Kebun Binatang Di Bali Untuk Dikunjungi Bersama Keluarga

Bali tidak hanya memiliki budaya dan istiadat yang keren, alam yang luar biasa dan pemandangan yang memesona, tapi juga memiliki fauna istimewa dan beraneka ragamnya. Jika liburan di Bali bersama keluarga, jangan sampai melewatkan kesempatan melihat beragam fauna ini di kebun binatang atau taman yang ada di Pulau Dewata.

Jika ingin rekomendasi destinasi untuk melihat binatang yang spesial di Bali, taman dan kebun di bawah ini bisa menjadi tujuan untuk liburan kamu bersama keluarga. Cekidot, ya!

1. Balitopia Butterfly Park yang penuh warna

Balitopia Butterfly Park | kebun binatang di bali
Image credit: Balitopia

Tertarik melihat kupu-kupu yang penuh warna, Balitopia Butterfly Park bisa menjadi destinasi wisata kebun binatang yang bisa dituju saat liburan di Bali. Taman ini memiliki luas 10 are, yang memadukan konsep antara alam bebas dan hutan tropis dengan berbagai tanaman dan bunga penuh warna. Ada lebih dari 15 jenis kupu-kupu dari Pulau Jawa dan Bali yang dibiarkan beterbangan bebas di wilayah ini.

Selain kupu-kupu, kamu juga bisa melihat bermacam serangga, reptil, unggas hingga rusa. Kamu juga bisa bersantai di Flamingo Bali Family Beach Club, yang masih berada di kawasan yang sama.

Lokasi: Saba, Kec. Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam buka: Setiap hari, 9.00 – 17.00 WITA
Harga tiket: Mulai dari 150,000 IDR

2. Ikut dalam konservasi penyu di Penangkaran Penyu Deluang Sari

Penangkaran Penyu Deluang Sari | kebun binatang di bali
Image credit: @edwardliong (kiri), @ezgoingplaces (kanan)

Jika ingin ambil bagian dalam penyelamatan dan program konservasi penyu, maka Penangkaran Penyu Deluang Sari menjadi destinasi yang bisa dikunjungi. Di pusat penangkaran penyu ini, kamu tidak hanya bisa melihat tukik (anak penyu) dan penyu besar yang dipelihara, tapi juga bisa membantu program konservasi dan edukasi masyarakat.

Deluang Sari | kebun binatang di bali
Image credit: Fitri Kartikaningtyas (kiri), Akhmad Fajar (kanan)

Fasilitas yang dimiliki penangkaran juga lengkap. Selain penyu, kamu juga bisa melihat satwa lain seperti burung liar, kelelawar dan iguana, serta masih banyak lagi lainnya.

Lokasi: Kelurahan Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali
Jam buka: Setiap hari, 9.00 – 17.00 WITA
Harga tiket: 10,000 IDR per orang

3. Melihat mamalia darat terbesar dunia di Mason Elephant Park

Mason Elephant Park | kebun binatang di bali
Image credit: Mason Elephant Park

Kebun binatang dengan gajah sebagai member utamanya ternyata juga ada di Bali, lho! Di Mason Elephant Park, kamu bisa melihat keanggunan gerak gajah, kecerdikannya dan juga aktivitas hidupnya sehari-hari.

Mason Elephant Park | kebun binatang di bali
Image credit: Mason Elephant Park

Taman ini memiliki luas empat hektar dan lanskapnya dibuat semirip mungkin dengan habitat gajah di Sumatra. Kamu juga bisa bercengkrama dengan para gajah di sini, termasuk memberi makan bahkan merawat bayi gajah.

Di Mason Elephant Park juga memiliki lodge untuk memfasilitasi tamu yang ingin bermalam bersama gajah. Bayangkan, bangun tidur sudah bisa melihat aktivitas harian para gajah secara langsung di habitatnya. Seru abis, kan?

Lokasi: Jalan Elephant Safari Park Banjar Desa Taro Tegallalang, Taro, Kec. Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam buka: Sabtu dan Minggu, 10.00 – 17.00 WITA
Harga tiket: Dewasa 90,000 IDR, anak-anak 70,000 IDR

4. Melihat ‘Afrika’ di Bali Safari & Marine Park

Bali Safari & Marine Park | kebun binatang di bali
Image credit: Bali Safari & Marine Park

Bali Safari & Marine Park, seperti namanya, adalah taman berkonsep seperti safari di Afrika. Keluargamu akan diajak berkeliling taman dengan menggunakan mobil terbuka dengan pelindung, untuk menyaksikan beragam binatang dari berbagai tempat di seluruh dunia. Tidak perlu jauh-jauh ke Afrika deh untuk bersafari di belantara!

Keseruan Bali Night Safari | Image credit: Bali Safari & Marine Park

Bagi si kecil, ini bisa menjadi pengalaman yang seru karena mereka bisa melihat langsung hewan-hewan eksotis khas Indonesia dan beberapa negara lain. Tapi bila kamu ingin memberikan kesan yang jauh lebih mantap, coba ikuti Bali Night Safari yang dilakukan di malam hari.

Image credit: Mara River Safari Lodge

Kami juga menyarankan untuk menginap semalam di resort Bali Safari & Marine Park, Mara River Safari Lodge untuk liburan yang benar-benar tidak terlupakan. Akomodasi istimewa ini akan membawa keluargamu lebih dekat dengan kawan-kawan dalam safari. Bayangkan saja membuka gorden jendela kamar dan melihat zebra dan gajah di luar, anak-anak pasti girang sekali! Cek review lengkap Mara River Safari Lodge oleh TripZilla disini.

Lokasi: Jl. Profesor Ida Bagus Mantra km 19,8, Serongga, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam buka: Setiap hari, mulai dari 9.00 hingga 17.00 WITA
Harga tiket: Paket Safari Explorer seharga 150,000 IDR per pax sedangkan Paket Safari Legend seharga 275,000 IDR per pax untuk WNI.

5. Memasuki dunia burung yang seru di Bali Bird Park

Bali Bird Park | kebun binatang di bali
Image credit: @juliya_Petrova

Indonesia kaya akan spesies burung dan untuk membuktinya, tempat yang paling tepat adalah di Bali Bird Park. Mulai dari tempat parkir kendaraan hingga pintu keluar, kamu akan mendengar nyanyian beragam jenis burung, dan bahkan bisa melihat beberapa di antaranya dengan bulu yang indah dan bentuk yang mengesankan.

Image credit: @sevenwanderers (kanan) dan @mrslitvin

Yang jauh lebih istimewa lagi, kamu bisa melihat beragam jenis burung dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan dari penjuru dunia. Buah hati kamu juga bisa bersenang-senang dengan memberi makan burung seperti Kakatua hingga Enggang atau Rangkok langsung dari tangan mereka sendiri. Wuih!

Lokasi:  Jl. Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Sukawati, Batubulan, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam buka: Setiap hari, mulai dari 9.00 hingga 17.30 WITA
Harga tiket: Mulai dari 346,500 IDR per pax

6. Berenang dengan hiu di Bali Sharks Eco Tour, Denpasar

Nah, bagi kamu yang ingin liburan dengan nuansa yang sedikit ‘menyeramkan’, silakan pilih wisata berenang dengan hiu bergigi tajam. Tidak usah khawatir, eco-tour ini cukup ramah untuk keluarga, termasuk buat si kecil untuk mendapatkan pengalaman baru.

Image credit: @shadowplaybyam (kiri) dan @seeachange

Tidak hanya berenang dengan hiu, kamu dan si kecil juga bisa membantu meremajakan alam dengan mengikuti program konservasi yang ditawarkan, mulai dari konservasi penyu hingga pusat edukasi eco-friendly, yang dijamin akan membuatmu betah.

Lokasi: Agus Bar & Restaurant, Jl. Tukad Punggawa- Serangan, Bali
Jam buka: Setiap hari, mulai dari 7.00 hingga 15.00 WITA
Harga: Mulai dari 100 USD (~ 1.375 juta IDR) untuk dewasa dan 90 USD (~ 1.237 juta IDR) untuk anak-anak, sementara untuk anak berusia di bawah 5 tahun tidak dikenakan biaya.

7. Dunia binatang yang menggemaskan di Bali Zoo Park Gianyar

Bali Zoo Park | kebun binatang di bali
Image credit: @waelhajabdallah

Kamu bisa melihat langsung reaksi si kecil saat melihat secara langsung hewan dan binatang eksotis, yang biasanya hanya disaksikan di buku atau televisi, ada di depan mata. Momen mengesankan itu bisa kamu lihat sendiri dengan membawa mereka ke Bali Zoo Park, tempat beragam hewan dari seluruh penjuru dunia berkumpul.

Image credit: @eliseormston

Untuk hewan-hewan buas, ada kandang transparan yang memisahkan dengan si kecil. Jadi mereka bisa mengagumi kehebatannya dengan aman. Sementara untuk binatang yang relatif jinak, kamu dan buah hati bisa berdekatan dan memberi makan langsung, lho!

Lokasi: Jalan Raya Singapadu, Sukawati, Singapadu, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam buka: Setiap hari, mulai dari 9.00 hingga 17.00 WITA
Harga tiket: Mulai dari 100,000 IDR untuk dewasa dan 80,000 IDR untuk anak-anak per pax

8. Menunggang kuda dan bersantai di Aravina

Berlokasi di kawasan Bali Equestrian Centre, Canggu, kafe satu ini juga cocok didatangi semua umur. Interiornya bernuansa moderen dan fasilitasnya pun cukup lengkap dengan adanya kolam renang dan area bermain anak.

Image credit: @lauren_blasco

Ada pula kelas berkuda untuk dewasa dan anak yang bisa kamu diikuti dengan durasi mulai 30 menit, lho! Pastinya si kecil akan mendapat pengalaman yang istimewa di sini.

Image credit: @baliequastriancentre

Bagaimana dengan menu makanannya? Cafe ramah anak di Bali ini menawarkan kuliner dengan cita rasa lokal dan internasional, Aravina cukup berani memanjakan pengunjungnya dalam hal rasa. Dari smoothies hingga main course yang aduhai, kamu pasti suka dengan olahan setiap masakannya.

Lokasi: Perumahan Canggu Asri, Jl. Karang Suwung, Brawa, Canggu, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali
Kontak: 0361 8446533
Jam buka: Setiap hari, mulai dari jam 08.00 hingga 21.00 WITA
Harga: Rata-rata 150,000 IDR untuk dua orang

9. Monkey Forest Ubud, tempat yang fenomenal

Image credit: @aldofaruq

Tempat ini memang lebih dikenal sebagai Monkey Forest Ubud, padahal tempat cagar alam dan kompleks candi ini memiliki nama resmi Mandala Suci Wenara Wana.

Seperti diketahui, tempat ini memiliki lebih dari 750 monyet ekor panjang, yang berkeliaran bebas di kawasan ini, yang menjadikan Monkey Forest Ubud menjadi lokasi yang tepat untuk melihat aktivitas monyet.

Selain itu, tempat ini juga menawarkan keindahan dan kesejukan tersendiri, dan sejumlah spotnya cukup instagrammable.

Lokasi: Jl. Monkey Forest, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam buka: Setiap hari, 9.00 – 16.00 WITA
Harga tiket: 80,000 IDR untuk dewasa, 60,000 IDR untuk anak-anak

Baca juga: Itinerary Wisata Keluarga Di Bali 3H2M Untuk Liburan Yang Menyenangkan

Banyak kebun binatang yang bisa kamu kunjungi di Bali, kan? Tinggal pilih ingin melihat hewan apa, kamu tinggal menuju destinasi wisata yang diinginkan, betul begitu?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru