Keren Abis! Eksotisnya Wisata Alam Dan Budaya di Kepulauan Mentawai

Kalau pergi ke Sumatera Barat, jangan hanya mampir ke Kota Padang. Tahukah kamu jika Sumatera Barat juga punya destinasi wisata yang indah yaitu Kepulauan Mentawai?

Kepulauan Mentawai terdiri dari empat pulau besar yaitu Pulau Sipora, Pulau Siberut, Pulau Pagai Selatan dan Pulau Pagai Utara beserta ratusan pulau kecil di sekitarnya. Semuanya menyimpan berbagai obyek wisata alam dan budaya yang menarik.

Sudah nggak sabar untuk melakukan island hopping di Mentawai? Cek dulu sejumlah destinasi wisata di Kepulauan Mentawai rekomendasi TripZilla Indonesia untuk dikunjungi di tiap pulaunya!


Cara menuju Kepulauan Mentawai
Untuk menuju ke Kepulauan Mentawai, kamu bisa naik pesawat hingga tiba di Padang. Dari Padang, tersedia alternatif kapal cepat atau kapal ferry menuju ke berbagai pulau di Mentawai dengan kisaran harga mulai dari 95,000 IDR hingga 250,000 IDR. Tentu saja jika menggunakan kapal cepat, kamu akan menghemat banyak waktu di perjalanan meskipun tiketnya lebih mahal.

1. Menyusuri ombak yang kondang di Pantai Mapadegat

wisata kepulauan mentawai
Image credit: @bajak_pagetasabbau

Pantai Mapadegat yang berlokasi di Pulau Sipora ini digemari para peselancar dengan kualitas ombaknya yang mendunia. Jika kamu gemar berselancar, wajib hukumnya untuk mencoba mengarungi ombak telescope yang terkenal di sini!

Image credit: @erviany_tasir

Setelah pada siang hari berlelah-lelah di laut, maka carilah spot yang enak untuk bersantai pada sore hari. Langit senja yang fantastis di Mentawai tidak boleh dilewatkan karena belum tentu akan kamu temukan di tempat lain.

Alamat: Dusun Mapadegat, Desa Tuapejat, Sipora Utara, Kab.  Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

2. Pantai Jati yang cantik dan mudah dijangkau

Image credit: @ardyan_cikal

Ketika sudah berada di Desa Tuapejat, kamu dapat tiba di Pantai Jati ini dalam waktu sekitar 10 menit saja. Setibanya di sini, kamu bisa menikmati sejuknya udara di bawah keteduhan pohon-pohon kelapa dan membeli jajanan untuk mengisi perut. Garis pantai yang indah mengundang banyak orang datang ke sini untuk bersantai dan berenang. Begitu turun dari Dermaga Tuapejat, maka Pantai Jati dapat menjadi destinasi wisata pertama yang menyenangkan untuk membuka petualanganmu di Kepulauan Mentawai.

Alamat: Dusun Jati, Desa Tuapejat, Sipora Utara, Kab.  Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

3. Menikmati aktivitas snorkeling yang nyaman di Pulau Awera

wisata kepulauan mentawai
Image credit: @ayokitakemana_

Pulau Awera adalah tempat yang sesuai untuk kamu yang ingin menyepi sambil menikmati indahnya alam Indonesia. Air lautnya sangat jernih dan kamu dapat memuaskan hobimu snorkeling atau menyelam karena perairannya yang tenang.

Image credit: @imronsatya

Kamu dapat menyewa kapal untuk singgah di pulau ini dan kamu pasti tidak ingin melewatkan peristiwa matahari terbit atau terbenam yang istimewa. Jangan khawatir karena di Pulau Awera ini sudah banyak penginapan agar tidak ada spot cantik yang terlewat olehmu!

Alamat: Desa Tuapejat, Sipora Utara, Kab.  Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

4. Berenang dalam keindahan Air Terjun Pujujurung

wisata kepulauan mentawai
Image credit: @robbysaputra69

Air Terjun Pujujurung ini tidak terlalu tinggi dan bertingkat-tingkat. Berada di balik rimbunnya pepohonan dan semak-semak, airnya yang jernih juga digunakan masyarakat setempat untuk irigasi. Kamu dapat menaiki kendaraan dan disambung dengan berjalan kaki untuk tiba di air terjun. Jangan lupa membawa baju ganti karena udaranya yang segar dan air yang jernih akan mengundangmu untuk berbasah-basahan di sini!

Alamat: Desa Goiso Oinan, Sipora Utara, Kab.  Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

5. Meresapi budaya asli di Kampung Rorogot

Image credit: @mentawai.ecotourism

Salah satu desa wisata yang dapat kamu kunjungi di Kepulauan Mentawai ada di Pulau Siberut, yaitu Kampung Rorogot. Di sini kamu dapat menjumpai suku asli Mentawai yang dipercaya memang berasal dari Pulau Siberut sebelum menyebar ke pulau-pulau lainnya.

wisata kepulauan mentawai
Image credit: @mentawai.ecotourism

Kamu dapat datang sendiri atau memesan paket wisata dari agen perjalanan untuk menginap di desa wisata ini. Rasakan suasana berbeda di dalam rumah adat yang disebut uma dan cicipi kuliner dari sagu yang otentik! Ada pula kesenian tradisional seperti turuk, yaitu tarian tradisional yang dapat kamu lihat di Kampung Rorogot.

Alamat: Desa Rorogot, Kec. Siberut Selatan, Kab.  Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

6. Melihat lebih banyak kebudayaan di Desa Matotonan

Image credit: @findaandrian

Desa wisata lain yang cukup terkenal di Kepulauan Mentawai adalah Desa Matotonan yang masih berada di dalam wilayah Taman Nasional Siberut. Kamu dapat mendengar kisah sejarah mengenai suku asli Mentawai dan melihat berbagai aktivitas mereka seperti berburu dan melakukan pesta adat.

Image credit: Matotonan Desa Wisata

Pesta adat dapat berlangsung hingga tiga hari dan selama pesta, banyak ritual yang dapat kamu saksikan. Jika kamu ingin membawa pulang kenang-kenangan dari Mentawai, kamu pun bisa membuat tato tradisional atau disebut juga titi. Dikerjakan secara manual dan bukan dengan mesin, ragam bentuk yang ditato di tubuh punya makna yang dalam bagi masyarakat Mentawai.

Alamat: Desa Matotonan, Kec. Siberut Selatan, Kab.  Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

7. Mengamati berbagai flora dan fauna yang unik di Taman Nasional Siberut

Image credit: @backpackerjakarta

Jika ingin merasakan penjelajahan hutan yang masih alami dengan ratusan flora dan fauna di dalamnya, kamu wajib berkunjung ke Taman Nasional Siberut. Kenakan alas kaki yang tepat agar kamu bisa berkeliling dengan puas dan nyaman di dalam taman nasional ini! Kamu dapat menemui suku Mentawai yang tinggal di dalam Taman Nasional Siberut dan melihat keseharian mereka.

Image credit: @backpackerjakarta

Terdapat berbagai tumbuhan mulai dari mangrove, palem dan aneka tumbuhan endemik. Fauna endemik seperti celepuk Mentawai, siamang Mentawai dan monyet Mentawai juga tinggal di sini. Kekayaan alam Mentawai yang ada di Taman Nasional Siberut akan membuatmu terpesona dan kamu pun dapat menyewa jasa pemandu wisata agar pengalamanmu lebih menyenangkan!

Alamat: Pulau Siberut, Kab.  Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

8. Berkelana ke Pantai Nyang Nyang yang luar biasa

wisata kepulauan mentawai
Image credit: Kanenori

Pantai yang berlokasi di Pulau Nyang Nyang ini terkenal di mancanegara berkat ombaknya dan disebut sebagai yang terbaik ketiga di dunia. Jadi jangan heran kalau banyak wisatawan mancanegara yang akan kamu jumpai di Pantai Nyang Nyang! Jika ingin mencoba kedahsyatan ombaknya, kamu bisa berkunjung antara bulan Juni hingga Agustus dan tinggi gelombangnya bisa mencapai 4 meter.

Bagaimana kalau kamu bukan peselancar? Keindahan Pantai Nyang Nyang tetap menawan dan kamu bisa menghabiskan waktu dengan berkano atau snorkeling. Di darat pun pantai ini tetap seru karena kamu bisa berjemur dengan pemandangan yang mantap sambil minum air kelapa dan menanti matahari terbenam. Asyik kan?

Alamat: Pulau Nyang Nyang, Pulau Siberut Barat Daya, Kab.  Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

9. Menghabiskan waktu dengan memancing di Pantai Siruso

wisata kepulauan mentawai
Image credit: @onta.apps

Pantai Siruso yang berlokasi di Pulau Siruso ini terkenal sebagai destinasi yang digemari untuk memancing. Laut yang kaya dengan ikan seperti kerapu seperti menggoda para pehobi mancing untuk segera datang. Sambil memancing, mata akan dihibur dengan panorama pantai yang indah khas Mentawai. Kalau berhasil mendapatkan ikan, kamu bisa memanggangnya langsung untuk dinikmati. Pantai ini asyik dikunjungi bersama keluarga dan dijamin rasa ikan segarnya terasa semakin lezat!

Alamat: Desa Taikako, Kec. Sikakap, Kab.  Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

10. Berlama-lama mendengarkan suara alam di Air Terjun Simatobat

wisata kepulauan mentawai
Image credit: @damayantidevidd

Air terjun yang juga disebut dengan Air Terjun Bungo Rayo ini masih sangat alami. Tingginya memang hanya sekitar 15 meter, namun suasana di sekitarnya mampu membuat rileks. Kamu bisa sekedar mencelupkan kaki di air yang sejuk, mencari spot foto yang menarik atau memanjat batu-batuannya yang lebar.

Image credit: @damayantidevidd

Selain suasana yang asri, kesan alami juga diperkuat dengan primata endemik seperti bilou dan bokoi yang masih ada di sini.  Berkeliling kawasan air terjun ini juga jadi aktivitas yang menarik sebab lokasinya dikelilingi pepohonan yang rimbun dan gua.  Bersiap-siap untuk bertemu atau sekedar mendengar suara mereka ya!

Alamat: Desa Bulasat, Kec. Pagai Selatan, Kab.  Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

Baca juga: 23 Destinasi Wisata Di Padang Dan Sekitarnya Yang Akan Membuat Liburanmu Berkesan

Selain menghabiskan waktu wisata, menikmati keindahan alam dan budayanya, kamu pun bisa membeli buah tangan berupa kerajinan lokal dari warga Kepulauan Mentawai. Tidak hanya memberi penghasilan pada masyarakat setempat, namun keunikannya juga akan membuatmu bangga untuk memakainya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru