10 Tempat Wisata Jepang Unik untuk Liburan Tak Terlupakan

Dengan kemudahan proses aplikasi visa bagi warga negara Indonesia (WNI), Jepang kini menjadi salah satu negara tujuan liburan yang kian diminati. Peninggalan budaya tradisional yang berjalan berdampingan dengan kemajuan kehidupan modern menjadi salah satu daya tarik yang membuat Jepang menjadi sangat unik. Ditambah dengan keberadaan tokoh-tokoh kartun Jepang yang sudah melegenda seperti Doraemon, Hello Kitty hingga One Piece, Jepang menjadi negara yang harus kamu kunjungi setidaknya sekali seumur hidup.

Belum sah rasanya jika mengunjungi Jepang tanpa mampir ke dua kota terbesarnya yaitu Tokyo dan Kyoto. Sebagai ibu kota negara, Tokyo memberikan tampilan Jepang dari sisi yang modern. Segala macam atraksi unik dan mengesankan bisa kamu temui di sini. Sedangkan Kyoto yang dulunya pernah menyandang status sebagai ibu kota Jepang ini memiliki suasana yang lebih tradisional namun damai dan tenang.

Dengan mengunjungi Tokyo dan Kyoto, liburan ke Jepang akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Maka, berikut ini kami telah membuat beberapa rekomendasi tempat wisata Jepang unik khususnya yang ada di Tokyo dan Kyoto. Tempat-tempat wisata tersebut tidak akan bisa kamu temui di negara lain, lho! Selain itu, akan ada beberapa tips yang menyertai untuk membuat liburanmu menjadi lebih hemat namun tetap menyenangkan!

Klook Pro-Tip: Agar bisa tetap terhubung dengan teman dan keluarga di tanah air, jangan lupa untuk menyewa router WiFi 4G lokal sebelum keberangkatan. Kamu juga tetap bisa eksis di instagram dan sosial media lain karena router tersebut sudah termasuk akses unlimited data di seluruh area di Jepang. Pengambilan bisa dilakukan di bandara dan disesuaikan dengan waktu kedatanganmu. Penggunaan WiFi bahkan bisa sampai 14 perangkat secara bersamaan, lho!

1. Bertandang ke Museum Fujiko F Fujio, pencipta tokoh kartun legendaris Doraemon

Image credit: Klook (atas dan kiri bawah), @fujikomuseum (kanan bawah)

Hari Minggu menjadi hari yang paling ditunggu seluruh anak-anak di Indonesia. Alasannya tidak lain karena pada hari tersebut Doraemon ditayangkan di televisi! Nah, jika kamu sedang berada di Jepang, tidak perlu menunggu hari Minggu untuk berjumpa dengan Doraemon dan kawan-kawannya.

Image credit: Klook

Kamu bisa berkunjung ke Museum Fujiko F Fujio untuk mengenal dan mengenang kembali dunia Doraemon dan Nobita yang seru, ajaib, dan penuh keceriaan. Jangan lupa untuk membeli merchandise asli Doraemon sebagai kenang-kenangan dan oleh-oleh yang tak terlupakan.

Klook Pro-Tip: Tidak perlu lama mengantri di loket penjualan tiket di museum, kamu bisa menghemat waktu dengan membeli tiket masuk Museum Fujiko F Fujio sebelum keberangkatanmu ke Jepang. Pengambilan dilakukan di bandara saat kedatangan. Mudah dan praktis, bukan?

Demi kemudahan dan kenyamanan menjelajahi Tokyo, pastikan juga kamu sudah membeli Tiket Subway Tokyo terusan sebelumnya. Tiket terusan ini bisa membuatmu bebas naik turun seluruh jalur Tokyo Metro dan Subway jalur Toei.

Image credit: Klook

Akses transportasi tak terbatas ke seluruh Tokyo bisa dijangkau hanya dengan satu tiket. Tersedia tiga pilihan durasi perjalanan mulai dari 24 jam, 48 jam hingga 72 jam. Kamu tinggal memilih mana yang sesuai dengan itinerary perjalananmu saat di Tokyo.

Cara ke Museum Fujiko F Fujio: Terdapat layanan bus antar-jemput yang beroperasi dari Stasiun Noborito. Alternatif lain adalah berjalan kaki sekitar 15 hingga 17 menit dari stasiun Mukougaoka Yuen atau stasiun Shuku-Gawara.

2. Serunya bermain bersama Hello Kitty dan karakter Sanrio lainnya di Sanrio Puroland Tokyo

Image credit: Klook

Selain Doraemon tentu kamu juga sudah sangat familiar dengan karakter kartun Sanrio, Hello Kitty. Kini, kamu bisa seru-seruan bermain dengan Hello Kitty dan karakter Sanrio lainnya di Sanrio Puroland Tokyo. Wahana rekreasi pecinta Hello Kitty atau Kittyland ini merupakan salah satu tempat wisata unik Jepang yang tidak boleh kamu lewatkan!

Image credit: Sanrio Puroland

Selain bermain dan berfoto langsung bersama Hello Kitty kamu juga bisa menikmati beragam atraksi dan wahana permainan karakter Sanrio yang imut dan menggemaskan. Jangan lupa siapkan cadangan uang untuk membeli oleh-oleh bertema Sanrio yang sangat menggoda untuk dibawa pulang ini, ya!

Klook Pro-Tip: Untuk menghindari kekecewaan, cek situs resmi Sanrio Puroland untuk melihat jadwal atraksi dan wahana yang sedang dimainkan pada hari kunjunganmu. Datanglah pagi hari untuk bisa menikmati seluruh atraksi dan wahana yang ditawarkan.

Sayangi waktu dan uangmu dengan membeli tiket masuk Sanrio Puroland melalui Klook. Dengan sistem elektronik, tidak perlu antri lama untuk bisa memasuki taman rekreasi. Selain itu, kamu bisa menghemat lebih dari 50% dibandingkan dengan membeli tiket dari loket penjualan.

Cara ke Sanrio Puroland: Stasiun terdekat ke Sanrio Puroland adalah Odakyu-Tama Center Station yang dapat dijangkau dengan Tokyo Metro.

3. Mengunjungi kawasan hiburan dan belanja ikonik Jepang di Shinjuku (plus makan-makan dengan ditemani atraksi robot)

Image credit: SJ (kiri), Zengame (kanan)

Shinjuku merupakan salah satu kawasan sibuk di Jepang. Tidak heran bila di sini kamu akan menemui banyak gedung-gedung tinggi, baik itu pusat perbelanjaan, tempat hiburan, hotel hingga kantor pemerintahan. Bila malam tiba, suasana di Shinjuku akan semakin semarak dengan hiruk pikuk warga lokal maupun turis yang hendak mencari hiburan.

Image credit: Klook

Selain belanja barang-barang dengan merek yang hanya ada di Jepang, kamu juga bisa merasakan sensasi makan sambil ditemani atraksi robot canggih. Lengkap dengan tarian sinar laser yang memukau, pengalaman ini hanya bisa kamu temukan di Shinjuku, tepatnya di Robot Restaurant.

Klook Pro-Tip: Untuk kunjungan menyenangkan ke Robot Restaurant, kamu bisa membeli tiket lebih hemat hingga 50%. Pesanlah sesi pertunjukan pertama pada pukul 16.00 waktu setempat Jepang untuk mendapatkan hadiah eksklusif berupa voucher minuman sebesar 800 JPY (~ 105,444 IDR) dan kesempatan berfoto dengan para robot. Yuk, segera booking tiketnya!

Cara ke Shinjuku: Dengan tiket Tokyo Subway jalur Toei dan Tokyo Metro jalur Ginza kamu bisa dengan mudah mencapai Stasiun Shinjuku.

4.   Menjelajahi Akihabara dengan Go Kart

Manga dan anime adalah bagian dari subkultur khas Jepang yang sudah terkenal ke seantero dunia. Di Indonesia, para penggemar anime dan manga ini diberi julukan otaku. Nah, jika kamu mengaku sebagai otaku, tidak lengkap rasanya pergi ke Jepang tanpa menjelajahi Akihabara, deh!

Image credit: Klook (kiri)

Di sinilah kamu akan menemui berbagai macam toko yang menjual berbagai merchandise manga dan anime termasuk cosplay. Salah satunya yaitu Donki atau Don Quijote yang terkenal karena harganya murah. Jangan lewatkan pula mampir ke kafe unik dengan tema khusus seperti Gundam, AKB48 hingga Final Fantasy.

Klook Pro-Tip: Mengelilingi Akihabara dengan berjalan kaki tentu akan jadi perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan. Untuk menghemat waktu sambil menjelajahi Akihabara, kamu bisa menyewa go-kart untuk berkeliling jalanan Akihabara. Durasi peminjaman dimulai dari 1 jam, 2 jam, 3 jam hingga 5 jam.

Image credit: Klook
Image credit: Klook

Bahkan, tidak terbatas di Akihabara saja, kamu bisa membawa go-kart hingga ke luar Akihabara, lho! Jangan lupa untuk memakai kostum cosplay favoritmu dan siapkan kamera untuk mengabadikan aktivitas seru yang hanya ada di Jepang ini.

Cara ke Akihabara: Berhenti di stasiun Tokyo Metro Akihabara dengan menggunakan Tokyo Metro jalur Hibiya.

5. Rekreasi dan bermain tanpa henti di Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea

Image credit: Klook

Tidak perlu jauh-jauh ke California atau Paris, kamu bisa main dan seru-seruan ke Disneyland yang ada di Tokyo – dan bukan hanya Disneyland, tapi juga Disneysea. Wow! Taman hiburan terkenal di dunia ini akan mengajakmu mengenang kembali keceriaan dan dunia dongeng masa kecil bersama Mickey Mouse, Putri Duyung Ariel, Cinderella dan karakter Disney lainnya.

Image credit: Klook (kiri bawah)

Berbagai atraksi seru dan wahana permainan juga siap mengguncang harimu. Bermain di Tokyo Disneyland dan Disneysea dijamin akan jadi momen liburan di Jepang yang tidak terlupakan dan akan membuatmu rindu untuk kembali.

Klook Pro-Tip: Datanglah lebih awal untuk bisa menjelajahi taman rekreasi dan menikmati beragam atraksi seru yang ditawarkan. Lewati antrian untuk masuk ke Tokyo Disneyland atau Disneysea dengan tiket terusan satu hari. Caranya cukup dengan menukarkan voucher tiket tersebut di Stasiun Maihama. Hemat waktu dan tenaga, bukan?

Image credit: Tokyo Disney Resort

Jangan lewatkan pula pertunjukan harian Tokyo Disneyland yang menarik, diantaranya parade karakter pada 19:30 dan pertunjukan kembang api pada 20:30 waktu setempat.

Cara ke Tokyo Disneyland dan Disneysea: untuk menuju Tokyo Disneyland dan Disneysea kamu bisa menaiki Disney Resort Line yang berangkat dari Stasiun Maihama.

Cara ke Stasiun Maihama: Untuk menuju ke Stasiun Maihama, kamu bisa menggunakan kereta JR jalur Keiyo atau jalur Musashino dari Stasiun Tokyo.

6. Menikmati pemandangan Kota Tokyo dari Tokyo Tower

Tokyo Tower merupakan ikon kebanggaan masyarakat Jepang yang tidak boleh kamu lewatkan. Di sini, kamu bisa asyik menikmati pemandangan Kota Tokyo dari ketinggian. Jika cuaca sedang cerah, kamu bahkan bisa melihat Gunung Fuji yang gagah berdiri.

Image credit: Tokyo Tower (kiri)

Tokyo Tower tidak hanya seru dikunjungi pada siang hingga sore hari. Pada malam hari, kamu bisa berfoto dengan latar belakang pendar lampu Tokyo Tower yang ikonik. Pendar lampu ini bisa berubah sesuai dengan musim dan hari-hari tertentu. Menarik sekali, bukan?

Klook Pro-Tip: Lewatkan antrian dengan membeli tiket secara online di Klook. Cek juga situs resmi Tokyo Tower untuk mengetahui jadwal kegiatan dan warna lampu yang sedang dan akan ditampilkan.

Cara ke Tokyo Tower: Gunakan tiket Tokyo Subway jalur Toei menuju Stasiun Akabanebashi dan berjalan kaki selama 5 menit untuk mencapai Tokyo Tower. Alternatif lain adalah menggunakan Tokyo Metro jalur Hibiya dan turun di Stasiun Kamiyacho lalu dilanjutkan dengan 7 menit jalan kaki.

7. Pengalaman naik kereta tercepat, shinkansen Jepang

Jika ada budget dan waktu berlebih, tidak ada salahnya mencoba menaiki kereta tercepat dan ternyaman yaitu shinkansen. Dengan kecepatan lebih dari 300 km/jam, kereta ini mampu menempuh jarak Tokyo-Kyoto yang biasanya 7 jam dengan bus menjadi hanya 2 jam 15 menit dengan shinkansen! Untuk bisa menikmati perjalanan dengan shinkansen dari Tokyo ke Kyoto, kamu harus merogoh kocek setidaknya 17,600 JPY atau sekitar 2,322,400 IDR. Tertarik untuk mencobanya?

Image credit: hans-johnson (kiri), きうこ (kanan)

Klook Pro-Tip: Jika ingin naik shinkansen dengan harga tiket yang murah, kamu bisa membeli JR Pass yang berlaku untuk seluruh jaringan kereta JR di Jepang termasuk shinkansen. Wow! Tersedia berbagai macam pilihan durasi waktu yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. JR Pass yang sudah kamu pesan akan dikirim langsung ke rumahmu tanpa tambahan biaya apa pun. Dijamin sama sekali tidak repot!

8. Berfoto di gerbang torii Kuil Fushimi Inari dengan mengenakan kimono

Image credit: Jean-Pierre Dalbera (kanan)

Salah satu bangunan bersejarah yang bisa kamu temui di Jepang adalah kuil Shinto dan Buddha yang tersebar di beberapa daerah di Kyoto. Namun, yang paling ramai dikunjungi adalah Kuil Fushimi Inari. Kuil ini terkenal dengan ribuan gerbang torii berwarna jingga sepanjang 2,3 kilometer yang sangat instagram-worthy.

Image credit: Terence Lim (kiri)

Berfoto dengan latar belakang gerbang torii ini belum sah tanpa memakai kimono. Dengan pilihan lebih dari 500 model kimono, kamu bisa menyewa kimono sehari penuh dan memakainya untuk sesi foto liburan yang totalitas.

Klook Pro-Tip: Untuk bisa berfoto dengan leluasa, sebaiknya kamu datang pagi hari sebelum pukul 09.00 waktu setempat. Semakin siang, para wisatawan akan semakin banyak berdatangan.

9. Melihat keaslian budaya Jepang di Arashiyama, Kyoto

Kyoto sebagai salah satu kota tertua di Jepang memang menawarkan pemandangan yang berbeda dari Tokyo. Di sini kamu akan melihat lebih banyak bangunan bersejarah Jepang. Panorama alam yang masih alami juga menjadi daya tarik utama para turis yang datang. Salah satu tempat wisata alam yang harus kamu kunjungi adalah hutan bambu di Arashiyama.

Image credit: Klook (kiri atas dan kanan)

Deretan bambu yang menjulang tinggi membentuk sebuah lorong teduh yang sejuk sekaligus menenangkan. Hanya di Jepang kamu bisa melihat tempat seperti ini. Untuk pengalaman yang lebih mengesankan, kamu bisa menyewa kimono untuk dipakai berjalan-jalan di area Kyoto.

Kamu juga bisa berfoto ria di kota tua Kyoto sambil menyelami kehidupan warga lokal yang khas.

Klook Pro-Tip: Musim gugur dan semi adalah dua musim terbaik untuk mengunjungi Arashiyama. Pada waktu tersebut kamu bisa melihat pemandangan indah dedaunan musim gugur atau bunga sakura yang sedang mekar. Cantik sekali!

10. Relaksasi badan dan pikiran di pemandian air panas Oedo-Onsen Monogatari

Image credit: Klook

Setelah jadwal itinerary liburan yang padat tentunya kamu ingin merilekskan diri sambil bersantai untuk menghilangkan pegal. Nikmati berbagai jenis pemandian air panas mulai dari open-air hot-spring, steam bath hingga rock bath.

Image credit: Klook (kiri), DozoDomo (kanan)

Jika ingin tempat yang lebih private kamu bisa menyewa yuya untuk lebih bisa bersantai dalam sebuah tub pribadi. Taman pemandian air panas Oedo-Onsen Monogatari merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi sebagai penutup rangkaian liburanmu di Jepang.

Klook Pro-Tip: Kamu bisa lebih berhemat untuk menikmati sensasi relaksasi ala Jepang ini dengan membeli tiket sebelum keberangkatan dan mengambilnya saat kedatangan di bandara atau di Harajuku. Dapatkan keuntungan mengenakan yukata secara gratis untuk pengalaman mandi air panas yang lebih otentik.

Cara ke Oedo-Onsen-Monogatari: kamu bisa naik bus shuttle gratis dari Tokyo Teleport Station di Jalur Rinkai.

Masukkan alamat email kamu
& nikmati promo menarik dari Klook!

Thank you for your subscription.

Nah, sekarang sudah tahu kan wisata Jepang unik mana saja yang bisa kamu kunjungi? Sudah mulai merencanakan perjalanan liburan ke Jepang? Dengan Klook, kamu bisa menghemat saat berlibur ke banyak destinasi lainnya, termasuk Hong Kong, Singapura, Bangkok, Sydney, dan banyak lagi! Jadi jangan lupa untuk selalu memeriksa Klook sebelum berangkat agar mendapatkan pengalaman liburan yang hemat dan tetap berkesan!

Baca juga: 12 Makanan Di Jepang Yang Lezat Tapi Sering Terlupakan

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru