10 Pulau Terkeren di Filipina yang Terkenal di Seluruh Dunia

Siapa sih yang tidak tahu kalau Filipina itu sangat indah? Bayangkan pantai yang menakjubkan, pemandangan matahari terbenam yang menawan, arsitektur zaman kolonial yang terawat baik, dan makanan khas lokal yang dijamin bikin nagih. Tapi tahukah kamu kalau ini hanya sebagian kecil dari pengalaman jalan-jalan ke Filipina yang sesungguhnya? Nah, kalau ke Filipina, kamu wajib mengunjungi pulau-pulaunya yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia ini!

Tahukah kamu kalau Cebu Pacific memiliki rute penerbangan yang paling ekstensif untuk penerbangan antar pulau di Filipina? Dengan harga tiket yang murah sepanjang tahun, kamu bisa dengan mudah mengunjungi pulau-pulau Filipina yang paling top tanpa merogoh kocek dalam-dalam. Selain itu, maskapai ini juga memiliki penerbangan langsung ke destinasi internasional seperti Incheon (Korea), Narita (Jepang), Singapura, Hong Kong, Dubai, Taipei (Taiwan), Bangkok (Thailand), Melbourne / Sydney (Australia), dan masih banyak lagi!

PESAN PENERBANGANMU KE FILIPINA DI SINI!

 

1. Palawan

Laguna kecil di El Nido | Image credit: Fabio Achilli

Terkenal dengan formasi batu gamping yang mengagumkan, air biru muda yang jernih, dan pantai berpasir putih, Palawan sering disebut sebagai salah satu pulau terindah sedunia. Coron, El Nido, dan Puerto Princesa adalah destinasi yang paling populer di sini! Kamu bisa mulai kunjunganmu di Coron di Danau Kayangan dan Siete Pecados, dimana kamu bisa menjumpai beraneka batu karang dan kehidupan laut. Atau lakukan island-hopping dan jelajahi pantai-pantai dan laguna-laguna tersembunyi di sekitar El Nido.

Selain itu, pastikan kamu mengunjungi Taman Nasional Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa sebelum meninggalkan Palawan – tempat ini dinobatkan sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Alami Dunia Baru (New 7 Wonders of Nature) lho, dengan stalakmit dan stalaktit yang unik dan seakan-akan berasal dari dunia lain!

2. Boracay

Pemandangan matahari terbenam di Boracay yang terkenal

Boracay terkenal sebagai salah satu pulau favorit para traveller. Pada sore hari, tidak sulit menemukan orang-orang bersantai di pantai sambil menunggu pemandangan matahari terbenam yang paling romantis, serta pesta yang akan dimulai ketika musik, penari, dan makanan dan minuman mulai disajikan setelah matahari terbenam.

Kalau kamu bukan tipe yang suka berpesta, kamu tetap bisa menikmati Boracay dengan island-hopping ke pulau-pulau di sekitarnya, naik banana boat, parasailing, atau sekedar mencicipi buah kelapa yang segar dengan pemandangan pantai yang indah. Takut ketinggian? Tantang dirimu dan coba terjun tebing atau cliff diving di Ariel’s Point! Tempat ini juga menawarkan kegiatan kayaking dan snorkelling, serta hidangan buffet BBQ dan minuman tak terbatas untuk kamu rileks setelah seru-seruan seharian.

Update: Untuk sementara waktu, Boracay ditutup sejak 26 April 2018 untuk menjalani proses rehabilitasi akibat kerusakan lingkungan yang telah terakumulasi selama bertahun-tahun. Departemen Pariwisata berencana untuk membuka Boracay kembali pada tanggal 26 Oktober 2018.

3. Cebu

Air Terjun Kawasan | Image credit: whereavatravels

Mulai harimu dengan menikmati Lechon Cebu yang sangat populer, yang dijamin akan membuat nagih dengan setiap gigitan kulitnya yang renyah dan dagingnya yang lembut. Setelah itu, pergi jalan-jalan ke kota dan kunjungi landmark bersejarah seperti Magellan’s Cross, Basílica Minore del Santo Niño, dan Benteng San Pedro. Kalau masih belum puas, coba kunjungi Tops Lookout, Cebu Taoist Temple, Temple of Leah, Celosia Flower Farm, dan Terrazas de Flores. Masing-masing destinasi dijamin sangat insta-worthy dan menyegarkan, deh!

Kalau kamu ingin keluar dari hiruk-pikuk kota, coba saja pergi ke Pulau Bantayan di utara atau Pulau Sumilon di selatan untuk menikmati pantainya. Tertarik scuba diving? Pulau Nalusuan dan Pulau Malapascua dijamin tidak mengecewakan. Kalau ingin yang lebih menegangkan, kamu harus coba canyoning di Badian, sebuah perjalanan menjelajahi ngarai dengan Air Terjun Kawasan yang akan mengakhiri penjelajahanmu dengan pemandangan yang megah dan menawan.

PETUALANGAN SERU DI CEBU MENUNGGU! PESAN PENERBANGANMU SEKARANG!

4. Bohol

Chocolate Hills | Image credit: mendhak

Bohol terkenal akan dua hal: Chocolate Hills dan hewan Tarsier. Chocolate Hills adalah perbukitan dengan bukit-bukit simetris berbentuk kerucut yang berubah warna menjadi coklat ketika musim kemarau – jadi namanya bukan karena terbuat dari coklat ya! Selain itu, Tarsier Filipina adalah hewan primata terkecil sedunia. Hewan imut ini sayangnya termasuk hewan ‘hampir terancam’ karena kerusakan habitat. Setelah melihat Tarsier Filipina dengan matamu sendiri di Tarsier Sanctuary, jangan lewatkan juga Loboc River Cruise! Di sini kamu bisa makan siang buffet sambil menikmati dan menelusuri Sungai Loboc, sembari diiringi lagu live band di atas perahu ala bahay kubo. Terdengar sangat mempesona, kan?

5. Iloilo

Agho Island, Concepcion, Iloilo | Image credit: Shean Medee

Banyak orang mengenal Iloilo karena Festival Dinagyang dan makanan lezatnya seperti La Paz Batchoy dan Pancit Molo. Tetapi bagi pecinta sejarah, pasti akan menikmati jalan-jalan di situs-situs warisan sejarah Kota Iloilo, seperti arsitektur Era Spanyol di Calle Real, dan gereja dan rumah tua di Distrik Jaro dan Molo yang sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu! Selain itu, yang pastinya kamu tidak boleh melewatkan pantai-pantai mempesona di Iloilo! Di bagian utara Iloilo, kamu bisa mengunjungi pulau-pulau Gigantes, Concepcion, Ajuy, dan Sicogon, dengan pantai yang sangat cocok untuk berenang, berendam, dan berjemur pada siang hari. Di bagian selatan, dijamin kamu akan menjumpai kehidupan laut yang sangat beragam di San Joaquin. Jadi jangan lupa bawa kamera anti air kamu, ya!

6. Davao

Image credit: I Travel Philippines

Davao adalah tempat Gunung Apo berada, gunung yang dikenal sebagai “King of Philippine Peaks” atau “Raja Puncak Gunung Filipina”. Sebagai puncak gunung tertinggi di Filipina, gunung stratovolcano ini sering dikunjungi oleh banyak pendaki gunung veteran dan traveller yang mencari petualangan. Selain Gunung Apo, Davao juga terkenal dengan Pusat Elang Filipina atau Philippine Eagle Centre. Kerennya, kalau kamu bayar biaya masuk ke tempat ini, kamu secara langsung juga memberikan donasi kepada pendidikan dan pelestarian burung elang, lho!

Dalam aspek pantai, Davao juga tidak kalah mempesona dengan pulau lainnya. Di Pantai Dahican, pantai yang diakui sebagai pantai terindah di Davao, kamu bisa menyewa papan selancar dan bahkan berkemah untuk satu malam dengan biaya yang relatif murah. Selain itu, jadikan liburanmu di Davao lebih seru dengan aktivitas rafting atau arung jeram. Tantang dirimu dan belajar untuk membawa perahumu melalui riam yang deras. Jangan lupa bawa baju lebih, ya, karena dijamin pasti basah-basahan!

DAPATKAN PENERBANGAN MURAH KE DAVAO DI SINI!

7. Bacolod

Bacolod sudah cukup terkenal di kalangan pecinta makanan karena hidangan inasal ayamnya yang ikonik, yang berasal dari tempat ini. Tapi kalau kamu lebih tertarik makanan laut atau seafood, kamu dijamin tidak kecewa dengan banyak restoran di Negros Occidental yang menyediakan tangkapan ikan yang segar setiap harinya, seperti kepiting, udang, dan kerang tiram atau oyster! Jalan-jalan di Bacolod juga seru dengan destinasi wisata yang terkenal seperti Gereja San Sebastian, Festival Masskara pada bulan Oktober, dan The Ruins – puing-puing bekas azucarera atau perkebunan tebu yang terbakar habis pada Perang Dunia II. Nah, karena Bacolod terkenal dengan tebunya, pastikan kamu kunjungi toko kue dan kue kering lokalnya, ya!

8. Siargao

Kalau bicara soal destinasi berselancar, Siargao sudah sangat terkenal di seluruh dunia dan adalah destinasi berselancar yang terbaik di Filipina. Dengan ombak yang sangat cocok untuk berselancar sepanjang tahun, banyak wisatawan – baik yang profesional maupun yang baru mulai – berbondong-bondong mengunjungi Siargao untuk menikmati air sejuknya dan berselancar di sana. Salah satu spot berselancar paling terkenal di Siargao adalah Cloud 9, yang sering dikunjungi oleh peselancar veteran. Untuk yang baru mulai, banyak spot lain yang tersedia seperti Jacking Horse dan Guyan. Tapi kalau kamu hanya ingin bersantai, Laguna Sugba adalah tempat terbaik untuk menyendiri, dan cocok bagi kamu yang ingin pergi dari keramaian tempat-tempat berenang di Siargao. Kamu bahkan bisa berfoto-foto dan bersantai di kafe dekat sana setelah puas berenang, lho!

9. Batanes

Image credit: Kristine Cruz

Secara resmi dijuluki sebagai “Home of the Winds” atau “Daratan Angin”, Batanes sangat disukai karena cuacanya yang sejuk dan berangin. Pantai Chadpidan adalah salah satu destinasi wisata paling terkenal di Batanes, dengan pantai batunya yang menakjubkan bekas letusan Gunung Iraya pada ratusan tahun yang lalu. Untuk memaksimalkan liburanmu, jangan lewatkan berenang di Homoron Blue Lagoon, sekitar 35 menit dari Basco dengan mobil. Tidak seperti laguna biasanya, laguna unik ini dikelilingi oleh bukit hijau dan batu volkanik yang sangat cocok untuk mempercantik Instagram kamu. Kalau kamu mencari pemandangan yang lebih menawan lagi, kamu pasti dijamin puas dengan Marlboro County, Pantai Nakabuang, dan Gua Chawa. Jangan lupa mengosongkan kartu memori kameramu sebelum pergi ke sini, ya!

10. Bicol

Gunung Mayon adalah destinasi wisata pertama yang akan kamu jumpai ketika tiba di Kota Legazpi, dan tentunya yang paling terkenal di daerah Bicol. Pompa adrenalinmu di Mount Mayon Trail atau pesan tur ATV untuk mengetahui cerita-cerita letusan gunung berapi tersebut. Mencari kegiatan untuk keluarga? Coba saja ikut petualangan seru di Taman Alam Semulajadi Bukit Lignon. Di sana ada zipline sepanjang 320 meter yang sudah menunggumu, dimana kamu bisa meluncur bebas dengan pemandangan menakjubkan Gunung Mayon yang tidak ada duanya. Setelah itu, habiskan harimu di Taman dan Margasatwa Albay, yang memiliki sekitar 75 spesies hewan berbeda termasuk Philippine Hawk Eagle dan Philippine Warty Pig. Taman ini juga sangat cocok untuk berpiknik dan naik perahu di laguna besarnya. Dijamin kamu akan menikmati waktumu di Bicol seperti Zac Efron. Google saja “Zac Efron” dengan “Mayon” kalau kamu penasaran!

Cara pergi ke 10 pulau ini

Setelah melihat semua pulau-pulau ini, jadi penasaran tidak untuk memulai petualanganmu di Filipina?

Jangan lupa cek dulu Cebu Pacific, ya! Maskapai ini menyediakan penerbangan harian dengan harga yang terjangkau ke destinasi-destinasi yang super menarik ini! Karena tidak seru kalau kamu perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk berwisata, jangan lupa untuk selalu perhatikan penerbangan Cebu Pacific yang dijamin murah sepanjang tahun! Walaupun destinasi di atas terletak beberapa jam dari Manila, kamu bisa mendapatkan konektivitas antar pulau yang sangat mudah dengan memesan penerbangan dengan Cebu Pacific kalau kamu ingin menjelajahi bagian-bagian Filipina yang berbeda.

Wisatawan yang datang dari negara tetangga Filipina juga memanfaatkan penerbangan tidak langsung atau connecting flight di Cebu Pacific dengan satu pemesanan. Untuk penerbangan langsung atau direct flight ke Filipina, Cebu Pacific menyediakan rute berikut ini: Singapura ke Davao / Cebu / Iloilo / Manila, Melbourne / Sydney ke Manila, Incheon to Kalibo / Cebu, Narita ke Cebu / Manila, Hong Kong ke Iloilo / Cebu / Manila / Clark, Dubai ke Manila, Taipei ke Manila, Siem Reap ke Manila, Bangkok ke Manila, dan Makau ke Manila / Clark.

MULAI JELAJAHI FILIPINA SEKARANG!

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs resmi, Facebook, Instagram, Twitter dan Youtube Cebu Pacific.


Brought to you by Cebu Pacific.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru