Menikmati Joyful Trains Nagano & Niigata: Mulai Dari Mencicipi Sake, Menikmati Pemandangan Laut, Mengunjungi Galeri Seni, Ke Planetarium Dan Banyak Lagi Lainnya!

Artikel ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini. Read here for the English version.

Sebagai turis yang pertama kali ke Jepang, saya tidak memasang ekspektasi terlalu tinggi karena sebagai seorang realis, saya tidak ingin merasa dikecewakan dengan apa yang saya lihat. Akan tetapi, kekhawatiran awal saya itu mengenai negara ini sangat tidak beralasan setelah saya keluar dari bandara Haneda setelah menjalani penerbangan tujuh jam dari Singapura ke Tokyo.

Yang paling melebihi ekspektasi saya adalah Joyful Trains, kereta yang dikonsep secara khusus yang membawa penumpangnya melihat langsung keindahan alam Jepang, sekaligus menciptakan kenangan mendalam. Mengikuti rute sistem JR East masuk dalam pertimbangan, dan untuk itu saya memiliki rencana untuk memaksimalkan Joyful Trains di area Nagano dan Niigata.

Kedua area ini memiliki hasil produksi lokal yang luar biasa, soba di Nagano dan beras di Niigata. Pemandangan pedesaan yang ditawarkan juga istimewa dan nuansa kota kecil yang asyik untuk dinikmati, namun yang terus saya pikirkan adalah menaiki Joyful Trains. Seperti apa fitur yang dimiliki kereta ini, sekeren apa kursi mereka yang sudah dimodifikasi dan seberapa mengesankan performa yang ditawarkan, pertanyaan tersebut terus menggantung di benak saya.

Inilah bagaimana petualangan saya selama seminggu penuh menggunakan Joyful Trains:

Dengan JR EAST PASS (area Nagano, Niigata), semua kereta shinkansen, ekspres dan kereta biasa dan bahkan Joyful Trains bisa dinaiki! Kamu bisa mendapatkan perjalanan tanpa batas di seluruh Nagano, Niigata dan dari atau menuju ke bandara-bandara besar. Yang lebih mengesankan lagi, uang yang harus dikeluarkan sama dengan perjalanan pergi pulang menggunakan shinkansen antara Bandara Haneda/Narita dan Nagano, atau antara Tokyo dan Niigata!

Jelajahi setiap destinasi (dan kereta) semaksimal mungkin sebelum kamu menuju ke pemberhentian berikutnya, karena Pass ini membolehkan penggunaan lima hari dalam periode waktu 14 hari.

PELAJARI LEBIH LANJUT JR EAST PASS (area NAGANO, NIIGATA)

Koshino Shu*Kura: Bagi penikmat Sake, cobalah kereta ini

Kereta ini menjadi salah satu incaran utama saya karena satu hal, sake. Bukan menjadi rahasia lagi jika Niigata dikenal karena berasnya dan untungnya, sake adalah salah satu produk olahan dari beras!

Image credit: East Japan Railway Company

Saat melakukan perjalanan dari Nagaoka ke Joetsu-moyoko, saya menjadi salah satu dari beberapa penumpang yang mendapatkan kesempatan mencoba sake yang dibuat oleh produsen lokal, di sebuah kabin yang dibentuk seperti tempat pembuatan bir! Presentasi kebanyakan dilakukan dengan bahasa Jepang dan hal itu bisa menjadi kendala tersendiri bagi yang tidak memahami bahasa Jepang. Namun, bisa mencicipi sake sepuasnya bisa menutupi kekurangan tersebut.

Tuan rumah dengan senang hati melakukan refill sembari melakukan presentasi produk lokalnya. Saya bahkan mendapatkan kehormatan berbagi gelas dengan komedian lokal berkostum kondektur. Inilah salah satu cara mendapatkan pengalaman joyful (menyenangkan, red) di kereta ini.

Dan apabila penyajian di tengah presentasi masih kurang memuaskan buat kamu, ada area bar yang siap memanjamu dengan beragam kualitas sake dalam paket tiga-dan-lima-gelas sake yang lucu. Selain dari koleksi sake berkualitas yang tersedia di Koshino Shu*kura, saya juga bisa menikmati banyak camilan, semua sambil menonton sebuah konser musik jazz yang live! Inilah satu konser di mana semua orang mendapatkan kursi utama untuk menikmatinya. Tidak hanya itu, semua orang juga mendapatkan kecrekan berbentuk telur untuk bisa ambil bagian dalam sesi jam.

Ingin mendapatkan udara segar setelah menikmati semua minuman yang ada? Ada kesempatan istirahat selama 15 menit di Oumigawa, stasiun kereta yang berada dekat dengan laut. Bukan hanya pemandangannya yang keren abis, angin laut yang bertiup pastinya akan menyegarkan kamu! Pecinta selfie juga bisa mengenakan topi kondektur dan mengambil photo di sini, tapi saya memilih melewatkan momen itu.

Rute:
Koshino Shu*Kura: Joetsu-myoko ↔ Tokamachi
Ryuto Shu*Kura: Joetsu-myoko ↔ Niigata
Yuzawa Shu*Kura: Joetsu-myoko ↔ Echigo-Yuzawa
Bisa diakses dari: Stasiun Joetsu-myoko (20 menit menggunakan kereta peluru dari Nagano), Stasiun Nagaoka (100 menit dari Tokyo)
Jadwal dan tanggal operasional

Oykot: Menjauh sejenak dari kota

Terlepas dari alasan kamu saat liburan ke luar negeri, semua orang bisa menggunakan sedikit waktunya untuk meninggalkan suasana perkotaan yang ramai dan padat. Karena alasan itulah Joyful Train ini harus masuk dalam itinerary kamu. Kereta yang dinamai Oykot (dari kata Tokyo yang dieja terbalik) ini membawa saya meninggalkan gedung pencakar langit dan padatnya suasana perkotaan menuju ke daerah pedesaan, yang jauh lebih santai.

Saat berada di dalam kereta, saya langsung merasakan sensasi relaksasi, yang mengingatkan saya akan sebuah kabin di tengah hutan, dengan suasana yang homey. Mirip adegan penutup dari Marvel’s Avengers: Endgame, tetapi dengan suasana yang lebih homey.

Yang paling menyita perhatian saya adalah sambutan warga lokal yang bekerja di Oykot, para wanita yang sudah lanjut usia, mendorong troli makanan, membagikan sampel acar nozawana (acar sayuran lokal), yang membuat saya kembali berusia lima tahun. Ada juga seorang wanita yang baik hati, yang berusaha semaksimal mungkin berbicara dengan saya, meski saya tidak bisa memahami apa yang dikatakannya. Dia adalah orang yang sama yang menyampaikan cerita masyarakat untuk menghibur penumpang, yang sayangnya saya tidak bisa memahaminya!

Selama perjalanan, saya bisa melihat pemandangan pedesaan yang hijau dan langit biru, yang membuat saya kerap termangu. Lanskapnya begitu menghipnotis, yang bahkan membuat saya melewatkan “banana boats“, kue spons dengan isian krim dan pisang, yang ditawarkan oleh warga Iiyama (salah satu lokasi pemberhentian) yang masuk ke kereta untuk menjualnya. Tapi saya sempat mencicipi makanan dari nasi yang dibungkus di dalam daun.

Yang paling mengesankan dari perjalanan ini adalah ketika kita berhenti di Stasiun Morimiyanohara. Saya melihat dengan mata kepala sendiri tempat yang mendapatkan guyuran hujan salju dengan intensitas paling tinggi dalam sejarah Jepang. Bisa membayangkan tumpukan salju setinggi tujuh meter? Saya sendiri dibuat takjub dengan fakta itu. Saya juga berkesempatan mengenakan “jas hujan” masa lalu. Unik, kan?

Rute: Nagano ↔ Tokamachi di jalur Iiyama
Bisa diakses dari: Stasiun Nagano (90 menit menggunakan kereta peluru dari Tokyo)
Jadwal & tanggal operasional

Genbi Shinkansen: Seni berkualitas di jalur cepat

Ketika mendengar Genbi Shinkansen adalah museum seni tercepat di dunia, saya memutuskan melihat langsung untuk bisa mempercayainya. Saya berpikir, bagaimana bisa sebuah karya seni ditempatkan di kereta dengan kecepatan 240 km per jam? Kereta peluru ini menjawab tantangan itu, di mana setiap kabin menjadi “rumah” dari berbagai bentuk karya seni dan saya bisa memastikan tidak ada karya seni yang berjatuhan atau berantakan sepanjang perjalanan! Bagi yang penggemar karya abstrak, jangan lupa kunjungi kafe galeri di kereta ini untuk mengagumi karya abstrak dari Wassily Kandinsky.

Dinding di sini ditempeli karya seni modern dan penuh semangat, jadi saya memesan kopi Tsubame dan menyediakan waktu khusus untuk menikmati karya seni ini. Yang tertarik pada yang manis-manis, ada kue kering dan permen yang juga dijual di sini, tapi jangan menghabiskan waktu terlalu lama di satu kabin karena perjalanan ini hanya ditempuh selama 60 menit. Jangan lupa, ini kereta shinkansen, lho!

Ada sebuah kabin lain yang saya suka sebut sebagai “The Selfie Section”. Itu bukan nama yang sebenarnya, tapi seperti yang sudah bisa ditebak, kamu bisa berswafoto dengan menggunakan cermin yang terpasang di sepanjang kabin. Jika kamu suka bentuk geometri, maka kamu mungkin bisa bersantai di sofa yang ada di area ini sebelum pindah ke tempat favorit saya.

Saya sangat menyukai semua hal yang penuh warna, terutama yang berkaitan dengan bunga dan pelangi. Kabin berikutnya memiliki dinding yang ditutupi karya seni tiga dimensi yang keren. Di setiap sisi, saya melihat bentukan yang berbeda, dan harus saya akui, saya banyak mengambil foto dan video di sini. Saya menyukai bagaimana karya seni ini bergerak mengikuti pergerakan kereta. Duh, saya sangat berharap ada T-shirt yang dibuat dengan desain ini!

Kabin berikutnya menampilkan layar televisi yang menunjukkan hasil fotografi berkelas. Setiap gambar berganti secara indah dan ada kursi nyaman yang disiapkan untuk bisa bersantai dan menikmati karya seni ini.

Bisa jadi zona terbaik di Genbi Shinkansen adalah tempat bermain anak-anak. Zona ini ideal buat mereka yang melakukan perjalanan dengan membawa anak-anak. Kabin ini memiliki mainan kereta api. Si kecil bisa merangkai sendiri lintasan kereta api sesuai keinginan dan melihat langsung jalannya shinkansen mini di atas lintasan dari satu titik ke titik lainnya. Para orang tua bisa menikmati karya seni di dinding kabin ini tanpa harus mengawasi anak-anaknya, karena karyawan kereta ini akan mengawasi mereka dengan hati-hati.

Rute: Echigo-Yuzawa ↔ Niigata di jalur Joetsu Shinkansen
Bisa diakses melalui: Niigata, Echigo-Yuzawa, Stasiun Nagaoka Shinkansen.
Jadwal dan tanggal operasional

Kirakira Uetsu & Kairi: Lupakan truk makanan dan naiklah kereta makanan

Pertama kali saya melihat Joyful Train ini adalah di stasiun Niigata. Sangat mudah juga mendapatkan alasan mengapa ada otakus (seorang superfan, sehingga titik obsesi) di Jepang. Membandingkan dengan kereta biasa lainnya di Jepang, Kirakira Uetsu tak ubahnya bintang paling terang di waktu malam. Dengan bentuknya yang ramping, memiliki warna pastel yang cerah membuat kamu bakal terbelalak.

Dari luar, saya tidak tahu tema kereta ini. Tapi setelah berada di dalamnya, semuanya jadi lebih jelas bahwa Kirakira Uetsu mengedepankan gastronomi Niigata. Terkenal karena beras dan seafood segarnya, jadi tidak mengejutkan menemukan makanan seperti bento yang dibuat dari produk lokal, cemilan dan bir di kereta ini. Ada juga rumah teh yang nyaman, yang menjadikan perjalanan ini jauh lebih manis karena saya juga bisa melihat laut Jepang.

Berbagai hal yang super menarik di kerata ini adalah proyeksi AR yang menampilkan informasi mengenai rute perjalanan Kirakira Uetsu, bersama dengan buku tamu tradisional untuk penumpang menuliskan kesan yang mereka dapatkan sepanjang perjalanan.

Tips buat kamu: Setiap Joyful Train memiliki kartu pos unik untuk penumpang yang bisa didapatkan dan dicap. Ambil untuk menambah koleksi di scrapbook kamu!

Sayangnya, Kirakira Uetsu bakal mengakhiri masa pelayanannya pada September 2019 untuk memberikan ruang kepada kereta baru, Kairi.

Image credit: East Japan Railway Company

Yang kami tahu dari kereta baru ini adalah kereta ini juga menyajikan makanan khas Niigata. Melihat kereta Kirakira Uetsu sudah berhasil memasang standar yang tinggi, pastinya kereta Kairi akan menawarkan sesuatu yang jauh lebih baik lagi!

Rute: Niigata ↔ Sakata melalui Jalur Uetsu (diperpanjang hingga ke Akita pada hari khusus, silakan lihat jadwalnya)
Bisa diakses dari: Stasiun Niigata (dua jam perjalanan dari Tokyo)
Jadwal dan tanggal operasional

Selama perjalanan saya menggunakan JR EAST PASS, saya memantau banyak Joyful Train, tapi sayangnya tidak semua bisa cocok dengan itinerary saya. Saya melakukan research mengenai mereka semua, dan inilah ada beberapa yang pastinya akan masuk dalam itinerary saat kunjungan berikutnya. Kamu juga, ya!

High Rail 1375: Perjalanan menuju bintang

Image credit: East Japan Railway Company

Saya tidak pernah merasa cukup mengagumi kecerdasan Jepang dan apabila kamu mengetahui mengapa Joyful Train ini dinamai High Rail 1375, kamu akan mengerti alasannya. Izinkan saya menjelaskannya. Perjalanan melalui rute ini akan membawa penumpang ke ketinggian 1,375 meter di atas permukaan air laut dan jalur tersebut menjadi jalur tertinggi di sepanjang jalur JR.

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Jika alasan tersebut tidak membuat kamu segera melakukan pemesanan tiket menaiki kereta ini, alasan ini harus bisa. Dua fitur utama dari High Rail 1375 pastinya akan menyenangkan pecinta astronomi. Yang pertama, ada perpustakaan astronomi yang ditempatkan di planetarium berbentuk kubah. Rasanya seperti berada di luar angkasa, lho!

Image credit: East Japan Railway Company

Yang kedua adalah ada satu jam penuh menikmati stargazing di Stasiun Nobeyama. Kabarnya di sinilah tempat terbaik menikmati pemandangan langit, dan ada juga pemandu lokal yang akan membantu mengarah kamu kepada atraksi yang kamu harus melihat di atas sana. Jadi, alangkah lebih baik memesan perjalanan ini untuk sore hari. Tapi untuk pagi dan siang hari, kamu masih bisa menikmati pemandangan yang luar biasa indah dari tempat duduk single atau couple dari ketinggian. Keren!

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Kamu juga bisa mendapatkan berbagai cinderamata, seperti pin dengan banyak desain luar angkasa. Souvenir ini berubah setiap tahunnya, tergantung pada apa yang bisa dilihat di langit saat kamu berada di sana, dan bagian terbaiknya adalah ada dua desain rahasia yang bisa kamu koleksi. Tertarik?  Untuk menambah antusiasme, kamu bisa mendapatkannya dengan harga 100 Yen (~13,000 IDR) saja, lho!

Rute: Kobuchizawa ↔Komoro melalui Koumi Line
Bisa diakses melalui: Stasiun Sakudaira, transfer dari Tokyo / Karuizawa / Nagano dengan Nagano Shinkansen.
Jadwal dan tanggal operasional

Resort View Furusato: Pemandangan yang luar biasa dan tur yang tidak biasa

Image credit: East Japan Railway Company

Kurang lebih sama dengan Oykot, Resort View Furusato Joyful Train yang akan membawa kamu ke daerah pedesaan di timur Jepang, tapi dengan pembaharuan yang luar biasa. Perjalanan untuk pecinta keindahan alam, mengingat kereta ini tidak hanya memperlihatkan sungai dan danau yang jernih, tapi juga menampilkan pemandangan pedesaan di kaki gunung dan juga Alpennya Jepang! Kamu bisa melihat semua itu melalui jendela besar dengan kaca yang jernih di seluruh kabin.

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Saya sudah tak sabar untuk menaiki Resort View Furusato karena perjalanan ini juga menawarkan tur menyusuri kota Nagano yang tenang dan damai. Tidak hanya akan melihat pemandangan yang indah, saya juga akan bisa melakukan banyak aktivitas di setiap pemberhentian, termasuk mencicipi banyak jenis makanan, melakukan foto unik dan tur ke sejumlah kuil.

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Yang paling saya nantikan adalah berhenti di Stasiun Hotaka, rumah dari kuil Hotaka. Saya mendengar bahwa tempat ini terkenal karena menjadi pusat energi spesial. Meski saya bukan penggemar hal-hal yang berbau supranatural, khusus yang ini cukup menarik untuk diikuti. Jika kamu tidak tertarik dengan tema ini, kamu bisa kunjungi pohon-pohon tua di senyawanya yang akan menceritakan kisah mereka sendiri lho! Unik kan!

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Juga menjadi hal yang menarik untuk melihat pertunjukan live setelah tur ke kuil, dari Hotaka ke Shinano-Omachi, yang menampilkan lagu-lagu daerah dan permainan alat musik tradisional. Kamu juga bisa mengatur tempat duduk kamu sendiri berdasarkan apa yang paling kamu inginkan untuk dilihat, atau bisa juga melihat langsung pemandangan melalui layar yang menampilkan tangkapan kamera yang dipasang di bagian depan kereta.

Rute: Nagano ↔ Minami-Otari di Shinonoi Line dan Oito Line
Bisa diakses melalui: Stasiun Nagano (90 menit perjalanan dengan kereta peluru dari Tokyo), Stasiun Matsumoto(dua jam perjalanan dari Shinjuku!
Jadwal dan tanggal operasional

Jika kamu kerap tertahan untuk bisa liburan ke Jepang karena alasan apapun, saya harap pengalaman saya ini bisa mengubah cara pandang kamu, meski hanya sedikit saja. Saya juga sempat memiliki keraguan pada awalnya, tapi Joyful Trains wajib dicoba setidaknya sekali karena tidak ada cara yang lebih mudah dan menarik untuk menikmati hal yang sama di tempat lain, ketika kamu melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Dan siapa tahu, cara ini bisa memunculkan hobi baru juga. Perlu diingat untuk memesan tempat duduk melalui website (Maksimal satu bulan sebelum perjalanan kamu), atau di setiap kantor tiket JR East, mengingat pemesanan harus dilakukan untuk semua Joyful Trains. Tentu saja, pemesanan tempat duduk tanpa dipungut biaya jika kamu sudah memiliki JR EAST PASS (area Nagano, Niigata)!

Jika kamu menikmati hal ini, lihat lebih banyak lagi cerita perjalanan Joyful Trains saya dalam beberapa minggu ke depan!

JR EAST PASS (area Nagano, Niigata) menawarkan PERJALANAN TANPA BATAS di semua JR East Rail Lines di area yang sudah ditentukan, dan juga berlaku untuk Narita Express dari dan ke Bandara Narita, Tokyo Monorail dari dan ke Bandara Haneda dan semua jalur Shinkansen.

Dengan JR EAST PASS, kamu juga bisa mendapatkan perjalanan gratis menggunakan Joyful Trains yang unik dan lebih banyak lagi!

Pass ini berlaku untuk penggunaan selama lima hari dalam periode 14 hari setelah pembelian, yang memberikan kamu fleksibilitas dan waktu yang leluasa untuk menjelajah setiap area tanpa harus terburu-buru ke tempat berikutnya.

Buatlah pemesanan di awal secara gratis hingga satu bulan sebelum keberangkatan, dan kamu bisa mendapatkan pass kamu di Jepang atau melalui agen perjalanan terdaftar di luar negeri.

Sssttt! Pass ini 1000 Yen (~129,000 IDR) lebih murah jika kamu melakukan pembelian melalui agen perjalanan!

Hubungi setiap agen perjalanan di bawah ini untuk membeli JR EAST PASS (area` Nagano, Niigata) dan naiki salah satu Joyful Trains ke destinasi kamu!

 

H.I.S Tours & Travel
Tel: 021-5741701
Website

Wendy Tour
Tel: 021-29426820
Website


Dwidaya Tour
Website
Smailing Tour
Website
Golden Rama Tours & Travel
Website
TX Travel
Website
Bayu Buana Travel Services
Website
Antavaya Tour
Website
Wita Tour
Website
Panorama JTB
Website

 


Dipersembahkan oleh JR EAST (East Japan Railway Company).

Baca juga: Itinerary Wisata Sakura Dan Kuliner Istimewa Yang Memaksimalkan JR EAST PASS (Tohoku)

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru