Program Visa Kerja Dan Liburan Indonesia-Australia Segera Dibuka Kembali

Kabar gembira buat kamu yang ingin mendapatkan pengalaman bekerja dan liburan di Australia setelah pemerintah Indonesia dan Australia akan segera membuka kembali program visa kerja dan liburan alias Working Holiday Visa.

Dibukanya kembali program visa kerja dan liburan bertujuan mendorong pertukaran budaya sekaligus mempererat hubungan antarwarga Indonesia dan Australia.

Direktorat Jenderal Imigrasi dalam keterangannya di akun Instagram @ditjen_imigrasi mengungkapkan, Indonesia dan Australia saat ini sedang mempersiapkan pembukaan pendaftaran untuk program ini. Namun, tidak disebutkan tanggal pasti kapan pendaftaran bisa dilakukan.

Visa kerja dan liburan, atau Working Holiday Visa (WHV) merupakan visa yang bisa digunakan untuk bekerja dan berlibur suatu negara, dalam hal ini adalah Australia. Mereka yang bisa mendapatkannya adalah pemohon yang berusia antara 18 dan 30 tahun, yang memiliki Surat Rekomendasi Pemerintah Indonesia (SRPI). Pemilik WHV bisa mendapatkan kesempatan tinggal di Australia hingga 12 bulan dengan beragam tujuan, mulai dari bekerja, berlibur dan mendapatkan pendidikan.

Pemerintah menyediakan kuota hingga 1,000 orang, yang akan dipilih secara online dan proses administrasi secara langsung untuk bisa mendapatakan visa kerja dan liburan ini.

Perlu diperhatikan bahwa ada dua jenis tipe WHV Australia, yaitu subclass 462 dan 417. Subclass 462 merupakan tipe WHV yang ditawarkan kepada turis asal Indonesia. Visa istimewa ini berlaku satu tahun dan bisa diperpanjang dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Selama masa setahun tersebut kamu bebas keluar masuk Australia lho! Kamu juga boleh mengikuti kursus ataupun pelatihan di Australia dengan jangka waktu maksimal 4 bulan.

Persyaratan pengajuan pertama kali:

  1. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun
  2. Tidak membawa dan memiliki anak selama tinggal di Australia
  3. Memiliki kemampuan finansial untuk mendukung keperluan hidup di Australia ditunjukkan dengan nilai tabungan setidaknya sekitar 500 AUD (~5,431,650 IDR)
  4. Memiliki kemampuan untuk membeli tiket pulang setelah masa berlaku visa habis
  5. Memenuhi standar kesehatan fisik dan psikis yang telah ditetapkan ditunjukkan dengan surat kesehatan dari rumah sakit yang ditunjuk dan SKCK
  6. Telah menyelesaikan jenjang pendidikan minimal diploma ditunjukkan dengan ijazah dan transkrip nilai
  7. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang ditunjukkan dengan sertifikat kemampuan Bahasa Inggris berupa IELTS, OET, TOEFL iBT, PTA atau CAE dengan skor minimum yang telah ditetapkan di sini
  8. Memiliki surat rekomendasi dari pemerintah yang ditunjukkan dengan surat keterangan dari Direktorat Jenderal Imigrasi

Tata cara pengajuan aplikasi:

  1. Menyiapkan semua dokumen penunjang yang diperlukan. Kamu bisa membuat ceklis daftar lengkap dokumen yang diperlukan di sini
  2. Mengisi formulir pengajuan WHV yang bisa diunduh di sini
  3. Mengajukan seluruh dokumen dan formulir WHV ke Kantor Imigrasi Australia yang ada di Jakarta dan Bali. Alamat lengkapnya bisa kamu cek di sini

Pembayaran:

Biaya aplikasi WHV adalah sebesar 450 AUD (~4,872,353 IDR) dan dibayar saat mengajukan aplikasi ke kantor imigrasi. Visa akan diproses dalam waktu kurang lebih 34 hingga 49 hari kalender.

Tips:

Jangan lupa untuk menerjemahkan seluruh dokumen yang berbahasa Indonesia ya. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah. Selain itu, jujurlah dalam mengisi formulir aplikasi. Jangan pernah berniat buruk untuk mangkir atau menyalahgunakan fungsi dari WHV.

Perlu diperhatikan bahwa pemerintah Australia tidak bertanggung jawab sebagai pemberi kerja, jadi kamu harus aktif sendiri mencari lowongan pekerjaan yang tersedia serta sesuai dengan keinginan dan keahlianmu.

Baca juga: Panduan Working Holiday Visa Untuk WNI di Australia dan Selandia Baru

Nah, siapa di antara kamu yang tertarik mendapatkan visa kerja dan liburan ke Australia ini?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru