Nikmati Musim Gugur Bersama Joyful Trains Tohoku: Dari Pikachu, Fasilitas Merendam Kaki, Penjelajahan Alam Dan Banyak Lagi Lainnya!

Artikel ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini. Read here for the English version. Joyful Trains Tohoku

Banyak wisatawan yang gemar terbang ke bagian timur laut Jepang untuk menikmati nuansa warna musim gugur yang megah, mulai dari akhir September hingga akhir November. Ketika saya baru-baru ini diberitahu mengenai hal tersebut, itu bukanlah informasi yang baru buat saya. Tapi ketika saya mengetahui bahwa saya bisa menikmati pemandangan musim gugur terbaik Jepang sembari menumpang Joyful Trains, seketika saya langsung tertarik untuk mencobanya.

Saya sudah merasakan serunya menaiki Joyful Trains di wilayah Nagano dan Niigata, dan karena kabin kereta yang mewah memainkan peran besar dalam petualangan saya di Negeri Matahari Terbit, hanya dengan cara itulah saya tahu berkeliling di Jepang.

Baca juga: Menikmati Joyful Trains Nagano & Niigata: Mulai Dari Mencicipi Sake, Menikmati Pemandangan Laut, Mengunjungi Galeri Seni, Ke Planetarium Dan Banyak Lagi Lainnya!

Bagi yang belum tahu apa itu Joyful Trains, singkat kata kereta api ini adalah kereta api yang bukan hanya membawa orang dari titik A ke titik B, tetapi kereta api ‘menyenangkan’ ini memiliki tema unik yang bervariasi, termasuk di antaranya fitur dan aktifitas yang membuat perjalanan menjadi jauh lebih seru. Kereta ini secara harfiah adalah pengalaman itu sendiri.

Di area Tohoku, saya merasa keretanya jauh lebih keren dibanding dengan yang ada di wilayah Nagano dan Niigata (bukannya memiliki kualitas yang buruk atau sebagainya, melainkan lebih pada kebalikannya), dan apabila kamu melakukan kunjungan ke Jepang saat musim gugur, inilah saran saya bagaimana kamu bisa menikmatinya.

Tip bagi pemula: Semua Joyful Trains ini bisa dinaiki secara GRATIS dengan JR EAST PASS. Pemesanan tempat duduk (juga gratis dengan menggunakan Pass) dibutuhkan untuk boarding, jadi kunjungi website (hingga satu bulan sebelum perjalanan) atau kantor tiket JR East sebelum kamu pergi!

Dengan JR EAST PASS (area Tohoku), semua shinkansen, kereta reguler dan ekspres, dan Joyful Trains bisa dinaiki! Kamu bisa naik sepuasnya tanpa batas di seluruh Tohoku dan dari/ke bandara besar. Selain itu, harga tiketnya juga lebih murah dibanding perjalanan pulang pergi menggunakan shinkansen antara Tokyo dan Sendai!

Jelajahi setiap destinasi (dan kereta) sepuasnya sebelum kamu pergi ke tujuan berikutnya, karena Pass hanya membolehkan penggunaan selama lima hari dalam periode 14 hari.

PELAJARI INFORMASI LEBIH LANJUT MENGENAI JR EAST PASS (AREA TOHOKU)

 

POKÉMON with YOU: Harus tangkap yang ini!

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Tanpa banyak berpikir, kamu pasti sudah tahu kereta apa ini. Seluruh kabin ganda kereta ini memiliki tema Pokemon –  terutama dalam hal warna dan motif Pikachu yang disukai.

Meski saya lebih memilih melihat variasi karakter dari dunia Pokemon pada bagian tengah kereta (ini menjadi daya tariknya sebelum di-makeover pada 2017), kamu akan mendapatkan boneka, ikat kepala berbentuk telinga, topi kondektur dan aksesoris Pikachu lainnya untuk dimainkan dan dijadikan aksesoris selfie, yang pastinya asyik banget!

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Salah satu kabin dijadikan sebagai area bermain. Selain bermain dengan boneka dan berfoto, anak-anak (dan juga orang dewasa) bisa mendapatkan kesempatan menjadi kapten untuk beberapa menit di konsol Pikachu. Selain itu, ada juga camilan eksklusif Pikachu dan bento, yang selalu terjual habis dalam hitungan menit. Kolektor selalu menjadikan semua itu menjadi buruan utama, lho!

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Untuk memastikan kamu mendapatkan pengalaman menyenangkan di rute Joyful Trains Tohoku ini, kamu harus mem-booking tempat duduk beberapa hari sebelum keberangkatan, karena hanya ada 46 tempat duduk di kereta ini (semua kursi pemesanan!) dan kereta hanya beroperasi pada akhir pekan dan saat liburan.

Bagaimana menikmati musim gugur dengan salah satu kereta ini

Jika kamu salah satu yang beruntung mendapatkan kesempatan menaiki kereta POKÉMON with YOU, pastikan kamu menyempatkan diri mengunjungi Geibikei Gorge, destinasi wajib kunjung di stasiun Geibikei.

Ada pengayuh sampan yang menunggu dan akan membawa kamu menikmati ngarai yang monumental, di mana kamu akan mendapatkan kursi utama untuk melihat tebing yang luar biasa, air terjun dan formasi bebatuan. Seluruh perjalan membutuhkan waktu 90 menit, jadi kamu memiliki waktu yang cukup mengabadikan momen di tempat ini.

Image credit: Geibi Kanko Center

Bagi yang suka percaya takhayul, sedikit meluangkan waktu untuk ambil bagian dalam permainan, di mana kamu bisa membeli batu keberuntungan untuk mencoba melemparnya ke lubang kecil di salah satu tebing di sini — lokasinya sekitar setengah perjalanan melalui jurang di sana. Legenda mengatakan, jika bisa memasukkan batu tepat ke lubang tersebut, nasib baik akan memayungi kamu.

Dan jika itu belum cukup, pengayuh kapal akan membuat kamu merinding dengan nyanyian lagu daerah setempat saat kembali ke stasiun kereta.

Rute: Ichinoseki ↔ Kesennuma melalui jalur Ofunato 
Bisa diakses dari: Stasiun Ichinoseki Shinkansen
Jadwal dan tanggal operasional

Resort Shirakami: Perjalanan bagi pecinta alam

Ada tiga versi berbeda dari kereta Resort Shirakami, semuanya mempunyai desain yang berbeda dan dinamai sesuai dengan nuansa alami di area tersebut: Buna (pohon beech), Aoike (kolam biru) dan Kumagera (burung pelatuk hitam). Apapun pilihan kamu, ketiganya memiliki kesamaan, yaitu kamu akan mendapatkan pemandangan yang indah dari lautan karena kereta ini mengikuti jalur Gono.

Karena suka dengan semua hal yang berbau laut, saya memilih kereta Buna dan Aoike. Pemandangannya luar biasa. Lapangnya ruang untuk kaki dengan tempat duduk kotak kompartemen dan jendela yang besar memastikan pengalaman yang luar biasa buat saya. Ada juga kolam biru yang jernih yang sangat saya nikmati dalam penjelajahan – lebih lanjut tentang tempat ini di bawah.

Selain tempat duduk yang nyaman dan pemandangan yang mencengangkan, saya juga terhibur dengan penampilan storytelling dan shamisen (instrumen tradisional Jepang). Di hari yang berbeda, penumpang bisa menikmati pertunjukan boneka, tapi saya melewatkannya karena saya terlalu nyaman di tempat duduk saya. Mungkin hal terbaik mengenai kereta Resort Shirakami adalah kemudahan melakukan pemesanan karena kereta ini berjalan setiap hari! Joyful Trains Tohoku

Selama melakukan perjalanan dengan kereta Resort Shirakami, ada sejumlah pemberhentian di stasiun Noshiro dan Senjojiki. Tempat ini menjadi rumah dari Noshiro Technical High School, yang memenangi Kejuaraan Nasional Basket lebih dari 50 kali di masa silam dan menjadi inspirasi dari seri manga populer Slam Dunk. Di sini kamu bisa mencoba keakuratan lemparan kamu untuk bisa memenangi souvenir spesial seperti pernak-pernik koleksi atau kartu pos, hanya bila kamu bisa mencetak poin! Joyful Trains Tohoku

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Di Stasiun Senjojiki, saya mendapatkan 15 menit terbaik dalam hidup saya ketika berjalan menuju laut dengan tiupan udara sejuk menerpa wajah saya. Garis pantai yang panjang sukses mencuri perhatian dan saya menikmati berjalannya waktu dengan melihat ombak menghantam karang. Momen yang mengesankan ini membuat saya melewatkan cumi-cumi bakar yang enak, yang dijual di toko yang ada di sebelah stasiun, jadi jangan sampai membuat kesalahan seperti saya, ya!

Bagaimana menikmati musim gugur dengan kereta ini

Ketika menaiki kereta Resort Shirakami, kamu akan melewati prefektur Akita dan Aomori, wilayah yang memiliki banyak situs Warisan Budaya Dunia UNESCO. Dari situ saja, banyak cara untuk menikmati musim gugur di area ini.

Yang pertama, saya merekomendasikan Aoike yang biru dan indah, dan hutan beech dekat stasiun Juniko – tempat yang saya sebutkan tadi.  Ketika sampai di sini, saya merasakan ketenangan dan kedamaian. Dengan tidak ada bangunan terlihat, saya seakan tersesat di antara tumbuhan hijau dan dibuat kagum oleh beningnya air di kolam. Jika kamu datang di musim gugur, daun dari pohon beech berubah warna menjadi kuning menyala!

Image credit: Aomori Prefecture

Spot lain di musim gugur yang menarik untuk dilihat di Akita dan Aomori adalah Oirase Keiryu Stream dan Lake Towada, di mana kamu bisa menyusuri jalan dengan pemandangan yang indah di rute aliran sungai dan bisa melihat langsung air terjun dan hutan yang masih perawan. Juga jangan melewatkan mengunjungi Kakunodate Samurai Residences, tempat di mana kamu bisa melakukan tur mengunjungi rumah samurai dan menikmati pohon sakura yang berubah menjadi jingga-merah cerah di musim gugur. Joyful Trains Tohoku

Image credit: Akita Prefecture

Dan apabila kamu memiliki waktu luang yang banyak, kunjungi Koganezaki Furofushi Onsen yang menghadap ke laut, yang mana kamu akan mendapatkan panorama fantastis. Saya jamin kamu tidak akan menyesal!

Rute: Akita ↔ Aomori melalui jalur Gono 
Bisa diakses dari: Stasiun Akita Shinkansen atau Stasiun Shin-Aomori Shinkansen
Jadwal dan tanggal operasional

Toreiyu Tsubasa: Memanjakan kakimu

Jika kamu seperti saya dan tidak memiliki banyak waktu menikmati onsen, pesan perjalanan menggunakan Toreiyu Tsubasa, shinkansen yang memiliki fasilitas merendam kaki. Dengan hanya membayar ¥380 (~50,000 IDR), saya mendapatkan relaksasi selama 15 menit untuk kaki saya, tentunya dengan pemandangan yang menawan hati. Saya juga mendapatkan handuk dan tas Toreiyu Tsubasa juga, lho! Sebelum masuk ke baskom, pastikan kamu mengenakan celana pendek, atau celana yang bisa digulung dengan mudah. Jangan seperti saya, yang mengenakan celana terlalu ketat untuk ditarik dan akhirnya basah!

Setelah memasukkan kaki kamu ke dalam air, nikmati sake Yamagata, wine dan jus yang tersedia di bar. Karpet hitam dan kursi merah cerah memberikan kereta ini sensasi premium, dan dengan minuman di tangan, tempat duduk lesehan dengan tikar tatami memberikan kesan menarik tambahan untuk perjalanan yang tidak bisa dilupakan. Joyful Trains Tohoku

Bagaimana menikmati musim gugur dengan kereta ini

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Jika pemandangan persawahan yang menguning dari Toreiyu Tsubasa tidak memuaskan kamu, sempatkan waktu mengunjungi Yamadera, kuil yang luar biasa di pegunungan antara Yamagata dan Sendai.

Image credit: JNTO

Untuk sampai ke puncak, kamu harus mendaki 1,000 anak tangga. Jika mampu melakukannya, kamu akan dihadiahi pemandangan lembah yang istimewa dari ketinggian. Kamu harus melihatnya sendiri untuk bisa mempercayai keindahannya.

Rute: Fukushima ↔ Shinjo melalui jalur Yamagata Shinkansen 
Bisa diakses dari: Stasiun Fukushima Shinkansen, Stasiun Yamagata Shinkansen
Jadwal dan tanggal operasional

Resort Minori: Vitamin untuk mata

Image credit: East Japan Railway Company

Meski eksterior dari kereta Resort Minori terbilang biasa saja, saya dibuat terpesona dengan pemandangan yang ditawarkan sepanjang perjalanan. Jalurnya banyak melalui persawahan, tapi satu jalur yang melewati jurang Naruko yang paling menyita perhatian, terutama saat musim gugur.

Memiliki arti “bermanfaat”, nama Minori bisa berarti panen yang bermanfaat, dengan kunjungan ke pemandian air panas, atau gugurnya daun yang indah dengan warna yang hangat di musim gugur, semua pemandangan yang luar biasa dan pengalaman istimewa bisa kamu dapatkan dalam perjalanan menggunakan kereta ini.

Di dalam kereta, saya mendapatkan tempat duduk yang nyaman dan apabila kamu bepergian bersama anak-anak, perpustakaan kecil akan menjadi sarana yang tepat untuk menghibur mereka. Sisi anak-anak dalam diri saya juga terhibur dengan apa yang ada di kereta ini dan saya bahkan terhibur ketika duduk di kabin Resort Minori yang diperuntukkan untuk anak-anak! Joyful Trains Tohoku

Selain menikmati pemandangan alam yang bakal membuat kamu terpesona di sepanjang perjalanan, sempatkan untuk keluar ke stasiun Naruko Onsen untuk mendapatkan sejumlah layanan gratisan. Kamu bisa memilih merendam kaki atau tangan di stasiun ini, atau berkeliling sejenak juga bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Bagaimana menikmati musim gugur dengan kereta ini

Image credit: Miyagi Prefecture

Saat musim gugur, kereta Resort Minori banyak dinaiki turis dan wisatawan lokal, karena pemandangan indah merah dan jingga sepanjang dua kilometer di Naruko Gorge. Kereta kadang-kadang menurunkan kecepatannya di sejumlah titik tertentu di sepanjang rute ini sehingga penumpang bisa menikmati pemandangan yang luar biasa dari pepohonan dan kemegahan Ofukazawa Bridge.

Terutama di musim gugur, alokasikan sejumlah waktu untuk menjelajah area di sekitar stasiun Naruko Onsen, atau bahkan mungkin bermalam di sana. Kamu akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti rute pendakian dan mewarnai sendiri boneka kokeshi kamu. Joyful Trains Tohoku

Image credit: Visit Matsushima

Bagi yang memiliki lebih banyak waktu bebas dalam itinerarynya bisa menuju ke Stasiun Matsushimakaigan. Di sini kamu bisa melihat Pulau Pinus Matsushima (satu dari Tiga Pemandangan Luar Biasa Jepang), berlayar di sepanjang Teluk Matsushima atau mengunjungi dua kuil penting di Tohoku, Zuiganji dan Entsuin.

Rute: Sendai ↔ Shinjo melalui jalur Riku East 
Bisa diakses dari: Stasiun Sendai Shinkansen
Jadwal dan tanggal operasional

SL Ginga: Malam di Jalur Kereta Galaksi

Image credit: East Japan Railway Company

Selain pecinta kereta, fans dari literatur Jepang dan semua hal yang berkaitan dengan sejarah akan mencintai perjalanan dengan menggunakan kereta SL Ginga. SL sendiri merupakan kependekan dari ‘Steam Locomotive’, alias lokomotif uap, dan Ginga diartikan sebagai galaksi, dan kamu akan tahu apa maksud dari semua ini.

Interior kereta ini dipenuhi dengan dekorasi yang membawa puisi ciptaan Kenji Miyazawa, Night on the Galactic Railroad, menjadi nyata. Dengan instalasi seperti lampu gas, jendela dengan kaca hias dan partisi astrologi, kamu akan terbang ke masa lalu dalam perjalanan ini.

Image credit: East Japan Railway Company

Segala hal di dalam kereta ini memiliki hubungan dengan Miyazawa dan karya legendarisnya. Kamu akan menikmati inci tiap inci kabin yang nyaman, sebelum kamu menyatu dengan budaya dan keindahan alam area Tohoku. Pastikan juga kamu melihat planetarium, ya! Apa yang bakal kamu lihat bakal membuat tercengang!

Image credit: East Japan Railway Company

Bagaimana menikmati musim gugur dengan kereta ini

Bagi wisatawan yang mendambakan pemandangan dengan nuansa merah dan kuning di musim gugur, SL Ginga melewati pegunungan dengan pemandangan dari komplek persawahan yang siap panen. Untuk mendapatkan pengalaman terbaik di musim ini, saya menyarankan untuk menghabiskan satu atau dua malam di kota Hanamaki Onsen, di mana kamu bisa menikmati nuansa musim gugur sepenuhnya sembari berendam di pemandian air panas. Joyful Trains Tohoku

Rute: Hanamaki ↔ Kamaishi melalui jalur Kamaishi
Dapat diakses dari: Stasiun Shin-Hanamaki Shinkansen
Jadwal dan tanggal operasional

Joyful Trains di area Tohoku sungguh luar biasa, apapun musimnya dan saya juga bisa menikmatinya setelah menemukan sisi menarik dari mesin ini. Meski musim gugur menjadi musim yang sibuk bagi turis untuk terbang ke Jepang, kamu tetap harus mempertimbangkan untuk menyatu dengan keramaian dan mengikuti perjalanan di musim ini.

Pemandangan dan pengalaman yang datang bersama dengan masalah yang kamu hadapi sangat worth it. Maksud saya, kamu bisa selalu kembali saat off-season untuk menaiki kereta ini lagi, saya sendiri akan melakukannya!

Tapi ingat untuk memesan tempat duduk kamu sebelumnya melalui website (maksimal sebulan sebelum perjalanan kamu) atau mendatangi langsung kantor tiket JR East karena reservasi dibutuhkan untuk bisa menaiki Joyful Trains. Tentunya, reservasi tempat duduk tidak dipungut biaya jika kamu sudah memiliki JR EAST PASS (area Tohoku)!

JR EAST PASS (area Tohoku) menawarkan PERJALANAN TANPA BATAS di semua JR East Rail Lines di area yang sudah ditentukan, dan juga berlaku untuk Narita Express dari dan ke Bandara Narita, Tokyo Monorail dari dan ke Bandara Haneda dan semua jalur Shinkansen.Dengan JR EAST PASS, kamu juga bisa mendapatkan perjalanan gratis menggunakan Joyful Trains yang unik dan lebih banyak lagi!

Pass ini berlaku untuk penggunaan selama lima hari dalam periode 14 hari setelah pembelian, yang memberikan kamu fleksibilitas dan waktu yang leluasa untuk menjelajah setiap area tanpa harus terburu-buru ke tempat berikutnya.

Buatlah pemesanan di awal secara gratis hingga satu bulan sebelum keberangkatan, dan kamu bisa mendapatkan pass kamu di Jepang atau melalui agen perjalanan terdaftar di luar negeri.

Sssttt! Pass ini 1000 Yen (~129,000 IDR) lebih murah jika kamu melakukan pembelian melalui agen perjalanan!

Hubungi setiap agen perjalanan di bawah ini untuk membeli JR EAST PASS (area Tohoku) dan naiki salah satu Joyful Trains ke destinasi kamu!

 

H.I.S Tours & Travel
Tel: 021-5741701
Website

Wendy Tour
Tel: 021-29426820
Website


Dwidaya Tour
Website
Smailing Tour
Website
Golden Rama Tours & Travel
Website
TX Travel
Website
Bayu Buana Travel Services
Website
Antavaya Tour
Website
Wita Tour
Website
Panorama JTB
Website

 


Dipersembahkan oleh JR EAST (East Japan Railway Company).

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru