Wajib Diisi Sebelum Perjalanan Dilakukan, Begini Cara Mengisi eHAC Indonesia Di Aplikasi PeduliLindungi!

Bagi yang doyan jalan-jalan di masa pandemi Covid-19 dalam setahun terakhir pasti sudah familiar dengan aplikasi eHAC Indonesia. Biasanya, pelaku perjalanan mengisi formulir yang tersedia di aplikasi tersebut setibanya di destinasi tujuan. Namun, pemerintah mengeluarkan aturan baru dengan mewajibkan pelaku perjalanan domestik untuk mengetahui cara mengisi eHAC Indonesia di aplikasi PeduliLindungi dan memastikan mengisinya sebelum keberangkatan. Aturan ini akan mulai berlaku efektif pada 3 Maret 2022.

eHAC, kependekan dari electronic Health Alert Card, merupakan kartu kesehatan untuk semua pelaku perjalanan domestik dan internasional selama periode pandemi Covid-19 yang masih berlaku sampai saat ini. Aplikasi eHAC Indonesia saat ini sudah terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi, yang mempermudah proses pengecekan status kelayakan perjalanan oleh petugas.

Dalam aturan yang baru, seperti diungkapkan Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan, Setiaji, dalam keterangan tertulis, seperti dikutip dari Tempo.co, Selasa (1/3), pelaku perjalanan diwajibkan mengisi eHAC di aplikasi PeduliLindungi sebelum melakukan check-in di bandara, atau paling cepat satu hari sebelum jadwal keberangkatan.

Namun, sebelum melakukan pengisian, pelaku perjalanan wajib melakukan pembaharuan aplikasi PeduliLindungi ke versi terbaru. Karena perubahan tersebut, proses pengecekan status kelayakan terbang juga mengalami perubahan, di mana pemeriksaan akan dilakukan di bandara keberangkatan, dari yang sebelumnya dilakukan di bandara kedatangan.

Cara mengisi eHAC Indonesia di aplikasi PeduliLindungi

Bagi yang belum mengetahui cara mengisi eHAC Indonesia di aplikasi PeduliLindungi, langkah-langkahnya bisa dilihat di bawah ini:

  • Langkah pertama adalah memastikan aplikasi PeduliLindungi ada di smartphone kamu. Jika belum, kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut di PlayStore atau AppStore. Jika sudah, pastikan kamu memperbarui aplikasi PeduliLindungi dengan update terbaru.
  • Berikutnya, kamu harus membuat akun PeduliLindungi bagi yang belum memiliki akun, atau melakukan login bagi yang sudah memiliki akun tersebut.
  • Setelah login, akan ada tampilan awal yang memunculkan sejumlah fitur, dan salah satunya adalah eHAC. Kamu bisa mengklik ikon eHAC tersebut.
  • Akan ada sejumlah opsi yang muncul, dan kamu bisa memilih “Buat eHAC”
  • Jika perjalanan yang akan dilakukan merupakan perjalanan domestik, kamu bisa memilih “Domestic” dan apabila perjalanan yang akan dilakukan merupakan perjalanan dari luar negeri menuju ke Indonesia, maka pilih “International”
  • Setelahnya kamu bisa memilih pintu masuk ketika perjalanan dilakukan. Pilih “By Air” jika melalui udara, “By Sea” jika melalui laut atau “By Land” jika melalui darat.
  • Kamu juga harus mengisi data personal di kolom “Personal Detail”, yang didalamnya mencantumkan kewarganegaraan, nama lengkap, NIK, jenis kelamin, tanggal lahir dan tujuan perjalanan.
  • Setelah selesai, kamu bisa mengklik “Next”.
  • Kamu akan diminta mengisi Data Perjalanan sesuai dengan pilihan transportasi yang digunakan, seperti nama maskapai, nomor penerbangan dan nomor tempat duduk, nama bandara asal dan tujuan jika kamu melakukan perjalanan melalui udara, dan seterusnya.
  • Kamu juga akan diminta mengisi kolom Destinasi, mulai dari Provinsi Asal, Provinsi Tujuan dan detail alamat.
  • Setelah semua kolom terisi dan dilengkapi, kamu bisa mengklik “Next” dan melakukan konfirmasi di halaman terakhir.
  • Setelahnya kamu akan mendapatkan QR Code dari eHAC di aplikasi PeduliLindungi untuk bisa ditunjukkan ke petugas.

Baca juga: Syarat Naik Pesawat 2022, Aturan Lengkapnya Bisa Dilihat Di Sini!

Jadi, sudah tahu cara mengisi eHAC Indonesia di aplikasi PeduliLindungi, kan? Sudah tahu juga kapan harus mengisi dan menunjukkannya? Selain mematuhi semua syarat perjalanan yang sudah ditentukan, penting untuk kamu mengikuti vaksinasi Covid-19 untuk bisa terlindung dan melindungi orang di sekitar kamu.

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru