Wonderland, berkat kekayaan benda-benda khayalannya. Pada kenyataannya, koleksi ini adalah barang-barang perabotan asli dari rumah tangga Habsburg yang juga digunakan untuk melengkapi Istana Schoenbrunn, Istana Belvedere, Istana Laxenburg, dan tempat tinggal kekaisaran lainnya.

Imperial Furniture Collection, Bentwood Furniture by Gebrüder Thonet, Room 02 | Image credit: BMobV, SKB – Lois Lammerhuber

Dikelola oleh SKB, koleksi di sini lebih menampilkan desain perabotan terbaru oleh arsitek besar Austria Adolf Loos, Otto Wagner, Josef Hoffmann, dan Margarete Schütte-Lihotzky. Selain dari kantor federal Austria, kedutaan, dan resepsionis negara, beberapa film-film yang dipotret antara 1950 hingga 1970-an di Wina juga merupakan patron utama dari repositori untuk properti mereka. Hal ini termasuk film-film Sissi Ernst Marischka, seorang sutradara film dan penulis skenario terkemuka di Austria.

Imperial Furniture Collection, kitchen furniture with so-called “Lilien porcelain”, around 1955 | BMobV, SKB – Lois Lammerhuber

Tip: Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang kehidupan para Habsburg dan tempat tinggal mereka, SKB memiliki portal web interaktif yang disebut “The World of the Habsburgs” yang dapat dikunjungi kapan saja. Platform pemenang penghargaan ini lengkap dengan teks dan gambar mendetail untuk membuat tur virtual kamu jauh lebih menarik.

Cara menuju ke sana: Dari pusat kota Wina, ambil jalur kereta bawah tanah U3 (jeruk) ke stasiun Neubaugasse atau Zieglergasse. Kamu juga dapat menggunakan bus 13A dan turun di Neubaugasse atau Esterhazygasse.

Baca juga: All About Vienna, Austria & Why You’ll Fall in Love with It

Jika kehidupan bak negeri dongeng selalu menjadi impian kamu, maka mengunjungi istana kerajaan di Austria ini harus menjadi salah satu dari bucket list liburan kamu. Selain mengagumi arsitektur memukau mereka, istana-istana ini juga merupakan cara yang bagus untuk belajar tentang sejarah kekaisaran negara.

Jangan menunggu untuk pangeran yang menawan atau putri yang cantik! Rencanakan perjalanan ke Austria sekarang dan jalani impian dongeng kamu dengan atau tanpa siapapun untuk berbagi pengalaman. Ini adalah perjalanan yang benar-benar sangat berharga!

Untuk informasi selengkapnya, silahkan kunjungi situs resmi Austrian National Tourist Office (ANTO) dan halaman Facebook mereka.


Dipersembahkan oleh Austrian National Tourist Office (ANTO) dan Lech Zürs am Arlberg.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

  • Berburu Kuliner Enak di Sekitar Stasiun KRL dan MRT, Jakarta

    Naik transportasi umum baik KRL maupun MRT yang masih dibilang baru adalah hal yang sudah seringkali dipilih oleh para warga Jakarta. Alasannya? Tentu saja lebih murah, cepat, dan tidak perlu lagi stress karena terjebak macet. Nah tapi tahukah kamu jika di Jakarta, stasiun KRL dan MRT kini bukan lagi hanya sebatas stasiun tapi juga menjadi […]

  • 7 Jalur Kereta Api Indah Indonesia Untuk Perjalanan Liburan Tak Terlupakan

    “Naik kereta api.. Tuut…tuut…tuut, siapa hendak turut?” Masih ingat dengan penggalan lagu anak-anak tersebut? Naik kereta api memang akan selalu jadi perjalanan yang menyenangkan. Selain bebas macet, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah sepanjang perjalanan. Nah, tahukah kamu kalau di Indonesia terdapat beberapa jalur kereta api indah yang bisa kamu jadikan referensi aktivitas […]

Artikel Terbaru