13 Pantai Cantik Di Lampung Yang Harus Kamu Kunjungi

Liburan ke pantai memang selalu menyenangkan. Air laut yang biru dengan ombak yang indah dan pasir yang bisa digunakan untuk bermain membuat terik matahari seolah tidak terasa. Pantai di Lampung menjadi salah satu lokasi yang tidak mungkin dilewatkan.

Berbagai pantainya sudah terkenal hingga ke mancanegara karena kualitas ombaknya. Jadi kalau kamu gemar menikmati pemandangan pantai apalagi berselancar, wajib untuk menyambangi sejumlah pantai di Lampung ini. TripZilla Indonesia merekomendasikan beberapa pantai di Lampung yang perlu kamu kunjungi. Cek dulu, ya!

1. Mengagumi keindahan karang di Pantai Gigi Hiu

Image credit: isun26

Jika kamu melihat formasi karang yang ada, maka sudah jelas alasan tempat ini dinamai Pantai Gigi Hiu. Dari atas pun kamu sudah bisa melihat betapa menakjubkannya jajaran karang di sini. Pantai ini juga lazim disebut sebagai Pantai Batu Layar.

Pantai Gigi Hiu di Lampung
Image credit: omanina_aja

Saat mengunjungi Pantai Gigi Hiu kamu tidak perlu membawa baju renang karena memang tidak diizinkan untuk berenang. Meskipun demikian, sensasi melihat ombak yang pecah saat menghantam karang bakal membuatmu betah berlama-lama. Pecinta fotografi juga dapat menemukan spot-spot cantik dengan mudah di sini.

Alamat: Pekon Susuk, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

2. Berjalan di tengah hutan bakau di Pantai Dewi Mandapa

Pantai Dewi Mandapa di Lampung
Image credit: alfiaan_agung

Saat tiba di pantai ini, kamu akan melihat rimbunnya pohon bakau yang ditanam untuk mencegah abrasi. Tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan namun juga indah untuk dipandang mata. Kamu dapat menjelajahi hutan bakau yang sudah tertata rapi ini dan merasakan suasana teduhnya.

Image credit: traveller_lampung

Selain hutan bakau, ada juga lokasi lain yang populer di sini yaitu Pulau Cinta. Disebut Pulau Cinta karena gugusan pasir yang mengapung di tengah laut ini berbentuk mirip hati. Untuk berjalan-jalan mengelilingi Pantai Dewi Mandapa, kamu dapat melintasi jembatan penyeberangan yang ada. Cantik kan?

Alamat: Gebang, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 19.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

3. Melihat derasnya ombak di Pantai Mandiri

Pantai mandiri di lampung
Image credit: tempat_wisata_lampung

Pantai Mandiri termasuk salah satu pantai dengan ombak yang tinggi sebagai daya tariknya. Oleh sebab itu, kamu perlu berhati-hati jika ingin berenang di sini. Jika datang pada pagi atau menjelang sore hari, kamu pun bisa melihat fenomena matahari terbit dan terbenam yang indah.

Image credit: rinaamf

Berbagai fasilitas sudah dibangun di sekitar Pantai Mandiri sehingga kamu dapat berekreasi dengan nyaman. Tidak perlu takut kelaparan setelah bermain pasir atau berselancar di sini karena sudah banyak warung yang dibuka. Jika ingin menikmati hari lebih lama, kamu juga bisa menyewa penginapan yang terdekat dari pantai.

Alamat: Pekon Mandiri Sejati, Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

4. Fasilitas masjid terapung yang unik di Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari ringgung di lampung
Image credit: pariwisata.lampung

Pantai Sari Ringgung punya berbagai fasilitas dan salah satunya adalah masjid terapung yang dikelilingi tambak ikan. Spot lain yang bisa kamu eksplorasi adalah pasir timbul yang bisa dicapai dengan menggunakan perahu dari pantai. Gazebo yang ada bisa jadi tempat melepas lelah yang tepat setelah berpanas-panasan di pantai.

Image credit: pudji_pratiwi

Pantai Sari Ringgung juga cocok untuk wisata keluarga karena aman untuk berenang. Keindahan bawah lautnya dapat kamu nikmati dengan nyaman. Di sini juga ada kolam renang dengan perosotan untuk anak-anak yang bisa menambah seru acara pelesirmu lho!

Alamat: Jl. Way Ratay, Desa Sidodadi, Kabupaten Pesawaran, Lampung
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

5. Syahdunya nyiur melambai di Pantai Walur

Pantai Walur di Lampung
Image credit: aaprians_

Saat melihat Pantai Walur, kamu akan teringat dengan panorama khas jejeran pohon kelapa. Seperti melihat lukisan namun yang ini benar-benar bisa kamu nikmati. Ombak yang tidak terlalu tinggi aman untuk berenang dan Pantai Walur juga cocok untuk menikmati suasana matahari terbenam.

Image credit: ridhoarta99

Air yang dangkal dan jernih di tepi pantai membuatmu tidak perlu susah-susah berenang hingga ke tengah. Gradasi warna airnya yang hijau kebiruan membuat mata menjadi adem dan kamu pun akan semakin betah bersantai di sini. Cobain yuk!

Alamat: Desa Walur, Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 2,000 IDR

6. Tidak putus berdecak kagum menikmati Pantai Pulau Tanjung Putus

Pantai Pulau Tanjung Putus di Lampung
Image credit: agungbudiprabowo29

Seperti namanya, pantai ini terletak di Pulau Tanjung Putus. Dijamin kamu tidak akan bosan menjelajah karena pantai landai ini punya air yang jernih menggoda. Banyak penginapan yang dibangun di sekitar pantai dan membuat kamu bisa langsung mencelupkan kakimu ke air sambil melihat biota-biota di dalamnya.

Image credit: yeni8774

Kamu dapat berenang, menyelam, berkano atau memberi makan ikan di sini. Kegiatan memancing dilarang jadi kamu cukup membawa pakan dan melihat kecantikan ikan-ikan itu ya! Letak Pulau Tanjung Putus sendiri berdekatan dengan Pulau Pahawang dan Pulau Kelagian yang tidak kalah indahnya juga.

Alamat: Sukarame, Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

7. Perpaduan perbukitan dan langit biru Pantai Pulau Pahawang

Pantai Pulau Pahawang di Lampung
Image credit: ini.ocaa_

Teriknya matahari pasti tidak akan terasa jika kamu berkunjung ke Pulau Pahawang. Sebab perpaduan bukit yang rimbun dan hijau, langit yang cerah dan pastinya air yang jernih akan mempesona matamu. Tidak hanya di permukaan, kekayaan biota di dalam lautnya pun sayang jika dilewatkan.

Image credit: yuratrips

Pulau Pahawang sendiri terdiri dari Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil. Akses ke Pulau Pahawang Kecil terbatas, sehingga hanya Pulau Pahawang Besar yang dibuka untuk wisatawan. Meskipun demikian, dijamin liburanmu akan tetap berkesan dengan beragam keindahan yang menantimu di sini.

Alamat: Marga Punduh, Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 30,000 IDR

8. Temukan berbagai spot instagrammable di Pantai Klara

Pantai klara di lampung
Image credit: Wikimedia

Klara yang merupakan singkatan dari Kelapa Rapat membuat kamu bisa membayangkan seperti apa pemandangan di pantai ini. Pantai Klara asyik untuk berenang karena termasuk berombak kecil dan karangnya pun sedikit. Kamu bisa bersantai di saung yang ada jika ingin menikmati laut tanpa berpanas-panasan.

Image credit: onitaranterura

Selain saung, spot lain yang populer adalah jembatan Pantai Klara yang berwarna-warni. Kamu dapat mengambil sudut yang menarik untuk dijadikan latar selfie di sini. Tinggal pilih saja waktu yang pas agar mendapatkan foto yang maksimal!

Alamat: Jl. Raya Way Ratay, Gebang, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 23.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

9. Bermain dengan ombak Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia di Lampung
Image credit: aaprians_ 

Pantai Tanjung Setia tersohor di kalangan peselancar berkat ombaknya yang tinggi. Ombak yang bisa mencapai tinggi hingga tujuh meter dapat kamu jajal di sini. Beberapa spot yang terkenal misalnya Karang Nimbor dan Way Jambu.

Image credit: novianto_cumplong

Bukan penggemar olahraga ekstrim? Kamu bisa menikmati keindahan pantai ini dengan berjemur atau jalan berkeliling pantai. Kalau kamu gemar memancing, kamu bisa santai sambil menyandarkan alat pancingmu di sini. Jadi, banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini lho!

Alamat: Jl. Lintas Barat Sumatera, Way Jambu, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Selatan, Lampung
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 23.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 8,000 IDR

10. Fasilitas permainan yang seru Pantai Mutun

Pantai Mutun di lampung
Image credit: pariwisata.lampung

Pantai Mutun adalah pantai yang sudah dilengkapi dengan berbagai wahana permainan sehingga cocok untuk dikunjungi bersama keluargamu. Ada pilihan jet ski, banana boat, seluncuran hingga sepeda air yang bakal membuat liburanmu jadi makin berwarna.

Image credit: b_theresapakpahan

Kalau ingin merasakan sensasi tidur beratapkan bintang, kamu pun bisa menyewa peralatan berkemah di Pantai Mutun. Kamu dapat melakukan berbagai aktivitas hingga matahari terbenam di sini dan bangun dengan pemandangan laut di depanmu. Menarik kan?

Alamat: Sukajaya, Lempasing, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 25,000 IDR

11. Karang unik Pantai Tembakak yang populer

Pantai Tembakak di lampung
Image credit: ariwahyusuyono

Jika bertamasya ke Pantai Tembakak, maka tidak afdol jika kamu belum mengabadikan karang-karangnya yang unik. Mempunyai beragam ukuran, kamu dapat menjelajahi pantai ini untuk menemukan sudut-sudut yang cantik. Tampak indah dan alami, Pantai Tembakak juga cocok dimanfaatkan untuk acara khusus seperti foto pre wedding lho!

Image credit: rimamelati45

Pasir Pantai Tembakak yang berwarna hitam juga menambah keeksotisannya. Jika kamu sudah puas berkeliling pantai, kamu bisa mampir ke warung dan pedagang cenderamata yang tersebar di sekeliling pantai. Tentunya kamu tidak mau lupa membeli buah tangan kan?

Alamat: Jl. Lintas Barat Sumatera, Way Sindi Utara, Kecamatan Karya Penggawa, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

12. Beria-ria di sumber air panas Pantai Wartawan

Pantai Wartawan di lampung
Image credit: dudydaulay 

Kamu tidak harus jadi wartawan dulu kalau ingin pergi ke pantai ini. Nama Pantai Wartawan diberikan karena dulu pantai ini dikelola oleh warga lokal yang banyak berprofesi sebagai wartawan. Jadi kamu boleh banget untuk menikmati kecantikan tempat ini kok!

Image credit: syah_herwan

Jika kamu berjalan hingga ke kaki Bukit Gunung Botak di kawasan Pantai Wartawan, maka kamu dapat menemukan sumber air panas. Airnya dipercaya dapat menyembuhkan beragam penyakit. Namun tetap hati-hati agar tidak terpeleset ke dalamnya ya!

Alamat: Way Muli, Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 19.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 2,500 IDR

13. Nikmati suasana damai ala Pantai Ketapang

pantai ketapang di lampung
Image credit: jeckyge

Deretan rapi pohon kelapa yang menyambutmu di sini pasti membuat suasana hatimu langsung rileks. Suasana nyaman dengan angin semilir dan latar yang indah, Pantai Ketapang dapat membuatmu lupa dengan kesibukanmu. Siapa yang tidak mau untuk bersantai sambil piknik di sini?

Image credit: astama81

Pantai ini juga dekat dengan pulau-pulau indah seperti Pulau Kelagian dan Pulau Mahitam yang juga populer sebagai tujuan wisata. Bahkan untuk tiba di Pulau Mahitam, kamu dapat menunggu air laut surut dan berjalan kaki ke sana. Bikin penasaran kan?

Alamat: Desa Ketapang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 20,000 IDR

Baca juga: 8 Resor Pantai Di Lampung Yang Cantik Untuk Liburan Kamu

Nah, terbukti kan kalau pantai di Lampung ini wajib untuk masuk ke bucket list liburanmu selanjutnya?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru