Pesona 8 Pantai Tersembunyi Gunung Kidul, Cantik dan Mengagumkan

Untuk kamu yang sudah pernah berkunjung ke Gunung Kidul, Yogyakarta, pasti tidak akan meragukan lagi keindahan pantainya. Pasir putih yang lembut, air lautnya yang bening kebiruan, hingga bukit berbatu adalah ciri khas pantai di Gunung Kidul. Sebut saja Pantai Kukup, Pantai Drini atau Pantai Krakal. Medan jalan yang berliku membuat jajaran pantai di balik perbukitan ini dulunya jarang dikunjungi.

Kini, pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul seolah menjadi destinasi wisata wajib para wisatawan yang datang ke Jogja. Sehingga, tidak heran jika pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul tersebut telah berubah menjadi kawasan yang ramai.

Nah, kalau kamu sedang ingin liburan ke pantai yang indah namun tenang serta jauh dari hiruk pikuk wisatawan, mungkin daftar pantai tersembunyi Gunung Kidul di bawah ini bisa kamu gunakan sebagai bahan pertimbangan.

1. Pantai Di Antara Dua Tebing, Pantai Srakung

Image credit: @wely_fx

Dibanding pantai lain di Gunung Kidul, Pantai Srakung ini memiliki fasilitas yang masih terbatas. Untuk menuju ke sini kamu harus memarkir kendaraan sekitar 1 kilometer dari pantainya. Jalan setapak menuju pantai pun masih merupakan jalan berbatu. Tidak ada penginapan maupun warung.  

Image credit: @fandiryan

Namun, pemandangan pantainya yang bersih dan sepi tentu menjadi hadiah tersendiri setelah bersusah payah menuju kemari. Pantai Srakung diapit oleh dua buah bukit kecil yang menambah kecantikan pantainya. Pasir putih yang lembut juga menjadi daya tarik tersendiri yang akan membuatmu betah berlama-lama di sini.

2. Pantai Tersembunyi Secantik Bidadari, Pantai Widodaren

Image credit: @herawan_9446

Widodaren dalam Bahasa Jawa artinya Bidadari. Sesuai dengan namanya, pantai ini memang bak bidadari. Bersih, sepi dan jarang terjamah wisatawan. Pantai ini memiliki bibir pantai yang berada di bawah tebing karang. Jika air sedang pasang, bibir pantai berpasir putih ini akan tenggelam menyisakan tebing karangnya saja. Di atas tebing karang tersebut kamu bisa mendirikan tenda dan menikmati pemandangan senja Pantai Widodaren yang cantiknya luar biasa.

Image credit: @samsilitongajr

Ombak pantai selatan yang terkenal garang juga tampak mengikis tebing karang menyisakan lubang di bawahnya yang cocok untuk tempat berteduh sambil ditemani semilir angin. Untuk menuju bibir Pantai Widodaren, kamu harus menuruni anak tangga dari tebing karang setinggi kurang lebih 2 meter. Tertarik main ke Pantai Widodaren?

3. Sensasi Liburan Di Pantai Pribadi, , Pantai Peyuyon

Image credit: @wachidab

Tidak jauh dari Pantai Widodaren, kamu bisa berkunjung ke pantai tersembunyi lainnya yang tidak kalah cantik yaitu Pantai Peyuyon. Pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berkemah dan juga memancing lho. Deburan ombak pantai selatan yang kerap menghantam tebing menimbulkan bunyi-bunyian khas pantai yang akan susah kamu lupakan.

Image credit: @yasuspade_

Di pantai ini kamu tidak akan banyak menemukan wisatawan, hanya ada beberapa nelayan yang tampak menjaring ikan. Untuk menuju ke sini, kamu bisa menitipkan kendaraan di gubug petani dan berjalan melewati ladang sejauh 20 menit. Tempatnya benar-benar tersembunyi deh! Pantai Watu Lumbung

4. Menikmati Syahdunya Pantai Ngrawah

Image credit: @wachidab

Masih berlokasi dekat Pantai Widodaren, ada satu pantai tersembunyi lain yang memberikan keindahan tersendiri. Meski garis pantainya tidak panjang, namun pantai ini layak untuk dikunjungi karena menawarkan sensasi liburan di pantai pribadi yang sangat langka.

Image credit: @dismafendy

Kalau kamu suka dengan tantangan, kamu bisa mencoba berkemah sambil memasak ikan dan udang segar hasil tangkapan sendiri dari pantainya. Menarik sekali, bukan?

5. Asyiknya Menyepi Di Pantai Sedahan

Image credit: @farahanastasia

Pantai Sedahan bukan merupakan destinasi wisata pantai unggulan di Gunung Kidul. Maka, tidak heran jika tidak banyak yang mengetahui keberadaan pantai ini kecuali warga lokal. Pantai Sedahan ini mirip seperti sebuah teluk kecil sehingga cukup aman dari bahaya ombak besar.

Image credit: @dodocantropus

Apalagi di bagian pantai agak ke tengah terdapat tebing batu yang seolah menjadi pemecah gelombang ombak. Pasir pantainya juga lebih putih dibandingkan dengan pantai lain di Gunung Kidul. Suasananya juga lebih tenang, membuat siapapun pasti ketagihan datang ke pantai ini lagi.

6. Berburu Senja Di Pantai Tanpa Pasir, Pantai Kesirat

Image credit: @rizkiw_p

Pantai Kesirat tidak memiliki pasir seperti layaknya pantai lain pada umumnya. Tidak heran bila pantai ini kurang populer sebagai tempat wisata di Gunung Kidul. Pantai ini sebenarnya hanya berupa tebing batuan yang berbatasan langsung dengan Laut Selatan Jawa. Namun, justru di sinilah daya tariknya. Apalagi terdapat sebuah pohon yang berdiri sendiri seolah kesepian.

Image credit: @irsyaadfauzi

Pantai ini memang tidak untuk dikunjungi saat siang hari. Pantai Kesirat sangat cocok digunakan sebagai tempat menikmati senja hingga bermalam dengan ditemani hamparan gugusan bintang. Berani mencoba berkemah di sini?

7. Eksotisme Pantai Mungil Berbatu, Pantai Dadap Ayam

Image credit: @stevanyifw

Pantai Dadap Ayam berlokasi sangat dekat sekali dengan Pantai Ngobaran. Namun banyak wisatawan lebih mengenal Pantai Ngobaran dibanding pantai yang satu ini. Sehingga, Pantai Dadap Ayam pun seolah menjadi pantai pribadi bagi siapa pun yang mengunjunginya.

Image credit: @ratihsukmaresi

Dari segi ukuran, Pantai Dadap Ayam ini sangat kecil dan sedikit berbatu. Namun, justru hal itulah yang membuat pantai ini cocok dijadikan tempat menyepi. Kamu bisa berteduh di bawah batuan karangnya atau sekedar bermain air di pinggiran pantainya. Dijamin jiwa dan pikiranmu akan rileks seketika.

8. Menenangkan Jiwa dan Pikiran Di Pantai Jungwok

Image credit: @atika_muth

Dari namanya, Pantai ini sungguh unik. Sekilas terdengar seperti Bahasa Korea. Namun, jangan salah, Pantai Jungwok ini lokasinya di Gunung Kidul kok. Garis pantainya cukup panjang. Kamu bisa leluasa menjelajahi area pantai dengan pasirnya yang putih dan halus.

Image credit: @virgass

Pada akhir pekan, mungkin kamu akan menemui beberapa tenda yang didirikan untuk berkemah. Namun jika hari biasa, pantai ini masih terbilang sepi. Kamu bisa puas bermain di sekitar pantai sambil mengagumi keindahan alam yang mengagumkan.

Baca juga: 17 Tempat Wisata Di Gunung Kidul Selain Pantai Yang Tidak Kalah Kerennya

Nah, apa kamu tertarik untuk mengunjungi pantai tersembunyi Gunung Kidul di atas? Jangan lupa untuk mengecek kondisi ombak pantai selatan ya. Jangan sampai liburanmu jadi gagal karena kondisi ombak yang sedang tinggi. Ayo, kapan liburan ke Jogja lagi?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru