Musim Hanabi Akan Datang! Pastikan Kamu Ada di Jepang untuk 8 Festival Kembang Api Fantastis ini!

Artikel ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini. Read here for the English version.

Dengan meningkatnya temperatur dan Jepang perlahan-lahan memasuki puncak musim panas, warga lokal dan orang asing menunggu-nunggu perayaan musiman untuk mengalihkan pikiran mereka dari panas. Dan, cara apa yang lebih baik untuk merayakan musim panas Jepang selain kembang api yang semarak dan meriah?

Selama bertahun-tahun, kembang api, atau ‘hanabi’ (secara harfiah bermakna ‘bunga api’) – yang menjadi andalan setiap perayaan pada tengah musim panas – telah melampaui filosofi aslinya, yaitu untuk mengusir roh-roh jahat dan menghibur orang mati. Kini, pertunjukan kembang api ini merupakan sebuah masterpiece, karya seni yang dihargai baik oleh kaum muda maupun tua.

Kamu belum pernah merasakan musim panas di Jepang yang sesungguhnya, sampai kamu ambil bagian dalam festival kembang api. Nah, tahukah kamu kalau Tiga Festival Kembang Api Terbesar di Jepang – Kompetisi Kembang Api Nasional Omagari, Festival Kembang Api Nagaoka, dan Kompetisi Kembang Api Tsuchiura All Japan – semua berlokasi di Jepang bagian timur?

Antara ketiga festival tersebut, dan lima festival lain yang kami akan bahas dalam artikel ini, Jepang bagian timur adalah pilihan yang tepat buat kamu untuk menikmati pertunjukan kembang api terbaik di Jepang. Dan sudah tentu, JR EAST PASS adalah cara ternyaman untuk menjelajahi area tersebut dan melihat semuanya!

JR EAST PASS merupakan kombinasi sempurna dari kenyamanan, kecepatan, dan nilai ekonomis untuk menjelajah wilayah Tohoku – semua dalam satu paket yang tak tertandingi. Dengan akses tak terbatas ke kereta JR, Shinkansen, dan Joyful Train yang mencakup seluruh area Tohoku, kamu bisa menikmati kembang api di Akita pada malam hari, dan balik berjalan-jalan di Asakusa, Tokyo, keesokan harinya.Pass ini bisa digunakan selama lima hari (dalam kurun waktu dua minggu), yang memungkinkan kamu untuk menjelajahi setiap lokasi sebelum melanjutkan ke festival kembang api berikutnya!

PELAJARI LEBIH LANJUT TENTANG JR EAST PASS

1. Kompetisi Kembang Api Nasional Omagari (全国花火競技大会「大曲の花火」) — Akita

Image credit: KANSEI

Berakar pada sejarah Periode Meiji tahun 1910, tahun ini kompetisi ini mencapai tahun ke-93. Namun, acara ini lebih dari sekadar menampilkan kembang api. Kompetisi Kembang Api Nasional Omagari, atau ‘Omagari no Hanabi’, mempertandingkan ahli kembang api dari seantero negeri untuk mendapatkan hadiah dari Perdana Menteri.

Hanya tim terbaik yang diizinkan untuk ambil bagian dalam kompetisi yang mewakili puncak pertunjukan kembang api Jepang ini, sehingga dipastikan kamu akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan!

Yang unik dari kompetisi ini, adalah pertunjukan yang dimulai menjelang sore hari; barisan penampil yang merupakan pemenang tahun lalu; dan kembang api dari pihak sponsor.

Image credit: Tea

Acara ini menarik lebih dari 760,000 pengunjung setiap tahun — jumlah yang luar biasa mengingat total populasi prefektur ini hanya sekitar 980,000. Angka tersebut menjadikan acara ini sebagai salah satu dari Tiga Festival Kembang Api Terbesar dan Tiga Kompetisi Kembang Api Terbesar di seluruh Jepang.

Meskipun acara ini bisa kamu hadiri secara gratis (pastikan kamu membawa tikar untuk duduk), tempat duduk berbayar juga tersedia, lho. Dengan membayar 3,000 yen, kamu bisa mendapat kursi di area menonton utama. Tentunya, kamu akan lebih puas dalam menyaksikan pertunjukan kembang api yang memesona.

Image credit: Syuzo Tsushima

Semisal kamu tidak dapat menonton Kompetisi Kembang Api Nasional Omagari pada puncaknya, cobalah menjadwalkan kunjungan ke Jepang untuk melihat salah satu dari tiga ‘pertunjukan musiman’ yang terjadi sepanjang sisa tahun. Dengan durasi satu jam dan 20 menit, kamu bisa menikmati warna-warni dan suara kembang api yang bombastis. Cek website dan halaman Facebook mereka untuk informasi lebih lanjut!

Kompetisi Kembang Api Nasional Omagari
Periode festival: 31 Agustus (Sabtu)
Perkiraan waktu pertunjukan kembang api: 5.15pm~ (sore hari); 6.50pm~ (malam hari)
Stasiun terdekat: Stasiun Omagari JR (25 menit jalan kaki ke area festival)
Website: oomagari-hanabi.com (bahasa Jepang)

2. Festival Kembang Api Nagaoka (長岡まつり大花火大会) – Niigata

Image credit: 113icecream Japanese Fireworks

Festival Kembang Api Nagaoka dimulai pada tahun 1946 sebagai sebuah peringatan untuk memberikan penghormatan kepada mereka yang gugur selama Perang Dunia II. Pada masa sekarang, dengan lebih dari 20,000 kembang api berbagai bentuk dan desain yang menjadikan malam gegap gempita, wajar jika festival ini menjadi salah satu dari Tiga Festival Kembang Api Terbesar di Jepang. Mengambil tempat di sepanjang Sungai Shinano, sebanyak setengah juta pengunjung akan dihibur oleh pertunjukan kembang api yang memukau selama tiga hari.

Sementara pertunjukan kembang api diadakan selama dua hari terakhir dari acara tersebut, pada hari pertama kamu bisa melihat-lihat berbagai perayaan; antara lain: parade ‘mikoshi’ (kuil Shinto portabel), ‘toro nagashi’ (di mana lampion kertas diapungkan di sungai) dan parade tarian tradisional. Namanya saja ‘matsuri’ (festival Jepang), pada musim panas pula, jadi jangan khawatir kehabisan makanan atau kesenangan! Ada banyak ‘yatai’ (kedai makanan) dan stan permainan untuk kamu coba.

Image credit: Kropsoq

Satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan adalah ‘sanjakudama’ yang sangat terkenal. Berbentuk seperti cangkang super besar seberat 300 kilogram, kembang api ini diisi 80 kilogram bahan peledak (berat maksimum yang diizinkan oleh hukum). Ketika diluncurkan, indahnya ribuan bintang jatuh yang menghiasi langit malam…. tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata!

Spesial tahun ini, ada pertunjukan khusus bertajuk Reconstruction Praying Fireworks ‘Phoenix’, yang menandai tahun ke-15 sejak Gempa Besar Chuetsu menghantam wilayah Niigata pada tahun 2004. Pada akhir pertunjukan, kembang api akan membentang sejauh 2 kilometer! Menaungi Sungai Shinano, rentang kembang api ini merupakan yang terluas di dunia.

Image credit: SHANGCHIEH

Grand Ticket tersedia untuk pengunjung yang menginginkan kursi depan. Kalau kamu ingin menonton secara gratis, pastikan datang lebih awal untuk mendapatkan lokasi yang bagus!

Beberapa tempat yang direkomendasikan untuk melihat pertunjukan, yaitu dari sekitar Jembatan Chousei (長生 橋) dan Jembatan Oteo (大 手 大橋).

Festival Kembang Api Nagaoka
Periode festival: 2-3 Agustus setiap tahun
Perkiraan waktu pertunjukan kembang api: 7.20pm~9.15pm
Stasiun terdekat: Stasiun JR Nagaoka (25 menit jalan kaki ke area festival)
Website: nagaokamatsuri.com (bahasa Jepang)

3. Festival Kembang Api Danau Suwa (諏訪湖祭湖上花火大会) — Nagano

Image credit:

Dikelilingi oleh pegunungan Alpen Jepang di hampir setiap arah, di sini kamu bisa mendengar suara nyaring kembang api bergema kembali ke penonton — sebuah pengalaman unik yang menggetarkan sukma bertajuk Festival Kembang Api Danau Suwa.

Ini adalah pertunjukan terbesar di Jepang, dengan 40,000 kembang api melingkupi Danau Suwa selama satu malam. Dimulai tak lama setelah Perang Dunia untuk membantu memulihkan semangat orang-orang yang terluka, festival ini mencapai peringatan ke-71 tahun ini.

Image credit: Ponta2
Image Credit: 信州高原青馬写真クラブ

Highlight dari festival ini adalah pertunjukan kembang api water star mine yang menakjubkan. Bayangkan saja, kembang api tersebut menjulang dan lepas landas dari danau secara berurutan; membentang sepanjang 2 kilometer memenuhi langit malam. Luar biasa!

Image credit: mad.jaguar

Acara ini menarik sekitar 500,000 orang setiap tahun, sebagian besar rela datang sepagi mungkin! Jadi, bersiaplah untuk berangkat lebih awal agar mendapatkan tempat duduk yang strategis. Tiket untuk kursi reserved dan non-reserved tersedia untuk dibeli di website.

Tenang, ada alternatif jika kamu tidak bisa menonton tepat pada 15 Agustus, yaitu:

  1. Setiap malam musim panas antara akhir Juli hingga akhir Agustus (kecuali 15 Agustus), akan ada pertunjukan kembang api selama 15 menit di Danau Suwa mulai sekitar pukul 8.30 malam.
  2. Kompetisi Kembang Api Baru Nasional (全国 新 作 花火 競技 大会) akan diadakan pada awal September di Danau Suwa, yang menampilkan kembang api eksperimental dan unik. Sekitar 18,000 kembang api yang mungkin belum pernah kamu lihat sebelumnya, akan menjadi tontonan yang pasti menarik!

Festival Kembang Api Danau Suwa
Periode festival: 15 Agustus setiap tahun
Perkiraan waktu pertunjukan kembang api: 7pm~9pm
Stasiun terdekat: Stasiun JR Kami-suwa (6 menit jalan kaki ke Suwa Lakeside Park)
Website: suwako-hanabi.com (bahasa Jepang), cek Facebook mereka untuk peta berbahasa Inggris

Jika kamu ingin menjelajah Nagano dan Niigata dengan puas, pertimbangkan untuk memiliki JR EAST PASS (Nagano, Niigata). Nikmati semua fitur dan keuntungan yang sama, seperti naik kereta tak terbatas dan penggunaan fleksibel, dengan tarif lebih murah!

PELAJARI LEBIH LANJUT TENTANG JR EAST PASS (NAGANO, NIIGATA)

 

4. Festival Kembang Api Aomori Nebuta (青森花火大会) — Aomori

Image credit: POHAN CHEN

Sebagai salah satu dari Tiga Festival Terbesar Tohoku, Festival Aomori Nebuta dipenuhi dengan beragam perayaan selama enam hari terjadwal, dengan highlight utama dari festival ini adalah ‘nebuta’ warna-warni yang menyala terang dan prosesi parade di jalanan yang semarak.

Baca juga: 5 Festival Musim Panas Terbesar di Tohoku yang Harus Kamu Ikuti (dan Sejarah di Baliknya)!

Image credit: East Japan Railway Company

Pertunjukan kembang api di akhir festival utama, Festival Kembang Api Aomori Nebuta, juga menjadi pemandangan tersendiri. Apalagi saat pelampung-pelampung besar itu bergabung dalam puncak parade dan perayaan di sepanjang Teluk Aomori.

Image credit: Must-See Japan

Bekali dirimu dengan hidangan laut dan camilan lezat dari kedai-kedai ‘yatai’ sebelum menuju ke Teluk Aomori untuk menyaksikan 11,000 kembang api yang menerangi langit malam.

Festival Kembang Api Aomori Nebuta
Periode festival: 7 Agustus setiap tahun
Perkiraan waktu pertunjukan kembang api: 7:15pm~9pm
Stasiun terdekat: Stasiun JR Aomori (5 menit jalan kaki ke area festival)
Website: www.nebuta.or.jp (bahasa Jepang)

5. Festival Kembang Api Sendai Tanabata (仙台七夕花火祭) — Miyagi

Image credit: Sendai Blog
Image credit: Sendai Blog

Diadakan menjelang Festival Sendai Tanabata yang penuh warna, 16,000 kembang api akan memenuhi langit malam pada Festival Kembang Api Sendai Tanabata untuk mengawali perayaan. Jika biasanya festival kembang api diadakan di tepi perairan seperti sungai dan teluk, pertunjukan kembang api ini selalu berlangsung di tengah kota – supaya kamu bisa menyaksikannya dari manapun kamu berada. Namun begitu, titik terbaik untuk menanti kembang api adalah di Nishi Park, meskipun pastinya kamu harus berdesakan dengan kerumunan orang!

Image credit: Sendai Blog
Image credit: Sendai Blog

Festival populer ini menarik perhatian karena adanya ribuan ‘fukinagashi’, atau pita kertas berwarna-warni yang meramaikan pusat perbelanjaan. Pita-pita kertas tersebut digantungkan untuk memperingati Tanabata, sebuah acara tradisional dengan latar belakang astrologi.

Baca juga: 5 Festival Musim Panas Terbesar di Tohoku yang Harus Kamu Ikuti (dan Sejarah di Baliknya)!

Image credit: Sendai Blog
Image credit: Sendai Blog

Berbagai kegiatan dan atraksi juga berjejer di pusat kota, seperti makanan ‘yatai’ yang lezat, parade tarian ‘bon odori’ dan beragam pertunjukan tradisional.

Festival Kembang Api Sendai Tanabata
Periode festival: 5 Agustus setiap tahun
Perkiraan waktu pertunjukan kembang api: 7pm~8.30pm
Stasiun terdekat: Stasiun JR Sendai (24 menit jalan kaki ke Nishi Park)
Website: sendaitanabata.com/en

6. Festival Kembang Api Akagawa (赤川花火大会) — Yamagata

Image credit: Experience Tsuruoka

Lebih dari 25.000 orang berbondong-bondong ke tepi Akagawa (‘sungai merah’) untuk Festival Kembang Api Akagawa. Kota Tsuruoka yang biasanya sepi dan tenang, menjadi gegap gempita karena festival ini!

Sekitar 12,000 kembang api diluncurkan dalam waktu satu setengah jam, yang mana hal ini merupakan festival dan kompetisi kembang api terbaik di antara para produsen. Berawal pada tahun 1991, festival ini termasuk dalam 10 Festival Kembang Api Top di Jepang. Tahun ini, Festival Kembang Api Akagawa ‘berulang tahun’ ke-29.

Image credit: Akagawa Fireworks Festival Facebook page

Salah satu sorotan khusus dari festival tahun lalu termasuk kembang api animasi dari pabrik Yamanashi Marugo yang videonya telah ditonton lebih dari dua juta kali di Twitter. Sorotan kedua yaitu pertunjukan hanabi “Moving Star” dari Tamuraenka yang berbasis di Nagano dimana kembang api yang berwarna-warni mengingatkan kita pada peri yang berkelap-kelip.

Meskipun reserved seat bisa dipesan, namun kabarnya persaingan untuk mendapatkan tempat duduk ini semakin tinggi dari tahun ke tahun. Maklum, festival ini lambat laun bertambah populer dan dinantikan oleh para warga dan wisatawan. Kalau kamu ingin mendapatkan tempat duduk terbaik untuk menonton kembang api, datanglah secepat mungkin karena area pengunjung dibuka pada pukul 6:45pm.

Festival Kembang Api Akagawa
Periode festival: 17 Agustus 2019 (Sabtu)
Perkiraan waktu pertunjukan kembang api: 7.15pm
Stasiun terdekat: Stasiun JR Tsuruoka (15 menit jalan kaki ke area festival)
website: akagawahanabi.com (bahasa Jepang)

Bepergian tanpa ribet di seantero Tohoku dengan JR EAST PASS (Tohoku)! Kamu bisa naik Shinkansen dari Tokyo untuk kabur sejenak, atau buat perjalananmu lebih semarak dengan naik Joyful Train yang tidak akan bisa kamu alami di tempat lain.

PELAJARI LEBIH LANJUT TENTANG JR EAST PASS (TOHOKU)

Festival Kembang Api Lainnya Dekat Tokyo

7. Kompetisi Kembang Api All Japan Tsuchiura (土浦全国花火競技大会) — Ibaraki

Image credit: inoc

Sebagaimana Kompetisi Kembang Api Nasional Omagari, Kompetisi Kembang Api All Japan Tsuchiura adalah salah satu dari Tiga Festival Kembang Api Terbesar dan Tiga Kompetisi Kembang Api Terbesar di Jepang. Acara ini pertama kali diadakan pada tahun 1925 oleh seorang pendeta Buddha yang ingin memulihkan para pebisnis dari resesi, dan untuk mengenang pilot-pilot yang gugur dalam pertempuran. Pada masa sekarang, kompetisi ini menampilkan karya-karya kembang api yang inovatif dan brilian; yang pastinya memukau para pengunjung.

Image credit: 河田 貫成

Kompetisi ini membawa ahli kembang api dari seluruh Jepang untuk bersaing dalam tiga kategori: ‘’starmine’, ‘size 10 shells’, dan ‘original’. Pertunjukan spektakuler berlangsung selama dua setengah jam; dimana kamu juga bisa mencicipi jajanan dari kios-kios jalanan yang dipersiapkan untuk festival.

Image credit: Daisuke K

Pidato singkat yang disampaikan setelah pembukaan, merupakan cara yang bagus untuk menambah wawasanmu tentang ragam jenis kembang api. Tidak mahir berbahasa Jepang? Jangan khawatir, kami sediakan beberapa informasi tentang kembang api untuk kamu, di bawah ini.

Kompetisi Kembang Api All Japan Tsuchiura
Periode festival: 26 Oktober 2019 (Sabtu)
Perkiraan waktu pertunjukan kembang api: 6pm~8.30pm
Stasiun terdekat: Stasiun JR Tsuchiura (30 menit jalan kaki ke area festival; tersedia shuttle bus berbayar dari pintu timur)
Website: www.tsuchiura-hanabi.jp (bahasa Jepang)
www.city.tsuchiura.lg.jp/page/page006275.html (bahasa Inggris)

8. Festival Kembang Api Sungai Sumida (隅田川花火大会) —Tokyo

Image credit: てんどん

Ini barangkali salah satu festival kembang api paling terkenal di Jepang, dengan lebih dari satu juta orang berduyun-duyun ke Festival Kembang Api Sungai Sumida setiap tahunnya. Para pengunjung ini tidak sabar untuk menyaksikan sekitar 20,000 kembang api yang menerangi lanskap kota. Berawal sejak tahun 1733 pada periode Edo, hari ini penonton dapat melihat pemandangan dari tepi sungai atau dari kapal pesiar yang menyusuri sungai.

Image credit: Dick Thomas Johnson

Oleh karena festival ini berlokasi tepat di jantung ibu kota, persaingan untuk mendapatkan tempat yang bagus untuk melihat kembang api sangatlah ketat. Cobalah menepi ke titik-titik menonton yang relatif kurang padat, seperti Shiori Park atau Oyokogawa Water Park.

Tentu saja, kamu punya banyak festival kembang api lainnya di Jepang bagian timur yang bisa kamu pilih sesuai itinerary-mu!

Festival Kembang Api Sungai Sumida
Periode festival: 27 Juli 2019 (Sabtu terakhir bulan Juli, setiap tahun)
Perkiraan waktu pertunjukan kembang api: 7.30pm~8.30pm
Stasiun terdekat: Stasiun JR Ryogoku atau Stasiun JR Asakusabashi
Website: www.sumidagawa-hanabi.com

Jenis Kembang Api

Hiruk-pikuk pertunjukan kembang api mungkin akan membuatmu sedikit kewalahan, maka dari itu pelajari dulu ragam kembang api. Berikut sebagian jenis kembang api yang akan muncul di festival kembang api di Jepang – yuk lihat, berapa banyak yang bisa kamu identifikasi dari gambar-gambar ini!

Image credit: KANSEI

Warimono

Bentuk paling dasar dari kembang api, ini memancar dalam sebuah bentuk lingkaran dengan percikan-percikan yang mengikuti sesudahnya. Sekitar 12 subjenis berada dalam grup ini, yang paling terkenal berbentuk seperti ‘Krisan’.

Pokamono

Hampir serupa dengan bintang jatuh yang menghujani langit, jenis kembang api yang ramai ini memiliki banyak percikan yang melesat ke arah acak setelah kilatan awal, dan pasti akan membuat penonton terkesan.

Image credit: Kropsoq

Image credit: uka0310

Sanjakudama

Kembang api super besar ini sering digunakan sebagai klimaks dari banyak pertunjukan kembang api, memukau para penonton dengan ukurannya yang megah; dan setelahnya, bagaikan bintang-bintang yang perlahan mengalir turun di langit malam.

Senrin

Jenis kembang api ini memancar dalam bentuk banyak kembang api kecil, memenuhi langit dengan gemerlap warna-warni selama sekejap mata.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang jenis kembang api, kamu juga dapat melihat halaman ini.

Kembang api merupakan representasi dari pemandangan klasik musim panas Jepang, atau ciri khas perayaan musim ini. Banyak orang bersedia berpanas-panas di luar ruangan ‘hanya’ untuk memandangi langit lalu mengagumi kemeriahan dan keindahan cahaya berpendar ini.

Untuk menikmati seluruh perayaan kembang api yang menerangi langit di berbagai area di Jepang bagian timur, menggunakan JR EAST PASS adalah cara terbaik untuk mencapai lokasi pertunjukan dengan cepat dan mudah.

JR EAST PASS menawarkan PENGGUNAAN TAK TERBATAS pada semua Jalur Kereta JR East  di area yang ditentukan, dan juga berlaku untuk Narita Express ke / dari Bandara Narita, Monorail Tokyo ke / dari Bandara Haneda dan semua jalur Shinkansen.Kamu juga bisa menggunakan Joyful Train bertema unik secara GRATIS dengan JR EAST PASS! Pelajari lebih lanjut tentang Joyful Train di sini.

Pass ini dapat digunakan selama lima hari dalam periode 14 hari setelah pengambilan, memberi kamu fleksibilitas dan waktu yang cukup untuk menjelajahi setiap area tanpa terburu-buru ke tujuan berikutnya.

Buat reservasi terlebih dahulu hingga satu bulan sebelum keberangkatan, dan kamu bisa mengambil pass di Jepang atau melalui agen penjualan berlisensi di luar negeri.

Psst! Tiketnya  ¥1,000 lebih murah kalau kamu membelinya dari agen perjalanan!

Hubungi salah satu agen perjalanan di bawah ini untuk membeli JR EAST PASS dan dapatkan pengalaman festival musim panas Tohoku yang spektakuler di bulan Agustus!

 

 

H.I.S Tours & Travel
Tel: 021-5741701
Website

Wendy Tour
Tel: 021-29426820
Website


Dwidaya Tour
Website
Smailing Tour
Website
Golden Rama Tours & Travel
Website
TX Travel
Website
Bayu Buana Travel Services
Website
Antavaya Tour
Website
Wita Tour
Website
Panorama JTB
Website

 


Dipersembahkan oleh JR East (East Japan Railway Company).

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru