Toko Roti Di Jakarta Yang Legendaris Dan Membuatmu Bernostalgia

Roti adalah makanan yang sudah dikenal sejak puluhan tahun lalu di Indonesia dan sampai sekarang masih sangat digemari. Buktinya banyak toko roti lokal maupun mancanegara yang menjamur di sejumlah wilayah di Indonesia. Toko roti di Jakarta juga menarik untuk dikunjungi.

Namun di tengah ramainya toko roti kekinian, masih ada toko roti jadul alias jaman dulu yang masih eksis di Jakarta! Kamu bisa menanyakan ke orang tuamu dan dijamin mereka pasti mengenal toko roti ini karena sejak dulu terkenal menyajikan roti dan kue yang terjaga kelezatannya, bahkan hingga saat ini. Kebanyakan toko roti ini masih mempertahankan varian dan citarasa jadul sehingga dapat mengingatkan kamu pada kenangan masa kecil saat memakannya.

Beberapa rekomendasi toko roti di Jakarta yang legendaris ada di TripZilla Indonesia. Ada toko roti yang tidak membuka cabang tetapi ada pula yang meluaskan cabangnya hingga mudah ditemukan di mana-mana. Toko-toko ini pun mempunyai spesialisasinya masing-masing dan produk unggulan, yang tidak boleh dilewatkan karena bisa bikin kamu ingin mengunyah terus. Di bawah ini daftarnya untuk kamu cek, siapa tahu ada yang dekat dengan rumahmu!

1. Maison Weiner Cake Shop

toko roti di jakarta
Image credit: Maison Weiner Cake Shop

Toko roti di Jakarta ini telah berdiri sejak tahun 1936, lho! Terbayang kan betapa jadulnya? Maison Weiner Cake Shop masih bertahan hingga saat ini dan mempertahankan desain bangunannya yang bergaya kolonial.

Roti yang menjadi unggulan adalah sourdough bread yang dalam pembuatannya memakan waktu hingga semalaman karena harus difermentasi. Resep yang digunakan pun tetap menggunakan resep lama yang telah dipakai sejak zaman Belanda sehingga kamu dapat mengecap rasa yang otentik.

Image credit: Maison Weiner Cake Shop

Kamu juga perlu mencoba ontbitjkoek yaitu roti gandum khas Belanda yang ada di sini. Maison Weiner juga menjual rotinya secara online lewat Tokopedia. Kamu bisa memesan bloeder, kerstkranz atau roemhoren untuk diantar ke rumah. Selain otentik, roti-roti yang dijual pun bergizi sehingga nggak akan membuatmu merasa berdosa setelah ngemil, deh!

Alamat: Jl. Kramat II No.2, RT.6/RW.7, Kwitang, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat
Jam Buka: Senin 11.00 -19.00 WIB, Selasa – Sabtu 07.30 – 19.00 WIB
Harga: mulai dari 10,000 IDR

2. Martha Cake Shop

toko roti di jakarta
Image credit: Martha Cake Shop

Dibuka sejak tahun 1976, Martha Cake Shop tetap terkenal dengan ragam bolu jadul. Penampilan bolunya bersahaja tapi sekali mencoba, kamu akan terbayang terus dengan rasanya. Bolu bertekstur lembut dengan krim yang padat dan tidak terlalu manis dapat menjadi teman minum teh sore yang nikmat banget.

Image credit: Martha Cake Shop

Bahan-bahan yang digunakan berkualitas sehingga menghasilkan rasa yang lezat. Martha Cake Shop hanya menjual bolu per loyang dan memiliki beberapa varian yang bisa kamu pilih. Ada bolu mocha nougat, lemon, blueberry dan masih banyak lagi. Selain itu, di sini kamu pun dapat membeli one month cake dan puding yang tentunya tidak kalah sedap.

Alamat: Jl. Jambu No.33, Gondangdia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 300,000 IDR

3. Roti Lauw Bakery

toko roti di jakarta
Image credit: Roti Lauw Bakery

Jika kamu sering melihat tukang roti berkeliling kompleks mengayuh sepeda dengan etalase roti dari kaca, mungkin saja itu salah satu penjual Roti Lauw. Roti yang sekarang dijajakan ke seantero Jakarta ini telah eksis sejak tahun 1940-an dan menjadi primadona karena tahan lama dan mempunyai tekstur agak keras.

Image credit: Roti Lauw Bakery

Roti Lauw mempunyai banyak varian rasa seperti roti isi susu, coklat, coklat keju, abon dan lain-lain. Produknya yang terkenal adalah roti gambang yang mengenyangkan dan roti buaya. Dahulu roti-roti yang dijual dibungkus dengan kertas, berbeda dengan saat ini yang sudah menggunakan bungkus plastik. Harganya ramah di kantong, cocok untuk dijadikan pilihan jajanan saat kamu sedang berhemat.

Alamat: Jl. Srikaya I No.10 – 12, Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat
Jam Buka: Senin – Sabtu, 06.30 WIB – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 6,500 IDR

4. Suisse Bakery

toko roti di jakarta
Image credit: Suisse Bakery

Suisse Bakery ini menawarkan berbagai pilihan roti yang terdengar biasa tapi rasanya yummy. Ada coffee bun, roti jagung, keset coklat, kacang ijo dan banyak lagi. Selain roti, toko roti legendaris di Jakarta ini juga menawarkan kue tar dengan pilihan rasa vanila, coklat dan moka.

Image credit: Suisse Bakery

Produk yang cukup khas adalah roti krenten, yaitu roti berisi buah-buahan kering seperti kismis dan sukade. Mungkin waktu kecil kamu pernah makan roti dari toko ini dan hingga sekarang, Suisse Bakery masih mempertahankan nuansa jadul di tokonya. Kalau kamu belum pernah mencicipinya, kenapa nggak mencoba sekarang?

Alamat: Jl. Hayam Wuruk 114 Blok A No.5-6, RT.10/RW.9, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 19.00 WIB
Harga: Mulai dari 9,000 IDR

5. Sakura Anpan Cake Shop

Image credit: Sakura Anpan

Nama toko roti di Jakarta yang legendaris ini langsung mengingatkan pada pilihan jajanan pasar yang cantik dan menggoda selera. Di sini kamu dapat membeli lemper, risoles sampai kue tar jadul dengan krim mentega. Apa sudah teringat ketika kamu merayakan ulang tahun saat masih kecil?

Image credit: Sakura Anpan

Selain rasanya yang enak, harganya pun relatif terjangkau. Sakura Anpan juga menyediakan jasa pemesanan snack box sehingga bisa jadi alternatif untukmu. Ukuran rotinya besar dengan rasa ala jaman dulu yang sederhana. Jika kamu sudah banyak mencicipi roti dan kue kekinian dengan rasa-rasa yang unik, Sakura Anpan bisa menjadi penyegar untukmu karena menawarkan citarasa khas yang bersahaja.

Alamat: Jl. Haji Agus Salim No. 25 A, Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 7,500 IDR

6. Toko Kue Vivi

Toko Kue Vivi menyediakan puluhan jenis kue dan kamu dapat memesan jajanan pasar dalam tampah di sini. Ada hunkwe pisang, lapis pepe, pastel panggang ragout, rhum ball dan masih banyak lagi termasuk kue-kue berukuran mini. Terdapat tiga pilihan ukuran untuk snack box atau tampah yaitu tampah kecil, tampah besar dan baki kue mini.

Toko kue legendaris di Jakarta ini terkenal di kawasan Barito dan menjadi tujuan orang-orang yang ingin memesan jajanan pasar. Lihatlah pilihan yang ada dan kamu pasti tergoda untuk jajan di sini!

Alamat: Jl. Barito II No.29 A, RT.2/RW.5, Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 06.30 WIB – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 3,500 IDR

7. Lapis Legit Happy

Image credit: Wikimedia

Berdiri sejak tahun 1976, Lapis Legit Happy tetap dicari sampai sekarang terutama saat perayaan Imlek. Harga yang cukup mahal tidak menyurutkan minat banyak orang untuk berbelanja di salah satu toko roti di Jakarta yang melegenda karena rasanya yang lezat.

Beragam varian lapis legit ditawarkan dengan kualitas standar, menengah dan terbaik dalam ukuran 20 x 20 cm. Rasa-rasa seperti lapis prunes, lapis moscovis atau lapis kenari yang otentik dapat membuat kamu ketagihan lho! Selain lapis legit, kamu juga bisa membeli kue-kue lainnya seperti nastar, semprit, kerupuk keju atau bika ambon di sini.

Alamat: Jl. H. Nawi Raya No.18, RT.3/RW.2, Gandaria Selatan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam Buka: Senin – Sabtu 07.30 WIB – 17.00 WIB, Minggu 07.30 WIB – 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 360,000 IDR

8. Okky Bakery

Image credit: Wikimedia

Selain menjual roti dan kue yang otentik sejak 45 tahun lalu, Okky Bakery juga menjual es krim. Penampilan tokonya modern dan nyaman untuk dikunjungi. Terkenal dengan ragoutnya yang perlu dicoba, kamu juga akan menemukan berbagai penganan lain yang tidak kalah menarik. Mulai dari arem-arem, puding kopi, lapis legit, fruit cake hingga aneka jenis kue tar dijual di sini. Kalau kamu penyuka rasa jadul, lidahmu akan cocok dengan rasa yang kamu temukan di bakery ini.

Alamat: Jl. Guntur No.40, RT.8/RW.1, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 7,000 IDR

9. Maison Annalita Cake

Image credit: Wikimedia

Toko jadul ini menjual beraneka jenis kue dan roti termasuk kue pengantin. Mempunyai cabang di daerah Bintaro, kamu juga bisa memesan ice cream tart, tumpeng dan lunch box.

Banyak pilihan jajanan tradisional di sini seperti pisang rebus, singkong rebus, nagasari, kue lumpur dan lainnya. Rasa yang tidak terlalu manis membuat produknya disukai banyak orang. Buka websitenya untuk melihat berbagai pilihan yang tersedia, cocok untuk dijadikan oleh-oleh juga.

Alamat: Jl. Bendungan Hilir Gg. V No.15, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat
Jam Buka: Senin – Sabtu, 06.00 WIB – 18.00 WIB, Minggu 06.00 WIB – 15.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

10. Monami Bakery

toko roti di jakarta
Image credit: Monami Bakery

Monami Bakery mudah dijumpai karena telah membuka banyak cabang di Jakarta. Jajanan tradisionalnya yang nikmat seperti lemper, klepon, semar mendem, ketan bubuk dan masih banyak lagi dapat kamu pesan juga dalam bentuk tampah.

toko roti di jakarta
Image credit: Monami Bakery

Varian roti yang ada juga sama menggodanya seperti roti chicken katsu, lapis plum, roti sosis atau bluder keju. Kalau mendatangi gerainya, matamu akan dihibur dengan pemandangan roti dan kue dengan penampilan yang cantik. Kamu bisa mengecek detilnya di website atau datang langsung untuk berbelanja.

Alamat: Jl. KS Tubun II No. 25, Slipi, Jakarta Barat
Jam Buka: Senin – Sabtu, 08.30 WIB – 17.30 WIB
Harga: Mulai dari 3,500 IDR

Baca juga: Destinasi Wisata Kuliner Di Jakarta Yang Asyik Dengan Banyak Pilihan

Nyam nyam, toko roti di Jakarta yang mana yang jadi destinasi kuliner kamu?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru