Aturan Baru Bagi Pelaku Jastip Segera Diberlakukan

Yang doyan jalan-jalan ke luar negeri sekaligus memiliki usaha sampingan sebagai pelaku jastip wajib tahu aturan baru yang segera diberlakukan dalam waktu dekat. Pemerintah berencana menurunkan batas pembebasan bea masuk dan pajak impor (de minimalis value).

Rencananya, seperti diungkapkan Ketua Umum Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA), Ignatius Untung, batas pembebasan bea masuk dan pajak impor bakal diturunkan menjadi di bawah 500 USD dari yang sebelumnya 750 USD.

“Kalau (batas de minimis value) itu diberlakukan, maka jadi agak sulit bagi para pelaku jastip (karena mereka akan kena de minimis value),” ujar Untung, seperti dilansir Katadata.co.id.

Image credit: @theplatinumfashionmall

Aturan baru dikeluarkan karena banyaknya praktik curang yang dilakukan oleh para pelaku jastip untuk mengelabui petugas. Modus yang biasa dilakukan untuk oleh pelaku bisnis jatip ini adalah dengan melakukan modus splitting, atau memecah barang belanjaan kepada orang-orang agar tidak melebihi dari pembatasan biaya bea dan tentunya terhindar dari pajak.

Modus curang ini memang kerapkali dilakukan dan berpotensi merugikan negara. Dan kasus tersebut, baru-baru ini dibongkar oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan yang berhasil menyita barang-barang jastip miliki satu rombongan pelaku usaha jastip online yang telah membaginya kepada 14 orang untuk mengelabui para petugas yang dikutip dari Kompas.com.

Nantinya barang-barang hasil sitaan ini harus diproses terlebih dahulu dan biasa diambil jika para pelaku dapat membayar pajak sesuai ketentuan yang berlaku. Jika tidak, maka semua barang tersebut akan disita atau dilelang oleh para petugas.

Kata “jastip” itu sendiri merupakan singkatan dari “jasa titip” yang kini menjadi bisnis yang semakin menjamur yang dilakukan oleh para traveller yang berlibur sambil berbelanja barang titipan orang-orang yang harganya pun sudah dinaikkan agar mendapatkan keuntungan. Mulai dari fashion, makanan, hingga kosmetik merupakan barang yang seringkali dibeli, khususnya di luar negeri, dengan tujuan untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Baca juga: 5 Surga Belanja Murah di Bangkok, Thailand

Bagaimana pendapatmu soal aturan baru mengenai bisnis jastip ini? Semoga dengan aturan baru dan tindakan yang telah dilakukan oleh Bea Cukai mengenai tindakan tersebut dapat menjadi pelajaran bagi pelaku jastip untuk tidak bersikap curang.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru