Berbagai Obyek Wisata Alam di Jalur Pendakian Gunung Rinjani yang Harus Dikunjungi

Tertarik untuk wisata menghabiskan waktu dengan mendaki Gunung Rinjani? Jika iya, bersiaplah untuk terpesona karena gunung tertinggi kedua di Indonesia itu menawarkan pesona alam yang istimewa.

Jalur pendakian Gunung Rinjani saat ini juga telah dibuka kembali. Selain itu, ada dua jalur pendakian baru yang tidak kalah menarik, yaitu jalur Tetebatu dan Torean. Alhasil, semakin banyak alternatif menarik bagi kamu yang ingin mendaki gunung Rinjani, sekaligus menikmati pesona dan pemandangan alam di sekitarnya.

Namun, tidak hanya puncak Gunung Rinjani yang memikat, kamu juga bisa melihat di kaki gunung dan sepanjang jalur pendakian berbagai lokasi wisata yang cantik. Asyiknya, destinasi wisata alam ini dapat kamu kunjungi juga sebelum mendaki atau mengakhiri pendakian dari Gunung Rinjani. Lihat tempat wisata di sekitar Gunung Rinjani yang bisa kamu kunjungi agar perjalanan kamu semakin berkesan!

1. Desa Tetebatu yang sudah terkenal hingga ke mancanegara

wisata gunung rinjani
Image credit: @dinny_fs

Desa Tetebatu yang terletak di Lombok Timur ini sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Tidak mengherankan karena pemandangan sawah yang luar biasa seperti ini memang terlihat seperti dalam mimpi!

Image credit: @retnanifila

Setelah disambut dengan hamparan persawahan, kamu bisa menuju ke Lembah Ulem Ulem untuk melihat Air Terjun Ulem Ulem di dalamnya. Kalau kamu datang di pagi hari dan menjumpai kabut yang menyelimuti lembah ini, maka panorama yang indah akan memanjakan matamu. Selain berjalan-jalan, kamu pun bisa berperahu mengelilingi bendungan atau berkemah di sini.

Image credit: @farisjuliarta

Air Terjun Burung Walet atau disebut juga Air Terjun Sarang Walet terletak di kaki Gunung Rinjani dan mengalirkan air yang dingin. Sesuai namanya, terdapat sarang burung walet di sini. Terdapat tangga yang sudah dibuat warga sekitar sehingga kamu dapat menuruni jalan ke air terjun dan kamu akan berjalan melewati sungai yang diapit tebing. Rasakan suasana yang berbeda dengan kicauan burung walet di sekitarmu!

Image credit: @tetebatuvillage_

Selain itu ada pula Air Terjun Kokok Duren yang tidak kalah eksotisnya. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun keasrian alam di sekitarnya menjadikan tempat ini cantik dan nyaman untuk bersantai. Ajak pasangan atau temanmu untuk mengabadikan diri di sini, dijamin nggak akan menyesal!

Image credit: @tetebatuvillage_

Kemudian tentu kamu wajib mengunjungi hutan kera yang dihuni oleh monyet hitam khas Tetebatu. Hutan yang masih terjaga dan riuh dengan kicauan burung menciptakan nuansa damai yang sulit kamu temukan di tempat lain. Kalau kamu membawa alat bantu seperti teropong, maka pengalamanmu mengamati hutan kera ini akan semakin maksimal.

Alamat: Kec. Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

2. Menyusuri perbukitan yang menarik di Desa Sembalun

wisata gunung rinjani
Image credit: @debucung

Jalur pendakian Sembalun yang dimasuki dari Desa Sembalun merupakan salah satu jalur lama untuk mendaki Gunung Rinjani. Jika ke Desa Sembalun, kamu wajib mengunjungi Bukit Selong. Bukit Selong populer karena menghadirkan panorama sawah yang tidak hanya berwarna hijau dengan latar perbukitan. Wisata ke Bukit Selong akan makin berkesan jika dilakukan saat matahari terbit.

Image credit: @__vhianaa

Tentu saja tidak cukup jika hanya berkunjung ke Bukit Selong. Naiki kendaraan dan susuri jalan yang berkelok hingga kamu tiba di Taman Wisata Pusuk Sembalun. Di sini, saatnya kamu untuk mengagumi pemandangan hijaunya hutan di lereng Gunung Rinjani berpadu dengan tebing yang indah. Hati-hati dengan monyet liar yang banyak berkeliaran di tempat ini ya!

wisata gunung rinjani
Image credit: @madisonndorman

Di lokasi yang tidak jauh, Bukit Pergasingan yang berada di ketinggian sekitar 1700 mdpl sudah menantimu. Pemandangannya mirip dengan Bukit Selong, hanya saja dari ketinggian yang berbeda. Sudah ada tangga yang dibangun untuk memudahkan perjalananmu mendaki Bukit Pergasingan, tapi kamu harus tetap berhati-hati dan mengenakan alas kaki yang nyaman.

wisata gunung rinjani
Image credit: @skinnymonkey

Air Terjun Mangku Sakti juga wajib kamu kunjungi di Sembalun. Keunikannya adalah airnya tidak bening namun berwarna kehijauan karena mengandung sulfur. Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, tetapi lingkungan sekitarnya yang masih dikelilingi pepohonan dan bebatuan besar membuat Air Terjun Mangku Sakti tampak elok dipandang.

Alamat: Kec. Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

3. Mengabadikan spot air terjun hingga savana sebelum mendaki di Timbanuh

Image credit: Joben Eco Park

Pendakian lewat jalur Timbanuh terkenal cukup ekstrim dan tidak ada salahnya kamu melemaskan kaki dulu sebelum mulai mendaki. Saat menuju ke Desa Timbanuh, kamu bisa mampir ke Desa Pesanggrahan dan mengunjungi Joben Eco Park. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan seperti berkemah, outbound dan pendidikan konservasi yang dapat diikuti. Seru sekaligus menambah wawasanmu.

wisata gunung rinjani
Image credit: @rizkytmpati

Jika punya waktu lebih, kamu bisa mengunjungi Telaga Biru yang terletak di Desa Perian. Disebut juga Danau Biru, tempat ini bermula dari sebuah mata air. Warga kemudian membangun bendungan dan dengan perawatan, akhirnya tempat ini dibuka menjadi obyek wisata. Kamu bisa menemukan properti seperti perahu dan rumah kayu agar pengalamanmu menikmati Telaga Biru lebih berkesan.

Image credit: @sarmitc_

Savana Propok yang berlokasi di Jl. Wisata Gn. Rinjani ini memang cukup jauh dari Desa Timbanuh, tetapi sayang untuk dilewatkan. Apalagi jika kamu punya waktu luang, kamu dapat memanfaatkannya untuk berkemah di Savana Propok dan menikmati momen dari matahari terbit hingga terbenam. Kamu hanya perlu mendaki tipis-tipis untuk tiba di savana dengan latar Gunung Rinjani yang megah ini.

wisata gunung rinjani
Image credit: @didukmiru

Desa berikutnya yang dapat kamu kunjungi adalah Desa Jeruk Manis. Di sini terdapat Air Terjun Jeruk Manis dengan ketinggian sekitar 30 meter. Udara yang sejuk karena terletak di lereng Gunung Rinjani, bunga-bunga liar hingga kehadiran satwa seperti kera dan monyet menjadi pelengkap saat bersantai di air terjun ini. Kolamnya pun dangkal sehingga kamu bisa berendam dan di dalamnya terdapat ikan-ikan kecil juga lho!

wisata gunung rinjani
Image credit: @didukmiru

Setelah berkeliling desa-desa lain, kamu bisa menuju ke Desa Timbanuh dan menikmati keindahan Air Terjun Mayung Polak. Di sekitar air terjun banyak tanaman seperti beringin, stroberi, jambu dan anggrek hutan. Memang perlu perjalanan yang cukup menguras tenaga untuk mencapai Air Terjun Mayung Polak tetapi keindahannya akan sebanding dengan jerih payahmu.

Alamat: Kec. Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

4. Menikmati alam yang aduhai di jalur Torean

Image credit: @vhyra_ey

Ketika kamu mendaki lewat jalur Torean, maka kamu akan disuguhi spot-spot sumber air panas yang enak untuk berendam. Selain berbagai pemandian air panas tersebut, kamu pun dapat menikmati Goa Susu dengan stalaktitnya yang mengeluarkan air. Goa Susu ini pun cocok digunakan untuk lokasi berkemah dan kamu bisa menemukan sesajen yang diletakkan oleh warga sekitar di dalamnya.

wisata gunung rinjani
Image credit: @aryaryadi

Salah satu spot kondang lainnya adalah Air Terjun Penimbungan. Tingginya sekitar 100 meter dan kamu bisa mengagumi keindahannya dari kejauhan saat mendaki Gunung Rinjani. Kabut yang terkadang menyelimuti air terjun dan situasinya yang berada di tengah tebing menimbulkan atmosfer eksotis yang sulit dicari tandingannya. Tidak heran kalau banyak pendaki yang meluangkan waktu untuk berhenti dan meresapi momen di Air Terjun Penimbungan ini.

Image credit: @riff_11

Saat melewati Air Terjun, kamu akan melihat Sungai Kokoq Puteq alias Sungai Kokok Putih dari atas. Kamu bisa turun ke sungai ini namun jalurnya terjal sehingga wajib berhati-hati. Airnya mengalir dari Danau Segara Anak dan tampak berwarna putih. Bebatuan alami yang tersebar di sepanjang jalur sungai menambah pesona sekaligus tantangan jika kamu ingin mengabadikan Sungai Kokoq Puteq ini.

wisata gunung rinjani
Image credit: @billydjokosetio

Setelah melalui berbagai situs wisata alam, maka kamu akan menemukan Danau Segara Anak yang berada di kaldera Gunung Rinjani. Danau dengan kedalaman sekitar 230 meter ini lazim digunakan untuk lokasi berkemah yang nyaman. Jika ingin menyantap ikan segar, kamu bisa memancingnya langsung karena banyak ikan nila dan ikan mas di dalam Danau Segara Anak.

Alamat: Kec. Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat

5. Pemandangan menggoda mata ala Desa Senaru

wisata gunung rinjani
Image credit: @lalu.inst

Desa Adat Senaru tidak perlu diragukan keindahannya. Salah satu jalur pendakian yang populer ini menyimpan kekayaan tradisi yang kental. Kamu bisa berkunjung ke Kampung Adat Bayan di mana kamu bisa melihat kehidupan masyarakat adat Wetu Telu. Abadikan juga dirimu bersama dengan rumah adat saat berada di kampung ini.

Image credit: @ditashnty16

Desa Senaru pun menyimpan pesona air terjun yaitu Air Terjun Sendang Gile yang mempunyai dua tingkatan. Aliran air di Air Terjun Sendang Gile ini dianggap berasal dari air di Danau Segara Anak dan membentuk kolam di bawahnya. Kamu bisa mengabadikan air terjun dengan nyaman karena sudah dibangun fasilitas untuk beristirahat. Atau kamu bisa turun juga ke air terjun dan sudah disediakan tangga menuju ke sana.

wisata gunung rinjani
Image credit: @nie.mmmarcello

Jangan puas dengan satu air terjun, karena masih ada Air Terjun Tiu Kelep yang menantimu! Berada di atas Air Terjun Sendang Gile, kamu perlu menempuh jalur yang cukup menantang untuk tiba di Air Terjun Tiu Kelep. Perjalanan berawal dari tangga yang curam hingga menyusuri sungai dan jurang akan kamu lakukan. Penasaran ingin mencoba dan menyaksikan langsung keindahannya?

Alamat: Kec. Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat

6. Desa Aik Berik dengan berbagai air terjun yang menarik

Image credit: @egiepradana

Berketinggian sekitar 30 meter, air yang turun seperti benang-benang yang bergumpal membuat lokasi wisata ini diberi nama Air Terjun Benang Stokel. Terdapat dua titik air yang bisa kamu nikmati sekaligus setelah menuruni anak tangga untuk turun ke lokasi air terjun. Meskipun perlu berjalan kaki, namun tidak perlu khawatir jika ingin bersantai. Sudah banyak warung di pintu masuk air terjun sehingga kamu bisa menyiapkan perbekalan di sini.

wisata gunung rinjani
Image credit: @wndsanjaya

Menakjubkan! Ini yang akan kamu rasakan saat melihat keberadaan Air Terjun Benang Kelambu dari dekat. Letaknya yang tidak jauh dari Air Terjun Benang Stokel membuat lokasi ini seakan jadi bonus bagi kamu yang tidak buru-buru pulang seusai menikmati nyamannya aliran air. Air yang terjun keluar dari celah-celah tebing yang padat dengan tumbuhan menciptakan keindahan yang unik dan tidak ada duanya.

Image credit: @cilukk__

Air Terjun Umar Maya jadi satu lokasi wisata di kawasan Gunung Rinjani yang akan membuat perjalananmu di Desa Aik Berik semakin memuaskan. Air terjun berketinggian sekitar enam meter ini punya kolam air berwarna kehijauan karena mengandung sulfur. Ukuran kolamnya yang cukup besar dengan bebatuan alami membuat pemandangan di air terjun tampak seperti lukisan alam yang sangat indah.

Alamat: Kec. Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

Baca juga:Menikmati Nuansa Tropis Di Gili Yang Ada Di Lombok Untuk Liburan Mengesankan

Banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat hendak mendaki Gunung Rinjani. Namun jangan lupa untuk selalu mempersiapkan diri sebelum datang ke sana dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru