Itinerary Wisata Sakura Dan Kuliner Istimewa Yang Memaksimalkan JR EAST PAST (area Tohoku)

Artikel ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini. Read here for the English version.

Di saat Jepang mulai keluar dari temperatur udara yang dingin dan malam yang panjang, negara ini akan menyambut datangnya musim semi dengan penuh antusiasme dan suka cita. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari mekarnya bunga sakura, karena deretan bunga berwarna merah muda bermekaran mulai dari Okinawa hingga Hokkaido.

Tohoku juga menjadi salah satu wilayah yang dikaruniai pemandangan alam yang luar biasa indah. Berada di utara Honshu tepat di bawah Hokkaido, wilayah ini memiliki temperatur udara yang jauh lebih sejuk jika dibandingkan wilayah lain, dan pemandangannya berubah secara signifikan selama empat musim. Mekarnya bunga sakura di Tohoku biasanya terjadi pada awal April hingga awal Mei, yang menjadi daya tarik tersendiri untuk bisa menikmatinya usai periode puncak liburan, terutama yang ada di area populer seperti Tokyo dan Osaka.

Image credit: Christophe Richard

Wilayah Tohoku juga mudah dicapai dari Tokyo, sekitar 90 menit perjalanan menggunakan kereta cepat yang membawa kamu dari Tokyo ke Sendai, kota terbesar di wilayah Tohoku. Tahu ke mana kamu harus pergi dan apa yang harus dilakukan bisa menjadi bekal yang cukup, tapi tahu bagaimana bisa sampai ke lokasi yang dituju bisa menjadi bekal tambahan yang sangat penting. Inilah inti dari artikel ini, membantu kamu merencanakan jadwal dan perjalanan untuk bisa memaksimalkan kesempatan liburan kamu.

JR EAST PAST (Tohoku area) adalah cara terbaik untuk bisa menjelajah wilayah ini dengan mudah dan paling menghemat budget perjalanan kamu.

Harganya kurang lebih sama dengan naik dua kali shinkansen untuk perjalanan Tokyo dan Sendai – jumlah yang sangat luar biasa hemat karena kamu akan mendapatkan akses perjalanan tanpa batas di seluruh Tohoku!

Dengan lima hari penggunaan dalam periode 14 hari, kamu bisa memaksimalkan waktu untuk menjelajah dan beristirahat di setiap destinasi, dengan hanya menggunakan Pass pada hari dimana kamu membuat perjalanan yang lebih panjang mengunjungi kota lain.

Untuk lebih detail mengenai tempat melihat sakura, semuanya ada dalam detail yang lebih lengkap dalam artikel kami berikutnya, 6 Insta-worthy Sakura Spots in Japan: Vibrant Blossoms, Snow-capped Mountains + More!

Ini adalah itinerary wisata sakura kami untuk kamu bisa memaksimalkan penggunaan pass lima hari, menikmati momen terbaik mekarnya bunga ikonik Jepang itu dan berwisata kuliner di sekitar Tohoku dengan bantuan JR EAST PAST!

Hari pertama penggunaan Pass: Tokyo → Taman Hanamiyama → Miharu Takizakura → Sendai

Taman Hanamiyama

Menggunakan kereta api: Stasiun Tokyo → Stasiun Fukushima
Periode melihat bunga sakura: awal hingga akhir April

Image credit: Max Pixel

Tersesatlah di dunia penuh warna kala menjelajah lereng bukit Taman Hanamiyama. Sepuluh jenis sakura terdapat di taman ini dengan warna merah muda, putih dan kuning –  juga dengan Gunung Azuma sebagai latar yang menarik. Taman ini merupakan taman pribadi untuk menikmati pemandangan yang indah bagi pemiliknya, sebelum akhirnya dibuka untuk umum pada 1959, sehingga semua orang bisa menikmatinya.

Alamat: Watari, Kota Fukushima, Prefektur Fukushima
Stasiun terdekat: Stasiun JR Fukushima
Cara ke lokasi: Dari Stasiun JR Fukushima, perjalanan dilanjutkan menggunakan bis selama 15 menit (hanya tersedia di musim sakura) dan berjalan kaki selama sepuluh menit dari tempat pemberhentian bis.
Harga tiket: Gratis!

Miharu Takizakura

Menggunakan kereta api: Stasiun Fukushima → transfer di Stasiun Koriyama → Stasiun Miharu
Periode melihat bunga sakura: pertengahan hingga akhir April

Image credit: Fukushima Prefecture

Dinobatkan sebagai pohon sakura terindah di seluruh Jepang, Miharu Takizakura menyambut setiap pengunjung dari seluruh daerah dengan kanopi yang mengagumkan. Mekarnya sakura dari takizakura (sakura air) berusia seribu tahun ini mencapai ketinggian empat lantai dan terlihat mengesankan ketika diterangi pada malam hari.

Alamat: Sakurakubo, Taki, Miharu Town, Tamura County, Prefektur Fukushima
Stasiun terdekat: Stasiun JR Miharu
Cara ke lokasi: 20 menit perjalanan dengan menggunakan bis dari Stasiun JR Miharu ke Miharu Takizakura tersedia sepanjang periode mekarnya sakura
Harga tiket: ¥300

Habiskan malam kamu di Sendai City atau perpanjang masa tinggal kamu!

Menggunakan kereta: Stasiun Miharu → transfer di Stasiun Koriyama → Stasiun Sendai

Setelah puas melihat mekarnya sakura seharian, naiklah kereta ke Stasiun Sendai untuk bermalam di kota, atau tambah masa tinggal kamu di sini dan datangi tempat-tempat ini:

Zuihoden Mausoleum
Image credit: 663highland

Menjelajah arsitektur Momoyama yang tidak biasa di Zuihoden Mausoleum, di mana tiga penguasa Sendai dari klan Date beristirahat. Kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai keluarga Date di gedung utama mausoleum ini – seperti spesimen rambut dan tulang yang diawetkan – atau tidak, coba berkeliling untuk menikmati sensasi ketenangan yang berada di bawah pohon-pohon cedar yang menjulang tinggi di wilayah ini.

Alamat: 23-2 Otamayashita, Aoba Ward, Sendai Prefektur Miyagi 980-0814, Jepang
Cara ke lokasi: Perjalanan 15 menit menggunakan bis dari Stasiun Sendai
Tiket masuk: ¥550

Yamadera
Image credit: Tak1701d

Berada di wilayah pegunungan antara Yamagata dan Sendai, kuil bersejarah ini bisa didatangi dalam 1,015 langkah – di mana perjalanan menuju ke puncak membuahkan pengalaman tersendiri. Kamu bisa mengikuti keramaian dalam perjalanan menuju puncak melewati kawasan pedesaan Jepang dan menjelajah komplek Yamadera, menikmati pemandangan yang indah sepanjang perjalanan.

Alamat: 4456-1 Yamadera, Yamagata, Prefektur Yamagata 999-3301, Jepang
Cara ke lokasi: Berjalan dari Stasiun JR Yamadera, yang mana stasiun ini bisa ditempuh selama kurang lebih 50 menit dari Sendai menggunakan kereta (¥840 untuk satu tiket perjalanan)
Harga tiket: ¥200-¥400, tergantung pada atraksi yang ingin didatangi

Matsushima
Image credit: Yoshihide Urushihara

Matsushima menjadi salah satu dari tiga tempat terbaik untuk menikmati pemandangan alam di Jepang, jadi jangan sampai melewatkan kesempatan ini. Dimana kamu bisa melemparkan pandangan di pulau yang tertutupi lebih dari 260 pohon pinus ini. Bersantai di tengah alam yang asri dan mengunjungi Zuiganji, atau menikmati tiupan angin laut yang menyegarkan saat mengikuti cruise.

Alamat: Matsushima cho Miyagi-gun, Prefektur Miyagi
Cara ke lokasi: Berjalan dari Stasiun JR Matsushima-Kaigan, yang bisa ditempuh selama 40 menit perjalanan dari Sendai melalui jalur lokal (¥410 untuk satu kali perjalanan)
Harga tiket: Gratis menuju Godaido, ¥200 untuk menyeberangi jembatan ke Pulau Fukuura, ¥1,500 untuk 50 menit berkeliling dengan menggunakan kapal

Berbelanja di Mitsui Outlet Park Sendai Port dan pusat kota Sendai
Image credit: Japan Travel

Jika kamu ingin menghabiskan uang saku, mengapa tidak mendatangi salah satu pusat perbelanjaan terbesar di wilayah Tohoku, Mitsui Outlet Park Sendai, yang memiliki banyak outlet dengan brand ternama, atau berbelanja barang-barang unik di pusat kota Sendai seperti Ichibancho Arcade dan Asaichi Market.

Kamu juga bisa naik ke bianglala di Mitsui Outlet Park Sendai, tempat di mana kamu bisa melihat panorama Gunung Zao yang luar biasa dari kejauhan. Kamu juga bisa mendatangi dek observasi di AER Building di pusat kota Sendai dan melihat langsung pemandangan kota Sendai City.

Alamat: 3 Chome-7-2 Nakano, Miyagino Ward, Sendai, Prefektur Miyagi 983-0013, Jepang
Cara ke lokasi: Berjalan dari Stasiun JR Nakano-sakae, yang bisa ditempuh dengan kereta selama 20 menit dari Sendai menggunakan kereta lokal (¥550 untuk satu kali perjalanan)
Harga tiket: Gratis!

Makanan yang bisa dicoba
Image credit: (searah jarum jam, dari kiri atas) Wikimedia Commons, Kakei.R, City Foodsters, hirotomo t

Tiram menjadi kuliner yang wajib dicoba karena kota ini menjadi salah satu penghasil tiram terbesar, dan apabila kamu memiliki jiwa petualang, mengapa tidak mencoba Hoya (nanas laut) yang khas dengan rasa lautnya. Gyutan (lidah sapi bakar) menjadi hidangan lokal yang harus dicoba para pecinta daging sapi, sementara Zunda Mochi, yang dibuat dari mochi dan edamame yang diremukkan, bisa menjadi camilan sehat yang bisa dicoba dengan rasa yang luar biasa.

Hari kedua penggunaan Pass: Sendai → Toreiyu Tsubasa (Kereta Footbath) → Funaoka Joshi Park & Shirakawa Riverside → Morioka

Toreiyu Tsubasa (Stasiun Fukushima → Stasiun Yamagata)

Image credit: East Japan Railway Company

Dari Stasiun Sendai, gunakan kereta menuju Stasiun Fukushima, di mana kamu bisa naik Toreiyu Tsubasa Joyful Train. Dalam perjalanan ke Yamagata, kamu bisa memanjakan kaki dan melakukan ashiyu (merendam kaki pada air hangat) di Toreiyu Tsubasa, shinkansen yang bertema kolam air panas, yang menggambarkan banyaknya kolam air panas di Yamagata.

Dilapisi dengan dengan tikar tatami dan bar yang  menyajikan minuman dari wilayah tersebut, kamu bisa bersantai di lingkungan yang asyik dan mirip dengan kota sumber air panas sembari menikmati pemandangan indah di luar.

Harga tiket: Gratis dengan menggunakan JR EAST PAST dan dengan melakukan pemesanan secara awal. Tiket untuk mandi kaki bisa dibeli langsung di kereta jika memang tersedia.

Funaoka Joshi Park & Hitome Senbonzakura di Shirakawa Riverside

Menggunakan kereta api: Stasiun Yamagata →  transfer di Stasiun Sendai →  Stasiun Funaoka
Periode melihat bunga sakura: awal hingga pertengahan April

Image credit: Miyagi Prefecture

Melakukan perjalanan sepanjang 300 meter melalui lorong berwarna pink di Funaoka Joshi Park, satu-satunya tempat di Miyagi yang masuk dalam 100 Tempat Terbaik Di Jepang Untuk Menyaksikan Sakura. Monorail yang nyaman dan unik akan membawa kamu menembus sakura yang bermekaran sebelum sampai ke patung Funaoka Heiwa Kannon yang setinggi 24 meter.

Di sana, kamu akan disambut dengan pemandangan panoramik dari Gunung Zao yang diselimuti salju dan Hitome Senbonzakura di sepanjang Shirakawa Riverside, terowongan dari 1,200 pepohonan sakura sepanjang delapan kilometer, yang bisa kamu datangi melalui jembatan penyambung.

Festival bunga sakura di Shibata dan Ogawara juga digelar pada awal hingga pertengahan April, ketika bunga sakura mekar sempurna.

Funaoka Joshi Park
Alamat: Funaokajoshi Koen, Funaoka, Shibata, Shibata-gun, Prefektur Miyagi
Stasiun terdekat: Stasiun JR Funaoka
Cara ke lokasi: 15 menit berjalan kaki dari Stasiun JR Funaoka
Harga tiket: Gratis!

Hitome Senbonzakura
Alamat: Shiroishi Riverside, Shibata, Kota Ogawara, Prefektur Miyagi
Stasiun terdekat: Stasiun JR Ogawara dan Stasiun JR Funaoka
Cara ke lokasi: tiga menit berjalan kaki dari Stasiun JR Ogawara atau 15 menit berjalan kaki dari Stasiun JR Funaoka
Harga tiket: Gratis!

Menghabiskan malam di Kota Morioka, atau perpanjang masa tinggal kamu!

Menggunakan kereta api: Stasiun Funaoka → Stasiun Sendai (mengambil bagasi) → Stasiun Morioka

Setelah menikmati Toreiyu Tsubasa dan melihat sakura, kembali ke Sendai untuk mengambil bagasi kamu sebelum melanjutkan perjalanan ke Morioka.

Hiraizumi
Image credit: Japan Travel

Dinobatkan sebagai Situs Warisan Budaya UNESCO pertama di Tohoku pada 2011, Hiraizumi merupakan rumah dari sejumlah taman, kuil dan gedung bersejarah.

Kamu bisa menyambangi taman Kuil Motsuji, salah satu dari dua taman alami yang masih tersisa di Jepang, dibangun untuk menggambarkan surga Buddha. Atau mengagumi desain daun emas Konjikido yang rumit, struktur bangunan dari abad ke-12 yang bisa ditemukan di Kuil Chusonji.

Alamat: 45-2 Hiraiuzmi Shirayama, Hiraizumi-cho, Nishi-Iwai-gun, Iwate-ken 029-4192
Cara ke lokasi: Lima menit perjalanan menggunakan bis dari Stasiun JR Hiraizumi, yang bisa ditempuh selama 80 menit dari Stasiun Morioka.
Harga tiket: ¥300–800 tergantung pada atraksinya

Pantai Jodogahama
Image credit: くろふね

Bersiaplah dibuat kagum oleh sunset yang spektakuler, air yang jernih dan pantai yang putih di salah satu dari 100 Pantai Terbaik di Jepang, Pantai Jodogahama – sebuah keindahan yang bisa dibandingkan dengan Pure Land sendiri. Kamu bisa berkeliling dengan berjalan kaki, dan bahkan bisa mengikuti cruise menuju gua yang berada dekat dengan pantai tersebut.

Alamat: Hitachihamacho, Miyako 027-0001, Prefektur Iwate
Cara ke lokasi: Perjalanan menggunakan bis selama 15 menit dari Stasiun JR Miyako, yang bisa dicapai dalam dua jam perjalanan menggunakan kereta api dari Stasiun JR Morioka.
Harga tiket: ¥1,400-1,500 untuk perjalanan dengan kapal

Makanan yang bisa dicoba
Image credit: (searah jarum jam dari atas) JNTO, Kuruman, Shacho0822

Morioka memiliki “Tiga Mie Luar Biasa” yang harus kamu coba saat liburan ke sini.

Wanko Soba adalah pengalaman makan sepuasnya bagi mereka yang suka dengan soba. Pelayannya akan berada tepat disampingmu untuk merefill mangkok, sementara kamu terus menikmati soba sebanyak yang kamu bisa. Tantangan bagi pengunjung wanita adalah 80 mangkok dan 100 mangkok untuk pengunjung pria. Tantangan ini akan berakhir ketika kamu berhenti!

Reimen (mie dingin) kombinasi budaya kuliner Korea dan Jepang menciptakan pengalaman yang sepenuhnya baru dan menarik. Mie yang ketiga disebut Jajamen, mie yang disajikan dengan miso paste, suwiran daging dan irisan sayuran. Jangan lupa juga menikmati chi tan tan alias sup telur!

Hari Ketiga penggunaan Pass: Morioka → Kitakami Tenshochi → Geibikei → POKÉMON dengan YOU Train → Akita

Kitakami Tenshochi

Menggunakan kereta api: Stasiun Morioka → Stasiun Kitakami

Image credit: Iwate Prefecture

Tempat lain dalam 100 Tempat Terbaik di Jepang Menikmati Sakura adalah Festival Sakura Kitakami Tenshochi, yang digelar pertengahan April hingga awal Mei setiap tahunnya. Festival ini digelar di lahan seluas 293 meter persegi dan memiliki lebih dari 10,000 pohon dengan lebih dari 150 spesies.

Disarankan untuk kamu menjelajah tempat ini di kaki atau naik ke kereta kuda untuk menikmati perjalanan sepanjang 2,000 kilometer di tengah sakura yang bermekaran, atau naik perahu di aliran sungai yang ada, atau mengunjungi Desa Folklore Michinoku, yang memiliki 30 rumah dari Tohoku di masa silam.

Alamat: Tachibana, Kitakami-shi, Prefektur Iwate
Stasiun terdekat: Stasiun JR Kitakami
Cara ke lokasi: 15 menit berjalan kaki dari Stasiun JR Kitakami. Alternatif lain, mulai pertengahan April hingga awal Mei, kamu bisa menggunakan kapal untuk perjalanan lima menit menuju ke Kitakami Tenshochi Park dari Stasiun JR Kitakami.
Harga tiket: Gratis!

Geibikei

Menggunakan kereta api: Stasiun Kitakami → transfer di Stasiun Ichinoseki → Stasiun Geibikei

Image credit: Satoh Junpei

Tebing setinggi 50 meter di Geibikei memberikan sensasi megah untuk siapapun yang berkunjung. Kamu juga bisa mengikuti tur dengan menggunakan kapal selama 90 menit di sungai sepanjang dua kilometer dan menikmati suasana yang nyaman dengan air yang jernih dan alam yang lestari ditemani nyanyian pengayuh sampan. Setelahnya, kamu bisa menguji kemampuan dalam melempar batu. Konon, jika bisa tepat mengenai sasaran, yaitu lubang di tengah batu karang, kamu akan mendapatkan keberuntungan!

Alamat: Higasyiyama-cho, Ichinoseki 029-0302, Prefektur Iwate
Stasiun terdekat: Stasiun JR Geibikei
Cara ke lokasi: Lima menit berjalan kaki dari Stasiun JR Geibikei
Harga tiket: ¥1,500 untuk dewasa, ¥800 -1,200 untuk pelajar

POKÉMON with YOU Train (Stasiun Geibikei Stasiun Ichinoseki)

Image credit: East Japan Railway Company

Kala menuju Ichinoseki dari Geibikei, kamu tidak boleh melewatkan POKÉMON with YOU Train, kereta yang menggemaskan yang pastinya akan memberikan perasaan kehangatan.

Diluncurkan untuk memberikan hiburan kepada anak-anak, menyusul bencana gempa bumi dan tsunami yang merusak pada Maret 2011 silam, kereta ini di-makeover pada 2017 sebagai hiburan keluarga untuk bersenang-senang saat menuju ke destinasi mereka. Interior di dalamnya didesain dengan tokoh Pikachu yang ikonik, yang pastinya akan membuat siapapun terkesima.

Harga tiket: Gratis dengan JR EAST PAST, wajib melakukan pemesanan.

Menghabiskan malam di Kota Akita, atau memperpanjang masa tinggal kamu!

Menggunakan kereta api: Stasiun Ichinoseki → Stasiun Morioka (mengambil bagasi) → Stasiun Akita

Setelah puas berjalan-jalan, kamu bisa kembali ke Morioka untuk mengambil bagasi sebelum melanjutkan perjalanan ke Akita.

Namahage-kan
Image credit: ウィキ太郎 Wiki Taro

Pria-Pria dari Oga biasanya mengenakan topeng yang mengerikan dan baju tradisional yang dibuat dari jerami di malam Tahun Baru di Oga, ketika mengunjungi rumah-rumah sebagai bagian dari raiho-shin (ritual kunjungan para dewa dewi di topeng dan kostum). Acara ini sudah dimasukkan dalam daftar UNESCO Intangible Cultural Heritage (Warisan Budaya Tidak berwujud), yang menjadikan Namahage-kan (Museum Namahage, gambaran perwujudan iblis dalam cerita rakyat Jepang) sebagai destinasi wajib dikunjungi, itupun jika kamu berani!

Alamat: Mizukuisawa Kitaurashinzan, Oga, Prefektur Akita 010-0685, Jepang
Cara ke lokasi: Naik Namahage Shuttle dari pintu masuk timur Stasiun Akita dan turun di Shinzan area (pemesanan harus dilakukan)
Harga tiket: ¥540 untuk dewasa, ¥270 untuk pelajar

Lake Tazawa
Image credit: bryan…

Danau Tazawa, danau terdalam di Jepang, menampilkan perairan yang biru dan nuansa yang tenang, jauh dari keramaian. Kamu bisa menikmati danau dari kuil Goza no Ishi dengan torii (gerbang khas di Jepang, yang menjadi pintu masuk ke kuil Shinto) yang tinggi, menikmati pemandangan perairan dan patung Tatsuko yang terkenal di sisi timur danau, yang menceritakan kecantikan sejati dari seorang wanita.

Alamat: Tazawakokata, Semboku 014-1203, Prefektur Akita
Cara ke lokasi: Dari Stasiun Akita, pilih jalur Shinkansen JR Akita atau JR Tazawako untuk menuju ke Stasiun Tazawako, kemudian lanjutkan perjalanan menggunakan bis Ugokotsu Tazawako dan turun di Katajiri untuk melihat patung Tatsuko.
Harga tiket: Gratis!

Nyuto Onsen
Image credit: Tohoku x Tokyo

Jika kamu penggemar kolam air panas, kamu tidak akan melewatkan kesempatan mendatangi Nyuto Onsen. Nikmati kehangatan di sisa musim dingin di satu dari delapan ryokans dan kolam pemandian air panas, dimana setiap kolamnya memiliki sumber mata air dan kualitas air yang berbeda.

Alamat: Tazawako Tazawa, Semboku 014-1204, Prefektur Akita
Cara ke lokasi: Menggunakan bis Ugokotsu dari Stasiun JR Tazawako untuk menuju Nyuto Onsen dan berhenti di pemberhentian bis Kyukamura-mae (pemberhentian tergantung pada onsen yang dituju)
Harga tiket: ¥520-800 untuk tiket di siang hari, tergantung pada onsennya.

Makanan yang bisa dicoba

Nikmati kuliner khas Akita yang bakal menghangatkanmu!

Image credit: (dari kiri ke kanan) yoppy, katsuuu 44, オーイシ

Hangatkan diri dengan Kiritanpo-nabe, yang menghadirkan beras khas Akita, di mana berasnya ditumbuk, lalu dicetak menjadi tabung, kemudian dipanggang sebelum disajikan dalam sup lezat. Jika tertarik dengan hidangan ayam, Hinai Jidori khas Akita bisa menjadi pilihan dengan ayam yang begitu nikmat, yang bahkan bisa dimakan sebagai sashimi.

Iburigakko yang renyah adalah acar yang diasap dan menjadi kuliner wajib untuk dinikmati dalam tsukemono (sayuran khas Jepang), sementara sake khas Akita dibuat dari beras dan air suling dari daerah yang lebih kaya dan penuh rasa.

Hari keempat penggunaan Pass: Akita Kakunodate & Sungai Hinokinai Resort Kereta Shirakami Hiroshi Castle Park

Kakunodate Samurai Residence & Sungai Hinikonai

Menggunakan kereta api: Stasiun Akita → Stasiun Kakunodate

Image credit: Akita Prefecture

Kembali ke masa silam ketika samurai menguasai jalanan di bawah tangkai shidare-zakura (bunga sakura yang bermekaran) di Kakunodate Samurai Residences.

Kunjungi juga Festival Sakura Tahunan yang terbesar di Akita di istana kota dan nikmati banyak makanan lezat dan pertunjukan live, sekaligus kesempatan berjalan-jalan menikmati keindahan 400 pohon sakura di pinggiran Sungai Hinokinai.

Alamat: Higashikatsurakucho, Kakunodate Machi, Senboku-shi, Prefektur Akita
Stasiun terdekat: Stasiun JR Kakunodate
Cara ke lokasi: 15 menit berjalan kaki dari Stasiun JR Kakunodate
Harga tiket: Gratis!

Resort Kereta Shirakami (Stasiun Akita Stasiun Hirosaki)

Image credit: East Japan Railway Company

Setelah menikmati suasana di Kakunodate, kamu bisa kembali ke Stasiun Akita untuk naik Resort Shirakami Joyful Train. Kamu bisa melihat pemandangan pantai di Tohoku kala menuju Hirosaki.

Dengan interior yang asyik dan jendela yang lebar, bersiaplah untuk menikmati awan yang cerah dan pemandangan mengagumkan Samudera Pasifik, dan kamu bisa berselfie saat kereta berhenti di stasiun peristirahatan. Musik tradisional dan pertunjukan kesenian juga disajikan di sepanjang perjalanan untuk menambah pengalaman yang menakjubkan.

Harga tiket: Gratis dengan menggunakan JR EAST PAST, pemesanan wajib dilakukan

Hirosaki Castle Park

Menggunakan kereta api: Stasiun Akita → Stasiun Hirosaki

Image credit: Hirosaki City, JNTO

Setidaknya ada 2,600 pohon sakura yang terdapat di Hirosaki Castle Park yang menjadikan tempat ini masuk dalam daftar 100 Tempat Terbaik Di Jepang Untuk melihat Bunga Sakura. Mulai dari berkeliling istana, seru-seruan di festival (yang digelar pada akhir April hingga pertengahan Mei setiap tahunnya), atau sekadar bersantai menikmati pemandangan dan kolam yang ada sudah menjadi kegiatan yang asyik di sini.

Alamat: 1 Shimoshirohane-cho, Hirosaki-shi, Prefektur Aomori
Stasiun terdekat: Stasiun JR Hirosaki
Cara ke lokasi: 15 menit perjalanan dengan bis dari Stasiun JR Hirosaki
Harga tiket: Gratis!

Menghabiskan malam di Hirosaki atau Aomori, atau memperpanjang masa tinggal kamu!

Menggunakan kereta api: Stasiun Hirosaki → Stasiun Aomori

Terlepas apakah akan menghabiskan malam di Hirosaki atau Aomori, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk menjelajah Aomori.

Oirase Keiryu
Image credit: Yuichi Kosio

Air yang mengalir di Oirase Keiryu, adalah aliran sungai dari pegunungan di tengah semak, di mana kamu bisa menemukan air terjun Choshi Otaki.

Kamu bisa mengikuti aliran sungai, atau menuju ke Resort Yakeyama untuk mengikuti tur melihat aliran sungai. Aliran ini berakhir di Danau Towada, danau indah yang juga memiliki layanan cruise menikmati pemandangan danau.

Alamat: 183 Tochikubo, Okuse, Towada-shi, Aomori-ken
Cara ke lokasi: Dari Stasiun JR Aomori atau Stasiun JR Shin-Aomori, kamu bisa menggunakan bis JR Tohoku, Mizuumi, naik gratis bagi pengguna JR EAST PAST
Harga tiket: Gratis!

Makanan yang bisa dicoba

Image credit: Aomori Maguro (kiri), Jennifer (kanan)

Mutsu Bay memiliki lokasi yang ideal untuk memberikan kesempatan kepada semua orang untuk menikmati beragam seafood segar yang baru turun dari kapal. Kamu bisa menikmati Oma Tuna (tuna sirip biru dari Pasifik), scallops dan beragam kaisen (seafood) yang dijual di restoran dan pasar di berbagai kota seperti Aomori dan Oma.

Hari kelima penggunaan Pass: Hirosaki Nebuta Wasse Pasar Seafood Furukawa (Nokke Don) Tokyo

Hirosaki Castle Park

Image credit: JNTO, Hirosaki City

Jika hari sebelumnya terlalu padat, kembali ke Hirosaki Castle Park di pagi hari bisa menjadi opsi untuk mendapatkan momen yang lebih tenang.

Kamu bisa menuju ke Desa Tsugaru-han Neputa untuk menikmati Festival terkenal Hirosaki, yaitu Festival Neputa. Kamu juga bisa mencoba membuat kerajinan tsugaru, atau menikmati tsugaru shamisen (genre musik Jepang). Di dekat, Fujita Memorial Garden terdapat taman yang menawarkan pesona lanskap khas Jepang, juga beberapa gedung yang menarik seperti rumah untuk upacara minum teh dan Western House yang bergaya.

Nebuta Warasse

Image credit: Yoshio Kohara

Mengapa tidak menghidupkan kembali festival Nebuta Matsuri dari musim semi di Nebuta Warasse yang spesial, yang memiliki empat pelampung berwarna-warni yang luas? Kamu bisa mendapatkan pengalaman ambil bagian dalam festival ini sekaligus belajar mengenai sejarah dan Noh papering (proses pembuatan pelampung).

Alamat: 1 Chome-1-1 Yasukata, Aomori, Prefektur Aommori 030-0803, Jepang
Cara ke lokasi: Berjalan kaki dari Stasiun Aomori
Harga tiket: ¥600 untuk dewasa, ¥250-450 untuk pelajar

Pasar Seafood Furukawa (Nokke Don)

Image credit: sodai gomi

Pilih sendiri seafood favorit kamu untuk nokke don (DIY seafood rice bowl) di Pasar Ikan Furukawa, di mana sistem kupon membolehkan kamu mengatur sendiri bahan untuk ajian kamu dari beragam konter yang ada. Kamu juga bisa mendapatkan gratis teh dan air minum di area duduk khusus.

Alamat: 1-11-16 Furukawa, Kota Aomori, Aomori
Cara ke lokasi: Nebuta Warase berlokasi dekat dari stasiun Aomori dan bisa ditempuh dengan jalan kaki
Harga tiket: Gratis!

Kembali naik Shinkansen untuk kembali ke Tokyo dan tuntaskan petualangan kamu di Tohoku!

Image credit: Miyagi Prefecture

Wilayah Tohoku adalah tempat di mana warga lokal hidup dengan menjaga kearifan lokal, tradisi dan juga alam yang natural. Selain keindahan pemandangan saat bunga sakura mekar dan keistimewaan panorama alam yang cantik, Tohoku juga menyajikan pesona bagaimana warga di wilayah ini bisa beradaptasi pada iklim yang keras dan mengembangkan gaya hidup yang sesuai.

Dengan JR EAST PAST, kamu tidak hanya bisa mencapai tempat ini dengan menggunakan beragam opsi shinkansen dan kereta api yang tersedia, tapi juga menghemat pengeluaran untuk transportasi hingga ¥58,140 untuk perjalanan ini!

Penggunaan Pass Perjalanan menggunakan kereta api Biaya dari satu titik ke titik pemberhentian lain
Hari Pertama Tokyo – Fukushima ¥8,950 JPY
Fukushima – Koriyama – Miharu ¥3,300 JPY
Miharu – Koriyama – Sendai ¥5,380 JPY
Hari Kedua Sendai – Fukushima ¥3,680 JPY
Toreiyu Tsubasa (Fukushima – Yamagata) ¥3,190 JPY
Yamagata – Sendai – Funaoka ¥1,660 JPY
Funaoka – Sendai – Morioka ¥6,780 JPY
Hari Ketiga Morioka – Kitakami ¥3,200 JPY
Kitakami – Ichinoseki – Geibikei ¥3,500 JPY
POKÉMON with YOU Train (Geibikei – Ichinoseki) ¥1,020 JPY
Ichinoseki – Morioka – Akita ¥8,010 JPY
Hari Keempat Akita – Kakunodate ¥3,020 JPY
Kakunodate – Akita ¥3,020 JPY
Resort Shirakami (Akita – Hirosaki) ¥4,950 JPY
Hari Kelima Hirosaki – Aomori – Tokyo ¥17,480 JPY
Total: ¥77,140 JPY
Biaya untuk JR EAST PAST: ¥19,000 JPY
Hemat dari penggunaan JR EAST PAST: ¥58,140 (IDR 7,460,000)

(Perkiraan biaya tiket, termasuk biaya pemesanan kursi, dari www.hyperdia.com)

Selain mendapatkan pengalaman spesial naik JR East Joyful Trains, kamu juga bisa menikmati fleksibilitas dalam rencana perjalanan kamu, karena kamu bisa memperpanjang masa tinggi di kota yang kamu suka tanpa harus khawatir ketinggalan kereta.

Pass ini menjadi cara terbaik bepergian menikmati pemandangan di Tohoku!

Tahukah kamu ada jalur kereta di wilayah spesifik yang paling hemat dibanding JR Pass Standar?

JR EAST PAST (Tohoku area) menawarkan UNLIMITED RIDES di semua JR East Rail Lines di area yang sudah ditentukan, dan ini juga berlaku untuk Narita Express dari dan ke Bandara Narita, Tokyo Monorail dari dan ke Bandara Haneda, dan semua jalur Shinkansen.

Kamu juga bisa mendapatkan tumpangan gratis Joyful Trains dengan menggunakan JR EAST PAST! Gali informasi lebih lengkapnya di sini.

Kamu bisa melakukan pemesanan di awal hingga satu bulan sebelum keberangkatan – kamu bakal membutuhkannya, terutama saat puncak musim liburan!

Pass ini berlaku untuk lima hari dalam rentang waktu periode 14 hari setelah pembelian dan kamu bisa mendapatkannya di Jepang atau melalui agen penjualan berlisensi.

Psst! Pass ini ¥1,000 lebih murah jika kamu membelinya di agen perjalanan!

Hubungi biro perjalanan di bawah ini untuk membeli JR EAST PAST (Tohoku area) kamu dan bawa dirimu menikmati keindahan di musim mekarnya bunga sakura!

 

H.I.S Tours & Travel
Tel: 021-5741701
Website

Wendy Tour
Tel: 021-29426820
Website


Dwidaya Tour
Website
Smailing Tour
Website
Golden Rama Tours & Travel
Website
TX Travel
Website
Bayu Buana Travel Services
Website
Antavaya Tour
Website
Wita Tour
Website
Panorama JTB
Website

 


Dipersembahkan oleh JR East (East Japan Railway Company).

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru