Oleh Oleh Khas Banyuwangi Untuk Inspirasi Buah Tangan Mengesankan

Berbicara tentang wisata pantai yang indah, kamu tidak boleh melewatkan Banyuwangi. Kota di timur Jawa ini kondang berkat pantai-pantainya yang memiliki ombak berkualitas dan diburu oleh para peselancar mancanegara. Maka bagi kamu yang menyukai olahraga air, wajib hukumnya berkunjung ke Banyuwangi untuk mencicipi sensasi ombaknya. Setelah bersenang-senang di pantai, jangan pulang sebelum membeli oleh oleh khas Banyuwangi yang menarik. Selain mudah didapatkan di seantero kota, oleh-oleh ini juga mudah dinikmati oleh semua kalangan. Harganya pun terjangkau sehingga kamu bisa leluasa untuk berbelanja. Cek rekomendasi dari TripZilla Indonesia untuk pilihan oleh oleh khas Banyuwangi yang berkesan di bawah ini!

1. Kombinasi rasa manis dan tekstur renyah dalam sepotong bagiak

oleh oleh khas banyuwangi
Image credit: Bagiak Gajah Oling

Bagiak adalah kue khas Banyuwangi yang awalnya dikenal sebagai penganan saat Lebaran. Kue yang terbuat dari tepung kanji, susu, telur dan bahan-bahan lainnya ini terasa renyah saat digigit. Kamu bisa menikmati kue yang lembut di lidah ini dalam beragam rasa seperti keningar, jahe, coklat dan susu. Bagiak Gajah Oling adalah produsen kue bagiak yang populer dan kamu bisa membeli salah satu atau semua rasa sekaligus di tokonya.

Lokasi: Jl. Imam Bonjol No. 34, Tukang Kayu, Banyuwangi
Jam Buka: Setiap hari, 06.30 WIB – 21.30 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

2. Tidak hanya hitam namun juga ada sejarah di segelas kopi Banyuwangi

oleh oleh khas banyuwangi
Image credit: @esubijono

Datang ke Banyuwangi, tidak afdol kalau melewatkan sajian kopinya. Terdapat kopi atau kopai Osing yang merupakan kebanggaan suku Osing, suku khas Banyuwangi. Kamu bisa menemukan kopi ini di Sanggar Genjah Arum. Menyeruput kopi sambil mengobrol dengan sang peracik akan menambah wawasan dan kenikmatan rasa kopimu. Biji kopi yang berasal dari perkebunan di Banyuwangi diolah secara tradisional dan menghasilkan citarasa yang konon digemari semua orang. Bikin penasaran kan?

Lokasi: Dusun Krajan, Kemiren, Banyuwangi
Jam Buka: Senin – Sabtu pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 100,000 IDR

3. Menikmati uniknya penampilan dan rasa durian merah

oleh oleh khas banyuwangi
Image credit: @rawabibit

Daging durian tidak hanya berwarna kuning. Di Banyuwangi, kamu bisa menemukan durian merah yang berdaging tebal dan didominasi rasa manis. Kamu bisa datang ke Kampung Durian Songgon untuk membeli durian merah. Ukuran buahnya memang lebih kecil, tapi rasanya juga lebih nikmat. Selain itu, menurut penelitian durian merah juga mengandung lebih banyak vitamin dan serat dibandingkan durian berdaging putih dan kuning. Harganya lebih mahal dibandingkan durian biasa karena durian merah memang eksotis dan jarang ada di kota lain.

Lokasi: Pakis, Songgon, Banyuwangi
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 21.15 WIB
Harga: Mulai dari 150,000 IDR

4. Mengunyah rasa asin dan garing dari sebungkus ladrang

Image credit: Oleh oleh Banyuwangi Larissa

Meskipun tampak serupa dengan cemilan-cemilan lainnya, tapi ladrang sedikit berbeda. Makanan renyah berbentuk stik ini terbuat dari labu atau ubi ungu. Awalnya, ladrang hanya memiliki rasa asin sebelum akhirnya dijual dengan beragam rasa. Kamu dapat membeli ladrang di toko Oleh-oleh Banyuwangi Larissa. Kemasan yang mudah dibawa membuat ladrang jadi pilihan oleh-oleh yang praktis, atau bisa juga untuk teman makanmu saat berkeliling Banyuwangi.

Lokasi: Perum Mendut Regency Blok J5 Taman Baru, Taman Baru, Banyuwangi
Jam Buka: Senin – Jumat pukul 08.00 WIB – 20.00 WIB, Sabtu pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

5. Mengunyah bolu kering alias klemben yang bikin kenyang

oleh oleh khas banyuwangi
Image credit: @foodies.banyuwangi

Klemben atau yang dikenal juga sebagai bolu kuwuk adalah hidangan khas suku Osing. Kue yang merupakan bolu kering dari tepung terigu ini sekarang sudah banyak diolah secara modern dan mudah ditemukan dimana-mana. Selain pengolahannya yang berbeda, klemben kekinian juga memiliki beragam varian rasa menarik. Salah satu produsen yang terkenal adalah Klembyen yang menjual klemben rasa belgium chocolate, green tea, lemon dan peanut butter. Makan bolu jadi terasa berbeda kan?

Lokasi: Jl. KH. Wahid Hasyim No. 63, Tukangkayu, Banyuwangi
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 16,000 IDR

6. Menghabiskan sore dengan rasa manis dari kue tambang

oleh oleh khas banyuwangi
Image credit: @ayudiahrespatih

Kue tambang atau sering juga disebut untir-untir memang berbentuk seperti tambang. Terbuat dari bahan-bahan yang sederhana, kue dengan sedikit rasa manis ini paling enak disantap di sore hari. Segelas kopi atau teh bisa jadi teman yang pas dan dapat menambah citarasa. Untuk membeli sebungkus kue tambang, kamu bisa datang ke toko Bagiak Gajah Oling yang menjual aneka penganan khas Banyuwangi.

Lokasi: Jl. Imam Bonjol No. 34, Tukang Kayu, Banyuwangi
Jam Buka: Setiap hari, 06.30 WIB – 21.30 WIB
Harga: Mulai dari 14,000 IDR

7. Menghirup manis dan harumnya tape buntut yang unik

Image credit: @pasarkampoengosing

Apa yang membedakan tape ini dengan tape-tape lainnya? Perbedaannya tampak dari penampilannya, yaitu pembungkus tape berukuran panjang yang terlihat seperti buntut atau ekor. Tape buntut dibungkus dengan daun jati sehingga menciptakan kombinasi rasa manis dan harum yang bikin ketagihan. Sekali beli, kamu bisa mendapatkan tiga hingga lima tape dalam satu paket. Salah satu tempat untuk membelinya adalah di Ardial Pusat Oleh Oleh Khas Banyuwangi.

Lokasi: Jl. Basuki Rahmat, Singotrunan, Banyuwangi
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

8. Lembutnya pia dengan isian padat yang bisa kamu temukan di Pia Warung Glenmore

oleh oleh khas banyuwangi
Image credit: @yukbanyuwangistore

Pia Warung Glenmore ini terlihat berbeda dengan pia-pia lainnya. Selain karena bentuk yang tidak selalu bundar, dalamnya juga penuh isi. Kamu dapat mencicipi aneka rasa seperti durian, ayam, strawberry, pisang keju hingga kurma cappucino. Dimana lagi ada pia dengan rasa seperti ini? Pas banget buat oleh-oleh!

Lokasi: Jl. Jember No.51, Karangharjo, Kaligondo, Kec. Glenmore, Banyuwangi
Jam Buka: Setiap hari, 06.30 WIB – 18.00 WIB
Harga: Mulai dari 35,000 IDR

9. Membawa serta kenangan dalam kerajinan bambu yang cantik

Image credit: @ika_dwijeee

Desa Gintangan di Banyuwangi terkenal dengan produk kerajinan bambu. Jangan berpikir bahwa produknya akan membosankan atau terlihat kuno karena di sini bambu disulap menjadi tas hingga ornamen rumah yang cantik. Pengerjaan yang rapi dan kombinasi warna yang cerah menjadikan kerajinan bambu ini keren untuk dijadikan oleh-oleh. Beli satu atau beberapa kerajinan bambu di Widya Handicraft yang punya koleksi lengkap. Awas jangan kalap ya!

Lokasi: Gintangan, Dusun Krajan, Blimbingsari, Kec. Rogojampi, Banyuwangi
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

10. Melihat kekayaan corak khas Nusantara dalam sehelai batik Banyuwangi

Image credit: @yukbanyuwangistore

Tidak kalah dengan kota-kota lainnya di Pulau Jawa, Banyuwangi juga punya batik khasnya sendiri. Beragam corak yang terkenal seperti Gajah Oling, Paras Gempal, Kopi Pecah dan Kangkung Setingkes memiliki warna-warni yang menarik selain makna yang dalam. Kamu bisa membeli sehelai kain atau batik yang sudah dijahit menjadi baju sesuai seleramu. Salah satu lokasi penjualan batik Banyuwangi ada di Osingdeles Pusat Oleh Oleh Khas Banyuwangi. Dijamin kain batik ini bakal digemari oleh penerima oleh-olehmu!

Lokasi: Jl. K.H. Agus Salim No.12A, Taman Baru, Banyuwangi
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 160,000 IDR

11. Membeli paket oleh oleh khas Banyuwangi yang dikemas dalam sebuah kanggi

Image credit: @perwiranata_

Kanggi adalah hasil kerajinan khas Banyuwangi dan merupakan kependekan dari keranjang rasa Banyuwangi. Singkatan kanggi juga menunjuk pada kangge yang bermakna persembahan dalam bahasa Osing. Biasanya kanggi diisi dengan berbagai jenis barang yang dapat kamu berikan ke orang lain. Tentunya mengemas oleh-oleh dalam sebuah kanggi akan meningkatkan tampilan jadi makin kece dan lebih mengesankan. Kamu bisa mencari kanggi yang sesuai selera di toko Osingdeles Pusat Oleh Oleh Khas Banyuwangi.

Lokasi: Jl. K.H. Agus Salim No.12A, Taman Baru, Banyuwangi
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 50,000 IDR

Baca juga: 10 Tempat Wisata Banyuwangi Yang Keren Banget!

Tidak hanya banyak ragamnya, oleh-oleh khas Banyuwangi juga unik. Manfaatkan waktu berliburmu di Banyuwangi untuk mencari tempat belanja oleh-oleh yang seru ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru