Tempat Wisata Johor Bahru Yang Sangat Menarik Untuk Dikunjungi

Malaysia tidak hanya memiliki Kuala Lumpur untuk dikunjungi, lho! Ada Johor Bahru yang memiliki banyak tempat wisata asyik, yang dijamin akan memberikan keseruan tersendiri dalam perjalanan liburan kamu di Malaysia.

Johor Bahru sendiri merupakan ibukota dari negara bagian Johor. Kota ini juga menjadi kota terbesar kedua di Malaysia setelah Kuala Lumpur. Johor Bahru pun menjadi salah satu wilayah yang sering dikunjungi wisatawan dari Singapura, karena lokasinya yang dekat dengan perbatasan kedua negara.

Bagi yang tertarik liburan di Johor Bahru, banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi. Tidak hanya di akhir pekan, kamu juga bisa menjelajah Johor Bahru selama sepekan dan tetap merasa kurang untuk menikmati keseruan di kota ini. Ingin tahu di mana saja tempat dan destinasi wisata menarik di Johor Bahru yang bisa menjadi rekomendasi kunjungan dan liburan kamu ke Malaysia, lihat daftar di bawah ini!

1. Taman bermain menyenangkan

a. Legoland Malaysia

legoland Malaysia | wisata johor bahru
Image credit: Phalinn Ooi

Destinasi wisata ini menjadi tempat liburan yang pas buat memanjakan si kecil di Johor Bahru. Tidak hanya merangkai lego, kamu juga bisa menikmati keseruan ala taman bermain yang penuh dengan wahana. Selain itu, Legoland Malaysia juga memiliki water park yang asyik. Pilih mana?

b. Sanrio Hello Kitty Town

Hello Kitty City
Image credit: Hotel Jen

Satu lagi tempat wisata bermain untuk anak yang bisa ditemukan di Johor Bahru, Sanrio Hello Kitty Town. Smeua yang identik dengan Hello Kitty bakal bisa ditemukan di sini, mulai dari rumah-rumah pinky, panggung dan pertunjukan yang menarik buat anak-anak hingga aktivitas menarik seperti menghias kue dan masih banyak lainnya.

c. Thomas Town

Image credit: Thomas Town – Puteri Harbour Official Facebook Page

Thomas Town menjadi salah satu taman bermain yang memanjakan semua kategori pengunjung, baik anak-anak maupun dewasa. Banyak wahana seru yang bisa dinaiki, juga permainan menarik dan juga pertunjukan live dengan karakter yang istimewa. Wajib dikunjungi, lho!

d. Angry Birds Theme Park

Image credit: Angry Birds

Tidak jauh dari Legoland Malaysia, kamu bisa menemukan Angry Birds Theme Park, taman bermain yang penuh dengan nuansa Angry Bird. Banyak wahana bermain yang bisa dinaiki, baik oleh anak-anak atau dewasa. Keseruannya juga tidak kalah dengan taman bermain lainnya di Johor Bahru, lho!

e. The Little Big Club

The Little Big Club bisa dikatakan sebagai surga bermain bagi si kecil. Mereka bisa bertemu banyak karakter favorit, berfoto dan bermain bersama, dan banyak lagi yang bisa dilakukan. Lokasi taman bermain ini juga cukup strategis, berada di Puteri Harbour Indoor Family Theme Park yang menjadi jujukan banyak wisatawan, asing maupun lokal.

f. Permas Go Kart Arena

Image credit: Claudio PlanetKart

Jika semua taman bermain di atas kurang menantang, kamu bisa menguji kecepatan dan kesigapan dalam mengendarai go kart di PERMAS Arena. Wahana bermain yang pas untuk memerah adrenalin, kan?

2. Wisata belanja bagi yang doyan cari oleh-oleh di Johor Bahru

a. Little Red Cube

Kawasan ini sangat luas dan memiliki banyak outlet, kafe dan restoran untuk dikunjungi. Tidak hanya itu, Little Red Cube juga menghadirkan pemandangan indah Selat Johor yang menakjubkan. Kamu juga bisa memilih beragam akomodasi jika ingin menginap dekat dengan tempat belanja ini.

b. Johor Premium Outlet

Johor Premium Outlets | wisata johor bahru
Image credit: Johor Premium Outlets Facebook

Ingin mencari produk-produk bermerek, Johor Premium Outlet adalah destinasi yang harus dituju. Kamu bisa mendapatkan jam tangan merek internasional hingga tas atau pernak-pernik cantik untuk memanjakan diri, atau sebagai oleh-oleh. Tapi, jangan kaget dengan harga yang ditawarkan untuk setiap barang di sini, ya!

c. Johor Bahru City Square

Image credit: JB City Square Facebook

Ingin belanja dengan harga miring, Johor Bahru City Square adalah destinasinya. Kamu bisa menemukan gaun, dompet, tas atau produk fesyen lainnya dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Selain itu, di sini juga banyak kafe dan restoran untuk dikunjungi.

d. Pasar Karat

Pasar Karat | wisata johor bahru
Image credit: KHAIRIL FAIZI

Berada di belakang KSL City Mall, pasar malam ini menjadi pusat pedagang kaki lima menjajakan dagangannya dengan harga relatif murah. Barang yang dijual juga variatif, dari aksesoris unik, kerajinan tangan hingga jasa lukis.

3. Pulau-pulau di Johor Bahru untuk destinasi wisata bahari

Pulau Rawa | wisata johor bahru
Image credit: Phalinn Ooi

Banyak pulau kecil di wilayah Johor Bahru. Yang bisa kamu kunjungi antara lain Pulau Rawa, Pulau Besar dan Pulau Sibu. Yang ditawarkan di pulau-pulau ini adalah atmosfer yang tenang, perairan yang jernih dan pemandangan yang sulit terlupakan. Kamu bisa mengunjungi pulau-pulau ini dengan Mersing Jetty. Sesampainya di pulau-pulau tersebut, kamu dibebaskan untuk melakukan banyak kegiatan, dengan catatan tidak merusak ekosistem alami di kawasan ini.

4. Wisata kebun binatang penuh sejarah, Johor Bahru Zoo

Kebun Binatang Johor Bahru | wisata
Image credit: Mohd Fazlin Mohd Effendy Ooi

Kebun binatang ini merupakan kebun binatang tertua di Malaysia. Usianya sudah hampir 100 tahun. Koleksinya juga beragam, dan beberapa di antaranya merupakan spesies yang hampir punah. Johor Bahru Zoo juga terkenal akan kebersihannya, dan mengunjungi tempat wisata ini menjadi hal yang wajib dilakukan.

5. Kuil Kaca Arulmigu Sri Rajakaliamman yang penuh kilauan

Bisa dikatakan kuil ini menjadi kuil paling shiny karena hampir semua barang di kuil ini berlapis kaca. Dibangun pada 1922, kuil ini juga menjadi kuil Hindu tertua di Malaysia dan menjadi salah satu destinasi paling hits di Johor Bahru.

6. Danga Bay, wisata Johor Bahru yang populer

Image credit: Danga Bay Country Garden

Danga Bay menjadi destinasi wisata populer di Johor Bahru yang asyik untuk dikunjungi, terutama di sore hingga malam hari. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini karena banyak destinasi yang bisa dikunjungi, dari mall, kafe dan restoran hingga pemandangan Teluk Danga yang asyik, terutama jelang matahari terbenam.

7. Romantisme kota tua Tan Hiok Nee Heritage Street

Kawasan ini merupakan area Kota Tua di Johor Bahru. Banyak bangunan bernuansa kolonial dengan arsitektur Eropa abad 19. Selain menjadi destinasi yang pas untuk berselfie, Tan Hiok Nee Street juga menjadi tempat wisata kuliner yang asyik di Johor Bahru karena banyak restoran dan kafe yang ada di sini.

8. Firefly Valley Leisure Park yang mengesankan

Firefly Valley Leisure Park | wisata johor bahru
Image credit: Radim Schreiber

Ingin mencari destinasi wisata romantis, kamu bisa datang ke Firefly Valley Leisure Park. Kamu bisa menemukan koloni kunang-kunang yang menerangi hutan di malam hari, hal yang sangat sulit ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Kamu juga bisa mengikuti tur kunang-kunang dengan durasi 40-50 menit menyusuri sungai Johor. Dijamin penuh kesan menyenangkan!

9. Masjid Sultan Abu Bakar yang penuh histori dan perpaduan budaya

Masjid ini menjadi salah satu landmark dan ikon Johor Bahru. Bukan hanya karena nilai sejarah yang dikandung masjid berusia lebih dari satu abad ini, tapi juga karena perpaduan budaya antara arsitektur Malaysia, Arab dan Inggris, yang menghasilkan masjid yang indah. Salah satu masjid tertua di Malaysia ini sampai sekarang masih terlihat indah dan menawan.

10. Jalan Dhoby, destinasi wisata Johor Bahru yang penuh keseruan

Percaya atau tidak, Jalan Dhoby menawarkan banyak keseruan untuk dikunjungi saat wisata ke Johor Bahru. Banyak kafe dan restoran unik dan menarik yang bisa dikunjungi, dan pastinya menawarkan menu makanan yang asyik. Selain itu, ada juga sejumlah outlet yang menjual barang-barang yang unik dan vintage. Jangan sampai melewatkan kesempatan mengunjungi jalan sepanjang kurang lebih 300 meter ini, ya!

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Kuala Lumpur yang Gratis dan Seru

Banyak destinasi wisata menarik di Johor Bahru, kan? Tunggu apa lagi, masukkan Johor Bahru dalam daftar destinasi yang akan kamu kunjungi setelah pandemi berakhir nanti!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru