Bersantap Seperti Keluarga Kerajaan Di Joyful Trains Ini: Kafe & Restoran Keliling Dengan Pemandangan Yang Cantik

Artikel Joyful Trains ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini. Read here for the English version.

Jika kamu traveller yang keranjingan jalan-jalan, ada kemungkinan kamu sudah ke Jepang setidaknya untuk dua alasan, satu untuk menikmati makanan seafood segar dan lezat, dan yang kedua adalah untuk menikmati pemandangan luar biasa akan mekarnya sakura. Ada banyak cara untuk mendapatkan pengalaman tersebut di Negara Matahari Terbit ini, tapi saya baru-baru ini mengetahui Joyful Trains dan merasa mereka menjadi cara paling keren untuk menikmati keseruan di salah satu permata Asia saat ini.

Setelah menaiki kereta mereka di Tohoku (wilayah utara Jepang) beberapa bulan lalu, saya sudah meriset kereta lainnya dan merencanakan perjalanan dengan mereka semuanya!

Baca juga: Nikmati Musim Gugur Bersama Joyful Trains Tohoku: Dari Pikachu, Fasilitas Merendam Kaki, Penjelajahan Alam Dan Banyak Lagi Lainnya!

Bagi yang belum tahu apa itu Joyful Trains, singkat kata kereta api ini adalah kereta api yang bukan hanya membawa orang dari titik A ke titik B, tetapi kereta api ‘menyenangkan’ ini memiliki tema unik yang bervariasi, termasuk di antaranya fitur dan aktifitas yang membuat perjalanan menjadi jauh lebih seru. Kereta ini secara harfiah adalah pengalaman itu sendiri.

Meskipun saya bukanlah kritikus makanan yang ahli di luaran sana, waktu yang saya habiskan di Tohoku Emotion yang mewah menjadi salah satu pengalaman favorit saya, karena saya tahu waktu yang menyenangkan ketika saya melihatnya. Selain Tohoku Emotion, ada dua kereta restoran lagi yang bisa dinaiki, FruiTea Fukushima dan Izu Craile. Penggemar kuliner pastinya akan sangat menantikan kereta ini.

Tips pemula: Tidak seperti Joyful Trains lainnya, tiket masuk ke restoran hanya bisa didapatkan melalui pembelian paket. Bahkan pengguna rail pass harus membeli paket tertentu untuk bisa naik ke kereta ini.

Meski JR EAST PASS (area Tohoku) tidak mencakup restoran Joyful Trains ini, kamu masih bisa memaksimalkan Pass untuk pergi ke stasiun dimana kamu bisa menaiki kereta ini!

Dengan JR EAST PASS (area Tohoku), semua shinkansen, kereta reguler dan ekspres, dan Joyful Trains bisa dinaiki! Kamu bisa naik sepuasnya tanpa batas di seluruh Tohoku dan dari/ke bandara besar. Selain itu, harga tiketnya juga lebih murah dibanding perjalanan pulang pergi menggunakan shinkansen antara Tokyo dan Sendai!

Jelajahi setiap destinasi (dan kereta) sepuasnya sebelum kamu pergi ke tujuan berikutnya, karena Pass hanya membolehkan penggunaan selama lima hari dalam periode 14 hari.

PELAJARI INFORMASI LEBIH LANJUT MENGENAI JR EAST PASS (area Tohoku)

 

Tohoku Emotion: Restoran Bintang Lima

Tohoku Emotion menjadi pengalaman pertama saya menaiki kereta restoran. Sejak dari pre-boarding, kamu akan diposisikan sebagai anggota kerajaan ketika kru kereta yang berpenampilan rapi menggelar karpet merah untuk semua penumpang. Jika kamu pernah ikut pelayaran kelas premium, yang ini mirip dengan hal tersebut, termasuk di dalamnya dengan sambutan hangat para kru.

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Dengan cat putih menyala dan desain bata ala pedesaan, eksterior kereta mungkin terlihat sederhana, tapi jangan tertipu! Di bagian dalam, jendela diposisikan tepat bersebelahan dengan setiap meja, sehingga setiap penumpang mendapatkan pemandangan yang istimewa di mana pun mereka duduk.

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Setelah dibuat merinding karena sambutan karpet merah, saya masuk ke dalam kabin, dan semua terlihat seperti restoran bintang lima. Semuanya berkelas premium, mulai dari meja dan kursi hingga serbetnya. Untungnya, saya mengenakan kaus berkelas!

Meja saya, yang disiapkan untuk makan siang saat saya masuk, merupakan meja untuk dua orang, pas untuk pasangan yang ingin makan siang dengan romantis. Saya dilayani dengan anggur berkilau sebagai awal dan ini baru jam 11 siang, woo!

Dengan layanan yang prima, saya tidak pernah merasa tidak diperhatikan, pelayan mendatangi saya beberapa kali selama perjalanan untuk memastikan semuanya terpenuhi.

Menu makan siang selalu berubah setiap enam bulan, dan apabila kamu melihat foto di atas (makan siang saya), kamu akan bisa melihat kualitas hidangan yang ada untuk penumpang Tohoku Emotion, yang telah disiapkan secara hati-hati oleh para chef di kereta, dengan perhatian khusus terhadap presentasi setiap hidangan. Jika kamu seperti saya, kamu akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengambil foto makanan ketimbang mencicipinya!

Jika kamu menikmati bagaimana para chef menyiapkan makanan, kamu akan senang mengetahui bahwa ada konsep dapur terbuka! Ada juga bar di sebelahnya jika kamu tertarik untuk minum. Saya menghabiskan banyak waktu di sini, menikmati pemandangan melalui panel gelas panjang sembari menikmati sake.

Image credit: East Japan Railway Company

Sepanjang perjalanan, kamu akan mendapatkan pemandangan luar biasa dari pinggiran pantai Jepang atau panorama istimewa daratan. Pastikan dulu di sisi mana kamu akan duduk dan jangan sampai melewatkan warga lokal yang secara sukarela mengibarkan benderanya untuk kamu.

Terlepas di mana kamu akan duduk, kamu juga bisa memutar kursi untuk menghadap sisi yang kamu inginkan, atau kamu bisa berjalan-jalan dan berkeliling di kabin untuk mendapatkan pengalaman seperti yang saya lakukan.

Hal lain yang juga menarik mengenai kereta ini, selain dari makan siang dengan empat menu dalam kereta dari Hachinohe ke Kuji, ada juga makanan penutup prasmanan di dalam kereta saat kembali dari Kuji ke Hachinohe, dengan perjalanan kurang lebih menempuh waktu dua jam, sementara perjalanan pulang sekitar 90 menit. Jangan khawatir jika kamu merasa hanya memiliki sedikit waktu untuk menikmati semua makanan, karena saya merasa tidak demikian!

Sebelum saya mendapatkan menu makanan penutup, saya harus mengungkapkan bahwa saya itu tidak begitu doyan makanan manis. Dengan hal itu diungkapkan, saya senang mengetahui bahwa ada meja prasmanan dengan banyak makanan dari seafood, ham dan keju.

Meski saya mencoba set makanan manis pertama seperti yang ada di foto di atas, saya hanya mencicipi makanan lainnya, termasuk bermacam kue, kue kering, jeli, coklat dan keju!

Saya menikmati makanan enak yang sedap, sementara sebagian besar penumpang lainnya menikmati manisan. Minuman beralkohol bebas didapatkan di sini, tetapi ketersediaannya  tergantung pada berapa banyak yang tersisa sepanjang perjalanan. Untungnya, saya memiliki kesempatan untuk naik pergi-pulang, dan pelayan yang sama membantu menguruskan semua buat saya!

Yang harus diperhatikan

  • Tohoku Emotion biasanya beroperasi pada Jumat, Sabtu, Minggu dan Senin
  • Tiket yang dijual dalam bentuk paket untuk tiket kereta dan makanan:
    • Makan siang: ¥7,900
    • Makan malam prasmanan: ¥4,900
    • Paket pergi pulang: ¥11,900

Informasi ini sesuai per Agustus 2019

Rute: Hachinohe-Kuji di Jalur Hachinohe
Bisa diakses dari: Stasiun Hachinohe Shinkansen
Jadwal dan tanggal operasional

FruiTea Fukushima: Buah Jepang Terbaik

Joyful Trains FruiTea Fukushima
Image credit: East Japan Railway Company

Sebelum kamu malu seperti saya ketika menyebut nama kereta ini untuk pertama kalinya dengan setengah berteriak, FruiTea Fukushima dieja dengan FROO-TEE-AH, bukannya FROO-TEA. Meski saya belum pernah naik kereta ini, saya tidak sabar untuk melakukannya karena saya sebenarnya closet hipster.

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Kereta dengan dua gerbong ini tidak ubahnya merupakan kafe keren yang berada di atas rel dan diperjelas oleh minuman dari buah-buahan dan makanan penutup dari Fukushima, termasuk kopinya yang juga merupakan produksi lokal.

Setiap paket FruiTea termasuk tiket kereta dan satu set teh. Keretanya baru-baru mengubah menunya, pada bulan April tahun ini. Tergantung pada rute yang kamu ambil, inilah yang bisa kamu dapatkan dalam paketnya. Perjalanan dari Koriyama ke Kitakata akan memberikan kamu dua kue buah atau tart yang dibuat dari buah lokal, satu kaleng jus buah, satu cangkir kopi panas dan es teh atau kopi sepuasnya.

Sebaliknya, perjalanan dari Kitakata ke Koriyama, penumpang akan mendapatkan gula-gula yang dibuat dari buah lokal, ditemani dengan jus buah, kopi panas dan es kopi atau es teh sepuasnya.

FruiTea mengusung konsep kafe modern yang bisa kamu temukan di jalanan Melbourne dan Tokyo. Jadi selain minuman berkelas, kamu juga akan menemukan banyak hal untuk diposting di akun Instagram kamu!

Image credit: East Japan Railway Company
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Interior yang hangat mempertahankan merah gelap, hitam dan kayu jati, dan juga ada sofa putih yang mewah, tempat yang tepat untuk menikmati sebuah cuppa sembari melihat pemandang di luar jendela kereta atau memulai percakapan dengan sahabat kamu.

Image credit: East Japan Railway Company
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Kue, kopi dan jus buah diantarkan ke meja kamu oleh pelayan, jadi kamu bisa bersantai di gerbong makan dan dimanja layaknya raja. Kamu juga bisa mengisi sendiri es teh dari gerbong kafe. Dan jika itu belum memuaskan, silahkan berjalan ke konter dan beli cemilan pilihan kamu, seperti kue kering, sorbet buah, selai buah, kue financier, minuman beralkohol dan banyak lagi lainnya!

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Juga tidak mudah bisa mendapatkan kursi di FruiTea karena hanya 34 kursi yang tersedia dan semuanya selalu terjual habis! Jika kamu mendapatkan tiket, kamu akan menyadari mereka berusaha menekan jumlah penumpang karena kamu akan mendapatkan lebih banyak ruang pribadi, sesuatu yang saya (dan traveller) lain bisa hormati.

Rute: Koriyama-Kitakata di jalur Ban’etsu West/Koriyama-Sendai di jalur Tohoku
Bisa diakses dari: Stasiun Koriyama Shinkansen
Jadwal dan tanggal operasional

Izu Craile: Ketika Kamu Membutuhkan Sentuhan Perempuan

Joyful Trains Izu Craile
Image credit: East Japan Railway Company

Inklusivitas dan apresiasi untuk perempuan seharusnya selalu dirayakan. Dalam hal ini, Izu Craile Joyful Trains mendapatkan semua perhatian saya karena penampilan yang elegan dan halus. Eksterior kereta ini di desain ulang dengan sentuhan feminin, sambil menggambarkan pohon sakura, angin laut dan ombak di semenanjung Izu.

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Di dalamnya, warnanya cukup netral, dan kursinya diberikan jarak untuk memberikan ruang lebih di antara traveller, terutama bagi mereka yang pergi berpasangan atau sedang menjadi joshitabi (grup wanita yang bepergian bersama).

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Semua kursinya berada di sisi jendela, baik yang menghadap laut atau lereng gunung, kecuali di wilayah lounge, yang juga berfungsi sebagai ruang acara, memiliki bangku di pinggir jendela dengan pemandangan sisi gunung. Tidak ada bangku yang bisa dipesan di sini, namun bangku-bangku ini bisa digunakan dengan bebas.

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Ada kabin kereta yang digunakan untuk acara dan bersosialisasi. Sepanjang perjalanan, kamu bisa memesan minuman, camilan dan cinderamata, kamu juga tidak bisa melewatkan penampilan live konser jazz.

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Bersenang-senanglah dengan penawaran makanan bergaya Prancis. Dengan menggunakan bahan-bahan lokal Izu, semua makanan dikemas dengan rapi dalam kotak kayu yang dibagi enam bagian, masing-masing berisi satu potongan sekali makan berbeda untuk memenuhi selera makan kamu.

Dan untuk kamu tahu dengan apa yang kamu masukkan ke perutmu, set makan siang ini disajikan di sepanjang rute Odawara-Izukyu Shimoda, sementara untuk perjalanan balik set minum teh akan tersedia. Yang manapun, semuanya akan mendapatkan welcome drink gratis, dengan pilihan segelas anggur atau jus orange, woohoo!

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Jika kamu tidak naik untuk selebrasi atau acara khusus, dan ingin sekadar menikmati perjalanan yang tenang dengan Izu Craile, kamu bisa mendapatkan kursi biasa di gerbong terakhir. Tampilannya mirip dengan kabin shinkansen konvensional, tapi tentunya kamu akan tetap mendapatkan pemandangan yang luar biasa dari tempat dudukmu yang nyaman.

Kamu pastinya akan melihat mengapa perjalanan ke Semenanjung Izu banyak dicari, karena ada lautan biru dan sunset yang istimewa. Saya dibuat merinding hanya dengan memikirkannya, jadi bisa membayangkan apa jadinya jika bisa melihatnya dengan mata kepala sendiri secara langsung.

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Yang harus diperhatikan

  • Izu Craile beroperasi pada Sabtu, Minggu dan hari libur
  • Semua kursi di Izu Craile dipertimbangkan sebagai tempat duduk gerbong hijau. Pemegang Rail Pass harus membayar tarif untuk tempat duduk gerbong hijau (¥1,280)
  • Untuk makanan, kamu harus membeli paket yang terdiri dari tiket kereta dan makanan/minuman di awal
  • Siapapun bisa membeli cemilan di konter dan menikmati semua acara di atas kereta

Rute: Odawara-Izukyu Shimoda di Jalur Tokaido/Ito/Izukyuko
Bisa diakses dari: Stasiun Odawara Shinkansen
Jadwal dan tanggal operasional

Sekarang kamu sudah tahu mengenai Joyful Trains ini, sudah seharusnya sekarang masuk ke dalam bucket list kamu. Jika kebetulan kamu bepergian menggunakan rute ini, tidak ada alasan untuk tidak mencobanya!

Dan ingat, tidak seperti Joyful Trains yang lainnya, bagi yang tipe kereta restoran membutuhkan penumpangnya untuk membeli paket, yang termasuk di dalamnya tiket kereta dan makanan. JR EAST PASS tidak akan memberikanmu izin masuk, dengan pengecualian Izu Craile, yang mungkin tidak mengharuskan melakukan pembelian dengan paket, tapi masih mengharuskan top-up tambahan ¥1,280

JR EAST PASS (area Tohoku) menawarkan PERJALANAN TANPA BATAS di semua JR East Rail Lines di area yang sudah ditentukan, dan juga berlaku untuk Narita Express dari dan ke Bandara Narita, Tokyo Monorail dari dan ke Bandara Haneda dan semua jalur Shinkansen. Dengan JR EAST PASS, kamu juga bisa mendapatkan perjalanan gratis menggunakan Joyful Trains yang unik dan lebih banyak lagi!

Buatlah pemesanan di awal secara gratis hingga satu bulan sebelum keberangkatan, dan kamu bisa mendapatkan pass kamu di Jepang atau melalui agen perjalanan terdaftar di luar negeri.

Sssttt! Pass ini 1000 Yen (~129,000 IDR) lebih murah jika kamu melakukan pembelian melalui agen perjalanan!

Hubungi salah satu agen perjalanan di bawah ini untuk membeli JR EAST PASS (area Tohoku) dan naiki salah satu Joyful Trains ke destinasi kamu!

 

H.I.S Tours & Travel
Tel: 021-5741701
Website

Wendy Tour
Tel: 021-29426820
Website


Dwidaya Tour
Website
Smailing Tour
Website
Golden Rama Tours & Travel
Website
TX Travel
Website
Bayu Buana Travel Services
Website
Antavaya Tour
Website
Wita Tour
Website
Panorama JTB
Website

 


Dipersembahkan oleh JR EAST (East Japan Railway Company).

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru