Ini Dia 10 Kota dengan Transportasi Umum Terbaik di Dunia

Artikel ini diterjemahkan dari versi bahasa Inggris ini. Read the English version here.

Sebuah kota yang berjalan dengan lancar harus ditopang oleh banyak sistem termasuk transportasi umum yang efisien dan dapat diandalkan. Menurut Sustainable Cities Mobility Index yang diterbitkan oleh Arcadis, sebuah grup desain, teknik dan konsultasi, Hong Kong adalah pemimpin dunia dalam transportasi umum.

Tram di Hong Kong

Indeks yang baru diterbitkan ini mengurutkan keseluruhan kinerja sistem mobilitas di 100 kota dan disusun berdasarkan 23 indikator yang digolongkan ke tiga sub-indeks: People, Planet dan Profit. Setelah digabungkan, indikator-indikator ini akan menggambarkan keberhasilan sistem mobilitas kota dengan mempertimbangkan faktor sosial, lingkungan dan ekonomi.

Menurut 2017 Sustainable Cities Mobility Index, 10 kota dengan transportasi umum terbaik adalah sebagai berikut:

1. Hong Kong
2. Zurich
3. Paris
4. Seoul
5. Praha
6. Wina
7. London
8. Singapura
9. Stockholm
10. Frankfurt

Baca Juga: Ini Dia 15 Kota Teraman di Dunia yang Patut Kamu Kunjungi Sekarang

MRT di Singapura
Kereta api Korail di Seoul | Image credit: Doo Ho Kim

Kota-kota di Eropa mendominasi daftar ini dengan mengantongi tujuh posisi. Selain Hong Kong, terdapat dua kota lain di Asia yang menempati daftar sepuluh teratas: Seoul, di urutan keempat, dan Singapura, di urutan kedelapan.

Mass Transit Railway yang terorganisir dengan baik berperan penting dalam menjadikan Hong Kong sebagai pemimpin dalam infrastruktur transportasi kelas dunia. Kurang dari 1/5 populasi Hong Kong memiliki mobil dan sistem transportasi umumlah yang melayani sekitar 12.6 juta penumpang setiap harinya. Selain itu, dibandingkan dengan kota lainnya, sistem transportasi kota di Hong Kong cenderung terjangkau bagi konsumer.

Untuk melihat laporan lengkapnya, klik di sini. 

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru