Hidden Gem Di Jawa Timur, 20 Tempat Wisata Di Tulungagung Ini Wajib Masuk itinerary Liburan Kamu!

Apa yang terbesit di pikiran kamu mendengar Kabupaten Tulungagung di Jawa Timur? Jika kerajinan marmer menjadi jawabannya, kamu sudah benar sebagian. Yups, ada banyak hal menarik yang ada di Tulungagung, termasuk destinasi liburan yang istimewa. Bahkan, jika melihat tempat wisata di Tulungagung, bisa dikatakan kabupaten ini sebagai salah satu hidden gem pariwisata di Jawa Timur.

Anggapan tersebut bukan tanpa alasan. Dilihat dari lanskapnya, Tulungagung memiliki semua yang dibutuhkan untuk menjadi salah satu destinasi liburan ngehits di Indonesia. Mulai dari pantai yang keren dengan pasir putih, dataran tinggi yang asyik untuk menikmati pemandangan alam, bahkan tempat sebagai perwujudan hasil kebudayaan dan kreativitas masyarakat di dalamnya.

Penasaran dengan tempat wisata di Tulungagung yang menarik, ngehits abis dan layak untuk jadi destinasi liburan kamu berikutnya? Simak rekomendasi TripZilla Indonesia di bawah ini, ya!

1. Eksotisnya Pantai Popoh yang tidak habis dipandang

tempat wisata di tulungagung - pantai popoh
Image credit: @ayyuassegaf

Pantai Popoh adalah salah satu pantai ikonik di Tulungagung. Kamu dapat melayangkan pandang ke arah kerumunan perahu yang menambah kecantikan pantai.

Image credit: @sindi.ok15

Dilihat dari ketinggian pun Pantai Popoh tetap menarik. Selain menghanyutkan diri dalam suara air dan angin laut, kamu tidak boleh lupa mencicipi aneka hidangan laut yang dijual di sini. Dijamin kesegarannya!

Lokasi: Jl. Raya Pantai Prigi, Watulimo, Besuki Tulungagung
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 3,000 IDR

2. Melirik peninggalan Kerajaan Majapahit di Candi Sanggrahan

tempat wisata di tulungagung
Image credit: @rifdaamalia__

Kamu juga dapat menemukan candi di Tulungagung, salah satunya adalah Candi Sanggrahan. Dahulu candi ini merupakan tempat menyimpan abu dari kerabat raja Majapahit. Walau bentuknya terlihat minimalis, sesungguhnya Candi Sanggrahan mempunyai detil yang menarik. Di sekitar candi pun kerap ditemukan benda-benda bersejarah lainnya. Nggak rugi kalau kamu meluangkan waktu untuk mampir ke tempat ini!

Lokasi: Desa Sanggrahan, Boyolangu, Tulungagung
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 – 15.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

3. Menyantap jalur berliku demi menyambangi Pantai Ngalur

Image credit: @ulilamfd

Memiliki jalur yang menantang, kondisi jalan tersebut tidak menyurutkan niat pelancong untuk datang ke Pantai Ngalur. Kalau sudah melihatnya sendiri, baru kamu akan mengerti. Pemandangan Pantai Ngalur dengan sisi-sisi yang bak lukisan memang cantik dipandang. Walau air lautnya yang biru terlihat menggoda, namun wisatawan dilarang berenang karena ombak besar dan arus yang kuat. Buat kenangan yang indah dengan mengabadikan dirimu di sini ya!

Lokasi: Jengglungharjo, Tanggunggunung, Tulungagung
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

4. Tempat wisata di Tulungagung paling populer, Taman Aloon Aloon

Image credit: @aqil_khabiibi

Taman Aloon Aloon punya ikon berupa tugu dengan patung burung garuda. Dibuka selama 24 jam, saat malam hari taman ini pun sudah dilengkapi dengan pencahayaan sehingga tetap terlihat menarik.

tempat wisata di tulungagung
Image credit: @dani_winata88

Jika ingin meresapi denyut kehidupan di Tulungagung, berjalan keliling Taman Aloon Aloon terasa mengasyikkan. Selain dapat melihat bangunan-bangunan di sekitarnya, taman ini punya berbagai fasilitas seperti skatepark dan outbound. Sekedar duduk sejenak sambil menyantap jajanan juga menyenangkan lho!

Lokasi: Jl. R. A Kartini, Kampungdalem, Tulungagung
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

5. Merenung ditemani lapisan kabut di Wana Wisata Jurang Senggani

Bosan dengan udara yang panas di Jakarta? Datang saja ke Wana Wisata Jurang Senggani yang berhawa sejuk karena terletak di dataran tinggi. Sudah sejuk, matamu akan dimanjakan dengan indahnya deretan pohon pinus yang membuat udara terasa lebih segar. Apalagi di waktu-waktu tertentu, kamu dapat menjumpai kabut-kabut tipis yang menyelimuti pepohonan. Kalau belum ingin pulang, hubungi pengelola untuk berkemah di area yang tersedia. Seru!

Lokasi: Area Hutan, Nglurup, Sendang, Tulungagung
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 3,000 IDR

6. Pantai Gemah, tempat wisata di Tulungagung untuk bermain pasir atau ATV

Image credit: @karisma_nadilla_

Ingin menghabiskan hari dengan bermain? Maka Pantai Gemah dapat menjadi tujuan wisata serba ada yang perlu dimasukkan ke dalam agendamu. Di sini kamu bisa bermain air, bermain pasir, bermain ATV hingga menaiki banana boat. Airnya tenang jadi pantai ini aman bagi kamu yang gemar berbasah-basahan. Tidak perlu khawatir kalau kecapekan, sebab pengelola sudah menyediakan tempat-tempat yang nyaman untuk beristirahat.

Lokasi: Keboireng, Besuki, Tulungagung
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

7. Tempat wisata di Tulungagung yang cantik dan unik, itulah Pantai Dlodo

tempat wisata di tulungagung
Image credit: @irennepy

Pantai Dlodo tidak sama seperti pantai-pantai lainnya. Konon katanya Pantai Dlodo memiliki garis pantai yang panjang dengan gumuk pasir. Unik bukan?

Image credit: @fahrultr14

Tidak berhenti sampai di situ, pasir pantai ini juga mempunyai dua warna yaitu hitam dan keemasan. Selain unik, tentunya Pantai Dlodo juga cantik. Apalagi dengan adanya kebun kelapa, kamu dapat mengambil momen saat matahari terbenam dan suasananya akan terlihat romantis banget.

Lokasi: Rejosari Kalidawir, Dlodo, Pucang Laban, Tulungagung
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

8. Menapaki jalan setapak menuju Candi Dadi

tempat wisata di tulungagung
Image credit: @abi.elhakim

Jika ingin berkunjung ke Candi Dadi, kamu akan melewati gerbang Tangga Sewu alias tangga seribu. Jalan yang berupa tangga-tangga ini nyaman untuk dilalui dan kamu dapat mencapai puncak tangga, yang menjadi titik populer untuk berburu sunrise dan sunset. 

Image credit: @riskaalfina_

Berjalanlah terus melewati jalan setapak dan kamu akan tiba di Candi Dadi. Berada di tengah hutan dan belum pernah dipugar, kamu dapat melihat bentuk asli dari bangunan candi. Candi Dadi masih dikeramatkan oleh warga sekitar dan di saat tertentu seperti malam 1 Suro, warga sering mengadakan ritual di sini.

Lokasi: Krajan Tiga, Betak, Kalidawir, Tulungagung
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

9. Tempat wisata di Tulungagung tepi waduk yang hits di Ranu Gumbolo

Image credit: @tadabbur_adventure

Ingin melihat danau yang indah tanpa perlu bersusah payah berjalan kaki berjam-jam? Maka Ranu Gumbolo adalah solusinya. Danau besar yang cantik ini sesungguhnya adalah tepian dari Waduk Wonorejo. Dikelilingi perbukitan dan dihiasi padang rumput yang luas, Ranu Gumbolo sangat pas bagi kamu yang butuh healing. Kamu dapat berjalan-jalan melihat hutan pinus, memancing, berkemah dan pastinya selfie di gardu pandang yang ada.

Lokasi: Bantengan, Mulyosari, Pagerwojo, Tulungagung
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 6,000 IDR

10. Melihat sendiri keindahan hidden gem Tulungagung, Pantai Sioro

Image credit: @pesonakitatulungagung

Pantai Sioro merupakan salah satu pantai yang butuh perjuangan untuk dikunjungi. Kamu harus datang dengan kendaraan pribadi dan jalan menuju pantai belum tertata. Tapi tentu saja, di balik kesulitan itu, ada keindahan alam yang sudah menantimu.

tempat wisata di tulungagung
Image credit: @johanyustiyanto

Pantai Sioro punya ciri khas yaitu batu besar yang berada di tengah lautnya. Setibanya di sini, kamu dapat bermain pasir dan air di tepi pantai. Namun kamu perlu berhati-hati karena ombak Pantai Sioro cukup besar dan arusnya kuat ya! Selain itu, bawa perbekalan agar kamu tidak kesulitan mengisi perut saat berada di sini.

Lokasi: Area Pegunungan, Ngrejo, Tanggunggunung, Tulungagung
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 3,000 IDR

11. Mendaki demi pemandangan menawan di puncak Gunung Budheg

Image credit: @imarahman88

Walau terlihat tidak terlalu tinggi, tetapi kamu tidak boleh meremehkan Gunung Budheg. Medannya menantang dengan bebatuan terjal yang membuat suasana pendakian makin seru. Bawalah trekking pole agar pendakianmu lebih aman dan nyaman.

tempat wisata di tulungagung
Image credit: @sigitz_say

Jika kamu mendaki di musim hujan, tentu saja dengan kesulitan yang lebih tinggi, maka Gunung Budheg akan memberikan pemandangan bukit-bukit hijau mempesona di sepanjang jalan. Kamu juga dapat menemukan berbagai hewan seperti ayam hutan, monyet hingga burung hantu. Saat ini Gunung Budheg telah dikelola dengan baik dan jika kamu datang di waktu-waktu tertentu, ada festival kebudayaan yang diselenggarakan. Menarik dan bikin penasaran kan?

Lokasi: Desa Tanggung, Campur Darat, Tulungagung
Jam Buka: Sabtu – Minggu, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

12. Menyusuri Gua Tenggar, gua karst yang cantik

tempat wisata di tulungagung
Image credit: Gua Tenggar

Wisata gua juga dapat kamu lakukan di Tulungagung, salah satunya di Gua Tenggar. Gua karst purba dengan ketinggian hingga lebih dari 50 meter ini akan mempesona matamu dengan stalaktit dan stalagmitnya yang indah. Bahkan ada stalaktit dengan tinggi lebih dari 20 meter dan diberi nama watu jarit. Apabila ingin berkunjung ke Gua Tenggar kamu wajib menghubungi pengelola karena adanya pembatasan jumlah pengunjung untuk menjaga ekosistem gua.

Lokasi: Tenggarejo, Tanggunggunung, Tulungagung
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

13. Minum susu sekaligus menambah wawasan di Kampung Susu Dynasty

Image credit: @rifdamaliap

Kegiatan saat berada di Kampung Susu Dynasty tentunya bukan cuma minum susu. Di sini kamu bisa mengikuti prosesnya mulai dari memerah susu di peternakan hingga cara pengolahan. Pengalaman yang langka karena belum tentu ada di semua tempat wisata dan pastinya akan menambah wawasanmu.

Image credit: @wiwin_novianty

Kampung Susu Dynasty juga mempunyai sudut-sudut foto yang dirancang sedemikian rupa. Selesai menjelajahi peternakan, kamu dapat mengabadikan diri untuk kenang-kenangan dan menambah keren feed media sosialmu. Jangan lupa juga untuk mencicipi produk susunya dan mampir ke kafe untuk mengisi perut sebelum pulang!

Lokasi: Jl. Raya Gondang, Bakalan, Sidem, Tulungagung
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.30 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

14. Ilalang pun terlihat cantik saat kamu berada di Bukit Impian

Image credit: @dewimnrts_

Bukit Impian bisa jadi tempat foto instagrammable bagi kamu yang menyukai latar pemandangan alam. Kontur perbukitannya saja sudah menyenangkan untuk dilihat dan keberadaan ilalang yang lebat justru menambah keindahan Bukit Impian. Di siang hari, dominasi warna coklat, hijau dan birunya langit akan membuatmu tersenyum. Kalau kamu berkemah, maka sajian kelap-kelip lampu kota yang indah pasti menjadikan senyummu semakin lebar.

Lokasi: Area Hutan, Notorejo, Gondang, Tulungagung
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

15. Suka ria bersama keluarga di Nangkula Park

tempat wisata di tulungagung
Image credit: @rizqillahzaen

Nangkula Park merupakan tempat rekreasi favorit di Tulungagung. Dengan harga tiket murah meriah, kamu dapat mencoba aneka wahana yang cocok untuk segala usia. Mulai dari sepeda air, bianglala dan kereta. Kapan lagi naik sepeda air dengan pemandangan sawah?

Image credit: @vikkiilla

Kamu pun dapat berfoto di depan Monumen Keris Jangkung Mangkurat yang merupakan lambang dari Nangkula Park. Selain monumen, taman bunga yang ada di seantero kawasan juga dapat menjadi latar menarik untuk foto-fotomu. Kalau sudah lapar, wisata kuliner lokal di lokasi yang tersedia adalah pilihan yang pas. Rasakan kuliner khas pedesaan yang sederhana namun sedap di lidah!

Lokasi: Rongganan, Kendalbulur, Boyolangu, Tulungagung
Jam Buka:

  • Senin – Jumat pukul 09.00 WIB – 21.00 WIB,
  • Sabtu – Minggu pukul 07.00 WIB – 21.00 WIB

Harga Tiket: Mulai dari 2,000 IDR

16. Semakin menarik setelah dipugar, melihat sejarah di Candi Mirigambar

Image credit: @tofa_bogem

Candi Mirigambar saat ini telah dipugar dan kamu dapat dengan leluasa mengunjunginya. Ukuran candi memang tidak besar namun punya relief yang menarik. Dikelilingi taman dan pepohonan, suasana candi di kala hari cerah tetap akan terasa adem. Relief tokoh Panji yang terpahat di candi menjadi daya tarik utamanya. Jika kamu pencinta sejarah, masukkan candi ini ke dalam bucket list ya!

Lokasi: Mirigambar, Sumbergempol, Tulungagung
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

17. Menonton curahan air yang apik di Air Terjun Alas Kandung

tempat wisata di tulungagung
Image credit: @ezahty_intan

Air Terjun Alas Kandung yang berketinggian sekitar 50 meter ini juga adalah sumber air bagi masyarakat di sekitarnya. Kolamnya cukup dalam karena bisa mencapai delapan meter sehingga kamu perlu berhati-hati kalau ingin bermain air. Bagi kamu yang turun hingga ke depan air terjun, berfoto di jalurnya yang berbatu-batu dapat menjadi kegiatan menarik. Piknik juga menyenangkan namun ingat untuk membawa sampahmu kembali ya! Gardu pandang untuk menatap keindahan air terjun dengan lebih mudah juga sudah tersedia. Fasilitas yang cukup lengkap membuat wisata ke air terjun ini dijamin menyenangkan.

Lokasi: Area Sawah, Tanen, Kec. Rejotangan, Tulungagung
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 6,000 IDR

18. Mengisi perut di bawah langit biru ala Mbalong Kawuk

Image credit: Mbalong Kawuk

Mbalong Kawuk dapat menjadi destinasi pilihan jika kamu ingin berwisata kuliner di Tulungagung. Tempatnya ditata kekinian dengan area lesehan yang menarik. Pastikan kamu datang ketika cuaca cerah untuk menikmati lesehan yang asyik di lapangan rumputnya.

Image credit: Mbalong Kawuk

Memiliki pemandangan sawah, ada pula tempat makan dengan bangku bagi kamu yang tidak ingin lesehan. Nikmati hari dengan meneguk kopi pilihanmu dan makan menu ala angkringan. Ditambah dengan suasana desa yang kental, maka dijamin akan terasa berbeda!

Lokasi: Sumberejo Kulon, Ngunut, Tulungagung
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 23.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

19. Tempat wisata di Tulungagung dengan wahana air dan latar perbukitan di Splash Waterpark

Image credit: @andreaslucivan

Tulungagung juga punya tempat wisata air yaitu Splash Waterpark. Kalau kamu membawa anak-anak, maka si kecil pasti akan senang bermain di sini. Tidak hanya seluncuran raksasa, kamu juga bisa mencoba permainan lain yang ada semisal flying fox dan melihat akuarium. Ada pula bioskop 4 dimensi di Splash Waterpark. Jadi dengan harga tiket yang terjangkau, kamu sudah bisa mencoba banyak hal di dalamnya. Boleh dicoba!

Lokasi: Bendilwungu, Sumbergempol, Tulungagung
Jam Buka:

  • Senin – Jumat pukul 08.00 WIB – 16.30 WIB,
  • Sabtu – Minggu pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB

Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

20. Tempat wisata di Tulungagung dengan rumah hobbit di Dokar Dreamland

tempat wisata di tulungagung
Image credit: @umin30

Tulungagung juga tidak mau ketinggalan dengan Dokar Dreamland yang punya rumah hobbit. Rumah-rumah mungil ini menarik untuk dijadikan latar foto dan ada beberapa rumah yang dapat kamu kunjungi.

Image credit: @elvalistia

Ketika hari libur, Dokar Dreamland ramai oleh pengunjung yang juga menikmati keberadaan air terjun mini di sini. Setelah puas berkeliling, sambangi pujasera yang ada untuk menikmati segelas kopi khas Tulungagung yang terkenal. Di tengah udara sejuk, tentunya rasa kopimu akan semakin mantap.

Lokasi: Jl. Raya Gondang No. 54, Srabah, Karanganom, Tulungagung
Jam Buka: Selasa – Sabtu pukul 11.00 WIB – 21.00 WIB, Minggu dan hari besar pukul 09.00 WIB – 21.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

Baca juga: 8 Wisata Pantai Di Jawa Ini Yang Mengingatkanmu Akan Bali

Banyak pilihan tempat wisata di Tulungagung yang menarik, bukan? Mau wisata alam atau taman bermain sampai wisata selfie semuanya ada. Harga tiketnya pun terjangkau sehingga tidak bikin anggaran membengkak. Bagi tempat yang tidak dikenakan harga tiket masuk, kamu hanya perlu membayar tiket parkir atau biaya sukarela untuk perawatan. Ajak teman dan keluargamu untuk datang dan mengunjungi tempat wisata di Tulungagung, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru