6 Hal Keren Dan Istimewa Yang Ternyata Bisa Kamu Lakukan Di Istana Kekaisaran Austria

Artikel ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini. Read here for the English version.

Fakta: Istana kekaisaran Austria memang sangat luar biasa. Dalam kunjungan kamu ke sana, mengambil satu dua foto saja pastinya tidak akan cukup! Tapi, selain berusaha mendapatkan pose terbaik dan background paling keren untuk selfie kamu, banyak hal lain yang bisa kamu lakukan untuk menikmati keindahan dan kisah hebat di balik struktur bangunan yang istimewa ini. Tidak diragukan lagi, semua hal di bawah ini bukan hanya akan mengejutkan kamu, tapi juga akan mengubah cara pandangmu saat berkunjung sembari menikmati keindahan dan mendapatkan pengalaman baru di dalamnya!

1. Menikah di istana yang sebenarnya

Schloss Hof Estate, kereta kuda | Image credit: SKB – C. Faith

Bukankah sudah menjadi mimpi semua orang untuk bisa menikah di istana yang sebenarnya? Di wilayah pemukiman bertema aristokrat Schloss Hof Estate, kamu bisa mewujudkan mimpi itu! Di bawah kepemilikan sebelumnya, Pangeran Eugene dari Savoy dan Maria Theresa, estate terluas di Austria ini dibangun sebagai tempat untuk mengadakan acara-acara besar, warisan yang terus dipertahankan hingga saat ini. Pasangan yang berencana untuk menikah dengan tema kisah pangeran dan putri di istana, bisa mengucapkan sumpah pernikahan di Palace Banqueting Hall, Orangery, Baroque Stables atau Historic Riding Hall.

Pasar Natal di Schloss Hof Estate| Image credit: SKB – Dieter Nagl

Sepanjang tahun, properti seluas lebih dari 70 hektar ini juga menjadi tuan rumah dari aktivitas lain, seperti workshop musim panas, pertunjukan kuda dan parade layang-layang. Pasar Paskah dan Natal bahkan juga dibuka pada periode tertentu! Terlepas dari semua ajang tersebut, Schloss Hof Estate merupakan rumah dan juga peternakan yang menampung lebih dari 200 hewan, juga sekaligus menjadi pameran interaktif, tempat petualangan yang tepat untuk belajar mengenai kehidupan barok, sekaligus juga memiliki taman bermain air.

2. Menjadi tuan rumah ajang kekaisaran di destinasi paling sering dikunjungi di Austria

Banyak istana di Austria dikenal karena menjadi tuan rumah acara-acara besar, namun tidak ada yang popularitasnya bisa menandingi Istana Schönbrunn. Destinasi yang paling sering dikunjungi di Austria ini merupakan tempat dengan beragam atraksi seperti the Maze, the Labyrinth dan Museum Anak-Anak. Mungkin satu hal yang bisa membuatmu kagum akan istana ini adalah banyaknya jumlah kamar, yang kebanyakan dijaga secara detail, dan kamu juga bisa menyewa beberapa di antaranya untuk acara besar!

Galeri di dalam Istana Schönbrunn | Image credit: Agentur Zolles

Berkat Schloß Schönbrunn Kultur- und Betriebsges.m.b.H (SKB), Istana Schönbrunn sekarang menawarkan lebih banyak tempat yang menarik untuk turis. Seperti Apothecaries’Wing, lokasi ruang serbaguna istana berada, menjadi ruang yang paling sering digunakan untuk menggelar berbagai acara di setiap bulannya. Ruangan ini menawarkan nuansa elegan khas kerajaan, dengan dilengkapi perangkat teknologi kekinian.  Semua ini memberikan tamu inspirasi dan kenyamanan untuk setiap kegiatan bisnis atau pribadi. Pihak penyelenggara dan tamu juga akan mendapatkan akses ke Baroque Orangery Garden dan beberapa taman yang ada di istana ini!

3. Mengunjungi kebun binatang… di istana!

Atau secara teknis, berada di dalam kompleks Istana Schönbrunn. Kebun binatang Schönbrunn, kebun binatang yang dapat penghargaan sebagai kebun binatang terbaik di Eropa secara lima kali, adalah beberapa tempat di dunia yang menjadi rumah dari panda raksasa. Beberapa binatang lain yang bisa kamu lihat di sini adalah beruang kutub, jerapah dan berbagai spesies ikan. Dengan semua hewan dirawat dengan baik dan memiliki fasilitas yang ramah turis, susah untuk dipercaya jika kebun ini merupakan bagian dari Istana Schönbrunn. Faktanya, tempat ini merupakan kebun binatang tertua di dunia!

Panda raksasa saat musim dingin | Image credit: Zoo Vienna – Daniel Zupanc

Selain bisa mengunjungi dan melihat setiap binatang yang ada di sana, kamu juga bisa ambil bagian dalam sesi memberi makan sejumlah hewan, mulai dari Orangutan, gajah Afrika, pinguin Peru dan bahkan cheetah! Tidak usah juga khawatir kelaparan dan kehausan karena selama tur, ada banyak fasilitas makan dan minum di dalam kebun binatang. Semuanya juga menawarkan pemandangan menarik, lho!!

Tips: Dapatkan pengalaman terbaik untuk kunjungan kamu ke Istana Schönbrunn dengan membeli satu atau lebih pass ini. Untuk kunjungan tidak lebih dari satu jam, kamu bisa memilih Imperial Tour (€14.20, sekitar 230,000 IDR) atau Grand Tour (€17.50, sekitar 283,310 IDR). Dengan pass ini, kamu bisa memiliki akses ke kabin, apartemen pribadi dan bahkan salon dari penghuni istana sebelumnya. Dengan Family Pass (€49.90, atau sekitar 808,350 IDR) kamu bisa menjelajah, tidak hanya bagian utama dari istana tapi juga Museum Anak-Anak Schönbrunn dan Istana Hof. Untuk pilihan lebih banyak, kamu bisa mengunjungi halaman ini.

4. Menyaksikan langsung keajaiban kuliner Austria

Dengan sejarah kuliner Austria yang impresif, bahkan mereka yang suka memilih makanan pun harus memberikan pengecualian untuk bisa menikmati banyak sajian yang begitu menggoyang lidah. Atau mengapa tidak sekalian mendaftar ke pameran kuliner. Digagas oleh arsitek Austria Johann Bernhard Fischer von Erlach, Schloss Niederweiden menjadi destinasi ideal untuk pengalaman gastronomik kamu.

Schloss Niederweiden, game kitchen | Image credit: SKB – Dieter Nagl

Di antara fasilitas asli dari kompleks, adalah game kitchen yang memiliki dua kompor terbuka. Ruangan ini diciptakan dengan alasan untuk mengakomodasi sejumlah figur paling berpengaruh Austria untuk ajang memasak. Sekarang, ruangan yang sama terbuka untuk disambangi dan bahkan menjadi venue presentasi kuliner di Schloss Niederweiden. Selain aksi memasak warga lokal, ajang pameran sementara juga memberikan informasi mengenai latar belakang kuliner Austria. Hal ini membuat lokasi ini menjadi lebih menarik, bukan hanya untuk penikmat kuliner biasa, tapi juga bagi pemerhati makanan sekalipun!

5. Menjelajah ke tiga museum dalam satu tempat

Mengapa harus terburu-buru mengunjungi beberapa museum dalam satu hari jika kamu bisa mendatangi tiga museum hanya di satu tempat? Tempat itu adalah Vienna Hofburg, tempat di mana penguasa Habsburg berada selama hampir 700 tahun. Benteng yang luas ini memiliki 2,600 kamar yang tersebar di 18 sayap bangunan. Didalamnya terdapat kamar-kamar yang digunakan oleh anggota keluarga dari penguasa, aula dan juga akomodasi staf. Di dalamnya juga terdapat tiga museum yang menjadi atraksi utama bagi wisatawan. Kamu bisa menjelajah ke semuanya sebagai bagian dari tur kamu di istana ini.

Sisi Museum di dalam Vienna Hofburg | Image credit: SKB – A.E. Koller

Sisi Museum menyimpan aksesori, kosmetik, gaun dan bahkan topeng kematian dari Empress Elisabeth of Austria. Sedangkan di Imperial Apartements kamu bisa bertemu langsung dengan ruang belajar Kaisar Frans Joseph, ruang ganti Sisi dan ruang makan kerajaan. Untuk bisa mendapatkan nilai dan cerita sejarah dari Istana Habsburg, kamu bisa mengunjungi Silver Collection. Di sini, kamu bisa menemukan barang pecah belah yang berkualitas, mulai dari gelas kristal, perangkat makan yang terbuat dari perak, porselen dan banyak hal lain yang terbuat dari perunggu.

Fakta unik: Tahukah kamu ada portal online bernama World of the Habsburgs, yang membolehkan setiap pengunjungnya melakukan tur virtual kehidupan Kekaisaran Habsburg? Dapatkan informasi lebih banyak mengenai kekaisaran terkuat Eropa dengan mengunjungi laman tersebut!

6. Menghidupkan lagi film klasik terkenal

Imperial Furniture Collection adalah salah satu yang terbesar di dunia. Tempat ini menjadi tempat penyimpanan dari beragam karpet, lampu gantung, lukisan, kursi dan bahkan perangkat makan yang sebelumnya bisa dilihat di Istana Schönbrunn dan sejumlah tempat terkenal lainnya. Tapi ada sejumlah tempat lain di mana kamu bisa melihat artefak luar biasa ini, dan kamu tidak harus menjadi raja atau ratu untuk bisa melihatnya.

Imperial Furniture Collection, Sissi the movie| Image credit: BMobV, SKB – Foto Lois Lammerhuber

Jika kamu pecinta film, kamu mungkin bisa mengenali sejumlah barang yang ditampilkan di tempat ini. Ya, beberapa di antaranya digunakan untuk film Austria, terutama film yang diproduksi sekitar tahun 1950-an dan 1970-an, termasuk Sissi yang disutradarai oleh Ernst Marischka. Ini bisa menjadi cara yang unik membangkitkan kembali sejarah perfilman Austria. Juga, sensasinya dijamin jauh lebih mengesankan ketimbang harus melihat film klasik di layar komputer kamu!

Baca juga: 5 Istana Kerajaan di Austria Seperti Dongeng Impianmu 

Austria mungkin lebih populer sebagai Land of Music, tapi hanya menunggu waktu saja sebelum negara ini mendapatkan pengakuan lebih banyak karena struktur bangunan ala kerajaan yang dimilikinya, terutama bagi wisatawan asal Asia Tenggara. Terlepas apakah kamu mengikuti keseruan di Schloss Hof Estate dan Istana Schönbrunn, atau memilih tersesat di koleksi kerajaan yang mewah di Vienna Hofsburg, dijamin kamu akan mendapatkan pengalaman yang istimewa kala mengunjungi istana kekaisaran khas Austria dengan menggunakan enam aktivitas di atas sebagai rekomendasi kegiatan keren kamu di sana!

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi web resmi Austrian National Tourist Office (ANTO) dan laman Facebook-nya.


Dipersembahkan oleh Austrian National Tourist Offfice (ANTO) dan Imperial Austria Palace service Ges.m.b.H.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru