Lumpia Basah Bandung Yang Terkenal Dan Populer Di Kota Kembang

Lumpia basah Bandung menjadi salah satu makanan dan oleh-oleh khas Kota Kembang yang tidak boleh dilewatkan. Jajanan ini biasanya menjamur di bulan puasa karena biasa dinikmati sebagai hidangan khas berbuka puasa. Namun, tidak sedikit juga penjual yang menjajakannya di hari-hari biasa.

Lumpia yang satu ini menggunakan tauge dan bengkoang sebagai bahan dasarnya. Cara membuatnya juga relatif tidak sulit dengan bahan-bahan pembuatan yang mudah didapatkan, seperti telur, gula merah, bawang putih, cabai, garam, kulit lumpia dan sejumlah bahan pelengkap lainnya.

Namun, jika kamu tertarik menikmati lumpia basah Bandung secara cepat dan tak repot harus membuat, dan kebetulan berada di Kota Kembang, maka lima tempat ini menjadi lokasi terbaik untuk mendapatkan jajanan khas dengan kualitas terbaik. Yuk, simak rekomendasi TripZilla Indonesia di bawah ini!

Lumpia basah Bandung
Image credit: Lumpia Bandung 21

1. Lumpia Mang Wawan

Mang Wawan sudah menjajakan dagangannya sejak 1994 dan sukses mendapat tempat di hati pelanggan. Hanya saja, Mang Wawan masih menjajakan dagangannya dengan berkeliling sampai saat ini di kawasan Pagarsih, Jalan Sudirman, Kelenteng dan Kebon Jati dengan Jalan ABC sebagai lokasi pemberhentian terakhir sebelum menutup hari. Lumpia basah Mang Wawan tampil dengan isian bengkuang, tauge, telur dan tahu goreng, yang dibungkus dengan kulit lumpia, disiram saus gula merah kental di atas daun pisang. Sudah bisa membayangkan penampilannya?

Lokasi: Jln ABC, Kota Bandung, Jawa Barat
Harga: Mulai dari 8,000 IDR per porsi

2. Lumpia Basah BPK 5

Image credit: Lumpia Basah BPK

Salah satu penjaja lumpia basah Bandung paling populer adalah Lumpia Basah BPK. Popularitasnya tidak bisa dilepaskan dari isian yang banyak dengan sejumlah menu pilihan, mulai dari lumpia kering, lumpia basah polos, lumpia basah 1 telur, lumpia basah 2 telur dan lumpia basah spesial, yang merupakan rekomendasi utama TripZilla Indonesia untuk mencoba varian terbaik.

Lokasi: Jl. Mekar Makmur No. 7, Mekar Wangi, Bandung
Harga: Mulai dari 8,000 IDR

3. Warung Rai & Raka

Buka sejak 1992, kedai Rai & Raka ini termasuk salah satu penjaja lumpia basah terbaik di Bandung. Yang istimewa dari setiap menu yang disajikan adalah adanya irisan tahu. Pilihan menunya juga beragam, di antaranya adalah paket original yang istimewa, dengan isian telur, tahu dan sayur. Namun jika Anda ingin mendapatkan isian yang lebih melimpah dan beragam, menu spesial bisa jadi pilihan karena di dalamnya ada lebih banyak isi, termasuk tambahan ati ampela dan ayam. Yummy!

Lokasi: Jl. Burangrang (Depan Lotteria), Burangrang, Bandung, Jawa Barat
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

4. Lumpia Basah ITB

Yang berada di kawasan ITB Bandung, lumpia basah ITB bisa menjadi jujukan jika ingin menikmati kuliner khas ini. Lokasinya dekat dengan pintu masuk kampus ITB dan menjajakan beragam menu lumpia dengan isian kornet, daging ayam hingga sosis, tentunya dengan tambahan sayur seperti tauge dan bengkoang. Kulit lumpianya juga khas, menawarkan sensasi rasa manis dan segar.

Lokasi: Tepat di depan gerbang Kampus ITB, Jalan Ganesha No 10, Kota Bandung, Jawa Barat.
Harga: Mulai dari 8,000 IDR

5. Kedai Anti-Galau

Untuk menarik pelanggan baru, beberapa penjaja menciptakan sejumlah inovasi untuk memperbarui penampilan sajian mereka. Lumpia basah Anti-Galau menjadi salah satu penjaja yang melakukannya dengan memberikan tambahan topping keju. Penasaran seperti apa rasa lumpia basah dengan beragaram isian, termasuk tauge, bengkoang manis, bakso, sosis, batagor, siomay hingga kerupuk seblak dengan topping keju di atasnya, plus pilihan level pedas dari 0 sampai 5?

Lokasi:
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

6. Lumpia Lovers

Image credit: Lumpia Basah Lover 5

Lumpia yang satu ini tampil berbeda dari yang lainnya. Penjual lumpia mengganti isiang bengkoang manis dengan kwetiau, yang pada akhirnya menghasilkan cita rasa yang berbeda. Ditambah dengan level pedas yang bisa dipilih, dan tambahan isian seperti ayam, kornet, sosis dan banyak lagi lainnya, lumpia basah Bandung ala Lumpia Lovers ini menarik untuk dicicipi.

Lokasi: Jl. Cigadung Raya Timur No.61, Cigadung, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

7. Lumpia Basah Kekinian Juned

Satu lagi kedai yang menjajakan lumpia basah dengan tampilan yang lebih kekinian, yaitu Lumpia Basah Kekinian Juned. Yang spesial dari lumpia ini adalah banyak pilihan topping yang ditawarkan, seperti teriyaki, kikil, seafood, beef & cheese atau chicken & cheese. Soal rasa jangan ditanya, pun demikian bila bicara harga karena semuanya masih relatif aman.

Lokasi: Foodcourt Gokil, Jl. Kliningan No. B9, Buah Batu, Bandung, Jawa Barat
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

Baca juga: Nendang Dan Maknyus, 8 Lumpia Semarang Ini Harus Kamu Coba

Banyak pilihan tempat yang menarik untuk mendapatkan lumpia basah Bandung dengan yang mengesankan, bukan? Tunggu apa lagi, kunjungi tujuh tempat tersebut dan nikmati sekarang juga!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru