Australia Segera Menerima Traveler Internasional Dengan Vaksin Sinovac

Kabar gembira bagi pemegang paspor asal Indonesia yang berencana akan bepergian ke Australia. Pemerintah Australia saat ini menyiapkan skema untuk menerima traveler internasional untuk masuk ke wilayahnya, dengan catatan sudah divaksin, termasuk dengan menggunakan vaksin Sinovac dari China.

Rencana tersebut diungkapkan Perdana Menteri Australia Scott Morrison dalam keterangan tertulis, yang diterima sejumlah media pada Sabtu (2/10) lalu.

“Pemerintah kami sedang menetapkan kerangka kerja tentang bagaimana perjalanan internasional akan terlihat di beberapa bulan mendatang,” demikian pernyataan Morrison, seperti dikutip Media Indonesia.

Pemerintah Australia saat ini sedang menyusun rencana untuk mencabut larangan kepada warga negaranya untuk bepergian ke luar negeri, atau menerima kunjungan warga negara asing yang sudah divaksin, mulai November mendatang. Namun demikian, belum ada tanggal pasti kapan pembukaan pintu perbatasan dilakukan.

Salah satu rencana peraturan yang disusun adalah terkait penggunaan vaksin oleh traveler yang datang ke Australia. Isyarat yang muncul, pemerintah Australia hanya akan membolehkan traveler internasional masuk ke wilayahnya dengan catatan sudah divaksin komplet dengan vaksin yang diakui oleh pemerintah Australia atau disetujui oleh Therapeutic Goods Administration (TGA).

Saat ini, empat vaksin Covid-19 yang telah disetujui pemerintah Australia dan terdaftar di TGA adalah Pfizer (Comirnaty), AstraZeneca (Vaxzevria), Moderna (Spikevax) dan vaksin Covid-19 Jannsen. TGA juga telah menerima saran dan akan mempertimbangkan bahwa vaksin Coronavac (Sinovac) dan Covishield (AstraZeneca/Serum institute of India) bisa diakui untuk traveler internasional bisa ke Australia.

“Pengakuan vaksin tersebut mendukung Australia agar bisa memulangkan warga yang telah divaksin dengan vaksin tersebut di luar negeri dan dapat membuka untuk kelompok lain, seperti pelajar internasional yang telah divaksin dengan vaksin-vaksin itu di negara mereka, seperti Indonesia, India, dan China,” kata Morrison.

Baca juga: Australia Berencana Membuka Perbatasan Saat Natal

Bagi yang punya rencana ke luar negeri dan belum divaksin, segera mendaftar untuk bisa mengikuti program vaksinasi Covid-19, karena sudah divaksin menjadi syarat utama untuk bisa traveling sekarang ini. Selain itu, tetap patuhi protokol kesehatan dan persyaratan lainnya, ya!


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru