Tips Jalan-Jalan ke Salzburg, Austria

Artikel ini diterjemahkan dari versi bahasa Inggris ini. Read the English version here.

Selain mengetahui bahwa Salzburg adalah lokasi syuting film musikal The Sound of Music yang sangat ikonik itu, sedikit orang benar-benar mengenal Salzburg. Bahkan sebagai traveller yang berasal dari Asia Tenggara, seringkali kita melupakan Salzburg sebagai destinasi wisata yang patut dikunjungi. Padahal, Salzburg menyimpan banyak keistimewaan seperti gang-gang kecilnya yang cantik, arsitektur bangunan-bangunan masa lampaunya yang mempesona, dan musik klasiknya yang sangat indah. Penasaran? Simak artikel di bawah ini untuk mengenal lebih dalam Kota Salzburg, Austria.

Salzburg adalah Situs Warisan Dunia UNESCO

Salzburg | Image credit: Tourismus Salzburg – Guenter Breitegger

Salzburg memiliki sejarah yang kaya akan seni dan budaya, sehingga bukan hanya kota ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, tetapi juga sebagai kota dengan “nilai luar biasa bagi umat manusia”. Seperti Vienna, Salzburg adalah kota Baroque dengan arsitektur yang akan membuatmu berasa seakan-akan masuk ke dalam dunia fantasi.

Bagi kamu yang menyukai Roma, kamu juga pasti akan menyukai Salzburg. Arsitektur yang bergaya Baroque di kota ini didesain oleh dua arsitek asal Italia yaitu Vincenzo Scamozzi dan Santino Solari, sampai-sampai tempat ini dijuluki “Roma di Utara”, lho! Banyak perumahan dan pertokoan dari zaman Abad Pertengahan juga terlestarikan dengan baik hingga kini.

Salzburg | Image credit: Tourismus Salzburg – Guenter Breitegger

Kota yang terletak persis di pinggiran Pegunungan Alpen ini juga mengambil sumber airnya langsung dari pegunungan tersebut. Jadi kalau di Salzburg, kamu harus coba minum airnya! Bahkan air dari kerannya pun dijamin pasti segar.

Menariknya, pada umumnya sumber air Austria berasal dari Pegunungan Alpen, jadi kamu juga bisa mendapatkan air segar seperti di Salzburg di tempat manapun di Austria. Dijamin rasanya pasti beda deh dengan rasa air yang kita sudah terbiasa banget di Indonesia!

Keliling Kota Salzburg dengan Tur Sound of Music

Taman Mirabell dan Benteng Salzburg | Image credit: Tourismus Salzburg – Guenter Breitegger

Para pecinta film The Sound of Music pasti sudah tahu kalau keluarga von Trapp di film tersebut terinspirasi dari keluarga von Trapp yang sebenarnya, yang tinggal di Salzburg sebelum pindah ke Amerika Serikat. Maka dari itu tentu saja sutradara film The Sound of Music memilih untuk melakukan syuting The Sound of Music di Salzburgnya langsung, dimana lokasi-lokasi syutingnya pun kemudian dijadikan atraksi-atraksi turis Kota Salzburg. Tempat-tempat seperti Hotel Leopoldskron Palace, Taman dan Istana Mirabell, dan air mancur terkenal di Reisdenz Square menarik sekitar 300,000 wisatawan tiap tahunnya, lho.

Walaupun film The Sound of Music sudah dirilis beberapa puluh tahun yang lalu, Salzburg tetap mempertahankan minat para wisatawan dengan mengadakan Tur Sound of Music. Tur yang akan membawamu ke lokasi-lokasi syuting The Sound of Music ini pasti akan membuatmu berasa seakan-akan berada di zaman yang sangat berbeda, terutama saat kamu melihat pemandangan yang luar biasa menakjubkan di taman-taman dan istana-istananya.

Salzburg adalah Kota Mozart

Amadeus Orchestra | Image credit: Stiftung Mozarteum

Selain terkenal sebagai lokasi syuting film The Sound of Music, Salzburg juga terkenal sebagai tempat lahir dan kampung halaman Wolfgang Amadeus Mozart. Mozart lahir di Salzburg pada tahun 1756 di Getreidegasse dan tinggal di Makartplatz. Kini, kedua bangunan bersejarah tersebut telah dijadikan museum dan destinasi wisata, jadi kamu bisa mengunjungi tempat ini untuk melihat seperti apa kehidupan masa lalu penggubah musik yang sangat terkenal ini.

Menariknya, kalaupun kamu bukan seseorang yang tergila-gila dengan Mozart, kamu pasti akhirnya akan membeli oleh-oleh bertema Mozart juga karena kemungkinan besar kamu akan melihat wajah Mozart atau mendengar musiknya di hampir semua oleh-oleh yang dijual di Salzburg! Dan kalau kamu ingin membawa pulang oleh-oleh dari Salzburg, tidak mungkin kan tidak membeli coklat Mozart, mainan lucu bertema Mozart, atau kotak perhiasan Mozart? Bahkan ada juga Kafe Mozart yang menyajikan kue kering yang lezat, lho!

Jelajahi Kotanya dengan Jalan Kaki

Image credit: Tourismus Salzburg – Reinhard Bryan

Salah satu keistimewaan Kota Salzburg adalah jarak antar atraksi-atraksi dan destinasi-destinasi wisata populernya yang relatif dekat. Jalan kaki di kota ini menjadi pengalaman yang harus kamu coba, apalagi karena dengan jalan kaki kamu juga bisa menemukan jalanan-jalanan kecil yang menawarkan aneka restoran dan kafe kecil yang nyaman, serta berbagai toko souvenir yang menjual kerajinan tangan lokal.

Getreidegasse adalah salah satu jalanan tersebut yang benar-benar menambah keistimewaan Kota Salzburg. Banyak bisnis lokal dan pengrajin tradisional yang sukses yang berbasis di tempat ini. Ini sangat jelas dari berbagai toko fashion, toko kulit, toko barang-barang antik, hingga penginapan tradisional, yang membuat Getreidegasse salah satu destinasi favorit wisatawan di Salzburg.

Nikmati Pertunjukan Seni dan Budaya di Festival Tahunan Salzburg

Felsenreitschule | Image credit: Tourismus Salzburg

Kalau kamu pecinta seni dan budaya, kamu wajib kunjungi Festival Salzburg yang diadakan di musim panas pada bulan Juli sampai Agustus. Festival Salzburg yang berlangsung selama beberapa minggu ini mempertunjukan seniman-seniman internasional terbaik dalam bidang opera, teater, dan berbagai genre lainnya.

Setiap tahunnya, sekitar 250,000 wisatawan mengunjungi Salzburg untuk menikmati konser-konser yang diadakan di kota tersebut. Selain Festival Salzburg, Kota Salzburg juga menyelenggarakan sekitar 4,500 acara-acara kebudayaan lainnya, lho! Jadi, kapanpun kamu ke Salzburg, dengan sedikit perencanaan, kamu pasti bisa mendapatkan pengalaman menonton konser di sana.

Gunakan Kartu Salzburg untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalanmu

Bagi traveller yang baru pertama kali ke Eropa, Salzburg adalah salah satu destinasi yang paling mudah untuk dijelajahi. Bukan hanya karena Salzburg pada umumnya cukup aman, tetapi juga karena Kartu Salzburg.

Dengan Kartu Salzburg, wisatawan bisa mendapatkan tiket masuk gratis ke atraksi-atraksi turis yang berbayar, serta akses gratis ke transportasi umum kota ini! Kamu bisa memesan kartu untuk 24, 48, atau 72 jam, dan harganya berkisar antara EUR 12 – 19 atau IDR 200,000 – 320,000 untuk anak-anak dan EUR 25 – 28 atau IDR 423,000 – 473,000 untuk orang dewasa. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Kartu Salzburg, kunjungi situs ini.

Baca juga: 15 Destinasi di Eropa Tengah yang Sering Diremehkan Keindahannya

Penasaran untuk jalan-jalan dan mendapatkan pengalaman Kota Salzburg secara langsung? Langsung pesan saja tiket pesawatmu dan nikmati dunia Sound of Music sekarang!

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs resmi dan halaman Facebook resmi Salzburg Tourism Board.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

  • 5 Surga Belanja Murah di Bangkok, Thailand

    Selamat datang di Kota Bangkok, ibukota negara Thailand yang masih jadi favorit wisatawan asal Indonesia. Banyak orang bilang jika kota ini tidak jauh berbeda dengan ibukota Indonesia, Jakarta. Namun yang menjadi spesial adalah kota ini merupakan salah satu destinasi wisata sejarah dengan kuil-kuilnya yang sangat indah, destinasi kuliner dengan street food-nya yang beraneka ragam, hingga […]

Artikel Terbaru