10 Aplikasi Traveling Untuk Mendapatkan Teman Baru Saat Liburan!

Yang sering traveling pasti sudah akrab dengan berbagai aplikasi yang dapat diunduh untuk memudahkan perjalananmu. Namun pernahkah kamu mencoba menggunakan aplikasi untuk mencari teman traveling baru? Ada beragam aplikasi yang tersedia dan bisa membantumu jika hendak bepergian ke tempat baru. Jika kamu hobi melakukan solo traveling, kamu juga dapat menemukan orang-orang dengan minat sama untuk berbagi tips dan trik.

Aplikasi-aplikasi yang telah dikembangkan ini memiliki berbagai fungsi. Namun kegunaan utamanya adalah untuk membentuk lingkaran pertemanan di antara para penggemar wisata. Teman-teman yang kamu dapatkan bisa memberikan informasi mengenai tujuan wisata lokal, tempat untuk menginap dan acara-acara yang diadakan di daerah tujuanmu. TripZilla Indonesia, situs wisata dan budaya, telah menyusun daftar aplikasi yang dapat kamu jadikan referensi. Namun ingat untuk tetap berhati-hati saat menggunakannya, ya!

1. Couchsurfing

aplikasi traveling

Aplikasi traveling ini termasuk yang paling terkenal dan sering digunakan oleh pelancong. Metode yang digunakan di sini adalah membentuk komunitas yang dapat memberikan tempat tinggal dan juga bisa menumpang di antara sesama anggotanya, di seluruh dunia. Jika menginap di tempat sesama anggota, otomatis kamu dapat menghemat biaya sekaligus memperkaya wawasanmu. Kalau ingin menjadi anggota, kamu dapat mendaftarkan diri dan memberikan informasi mengenai diri dan tempat tinggalmu. Syarat utama dari Couchsurfing ini adalah kamu juga harus mau menjadi host, sebutan untuk orang yang memberikan tumpangan bagi anggota lainnya. Selain di mancanegara, sudah banyak komunitas Couchsurfing di Indonesia. Jadi kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini saat hendak berwisata ke luar kota lho!

2. Withlocals

Image credit: blog.withlocals.com

Withlocals akan sangat membantu jika kamu berkunjung ke tempat yang baru karena dapat menunjukkan berbagai aktivitas dan lokasi yang seru. Kamu dapat berkomunikasi dengan warga lokal dan bisa jadi akan menemukan tempat keren yang tidak banyak diketahui orang. Aplikasi traveling ini baik untuk digunakan di Eropa dan Asia, dan pemandu yang kamu temukan di sini dapat menemani kamu selama di perjalanan. Saat menggunakan aplikasi ini, kamu pun dapat mengobrol dengan calon pemandu yang kamu pilih. Selain itu kamu bisa mencantumkan jika ada hal-hal spesifik yang ingin kamu coba. Cocok nih untuk kamu yang nggak mau melewatkan hidden gem di lokasi baru!

3. Klook

Image credit: www.klook.com

Kalau kamu bepergian dan ingin melihat objek wisata dengan pemandu, Klook ini perlu kamu lirik. Lewat Klook, kamu dapat memesan paket panduan wisata sesuai dengan destinasi yang tersedia. Setelah memesan, silakan datang ke objek wisata tersebut di hari dan jam yang telah ditentukan, dan kamu dapat bertemu dengan pelancong lain yang memesan paket yang sama. Klook memberikan pemandu dalam paket wisatanya sehingga kamu nggak hanya jalan-jalan tapi juga menambah wawasan. Selain paket-paket wisata yang menarik, Klook juga memfasilitasi pembelian paket WiFi dan SIM Card, tiket kereta dan hotel. Nah, bisa jadi setelah mengikuti program di Klook, kamu mendapat teman baru yang punya minat sama!

4. Eatwith

Aplikasi traveling unik ini memfokuskan diri pada wisata kuliner yang diistilahkan sebagai social eating. Cocok untuk destinasi mancanegara, Eatwith menjadi perantara untuk kamu sebagai tamu dipertemukan dengan pemandu atau host yang sesuai. Kamu dapat belajar budaya melalui makanan-makanan yang dipilih oleh host lokal, dan kamu berkesempatan menemukan kuliner khas yang unik dan hanya dikenal oleh warga setempat. Selain acara makan-makan, lewat Eatwith kamu juga dapat memilih kelas memasak di negara tujuanmu. Kesempatan mendapat pengalaman otentik mengikuti kelas masak atau berwisata kuliner jangan sampai dilewatkan ya!

5. Meetup

Image credit: www.meetup.com

Meetup adalah aplikasi yang pas bagi kamu yang ingin bertemu orang dengan hobi yang sama untuk melakukan perjalanan bareng. Jika kamu sedang melancong, Meetup akan membantumu terhubung dengan komunitas lokal yang mengadakan acara-acara tertentu. Acara yang diadakan bisa juga dalam bentuk online dan kamu dapat menyimpan acara yang kamu minati dan melihatnya kembali di lain waktu. Kamu pun dapat berpartisipasi dengan membentuk kelompok Meetup sesuai dengan hobi yang dipilih dan membagi foto-fotomu dalam kelompok agar lebih seru.

6. Showaround

Image credit: www.showaround.com

Dalam aplikasi ini, kamu dapat memilih pemandu lokal untuk menemanimu berwisata. Terdapat harga-harga berbeda yang ditetapkan oleh para pemandu namun ada juga yang menawarkan jasa dengan gratis, lho! Kamu bisa melihat pilihan pemandu sesuai dengan kesamaan hobi, pengalaman yang kamu inginkan atau kepribadian sehingga kamu dapat menyusun rencana wisata yang berbeda dari yang lainnya. Kelebihan lainnya dari menggunakan pemandu lokal adalah kamu dapat menghindari pengeluaran yang tidak perlu dan memperoleh sudut pandang yang berbeda. Waktu liburanmu juga tidak terbuang sia-sia karena kamu bisa merancang jadwal perjalanan yang efektif bersama pemandumu.

7. Worldpackers

Image credit: www.worldpackers.com

Lain dari yang lain, aplikasi Worldpackers memungkinkan kamu berwisata sekaligus menjadi sukarelawan. Lewat Worldpackers, kamu dapat memilih pemandu yang akan dapat menyediakan tempat tinggal gratis. Pilih kemampuan apa yang dapat kamu tawarkan sebagai sukarelawan dan kamu akan menjadikan perjalanan wisatamu bermanfaat bagi warga lokal yang kamu bantu! Aplikasi ini akan membuatmu tergabung dalam komunitas sukarelawan dan kamu dapat berbagi pengalaman yang menginspirasi dengan mereka. Bukan tidak mungkin kamu bisa menghasilkan uang juga setelah menjadi sukarelawan, karena terdapat kolom lowongan pekerjaan freelance di sini. Ingin mencoba?

8. Travello

aplikasi traveling

Travello memungkinkan kamu mencari teman untuk berwisata dan memilih paket wisata yang sesuai. Kamu dapat menambahkan rencana perjalananmu di sini dan secara otomatis Travello akan memberitahu pelancong lain yang juga akan berkunjung ke tempat pilihanmu. Dalam Travello, kamu pun bisa menemukan berbagai paket perjalanan yang menarik. Kalau kamu aktif berpartisipasi dengan membagi foto wisatamu, mengajak teman bergabung ke dalam Travello dan mengikuti paket wisata yang ada, kamu bisa mendapatkan reward point. Reward point ini bisa ditukar dengan potongan harga untuk wisatamu berikutnya lho, asyik kan?

9. Travel Buddy

aplikasi traveling

Program ini dibuat oleh anak bangsa yaitu Ricky S. Lasabuda dan dapat kamu akses di sini. Sang pendiri merancang program ini karena melihat banyak orang Indonesia yang ingin berwisata ke luar negeri dan membutuhkan pemandu. Keunikan dari program Travel Buddy, kamu bisa memperoleh pemandu yang berasal dari Indonesia juga namun tinggal di negara tujuanmu. Jadi kamu tidak perlu takut sulit berkomunikasi dengan pemandumu, bahkan kamu bisa belajar bahasa setempat dari mereka. Jadwal yang disediakan pun fleksibel karena kamu dapat mengatur kapan, di mana dan berapa lama kamu ingin dipandu. Selain itu apabila mengetahui seluk beluk daerah yang kamu kunjungi, bisa jadi kamu terhindar dari pengeluaran yang nggak perlu sehingga menghemat uang sakumu!

10. Piknik: Travel Partner & Cheap Homestay

Aplikasi Piknik ini dikembangkan di Indonesia dan menyasar para backpacker dan solo traveler yang ingin mendapat teman baru dari sesama warga Indonesia. Melalui aplikasi Piknik, kamu juga dapat mengobrol dengan teman baru yang kamu temukan untuk merencanakan perjalanan bersama. Selain mendapat teman, kamu juga dibantu untuk mencari penginapan murah. Jika kamu di luar negeri, kamu dapat menemukan penginapan di tempat warga negara Indonesia yang tinggal di sana. Kamu pun dapat leluasa berbagi cerita dan pengalaman. Sesuai untuk kamu yang ingin menghindari kendala bahasa sehingga bisa menikmati wisata dengan maksimal.

Baca juga: 22 Aplikasi Smartphone yang Bermanfaat Untuk Setiap Traveller

Selain menjadi tamu, kamu juga bisa mendaftar untuk menjadi pemandu di aplikasi-aplikasi tersebut. Meskipun sedang #dirumahaja, kamu tidak akan kesepian karena bisa menemui para penggemar traveling secara online. Setelah pandemi berakhir, kamu bisa bersiap-siap untuk memperoleh pengalaman berbeda saat melancong bersama teman barumu!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru