15 Tempat Wisata Anak Di Bandung Untuk Liburan Menyenangkan

Jika ukurannya adalah kebebasan, traveling paling nyaman dilakukan sendirian. Mau ke mana saja bebas, liburan tanpa rencana pun tetap enjoyable. Tapi bagi yang sudah berkeluarga, apalagi memiliki anak, pilihan alternatif wisata jadi lebih terbatas, termasuk di Bandung sekalipun. Orang tua kudu pintar memilih tempat wisata yang bakal menyenangkan bagi semua anggota keluarga.

Untungnya, banyak pilihan tempat wisata di Bandung yang ramah untuk anak. Mulai dari belajar seni dan kerajinan, tempat bermain yang menyenangkan, hingga wisata edukasi yang bakal bikin si bocah tambah pintar. Untuk memanjakan si kecil, daftar tempat wisata ramah anak di Bandung ini bisa menjadi tempat jujukan liburan kamu berikutnya. Kira-kira, tempat wisata mana yang paling disukai si kecil?

1. Wisata ala koboy di De’Ranch Lembang

Image Credit: De’Ranch Lembang

Tenang saja, meski tema utamanya adalah wisata koboi, tidak ada unsur kekerasan sama sekali di sini. Yang ada adalah kegiatan asyik seperti menunggang kuda, berfoto dengan kostum koboi, belanja, makan enak, dan masih banyak lainnya. Anak-anak bakal betah banget di sini karena ada banyak wahana yang bisa mereka jelajahi di tempat wisata ramah anak di Bandung ini.

Image credit: De’Ranch Lembang

Di sini si kecil bisa mencoba aktivitas lucu seperti naik kuda poni, bermain bareng kelinci, menyusui sapi dan kambing. Bagi anak yang lebih dewasa, ada wahana yang lebih menantang seperti flying fox, panahan, hingga trampolin. Dijamin deh, sehari saja tak akan cukup untuk menikmati semua wahana dan fasilitas di De’Ranch!

Lokasi: Jl. Maribaya no. 17 Lembang, Bandung Barat.
Jam buka: Setiap hari, 09.00 – 17.00
Harga tiket: 15,000 IDR per orang

2. Masuki dunia penuh keajaiban di Trans Studio Bandung

Image credit: Trans Studio Bandung

Mau ketemu tokoh-tokoh populer anak yang sering muncul di layar kaca? Ingin memacu adrenalin di wahana-wahana yang menantang? Kepingin bernostalgia dengan Hollywood tahun 60-an? Semuanya bisa dilakukan di Trans Studio Bandung, kawasan wisata terpadu sekaligus taman hiburan indoor terbesar se-Asia Tenggara.

Image credit: Trans Studio Bandung

Bagi orang dewasa, tempat wisata ramah anak di Bandung ini adalah surga untuk berpetualang dan menguji nyali dengan wahana-wahana ekstrimnya. Dari Racing Coaster, Vertigo, Giant Swing, Kong Climb, hingga Pemburu Badai, dan masih banyak lagi. Anak-anak juga bakal dimanja dengan wahana seperti Dunia Anak, Si Bolang Adventure, Black Heart Pirate Ship, Pulau Liliput, serta beragam wahana menyenangkan lainnya. Studio ini juga kerap menggelar pertunjukan menarik.

Lokasi: Jalan Gatot Subroto No. 289, Cibangkong, Batununggal, Bandung.
Jam buka: Hari biasa, 10.00 – 18.00, akhir pekan dan peak season, 10.00 – 19.00
Harga tiket: 180,000 IDR untuk Senin-Kamis, 200,000 IDR untuk Jumat, 280,000 IDR untuk Sabtu, Minggu dan hari libur

3. Belajar dan bermain di Ekowisata Kampung Batu Malakasari

Image credit: Kampung Batu

Dulunya, kawasan ini merupakan tambang batu alam yang dieksploitasi secara tradisional oleh warga sekitar sejak satu abad silam. Bekas penambangan itu menyisakan lanskap geologis memukau yang kemudian dialihfungsikan menjadi taman wisata. Ekowisata ini memiliki fasilitas dan wahana yang lengkap. Kamu bisa menemukan danau, bukit batu, peternakan, penangkaran rusa, persawahan, area kegiatan outdoor, dan lain-lain.

Image credit: Kampung Batu

Anak-anak pastinya akan suka bermain di Adventure Kids Park. Kalau mereka mau basah-basahan, si kecil bisa melakukan sepuas hati di Tektona Waterpark (tiket terpisah). Di destinasi wisata untuk anak di Bandung ini, mereka juga bisa belajar tentang hewan-hewan ternak serta budaya Sunda. Pokoknya seru dan lengkap!

Lokasi: Jalan Raya Banjaran (Rencong), Desa Malaksari, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.
Jam buka: Senin hingga Jumat, 09.00 – 16.00, Sabtu, Minggu dan hari libur, 08.30 – 17.00
Harga tiket: 10,000 IDR untuk anak-anak, 15,000 IDR untuk dewasa

4. Main bareng bunnies imut di Taman Kelinci Ciwidey

Image credit: Taman Kelinci Ciwidey

Seperti namanya, kamu bisa menemukan banyak kelinci di taman wisata untuk anak di Bandung ini. Adek-adek kecil pastinya seneng banget bisa berinteraksi langsung dengan hewan imut berkuping panjang itu. Selain bisa memberi makan dan bermain bareng kelinci, kamu juga bisa mengunjungi petting zoo di taman ini, berkuda mengelilingi taman, dan berfoto di Candy House alias rumah permen.

Lokasi: Jalan raya Ciwidey – Rancabali KM33,7, Cikembang, Kabupaten Bandung
Jam buka: Selasa hingga Jumat, 10.00 – 20.00; Sabtu dan Minggu, 09.00 – 21.00
Harga tiket: 15,000 IDR per orang

5. Belajar kreatif di Rumah Batik Komar

Image credit: Batik Komar

Batik telah ditetapkan menjadi warisan budaya dunia oleh UNESCO. Sebagai pemilik warisan itu, tentunya warga Indonesia punya kewajiban untuk melestarikannya. Tidak harus menjadi pengrajin atau pedagang, kamu bisa melakukannya dengan belajar mengenai batik sesuai kemampuan. Di Rumah Batik Komar, kamu sekeluarga bisa belajar membatik dengan praktek secara langsung.

Image credit: Batik Komar

Rumah Batik Komar menyediakan berbagai paket, mulai dari paket tour kunjungan hingga pelatihan membatik yang serius. Bukan cuma untuk orang dewasa, paket membatik di sini juga pas banget buat anak-anak. Si kecil bisa menyalurkan kreativitas mereka lewat media canting dan kain. Hasilnya pun bisa dibawa pulang sebagai souvenir. Kunjungan di spot wisata Bandung ramah anak ini pasti akan menjadi eduwisata yang berkesan.

Lokasi: Jl. Cigadung Raya Timur 1 No. 5 Bandung
Jam buka: Senin hingga Sabtu, 8.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: Bervariasi, mulai 20,000 IDR hingga 4,000,000 IDR untuk paket pelatihan.

6. Menikmati suasana Eropa di Farmhouse Lembang

Image credit: Farmhouse Lembang

Tema utama dari Farmhouse Lembang adalah pedesaan di wilayah Eropa. Itu tercermin dari banyaknya bangunan khas Eropa yang bisa kamu temui di sini. So pasti tempat ini adalah ladang emas buat kamu yang hobi foto-foto. Terlebih lagi, kamu juga bisa menyewa kostum khas Eropa agar kesannya lebih total. Dijamin, setelah pulang dari sini, timeline dan feed Instagram kamu bakal dibanjiri dengan banyak foto keren.

Image credit: Farmhouse Lembang

Tempat ini adalah kawasan wisata terintegrasi dengan banyak fasilitas menyenangkan untuk seluruh anggota keluarga. Ada rumah hobbit, jembatan cinta, taman bernuansa pegunungan, beberapa tempat makan enak, dan juga area belanja. Anak-anak bisa berinteraksi dengan berbagai hewan jinak seperti biri-biri, sapi, landak, kelinci, dan berbagai macam burung.

Lokasi: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung Barat
Jam buka: Setiap hari, 9.00 – 21.00
Harga tiket: 25,000 IDR per orang

7. Main air sepuasnya di Ciwidey Valley Waterpark Resort

Image credit: Ciwidey Valley

Bagi yang gemar berwisata air, tempat wisata untuk anak ini bisa jadi salah satu pilihan terbaik di Bandung. Resort ini punya semuanya dengan fasilitas super lengkap. Kamu bisa menyewa kamar hotel, cottage, area glamping, dan area camping. Tentu saja, daya tarik utamanya adalah taman air yang juga dilengkapi dengan sumber air panas! Ada replika gunung berapi di sudut kolam air panas itu.

Image credit: Ciwidey Valley

Kombinasi udara dingin Bandung Selatan dan kolam air panas di resort ini bakal membuat kamu dan si kecil ogah mentas dari air. Kalaupun meninggalkan kolam yang nyaman itu, si kecil pasti ingin bermain di perosotan atau kandang burung raksasa yang berada di dekatnya.

Lokasi: Jl. Barutunggul KM. 17, Ciwidey, Alamendah, Kec. Rancabali, Bandung.
Jam buka: Setiap hari, 7.00-21.00
Harga tiket: 14,000 IDR untuk masuk area, 50,000 IDR untuk ke zona waterpark

8. Bertransaksi tanpa uang di Floating Market Lembang

Image credit: Floating Market Lembang

Tempat wisata untuk anak di Bandung ini juga merupakan sebuah kawasan wisata terintegrasi dengan banyak pilihan liburan untuk keluarga. Kalau hanya untuk foto-foto, Floating Market ini bisa bikin memori di kamera kamu habis lantaran saking banyaknya spot fotogenik dan Instagramable. Daya tarik utamanya adalah pasar apung di mana kamu bisa berwisata kuliner seperti di Thailand. Kamu bahkan bisa menyewa kostum ala Jepang dan Korea biar lebih greget fotonya.

Image credit: Floating Market Lembang

Spot-spot yang bisa kamu kunjungi bersama si kecil antara lain, kota mini (miniatur kota Eropa yang indah), Mini Carnival, Rainbow Garden, Playground, Miniatur Kereta Api, Taman Kelinci, dan masih banyak lainnya. Menariknya, semua transaksi di sini harus menggunakan kartu khusus yang bisa kamu top up dengan nilai tertentu. Dengan saldo di kartu itu, kamu bisa belanja dan membayar semua wahana di Floating Market ini.

Lokasi: Jalan Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
Jam buka: Senin hingga Jumat, 9.00 – 17.00, Sabtu, Minggu dan hari libur, 9.00 – 20.00 (akhir pekan dan hari libur).
Harga tiket: Senin hingga Jumat, 20,000 IDR, Sabtu, Minggu dan hari libur 25,000 IDR

9. Menikmati musikalitas bambu di Saung Angklung Udjo

Image credit: Angklung Udjo

Sedari awal, Saung Angklung Udjo memang punya misi untuk mewujudkan harmoni antara manusia, musik, dan alam. Itu adalah misi yang besar tetapi saung ini sudah hampir berhasil mewujudkannya sembari melanggengkan budaya dan kesenian asli Sunda. Tempat ini selalu riuh dengan nada-nada indah yang tercipta dari benturan bambu yang dibentuk oleh tangan-tangan terampil menjadi angklung.

Image credit: Angklung Udjo

Meski kedengarannya serius, tapi kamu bisa bersenang-senang bersama si kecil di saung ini. Ada berbagai aktivitas yang pasti akan disukai oleh anak-anak seperti belajar membuat angklung, belajar memainkan angklung (bahkan sampai memainkannya di orkestra bersama pengunjung lain), atau sekadar menikmati pertunjukan musik dan tari di sana. Kunjungan ke saung ini bisa membangkitkan jiwa seni anak-anak, terutama di bidang kerajinan tangan dan musik.

Lokasi: Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung.
Jam Buka: Setiap hari, 8.00 hingga 22.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 50,000 IDR, tergantung hari kedatangan, usia, dan kewarganegaraan.

10. Belajar membuat layangan di Gang Sereh

Image credit: Ngalingkung Bandung

Bagi anak laki-laki, layangan atau layang-layang bisa jadi hanya sekadar mainan. Tapi jika diseriusi, layangan juga bisa menjadi sumber penghasilan sekaligus kesenangan. Itulah yang coba ditularkan oleh Lie Fie Kiat (Akiat) di tokonya yang kini lebih mirip workshop layangan. Akiat sendiri adalah sosok ahli pembuat layangan kelas dunia, dibuktikan dengan keberhasilannya menjuarai festival layangan dunia sebanyak tiga kali.

Image credit: Ngalingkung Bandung

Nah, di toko ini, bapak-bapak bisa mengenang lagi masa kecilnya saat mencoba membuat atau menerbangkan layangan. Anak-anak juga pasti suka diajak berkreasi menciptakan beraneka bentuk dan warna layangan. Yang paling seru tentunya ketika mencoba menerbangkan layangan buatan sendiri itu nantinya.

Lokasi: Gang Sereh, Jl. Astana Anyar, Kota Bandung
Jam buka: Setiap hari, 10.00 – 15.00
Harga tiket: Gratis, layangan dijual terpisah.

11. Mendalami seni melipat kertas di Maya Hirai School of Origami

Seni melipat kertas ala Jepang alias origami sudah mendunia. Di Indonesia pun, origami sudah dikenal sejak lama meski tak banyak yang menseriusi seni ini. Fajar Ismayanti, wanita asal bandung, yang kadung jatuh hati kepada Origami memilih serius belajar origami ketika menemani suaminya kuliah di Jepang. Saat kembali ke tanah air, ia memutuskan untuk menyebarkan pengetahuannya itu ke semua orang dan mendirikan Maya Hirai School of Origami.

Image credit: Maya Hirai Origami School

Sekolah origami ini menyediakan sesi kursus mulai dari yang sederhana sampai yang rumit. Kelasnya rata-rata dibagi per usia hingga ada kelas untuk guru dan penghobi origami. Tak heran jika banyak anak yang betah bermain sambil belajar di kelas Maya Hirai. Psst, buat ibu-ibu yang datang bersama putra-putrinya, sekolah ini juga instagramable abis lho.

Lokasi: Gedung Kaca Selatan, Origami Corner Sanggar Origami Indonesia (SOI), PUSDAI JABAR, Jl. Diponegoro no.63, Bandung.
Jam buka: Senin hingga Sabtu, 9.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: Bervariasi, tergantung kelas

12. Ketemu superhero dan belajar di Bandung Science Center

Image credit: SDI Abu Seno

Wisata edukasi selanjutnya adalah Bandung Science Center (BSC). Sebagai catatan, BSC ini terletak di salah satu gedung yang masih dalam komplek Kolam Renang Karang Setra yang legendaris. Konon, gedung yang kini dipakai BSC dulunya adalah tempat favorit Presiden Soekarno untuk belajar berdansa. Kini, gedung itu disulap untuk menunjukkan magis ilmu pengetahuan kepada anak-anak.

Image credit: Official Bandung Science Center

Ada banyak wahana yang bakal menyedot perhatian pengunjung belia. Selain bisa mencoba melakukan berbagai eksperimen sains menarik, ada pula patung superhero Iron Man, ruang bumi, ruang audio visual, ruang robotic, dan banyak lagi lainnya. Ilmu pun ditransfer secara interaktif di sini, sehingga si kecil akan aktif terlibat dalam pembelajaran yang menyenangkan.

Lokasi: Jalan Sinargalih No 15, Gegerkalong, Sukasari, Kota Bandung.
Jam buka: Selasa hingga Minggu, 9.30 – 17.00
Harga tiket: 45,000 IDR per orang

13. Serunya mengamati hewan langka di Kebun Binatang Bandung

Image credit: chamarichaicha

Kebun Binatang Bandung menempati area seluas 14 hektar. Selain sebagai arena mempertontonkan banyak hewan unik dan langka, destinasi wisata ramah anak di Bandung ini juga menjadi tempat pendidikan dan penelitian demi kelestarian satwa itu sendiri. Layaknya kebun binatang yang lain, koleksi hewan di sini juga melimpah, mencapai lebih dari 800 ekor hewan!

Image credit: @janegunari

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan seluruh keluarga di ini. Kamu bisa menyewa skuter atau perahu, serta menikmati teater satwa yang lucu. Si kecil juga bisa bermain sepuasnya di Taman Bermain Anak. Jika lapar melanda, langsung saja melipir ke pujasera untuk menikmati hidangan lezat di sana.

Lokasi: Jalan Kebun Binatang No.6, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung,
Jam buka: Setiap hari, 8.00 – 16.00
Harga tiket: 60,000 IDR per orang

14. Lactasari Mini Farm, peternakan di atap mall

Image credit: @meganovelia

Bagi ibu-ibu yang kepingin belanja sekaligus mengajak anak liburan, Paris van Java Mall bisa menjadi solusi. PvJ Mall memiliki desain yang unik dan tata letaknya membuat pusat belanja ini serasa seperti di luar negeri. Ada arena ice skating dan taman burung juga di mall ini. Namun keajaiban sebenarnya ada di atap, berkat keberadaan peternakan mini bernama Lactasari Mini Farm.

Image credit: @agnethanovia

Kamu bisa mengajak buah hati untuk memberi makan berbagai hewan yang ada di sini. Ada sapi, kambing, dan kelinci. Tiket masuk ke sini sudah termasuk celemek dan sekeranjang sayuran yang akan diberikan sebagai makanan hewan. Selain itu, hewannya pun jinak dan sudah terbiasa dengan manusia. Mereka langsung mendekat jika ada yang akan memberi makan.

Lokasi: Sky Level, Paris van Java Mall, Jalan Sukajadi No. 137-139 Bandung
Jam buka: Senin hingga Jumat, 10.00 – 19.00; Sabtu, Minggu dan hari libur, 10.00 – 22.00
Harga tiket: 60,000 IDR untuk anak-anak, 10.000 IDR untuk pendamping atau orang tua

15. Mempelajari serunya permainan tradisional di Komunitas Hong

Image credit: Sandy Irsyad (bawah), @anisanuradlina (atas)

Salah satu concern orang tua zaman now adalah anak yang terlalu lengket dengan berbagai gawai seperti ponsel pintar atau tablet. Kini anak-anak sudah jarang keluar rumah untuk bermain bersama temannya karena terlalu asik dengan pirantinya sendiri. Pergeseran budaya anak-anak itulah yang dilihat oleh Komunitas Hong. Komunitas ini bertekad melestarikan permainan tradisional Indonesia.

Image credit: @siti_qurotul_ain

Datanglah ke sini bersama si kecil untuk belajar tentang ratusan dan bahkan ribuan permainan tradisional dari pulau Jawa dan Sumatera. Kamu dan si kecil akan larut dalam kegembiraan yang muncul dari permainan yang dimainkan dengan banyak pengunjung lainnya. Ternyata permainan tradisional tak kalah seru dengan gawai canggih.

Lokasi: Jalan Bukit Pakar Utara 35 Dago, Bandung.
Jam buka: 09.00 – 17.00
Harga tiket: Rp50.000

Baca juga: 12 Airbnb Bandung yang Instagrammable dan Murah Untuk Akhir Pekan

Nah, dari sekian destinasi wisata ramah anak di Bandung itu, kira-kira mana nih yang akan kamu datangi pertama kali bersama si kecil?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru