Melihat Dunia Yang Memesona Dalam Dunia Kristal Swarovski — Yang Harus Kamu Lihat Dan Lakukan

Artikel ini diterjemahkan dari versi bahasa Inggris ini. Read the English version here.

Dalam dunia perhiasan, Swarovski memiliki nama tersendiri. Semua orang yang tahu perkara jual beli pernak-pernik dan perhiasan, permata yang berkualitas dan batu-batu berharga pastinya paham betul dengan merek ikonik tersebut, yang catatan sejarahnya sudah berjalan ratusan tahun saat ini.

Warisan pembentukan kristal menjadi kesempurnaan

Dinding Cenetar Crystall | Image credit: Swarovski Kristallwelten

Perusahaan ini berdiri pada tahun 1895. Bila dirunut sejarahnya, dibangunnya Swarovski tidak bisa dilepaskan dari mimpi dari satu orang, Daniel Swarovski, yang merupakan pendiri perusahaan ini. Saat masih anak-anak, Daniel bekerja di pabrik kecil milik ayahnya, di mana kristal ditempa, dibentuk dan dihaluskan dengan tangan.

Kekagumannya pada semua hal yang berhubungan dengan kristal mulai dari sini dan akhirnya membentuk kehidupan Daniel, yang kemudian membikin dia mendedikasikan semuanya pada perusahaan pengolahan kristal miliknya sendiri. Pada tahun 1892, dia sudah berhasil mendapatkan paten untuk mesin pengasahan kristal yang diciptakannya sendiri, dan yang pada akhirnya akan mengubah secara keseluruhan bagaimana memproses kristal menjadi sebuah kesempurnaan.

Pada tahun 1895, merk Swarovski lahir. Bersama dengan rekannya, Armand Kosmann dan saudara ipar Franz Weis, Swarovski membuka toko di Wattens di bagian barat provinsi Tyrol, Austria. Berada dekat dengan Pegunungan Alpen, lokasi ini sangat ideal karena menyediakan sumber daya air yang dibutuhkan dan terisolasi dari kompetitor, yang terus berusaha mencari tahu inovasi terbaru Swarovski. Workshop ini juga berada dekat dengan jalur perdagangan menuju Paris, yang pada saat itu sudah dikenal sebagai kiblatnya dunia fesyen.

Membuat Swarovski seperti sekarang ini

Pada tahun 1913, dengan bantuan putra-putranya, Alfred, Friedrich dan Wilhelm, perusahaan ini sudah memproduksi kristal-kristal berkualitas tinggi melalui cara dan teknologi yang mereka kembangkan sendiri. Pada tahun 1948, Swarovski meningkatkan lagi produksi mereka dengan membuat lensa untuk kepentingan alat optik seperti teropong dan teleskop di bawah Swarovski Optik.

Perkembangan lebih lanjut Swarovski terjadi pada tahun 1976, dengan perkenalan produk baru mereka ‘Silver Crystal’, yang menjadi titik awal ke industri ornamen. Dengan banyak macam design kristal dekoratif yang berbentuk hewan dan yang lain-lainya, Swarovski menangkap hati banyak kolektor di seluruh dunia. Hiasan berbentuk hewan pertama yang diproduksi, yaitu tikus kecil dari kristal, bahkan menjadi bestseller di Olimpiade 1976 di Inssbruck, Austria.

Baca Juga: Welcome to Innsbruck — Austria’s Very Own ‘Capital of the Alps’

Store di Crystal Worlds | Image credit: Swarovski Kristallwelten

Sekarang, Swarovski mungkin menjadi pabrikan pengolahan kristal yang paling populer, dengan sejarah panjang produk-produknya dan pasar yang sudah mereka raih. Keberadaan Swarovski juga tidak hanya dirasakan oleh industri perhiasan, tapi di mana pun karena kualitas yang ditunjukkan dari proses yang brilian, presisi pemotongan kristal dan kualitas terbaik dari kristal itu sendiri.

Swarovski Kristallwelten, tempat di mana semuanya bersinar dan mengagumkan

Selama beberapa dekade, Swarovski telah mengubah industri fesyen dan perhiasan, memperlebar sudut pandangnya. Sekarang, label ini sangat dikenal di seluruh dunia, bahkan dalam bidang arsitektur, desain interior dan seni. Pastinya, Swarovski membawa nilai dan warisan sejarah Austria dalam setiap produknya dan tetap mempertahankan semua nilai tersebut setiap membuka toko baru di luar negeri.

Eksterior Swarovski Crystal Worlds | Image credit: Swarovski Kristallwelten

Pada tahun 1995, Swarovski dengan bangga mempersembahkan Swarovski Kristallwelten atau Swarovski Crystal Worlds di Wattens, Austria kepada publik dalam perayaan 100 tahun berdirinya perusahaan mereka. Museum, pusat pameran dan taman bermain outdoor digabungkan dalam satu tempat untuk menjadi Swarovski Kristallwelten, yang berada di lahan seluas 2,000 meter persegi. Terletak berseberangan dengan Pegunungan Alpen, lokasi menawarkan pemandangan yang menakjubkan, lho! Gabungan antara keajaiban alam dan karya seni yang indah di Swarovski Kristallwelten membikin tempat ini sebagai destinasi yang wajib dikunjungi saat touring ke Austria. Baca lebih lanjut untuk ketahui apa yang menantimu di dunia kristal Swarovski yang luar biasa ini.

Apa yang bisa kamu lihat

1. Butiran Kristal dan labirin yang subur di The Garden

Awan Crystal | Image credit: Swarovski Kristallwelten

Di antara atraksi utama dari Swarovski Kristallwelten adalah The Garden, yang bisa kamu temukan di The Giant dan menjadi rumah dari banyak wahana lainnya. Pada dasarnya, The Garden merupakan taman dengan sejumlah instalasi seni kontemporer dan pameran interaktif untuk semua pengunjung beragam usia. Lahan seluas 7,5 hektar ini memang didedikasikan untuk tamu bisa mendapatkan pengalaman berjalan kaki, tur holistik di tanah lapang Swarovski sebagai brand gaya hidup, sekaligus untuk menunjukkan kemegahan Alpen.

Awan Crystal | Image credit: Swarovski Kristallwelten

Kolaborasi antara seniman Andy Cao dan Xavier Perrot, Crystal Cloud & Mirror Pool terlihat seperti tempat yang ajaib. Dengan lebih dari 800,000 kristal yang dipasang langsung dengan tangan, kamu bisa membayangkan betapa hebatnya instalasi ini akan terlihat. Bayangkan ini, segumpalan awan yang berubah warna dari putih ke abu-abu, yang juga menjadi jauh lebih eye catching dengan lampu warna-warni dan cahaya dari satu juta kristal Swarovski. Di bawahnya, ada kolam kaca yang mengundang penikmatnya untuk melihat lebih dekat, yaitu permukaan dengan kaca hitam yang misterius dan menginspirasi.

Anak-anak juga bisa bersenang-senang di sini dengan wahana bermain Playtower, Playground & Labyrinth di The Garden. Di Playtower, si kecil bisa melakukan beragam aktivitas fisik yang disesuaikan dengan usianya, mulai dari memanjat, berayung dan meluncur dari ketinggian untuk anak-anak usia empat tahun lebih. Tempat ini juga memberikan kesempatan untuk para orang tua berelaksasi, sementara anak-anak bisa bersenang-senang. Untuk yang masih di bawah tiga tahun, mereka masih harus ditemani di Playground dan Labyrinth, yaitu labirin berbentuk tangan yang didesain oleh artis multimedia Andre Heller.

Playground Crystal Worlds | Image credit: Swarovski Kristallwelten

Kompleks Swarovski ini juga terdapat Ekskavasi Romawi yang bisa dinikmati oleh Para pecinta sejarah lho! Pada tahun 2014, proyek rekonstruksi yang dilakukan di tempat ini secara tidak sengaja telah berhasil menemukan reruntuhan peninggalan masa lalu, termasuk di antara itu ada 702 Antonionianus atau koin perak Roma. Setelah hampir terkubur selama 2000 tahun, hasil temuan itu kini sudah bisa dinikmati di museum yang ada.

Hal lain yang bisa kamu lihat di The Garden adalah karya seni dan Arrivals Building, struktur bangunan yang menyambut tamu, dengan banyak batang pohon birch berwarna putih. Keren banget, lho!

2. Sang raksasa dengan kegemarannya pada harta karun dunia

Tempat yang kerap disebut sebagai inti tema dari Swarovski Kristallwelten, The Giant merupakan salah satu hasil karya lain yang luar biasa dari artis multimedia Andre Heller. Sebagai pintu masuk Chambers of Wonder, The Giant akan sangat sulit untuk dilewatkan. Berbentuk kepala besar berwarna hijau, sekaligus menjadi pintu masuk dan objek wisata. Air terjun buatan yang mengalir dari mulutnya membuat ‘Sang Raksasa’ terlihat jauh lebih mengesankan.

Raksasa Swarovski di Crystal Worlds | Image credit: Swarovski Kristallwelten

Heller juga memproduksi semacam backstory buat karya seni kolosal ini: Yaitu pada dahulu kala, seorang raksasa menjelajah dunia dan semua keajaibannya. Setelah mengumpulkan harta yang didapatnya, raksasa tersebut memilih tinggal di Wattens untuk menjaga tempat persembunyian yang dinamainya Chambers of Wonder. Sekarang, yang harus kamu lakukan untuk melihat harta karun raksasa tersebut adalah, mengunjungi langsung Swarovski Kristallwelten!

3. Fantasi berkelas di Chambers of Wonder

Di dalam rumah ‘Sang Raksasa’ terdapat 16 Chambers of Wonder, alias 16 ruang penuh keajaiban, yang didalamnya berisi koleksi benda-benda berharga dari Swarovski. Setiap ruang memiliki tema khusus, yang merangkum visi dan kurasi artis yang menanganinya. Setiap ruang adalah sebuah dunia fantasi yang dibikin menjadi kenyataan oleh Swarovski dan setiap visioner yang mededikasi waktu mereka untuk membuat desain sesuai konsep yang ada, bercampur dengan kreativitas yang tidak ada batas.

Panorama Crystal Dome | Image credit: Swarovski Kristallwelten

Crystal Dome, contohnya, struktur geodesi yang dibuat dari 595 cermin dan delapan “cermin mata-mata”, yang membantu menyimpan harta tersembunyi dari penglihatan. Ruangan ini memberikan sensasi berada di dalam kristal Swarovski bagi para wisatawan.

El Sol | Image credit: Swarovski Kristallwelten

Instalasi seni dari arsitek Meksiko Fernando Romero berjudul El Sol memiliki nuansa yang berbeda. Ruangan berwarna merah ini merupakan bentuk eksplorasi hubungan antara manusia dengan matahari. El Sol sendiri berarti matahari dalam bahasa Spanyol. Ruangan tersebut dibentuk dari 2,880 kristal Swarovski yang dibuat secara khusus.

Untuk mengetahui informasi lebih banyak mengenai Chambers of Wonder, klik di sini

Apa Yang Bisa Dilakukan

1. Berkeliling dan memuaskan diri dengan wahana yang memikat hati

Surga di Crystal Worlds | Image credit: Swarovski Kristallwelten

Salah satu cara terbaik menikmati setiap wahana di Swarovski Kristallwelten adalah dengan berjalan kaki berkeliling sekaligus melihat keindahan yang ada. Pameran yang ditampilkan sangat mengesankan, yang membuat kamu mungkin harus berkeliling dua kali untuk memuaskan hati. Persiapkan juga kamera kamu untuk menangkap setiap momen, ya! Tapi, kamu juga harus memastikan karya seni yang mana saja yang bisa diambil gambarnya.

2. Berbelanja untuk memuaskan hati

Store di Crystal Worlds | Image credit: Swarovski Kristallwelten

Di toko Swarovski Kristallwelten, ada banyak barang selain kristal yang bisa kamu pilih dan dibawa pulang. Selain aksesoris yang dibuat oleh Swarovski, Atelier Swarovski, dan Swarovski Kristallwelten, ada banyak cinderamata unik dan mengkilap buatan kolaborasi desainer seperti Karl Lagerfeld, Versace dan Roberto Cavalli, serta masih banyak lagi lainnya, yang bisa kamu dapatkan.

Dan meski banyak orang mengatakan bahwa berlian adalah teman terbaik perempuan, di Swarovski, para pria juga bisa bersenang-senang loh! Ada banyak koleksi produk untuk pria dari Swarovski Optik. Yang tertarik dengan benda-benda seni, tidak ada salahnya melihat produk yang ditawarkan di Swarovski Kristallwelten untuk dijadikan oleh-oleh.

Tempat ini juga menarik untuk kegiatan window shopping. Tapi, masa sih kamu tidak tertarik mendapatkan cinderamata dari toko souvenir di Swarovski Kristallwelten? Banyak barang lucu, unik dan menarik yang bisa kamu miliki, lho!

3. Menikmati kuliner istimewa di Daniels Kristallwelten

Brunch di Daniels | Image credit: Swarovski Kristallwelten

Setelah seharian menjelajah, dan rasa lapar menyerang, saatnya memanjakan perut kamu di Daniels Kristallwelten, restoran yang berada di Swarovski Kristallwelten. Menu yang ditawarkan cukup variatif, mulai dari menu sarapan, makan siang, makan malam dan sekedar untuk minum. Menunya juga menawarkan pengalaman gastronomi, yang membolehkan kamu memilih kuliner internasional hingga regional hingga sajian musiman.

Jika datang khusus pada hari Kamis, kamu mungkin bisa meluangkan waktu lebih banyak untuk mendengarkan mixing beat dari para DJs Daniels Music Club. Keseruan dimulai pada pukul lima sore, ya!

Tips: Daniels Kristallwelten merupakan restoran yang populer dan terbuka untuk semua orang, bukan hanya untuk wisatawan yang mengunjungi Crystal Worlds. Mungkin kamu harus melakukan reservasi tempat. Klik di sini untuk bisa mengetahui lebih banyak mengenai restoran dan cara mendapatkan tempat. Jika kamu mendapatkan kesempatan menikmati kuliner di Daniels Kristallwelten, silahkan pesan macarons homemade atau cupcakes untuk penutup. Dijamin enak, lho!

4. Bersiaplah untuk kagum dengan beragam festival di sepanjang tahun

Pertunjukan cahaya yang memukau | Image credit: Swarovski Kristallwelten

Di setiap musim di Swarovski Kristallwelten memiliki keajaibannya masing-masing. Mulai Juli hingga akhir Agustus, Swarovski Kristallwelten merayakan cerahnya langit dan musim yang menyenangkan dalam Festival Musim Panas. Saat November, tempat ini berubah menjadi negeri ajaib di musim dingin yang berkilauan dalam persiapan untuk Natal.

Tahun ini, Swarovski Kristallwelten memulai perayaan festival akhir tahun dengan Winter and Christmas Wonderland oleh desainer Belanda Tord Boontje. Dimulai pada 7 November 2018, wisatawan akan melihat makhluk yang luar biasa yang mendapat sorotan cahaya di The Garden. Wisatawan juga akan merasakan perasaan suka cita ketika melihat binatang-binatang favorit yang berpendar di tengah lanskap yang hijau, seakan muncul dari dunia dongeng. Binatang tersebut antara lain rusa yang bercahaya, atau kelinci yang berpijar, jangan sampai melewatkan semua itu, ya! Festival Winter and Christmas Wonderland, yang juga dimeriahkan dengan pohon Natal setinggi 13 meter, akan dibuka untuk umum hingga 13 Januari 2019.

Bersamaan dengan serangkaian acara musim dingin di Swarovski Kristallwelten adalah paviliun musim dingin yang memberikan pengalaman luar biasa kepada wisatawan merasakan musim Natal yang istimewa. Banyak kejutan visual dan akustik yang menunggu di panggung seluas 60 meter persegi, yang akan dibuka hingga akhir Maret 2019.

Acara musim dingin Swarovski Kristallwelten juga akan menghadirkan sejumlah workshop untuk anak-anak seperti “A Pumpkin instead of a Pea” dan “A Truly Silent Night” di akhir Oktober. Yang dewasa juga bisa ikut ambil bagian dalam workshop membuat kristal pada 11 dan 18 November 2018 dan mengikuti tur bertema Advent di Giant’s Garden pada 16 desember 2018.

Para pengunjung juga bisa menyaksikan cahaya di Swarovski Kristallwelten ketika dihidupkan setiap 15 menit saat The Festival of Lights mulai di 19 Januari hingga 18 februari 2019. Atraksi cahaya ini akan memainkan tiga cerita dengan menampilkan efek visual dan cahaya untuk mempercantik atraksi. Ada juga atraksi cahaya berbentuk binatang, termasuk menceritakan kehidupan alam liar dari rusa, tupai, kelinci dan kunang-kunang. Seru kan, ayo nikmati festival yang mempesona ini dengan keluargamu.  

Untuk informasi lebih lanjut, pemesanan dan daftar lengkap dari acara musim dingin di Swarovski Kristallwelten, kamu bisa mengklik di sini.

Bahkan, dalam beberapa dekade terakhir merupakan perjalanan yang luar biasa bagi Swarovski. Swarovski Kristallwelten mengundang kepada siapapun untuk datang dan bergabung untuk menikmati petualangan dan menyaksikan peninggalan secara live.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website resmi Swarovski Kristallwelten dan halaman Facebooknya.


Dipersembahkan oleh Austrian National Tourist Office (ANTO) dan Swarovski Kristallwelten.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru