Onsen di Indonesia? Ini Dia Destinasi Rahasia yang Anti-mainstream!

Ketika kita mendengar kata onsen, yang biasanya terbayang adalah pemandian air panas alami di Jepang, dimana orang orang berendam menikmati air hangat dikelilingi oleh udara dingin. Saking populernya, banyak orang yang berkata bahwa berendam air panas alami merupakan sebuah pengalaman spiritual! Jika kamu ingin merasakannya, tidak perlu jauh jauh pergi ke Jepang, kamu bisa berkunjung ke Ciater, gudangnya onsen di Jawa Barat!

Photo credit: Pascal

Ciater berlokasi di perbatasan Bandung dan Subang, di daerah yang terkenal dingin karena berada di ketinggian sekitar 800 meter dari permukaan laut dan dikelilingi perkebunan diatas gunung. Terletak di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, perjalanan ke Ciater yang mendapatkan air panas langsung dari Gunung Tangkuban Perahu ini tidak sulit untuk ditempuh, karena berlokasi relatif dekat dengan Kota Bandung.

Sebagai daerah wisata, Ciater dan sekitarnya menawarkan banyak kegiatan untuk kamu yang ingin berlibur.

Penasaran? Mari kita simak!

Pemandian Air Panas

Sumber air panas di kawasan wisata Maribaya | Photo credit: Pascal

Sebagai menu utama yang ditawarkan Ciater, air panas alami adalah hal yang membuat nama Ciater dikenal banyak orang. Meskipun banyak orang datang ke Ciater sekedar untuk merasakan nikmatnya berendam di air panas, sebenarnya kandungan mineral yang terdapat didalam air panas Ciater membuatnya berkhasiat untuk mengobati banyak jenis penyakit kulit, juga dipercaya baik untuk terapi, terutama rematik.

Sumber air panas di sekitar kawan Tangkuban Perahu, dijamin panas! | Photo credit: Andrew

Alasan lain yang membuat Ciater begitu populer di antara mereka yang gemar berendam di air panas adalah harganya yang mengakomodasi semua kalangan. Selain tiket masuk lokasi yang dihargai di kisaran 15 hingga 20 ribu rupiah, harga masing masing pemandian bisa disesuaikan dengan budget yang kamu bawa, mulai dari 20 ribu rupiah hingga mendekati 100 ribu rupiah. Bukan hanya harga, tapi jenis kolamnya pun berbeda beda, dimulai dari kolam alami hingga kolam modern bisa kamu temukan disini.

Kolam pemandian Resort Gracia

Bagi mereka yang ingin menginap banyak dari pemandian di Ciater memiliki fasilitas penginapan, bahkan ada pula yang menyediakan bungalow. Jadi jika kamu ingin menghabiskan beberapa hari untuk menjauh dari hiruk pikuk kehidupan kota dan berendam air panas kapanpun kamu mau, Ciater adalah pilihan yang tepat.

Tetap buka walau dini hari | Photo credit: Ikhlasul Amal

Mencari pemandian air panas di Ciater tidaklah sulit karena letaknya yang hanya berjarak beberapa kilometer saja dari Lembang. Kamu akan menemukan banyak sekali pemandian air panas, mulai dari pemandian ekonomis di daerah ‘pusat kota’ Ciater yang berupa kolam air panas dengan warung atau kafe sederhana, hingga resort air panas dengan fasilitas lengkap seperti Gracia atau Sari Ater yang terletak di antara perkebunan teh, berjarak sekitar 15 menit dari pusat Ciater.

Tips: Tidak perlu khawatir kesulitan berendam subuh subuh jika kamu menginap, karena sebagian besar pemandian air panas disini buka 24 jam, terutama untuk mereka yang menginap!

Wisata Kuliner

Setelah puas berendam di air panas, tentu paling nikmat adalah menyantap makanan enak. Sama seperti kawasan wisata onsen di Jepang yang memiliki banyak tempat makan, daerah Ciater juga memiliki banyak tempat bersantap, mulai dari restoran hingga warung lesehan sederhana di pinggir lereng gunung bisa ditemukan disini.

Beragam warung yang akan kamu temui sepanjang perjalanan, siap siap pasang mata karena kamu akan menemukan makanan unik disini! | Photo credit: Ikhlasul Amal

Selain beragam masakan Sunda, menu yang menjadi ciri khas adalah sup dan sate kelinci, jagung dan ketan bakar, dan bermacam minuman untuk menghangatkan tubuh seperti bandrek. Menyantap makanan dan minuman hangat di daerah dingin sudah pasti menjadi kenikmatan tersendiri!

Bemacam tempat bersantap bisa ditemui mulai dari Ciater hingga Lembang. Misalnya saja restoran Cikole yang menyediakan bermacam macam masakan Sunda dengan suasana tempat yang cukup modern. Jika kamu menginginkan makanan yang lebih ringan, sepanjang perjalanan antara Ciater dan Lembang kamu akan menemui puluhan warung yang berjejer di pinggir. Mereka menyediakan beragam snack hangat seperti ketan atau jagung bakar, hingga makanan unik seperti sate kelinci dan sate biawak!

Ingin makanan Sunda dengan suasana lebih klasik? Kamu bisa datangi bermacam restoran dan warung makan Sunda di seputaran kota Lembang, misalnya saja Brebes atau restoran Sunda prasmanan Ampera. Setiap malam minggu, biasanya warung dan restoran restoran di kota Lembang ini dipadati pengunjung, karena itu bersiap siaplah mengantri!.

Tips: Untuk kamu yang cukup berani, beberapa restoran dan warung bahkan mengijinkan pelanggan mereka untuk memilih sendiri kelinci yang akan dimasak!

Kegiatan Outdoor

Photo credit: Domy Kamsyah

Ciater berada di atas gunung, karena itulah berbagai kegiatan alam bisa kamu temukan disini, mulai dari outbound, hiking, berkuda, memancing, bersepeda, camping, hingga trek untuk motocross bisa kamu temukan. Bahkan banyak komunitas hobi yang menjadikan kota ini dan sekitarnya sebagai playground mereka, misalnya saja komunitas trail, komunitas pecinta alam, hingga komunitas airsoft, bukan hal yang aneh jika kamu bertemu mereka ketika kamu berkunjung kesini.

Photo credit: Christopher Berry

Wisata Alam

Kawah Tangkuban Perahu, kawah yang legendaris di masyarakat Sunda, juga sumber air panas semua pemandian di Ciater | Photo credit: Martijn Nijenhuis

Bagi mereka yang sekedar ingin bersantai dan menikmati keindahan alam, tentu harus kesini. Sangat dekat dengan pemandian air panas terdapat kebun teh dan hutan pinus yang sejuk, kamu bahkan tidak perlu memakai kendaraan untuk mendatanginya. Berikutnya adalah Kawasan Wisata Maribaya yang terletak tidak jauh dari Ciater. Lalu, salah satu ikon Jawa Barat, kawah Gunung Tangkuban Perahu yang indah dan memiliki legendanya sendiri.

Pemandangan pagi hari dari Tangkuban Perahu | Photo credit: Tanti Ruwani

Rute

Pemandangan seperti ini yang akan menemanimu dalam perjalanan kesini, bahkan beberapa resort terletak di tengah tengah kebun teh seperti ini

Dengan kendaraan pribadi maupun umum, mencapai Ciater bukanlah hal yang sulit. Tidak perlu khawatir tersesat ketika kamu ingin mengunjungi Ciater, karena hanya ada satu  jalur utama untuk ditempuh, yaitu jalur Bandung – Lembang dengan Ciater hanya berjarak sekitar 15 menit dari Lembang, yaitu ‘kota’ kecil pertama yang kamu temui setelah kamu melewati Lembang. Ketika kamu mulai melihat banyak papan nama bertuliskan pemandian air panas, maka kamu sudah tiba!
Dalam urusan pemandian air panas alami, ternyata Indonesia tidak kalah dengan Jepang, kan?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

  • Curug Hingga Gunung, Tempat Wisata Temanggung Yang Seru Dijelajahi

    Sudah pernah mendengar tentang Temanggung? Sekilas mengenai daerah ini, Temanggung terletak di Jawa Tengah dan terkenal dengan produksi tembakaunya. Tapi tentu tidak hanya itu, Temanggung yang memiliki udara sejuk ini juga asyik untuk dijadikan tempat wisata alam. Kamu dapat menemukan lembah, perbukitan dan gunung yang cantik di sini. Pemandangan ke Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing […]

  • Menjelajahi 20 Destinasi Wisata Sumba Timur Yang Mengagumkan

    Pulau Sumba sudah tidak diragukan lagi menyimpan banyak keindahan alam yang luar biasa. Iklim lokal yang panas dan kering membuat padang savana tumbuh luas bak permadani di sini. Banyak destinasi populer Sumba berlokasi di wilayah Sumba Barat, tapi jangan salah, Sumba Timur juga memiliki banyak destinasi wisata yang tidak kalah menarik lho! Sulitnya mencari sarana […]

Artikel Terbaru