Oleh-Oleh Khas Makassar Menarik Yang Harus Dibawa Pulang

Oleh-oleh khas Makassar memang tiada duanya. Cita rasa masakan, kerajinan tangan, hingga pernak-pernik cantik mampu memberi kenangan liburan indah di Ujung Pandang.

Bagi kamu yang baru saja berlibur dari Makassar sempatkan diri untuk berbelanja oleh-oleh khas untuk orang-orang tercinta. Tidak hanya bisa didapatkan secara langsung, kamu bisa membeli oleh-oleh khas Makassar ini secara online. Ingin tahu apa saja oleh-oleh khas yang bisa kamu dapatkan dari Makassar? Cekidot daftarnya versi Tripzilla Indonesia, situs wisata dan budaya, di sini!

Cinderamata

1. Kain Sutra Sengkang

Centra kain sutera Sengkang berada di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, namun Makassar adalah salah satu penyuplai kain sutera Sengkang sehingga dikenal luas oleh wisatawan. Memiliki corak dan pola yang unik, yang berpadu dengan warna-warna cerah, kain ini biasanya digunakan oleh warga setempat dalam acara adat dan telah menjadi kebanggaan Sulawesi Selatan. Kamu bisa membeli kain Sengkang ini sebagai cinderamata saat berplesir ke Makassar untuk orang tercinta, atau membeli untuk koleksi pribadi dan dijadikan sebagai bahan baku sandang sesuai dengan style kamu.

Dapat diperoleh di: Tenun Sengkang, Toko Kain dan Sarung, Jl. Toddopuli 7 No.3A, Borong, Kec. Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90234
Harga: mulai dari 250.000 IDR

2. Kain Tenun dan Sarung Khas Bugis

oleh-oleh khas Makassar
Image credit: Tenun Sengkang

Masyarakat yang masih memegang teguh adat istiadat Bugis mengenakan oleh-oleh khas Makassar ini sebagai sandang utama. Hingga kini, kain tenun dan sarung Bugis msasih menjadi daya tarik masyarakat karena memiliki nilai budaya tinggi. Kamu bisa membeli kain ini dan memadupadankannya dengan berbagai aksesoris atau menggunakannya saat perayaan tertentu, atau memberikan kain ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga tercinta.

Dapat diperoleh di: Kain Tenun dan Sarung Khas Bugis, Jl. Metro Tj. Bunga No.816, Tj. Merdeka, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90224
Harga: mulai dari 65.000 IDR

3. Handicraft Toraja

Suku Toraja yang tinggal di Provinsi Sulawesi Selatan memiliki identitas yang tercermin dari pernak-pernik yang mereka kenakan. Motif-motif yang indah serta rangkaian perhiasan yang modis sangat cocok untuk kamu kenakan pada saat santai atau acara tertentu. Kerajinan yang diproduksi masyarakat Toraja bisa kamu peroleh di berbagai pusat perbelanjaan di Makassar mulai dari anting, kalung, tas, syal, bandana, hingga aksesoris elektronik hingga pajangan yang bisa kamu simpan di rumah.

Dapat diperoleh di: Toko Kerajinan Unggul, Jl. Pattimura No.8, Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90174
Harga: mulai dari 15.000 IDR

4. Songkok Nibiring Bulaeng

oleh-oleh khas makassar
Image credit: Songkok Krecca Classic Makassar

Makassar adalah salah satu kota yang terkenal memproduksi Songkok Nibiring Bulaeng, atau peci anyaman dengan bahan benang emas sehingga menghasilkan kilau yang indah. Masyarakat asli Makassar meyakini hanya keturunan bangsawan yang pantas menggunakannya. Kamu bisa membawa pulang Songkok Nibiring Bulaeng saat berkunjung ke Makassar sebagai koleksi di rumah.

Dapat diperoleh di: Toko Songkok Recca/ Pamiring Ulaweng Bugis, JL. Hertasning Bl E-12/10, Rappocini, Tamalate, Tidung, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222
Harga: Mulai dari 200.000 IDR

5. Kupu-Kupu Bantimurung

42 kilometer dari pusat kota Makassar, terdapat sebuah Taman Nasional Bantimurung yang terkenal dengan habitat kerajaan kupu-kupu. Serangga yang tinggal di Taman Nasional itu memiliki sayap yang indah dan berwarna-warni, tak ayal beberapa pengrajin mengawetkan kupu-kupu itu dan memanfaatkannya sebagai penghias ruangan yang disimpan di dalam bingkai. Kamu bisa membeli ini sebagai oleh-oleh untuk memperindah ruangan di rumah atau kenang-kenangan kepada kerabat tercinta.

Dapat diperoleh di: Aneka Kerajinan Souvenir & Art Shop, Somba Opu St No.211, Maloku, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90111
Harga: mulai dari 350.000 IDR

6. Miniatur Rumah Toraja

Rumah adat Toraja atau Rumah Tokongan adalah kebanggaan warga Sulawesi Selatan yang diyakini sudah ada sejak berabad-abad lalu dan dihuni oleh suku Toraja yang berada di wilayah perbukitan. Pembangunan rumah Tokongan harus menggunakan upacara adat khusus demi menjaga kesakralan penghuninya. Karakteristik atap yang unik serta desain yang mengagumkan telah menarik hati wisatawan domestik maupun mancanegara, dan keindahannya bisa kamu nikmati di rumah hanya dengan membeli miniatur rumah adat ini. Biasanya miniatur rumah adat Tokongan terbuat dari kayu yang kemudian dihiasi corak khas Toraja.

Dapat diperoleh di: Toko Toraja, Jl. Ps. Ikan No.21, Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90111
Harga: mulai dari 75.000 IDR

Makanan

7. Otak-otak Ikan Tenggiri

oleh-oleh khas makassar
Image credit: Otak Lompo Battang

Makanan yang berbahan dasar  ikan tenggir dan tepung tapioka ini memiliki cita rasa yang menggoda. Rasanya gurih dan kenyal berpadu dengan bumbu kacang tanah, makanan ini menjadi favorit warga lokal dan wisatawan. Kamu bisa membeli otak-otak ini untuk menutup rasa kangen kamu dengan kota Makassar atau sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Selain rasanya yang enak, otak-otak ini juga bisa bertahan selama berhari-hari dengan cara pengemasan vakum kemudian bisa kamu kukus lagi sesampainya di rumah. Otak-otak khas Makassar banyak dijual di pinggir jalan dan sudah menjadi hidangan umum di sana.

Dapat diperoleh di: Toko Otak – otak Ibu Sanny, Jl. Lasinrang No.47, Mangkura, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90114
Harga: mulai dari 20,000 IDR

8. Bannang-bannang

Kue banang-banang adalah oleh-oleh khas Makassar dari suku Bugis. Makanan yang sepintas seperti benang kusut ini terasa manis karena terbuat dari gula aren. Kue ini disimbolkan sebagai sumber kebahagiaan. Selain rasanya yang manis kue banang banang sering menjadi hidangan saat hajatan atau doa syukuran. Kini makanan yang menjadi favorit warga Sulawesi ini bisa kamu nikmati di rumah atau saat perjalanan pulang. Kue banang-banang awet hingga satu minggu dalam suhu normal dan bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh.

Dapat diperoleh di: Toko Oleh-Oleh Kota Daeng, Jl. Perintis Kemerdekaan, Sudiang, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90552
Harga: mulai dari 18,000 IDR

9. Kue Kurma Makassar

oleh-oleh khas makassar
Image credit: Sitti Sinarsari

Jenis kue kurma makassar adalah kue kering. Selain terbuat dari buah kurma, kue ini terbuat dari kacang mete, tepung, gula pasir dan wijen. Semua bahan diproses dengan memanggang dan menggiling kue ke lapisan pemanis. Kue kurma terasa renyah dan sedikit lengket di mulut, sangat cocok sebagai hidangan minum teh. Kue kurma awet selama berminggu-minggu jika disimpan di dalam toples dengan suhu ruangan, sangat cocok untuk kamu bawa sebagai buah tangan.

Dapat diperoleh di: Toko Kue Mama, Jl. Serui No.19, Pattunuang, Kec. Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90173
Harga: mulai dari 23.000 IDR

10. Baruasa

Sepintas kue ini mirip seperti cookies atau kue khusus anak balita. Kue kering ini berbahan dasar tepung beras, gula aren, kelapa parut, dan santan. Kue ini terasa manis dan sedikit gurih, teksturnya ringan sehingga tidak terlalu mengenyangkan di perut. Lezatnya kue baurasa bisa kamu nikmati bersama keluarga dengan membawanya sebagai oleh-oleh setelah berlibur. Makanan ini tahan di dalam toples hingga tiga minggu, sehingga praktis untuk dibawa pulang jarak jauh.

Dapat diperoleh di: Sudiang, Biringkanaya, Makassar, Sulawesi Selatan 90242
Harga: mulai dari 30.00 IDR

11. Kacang Sembunyi

Sepintas bentuk makanan ini seperti penne pasta yang berlumur bumbu pekat, tapi sebenarnya hidangan ini bernama kacang sembunyi. Agak aneh memang, tapi bahan dasar camilan khas Makassar ini memang kacang. Di balik gulungan tepung terdapat kacang yang tersembunyi sehingga makanan ini disebut sebagai kacang sembunyi. Oleh-oleh khas Makassar ini digoreng dengan gula karamel bersama dengan minyak panas sehingga terciptalah rasa gurih dan manis yang renyah. Untuk mencicipi makanan ini kamu bisa memburunya di seluruh sudut kota Makassar, dari warung kelontong hingga supermarket biasanya menjual kacang sembunyi.

Dapat diperoleh di: Oleh-Oleh Cahaya, Kima Square, Ruko Kima Raya, Jl. Perintis Kemerdekaan No.25, Daya, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90242
Harga: 10.000 IDR

12. Kopi Toraja

oleh-oleh khas makassar
Image credit: Kuliner Kopi

Sudah hal yang biasa kalau kamu membeli kopi Toraja di cafe atau kedai, tapi membeli kopi Toraja langsung dari tempat asalnya pasti mendapat sensasi yang berbeda. Kopi Toraja berjenis arabica dan robusta dengan wangi yang sangat menggoda. Rasanya pahit dan pekat di mulut. Kopi Toraja juga terkenal akan khasiatnya untuk kesehatan seperti menghilangkan rasa nyeri, menjaga kebugaran tubuh, dan meningkatkan kemampuan otak. Daripada beli kopi Toraja terlalu banyak di cafe, tak ada salahnya membeli kopi ini dari tanah kelahirannya.

Dapat diperoleh di: Produsen Ton Dok Le Mo, Komplek Perdos Unhas, Tambasa 6 Tamalanrea Jaya, Makassar
Harga: mulai dari 40.000 IDR

13. Sirup DHT Khas Makassar

oleh-oleh khas makassar
Image credit: DHT Makassar

Sirup legendaris dari kota Makassar ini sudah terkenal selama puluhan tahun dan hingga kini masih bertahan. Meski begitu bayak sirup yang dijual di pasaran, sirup DHT tetap menjadi andalan warga setempat dan telah menjadi identitas oleh-oleh khas Makassar. Biasanya sirup DHT dipadukan dengan bahan minuman lainnya seperti buah-buahan atau campuran pancake. Kenikmatan sirup DHT ini bisa kamu bawa pulang untuk orang-orang tercinta di rumah.

Dapat diperoleh di: swalayan Carrefour dan Hypermart
Harga: mulai dari 30.000 IDR

14. Sirup Markisa Asli Makassar

oleh-oleh khas makassar
Image credit: Markisa Bundes

Selain sirup DHT, sirup markisa juga menjadi pilihan oleh-oleh khas Makassar Rasanya manis dan menyegarkan, sangat cocok jika dipadukan dengan jelly dan buah-buahan sebagai es buah. Sirup Markisa berbagai merk sangat menggugah selera di bulan Ramadhan ini, sangat cocok untuk berbuka puasa atau menjadi campuran dessert kesayangan.

Dapat diperoleh di: Home Industry Markisa Bundes , Jl. Beruang No.64, Labuang Baji, Kec. Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90132
Harga: mulai dari 20.000 IDR

15. Abon Sapi Raos

Begitu banyak merk abon sapi di Indonesia tapi hanya satu abon yang menjadi pelengkap utama makanan warga Makassar, yakni abon sapi Raos. Abon ini terbuat dari daging sapi yang dihaluskan dan diberi bumbu rahasia sehingga terciptalah abon Raos favorit warga Makassar. Lezatnya daging abon ini bisa menjadi pendamping makan nasi kamu atau menjadi taburan di atas roti. Kamu juga bisa berkreasi membentuk camilan gurih dengan abon ini. Bawa pulang abon Raos untuk keluarga di rumah dan kamu bisa merasakan kelezatan abon Raos dengan merk lainnya.

Dapat diperoleh di: Toko serba Ole Ole, Jalan Somba Opu No.143, Bulo Gading, Ujung Pandang, Makassar
Harga: mulai dari 60.000

16. Kerupuk Jintan Khas Makassar

Jika dilihat dari bentuknya, kerupuk jintan khas Makassar ini seperti bukan kerupuk pada umumnya. Bentuknya lebih persis seperti camilan. Tapi ketika kamu memakan hidangan ini, jangan ditanya rasanya renyah dan gurih persis selayaknya kerupuk. Sesuai dengan namanya, kerupuk ini adalah oleh-oleh khas Makassar yang terbuat dari jintan dan tepung terigu. Teksturnya ringan dan tidak terlalu keras, sangat aman untuk dikonsumsi oleh kerabat kamu yang sudah lanjut usia.

Dapat diperoleh di: Dapat diperoleh di: Toko oleh oleh Mantao Pare Sinar Terang, Jl. Sungai Saddang Baru No.62 D, Bara-Baraya Sel., Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90143
Harga: mulai dari 27.000 IDR

17. Dangke Enrekang

oleh-oleh khas makassar
Image credit: Khas Enrekang

Makanan khas Sulawesi ini merupakan keju ala Nusantara. Nama Enrekang diadopsi dari tempat makanan ini berasal yakni Kabupaten Enrekang. Rasa Dangke Enrekang persis seperti keju dengan teksturnya yang mirip dengan tahu. Oleh-oleh khas Makassar ini terbuat dari susu kerbau atau susu sapi yang kemudian direbus hingga mendidih dan kemudian diendapkan hingga membentuk gumpalan-gumpalan. Kumpulan gumpalan inilah yang kemudian dimasak untuk dijadikan camilan. Biasanya dangke kurang prkatis unutk dibawa perjalanan jauh, namun kini seiring berkembangnya teknologi pangan Dangke Enrekang berevolusi menjadi snack kering yang lezat dan praktis dibawa ke manapun.

Dapat diperoleh di: Rumah Dangke, Makassar, Bukit Baruga Jalan Kayu Agung V no 19 Kota Makassar
Harga: mulai dari 15.000 IDR

18. Kacang Disco Cemilan Khas Kota Makassar

Camilan khas Makassar ini agak mirip dengan kacang Disco yang ada di Bali akan tetapi komposisi bumbu di Bali menggunakan ketumbar dan cabai, sementara kacang Disco Makassar tidak menggunakan ketumbar dan cabai. Bentuknya hampir sama akan tetap kacang disco Makassar lebih terasa asin. Perpaduan camilan ini sangat lengkap ketika renyahnya kacang tanah melekat dengan lezatnya olahan tepung. Oleh-oleh khas Makassar ini sangat praktis menyesuaikan tempatnya, dan mampu bertahan selama 2 bulan di dalam toples.

Dapat diperoleh di: Pusat Oleh-Oleh Sulawesi, Commercial Center, Ruko Hasanudin Comercial Center, Jl. Perintis Kemerdekaan No.Km 9, Tamalanrea Indah, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90245
Harga: mulai dari 19.000 IDR

19. Minyak Tawon Oleh-oleh Khas Makassar

Obat berkhasiat ini manjur menyembuhkan penyakit asma, luka bakar dan gangguan kulit. Orang Sulawesi mengandalkan minyak ini jika terjadi kecelakaan sebagai pelumas urut atau bintik-bintik akibat serangga. Waktu penyembuhannya singkat sehingga penderita tak harus merasakan sakit luka di kulit.

Dapat diperoleh di: jalan Somba Opu, Makasar
Harga: mulai dari 80.000 IDR

20. Coto Makassar Instan

Kalau kamu ingin membawa pulang kelezatan coto Makassar, kamu bisa membawa pulang coto Makassar instan. Harganya terjangkau dan cara memasaknya praktis. Coto Makassar instan ini dilengkapi dengan daging sapi segar dan dibuat dengan bumbu-bumbu pilihan, dan bertahan hingga 3 minggu lamanya. Sajian pas untuk dimakan berlima bersama keluarga. Pokoknya pas untuk dijakdikan oleh-oleh khas Makassar.

Dapat diperoleh di: Gallery Rasa, Ruko New Zamrud, Jl. A. P. Pettarani, Bua Kana, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222
Harga: mulai dari 120.000/ box

21. Mantao Pare

oleh-oleh khas makassar
Image credit: Mantao Pare

Kue ini wajib kamu bawa pulang sebagai buah tangan. Meski sebenarnya makanan ini bukan hidangan khas Makassar, tapi kelezatan kue ini patu kamu coba dan bagikan bersama keluarga dan kerabat di rumah. Kue ini berasal dari Kota Pare-Pare Sulawesi Selatan, Kue ini empuk dan sepintas mirip seperti roti, karena bahan dasarnya hampir sama. Biasanya kue ini dimasak dengan kukusan atau digoreng tergantung selera. Kue mantao begitu empuk dan lembut di mulut, sangat lezat jika dipadukan dengan isian telur atau selai kacang.

Dapat diperoleh di: Mantao Pare Pettarani, Melia I, Tamamaung, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90232
Harga: mulai dari 10.000 IDR

22. Kue Deppa Tori Khas Toraja

Nama lain dari kue ini adalah kue cucur khas Toraja yang terbuat dari tepung beras, wijen, rempah dan gula merah. Kue ini rasanya renyah dan gurih meski dibuat dari gula merah. Nikmatnya kue deppa tori ini bisa kamu bawa pulang karena mampu bertahan hingga 3 minggu di dalam toples dan praktis untuk dibawa kemanapun.

Dapat diperoleh di: toko oleh-oleh Satu Sama Jaya Abadi, Jl. Landak Lama No.17, Labuang Baji, Kec. Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90132
Harga: mulai dari 25.000 IDR

Baca juga: 18 Makanan Khas Makassar Dan Tempat Untuk Mencobanya

Sudah tahu oleh-oleh khas Makassar yang bisa kamu dapatkan secara langsung atau secara online, kan?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru