11 Tempat Wisata Di Gresik yang Asyik Untuk Liburan

Apa yang kamu bayangkan ketika pertama kali mendengar kata Gresik? Semen? Ya, Gresik memang dikenal sebagai kota tempat pabrik semen besar di Indonesia. Lokasinya tidak jauh dari Surabaya. Hanya 45 menit berkendara, kamu sudah bisa sampai di pusat Kota Gresik.

Di samping dikenal dengan kota penghasil semen, Gresik juga ternyata memiliki berbagai tempat wisata yang menarik lho. Dengan topografi perbukitan di pinggir pantai, panorama alam Gresik tidak kalah dengan kota lain di Indonesia. Ini dia 11 tempat wisata di Gresik yang bisa kamu kunjungi.

1. Berkunjung Ke Negeri Dongeng, Bukit Jamur

Image credit: @sonysumarsono951

Di Gresik ternyata ada bukit yang bentuknya mirip jamur lho. Bukit ini ternyata merupakan bekas galian kapur yang telah ditinggalkan. Akibat pengikisan alami, batuan di wilayah ini pun akhirnya terbentuk menyerupai kumpulan jamur. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke sini adalah pagi atau sore hari ketika panas matahari cukup bersahabat.

Image credit: @haiifay

Hanya dengan 10,000 IDR kamu bebas berkeliling area perbukitan. Berada di Bukit Jamur ini akan memberikan pengalaman berpetualang di negeri dongeng. Cocok juga untuk kamu yang senang berfoto.

2. Sejuknya Oase Kota Gresik, Telaga Ngipik

Image credit: @prabu_rengga

Siapa sih yang tidak suka berwisata ke sebuah telaga? Apalagi telaganya sejuk dan asri seperti di Telaga Ngipik. Tempat wisata di Gresik yang satu ini seolah menjadi oase panasnya cuaca yang menerpa. Rimbunnya pepohonan serta aneka tanaman menjadi peneduh yang bisa mendinginkan otak dan pikiran. Apalagi ditambah dengan suasana tenang air telaga yang jernih.

Image credit: @ekagee

Fasilitas yang tersedia untuk para wisatawan di Telaga Ngipik juga sangat lengkap, mulai dari kamar kecil hingga tempat untuk berbelanja. Kamu bahkan bisa berkeliling telaga dengan menyewa perahu atau menggunakan sepeda air. Dijamin kamu akan betah berlama-lama di sini.

3. Kemegahan Bukit Kapur Sekapuk Yang Spektakuler

Image credit: @sonysumarsono951

Berbeda dengan Bukit Jamur yang sudah ditinggalkan oleh para penambang. Di Bukit Kapur kamu masih bisa melihat beberapa aktivitas para penambang. Bukit ini menjadi salah satu tempat wisata di Gresik yang banyak diminati wisatawan. Datanglah pada siang hari untuk menghindari truk-truk penambang yang berlalu-lalang.

Image credit: @gogo_gzli

Warna putih yang eksotis dan bentuk bukitnya yang megah akan mengingatkanmu pada Bukit Jaddih di Madura yang terkenal. Di sini, kamu tidak akan kehabisan spot  foto karena areanya yang luas dengan aneka macam bentuk bukitnya yang mengagumkan.

4. Bersantai Menikmati Alam Di Mangrove Ujungpangkah

Image credit: @fendy_lavigne

Sebagai kota yang berada di pesisir pantai utara Pulau Jawa, Gresik juga punya hutan mangrove yang tidak kalah menarik – Mangrove Ujungpangkah. Di sini kamu bisa menyegarkan pikiran sembari menyusuri hutan mangrove.

Image credit: @setiawanachmed

Jika beruntung, kamu bisa melihat kumpulan burung yang bertengger di dahan mangrove. Untuk bisa mengelilingi Hutan Mangrove Ujungpangkah tersedia perahu motor yang siap disewa.

5. Wisata Seru Memacu Adrenalin, Bukit Larangan

Image credit: @marcha_cerewetz

Bukit Larangan memang terkenal dengan cerita mistis dan menakutkan yang membuat orang takut untuk berkunjung kesana. Namun, siapa sangka bila Bukit Larangan memiliki panorama pemandangan yang indah.

Image credit: @zunitaaaa

Tempat wisata di Gresik yang satu ini cocok untuk kamu yang menyukai tantangan. Selain karena sarana prasarana yang belum lengkap, kamu juga harus melakukan trekking dengan sudut kemiringan hingga 45 derajat. Wow.

6. Tamasya Sambil Berfoto Ria Di Wisata Alam Gosari

Image credit: @onychandra4

Wisata Alam Gosari atau yang lebih dikenal dengan nama Wagos ini adalah salah satu tempat wisata di Gresik yang masih terbilang baru. Meski begitu, tempat ini cukup ramai dikunjungi para wisatawan. Kamu bebas keluar masuk Wagos karena tiketnya gratis. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk parkir mulai dari 3,000 IDR saja.

Image credit: @ruro_masruro95

Di sini kamu tidak akan pernah bosan untuk berfoto karena banyak spot keren yang instagramworthy. Di dalam lokasi Wagos kamu juga bisa menemukan objek wisata Sendang Pancuran yang konon katanya bisa menyembuhkan berbagai penyakit lho.

7. Menilik Kampung Vintage Di Gresik, Kampung Kemasan

Image credit: @raturisjad

Nama Kemasan di kampung ini ternyata terhubung dengan suatu marga di Gresik yaitu marga Kemas. Yang unik dari kampung ini adalah deretan bangunan yang bergaya Eropa dan Cina.

Jika berkunjung ke sini, jangan lupa siapkan kameramu untuk berfoto di depan bangunan klasik yang instagramworthy. Dijamin bikin timeline instagrammu makin ciamik.

8. Uniknya Cagar Budaya Sunan Giri, Situs Giri Kedaton

Image credit: @ekagee

Giri Kedaton merupakan salah satu bangunan cagar budaya yang ada di Gresik. Situs ini menjadi istimewa karena lokasinya yang berada di atas bukit dan bangunannya terdiri dari tujuh tingkat. Tempat ini juga diyakini sebagai salah satu peninggalan dakwah Sunan Giri.

Meski kini hanya tersisa beberapa reruntuhan, namun pemandangan dari puncak bangunannya sangat indah. Apalagi jika malam hari terdapat lentera yang sengaja dipasang pada tangga menuju ke puncaknya.

9. Island Hopping Ke Pulau Bawean, Tempat Penangkaran Rusa Yang Bersahabat

Image credit: @potretbawean

Pulau Bawean ternyata merupakan bagian dari Kabupaten gresik lho. Pulau ini sudah sangat terkenal dengan penangkaran rusanya. Di samping itu banyak sekali aneka objek wisata alam yang bisa kamu temui di sini. Di antaranya yang terkenal adalah Pantai Mombhul, Pantai Pulau Cina hingga air terjun yang mempesona.

Image credit: @ekagee

Untuk menuju ke Pulau Bawean kamu bisa menggunakan kapal cepat dari Gresik dengan tarif mulai dari 150,000 IDR per orang. Waktu tempuh perjalanan kurang lebih 3,5 jam. Jika ingin lebih cepat kamu bisa naik pesawat perintis dari Surabaya dengan jadwal penerbangan setiap Selasa dan kamis. Klik di sini untuk informasi jadwal penerbangan ke Pulau Bawean.

10. Snorkeling Asyik Di Pulau Gili Noko

Image credit: @aziansh

Siapa bilang tidak bisa snorkelling di Gresik? Faktanya, Gresik punya pulau dengan batuan koral yang tidak kalah indahnya dengan yang ada di tempat lain. Untuk menuju ke sini kamu perlu menyewa perahu cepat dengan kisaran harga 300,000 IDR dari Pulau Bawean. Perjalanan akan ditempuh kurang lebih 15 menit saja.

Image credit: @destinasi_ade

Selain snorkelling kamu juga bisa menyusuri pantai pasir putihnya yang tidak kalah cantik. Pulau Gili Noko akan membuatmu lupa jika sedang berada di Gresik.

11. Menikmati Pemandangan Senja Di Pulau Noko Selayar

Image credit: @aziansh

Tidak jauh dari Pulau Bawean terdapat lagi satu pulau dengan keindahan alam yang mengagumkan. Namanya Pulau Noko Selayar. Jaraknya hanya 20 menit dari pulau Bawean menggunakan kapal motor cepat.

Image credit: @fsadam

Disini kamu akan menemukan hamparan pasir putih yang luas serta pemandangan pantai yang tanpa batas. Senja jadi waktu yang tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjung kemari. Pulau Noko Selayar sendiri merupakan pulau tak berpenghuni. Meski begitu kamu tetap diperbolehkan berkemah dan bermalam di sini. Seru sekali, bukan?

Baca juga: 15 Destinasi Wisata Keluarga Di Surabaya Yang Asyik dan Menyenangkan

Nah, sekarang sudah tidak bingung lagi kan mau jalan-jalan kemana kalau sedang di Kota Gresik? Panorama alamnya yang indah bisa jadi tempat untuk menyegarkan jiwa dan pikiran. Yuk, liburan ke Gresik.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru