14 Danau Di Atas Gunung Yang Harus Dikunjungi Para Pendaki

Indonesia adalah negara yang dikenal memiliki banyak gunung api. Terletak di lingkaran cincin api, kedahsyatan letusan gunung api di Indonesia terkenal hingga ke mancanegara. Namun siapa sangka tersembunyi objek wisata menakjubkan yaitu danau yang sangat indah di atas gunung tersebut. Pegunungan yang membentang di sepanjang kepulauan Indonesia menyimpan banyak pesona tersembunyi yang menunggu untuk dieksplorasi.

Kendati hingga kini kita masih banyak mendengar kejadian letusan gunung berapi, jangan sampai hal itu menyurutkan minat untuk menjelajahi pegunungan di Indonesia. Pasalnya, pemandangan danau yang ada di pegunungan sangat mengesankan, ada yang berkesan mistis dan unik. Jerih payah kita akan terbayar begitu menemukan danau-danau ini, dan segala kengerian yang kita bayangkan akan hilang terganti dengan kekaguman. Di bawah ini kamu bisa melihat banyak danau di atas gunung yang menarik dan menunggu untuk dijelajahi!

Baca juga: 13 Danau Terindah Di Indonesia Yang Harus Kamu Kunjungi

1. Bagi pecinta gunung sejati – Danau Larson

Jika kamu mengaku petualang sejati dan sudah berpengalaman mendaki gunung, tidak ada salahnya mencoba menyambangi Danau Larson. Danau ini terletak di Pegunungan Jayawijaya, Papua dan berada di ketinggian sekitar 4000 mdpl. Danaunya cantik sekali, tapi jangan lupa kita harus melengkapi diri dengan peralatan yang memadai supaya tetap aman, ya!

Image credit: @yusman_syahar

Kamu dapat melihat banyak burung belibis di permukaan air danau ini. Danau di atas gunung ini benar-benar menjadi pelepas lelah yang luar biasa bagi pendaki yang menuju ke puncak Carstenz.

Lokasi: Pegunungan Jayawijaya, Papua
Harga tiket: bervariasi

2. Kepuasan yang tidak tergantikan – Danau Habema

Danau Habema terletak di kaki Gunung Trikora di Kabupaten Jayawijaya, Papua. Nama asli danau ini adalah danau Yuginopa. Kata Habema berasal dari Letnan Habema, seorang perwira Belanda yang mengawal perjalanan ke puncak Trikora di tahun 1909.

Image credit: Bayu Winata

Berada di ketinggian sekitar 3300 mdpl dan seringkali disebut sebagai danau di atas awan, keindahan pemandangan danau Habema membuat kita seolah-olah tidak sedang berada di Indonesia. Jika ingin berkunjung ke Danau Habema, disarankan untuk datang pada pagi hari dan saat cuaca cerah. Saat seperti ini, kamu bisa lebih leluasa menangkap keindahannya karena tidak terhalang kabut.

Lokasi: Gunung Trikora, Papua
Harga tiket: bervariasi

3. Bukan untuk mabuk-mabukan – Danau Mabuk

Danau di atas Gunung Masurai, Jambi ini berada di ketinggian 2533 mdpl. Letaknya masih di dalam kompleks Taman Nasional Kerinci Seblat. Meskipun jalur menuju danau ini cukup sulit, rasa lelah kamu akan terbayar dengan keindahan panoramanya. Bahkan jika air tidak pasang, pendaki dapat bermalam di sekitar Danau Mabuk ini.

Image credit: @rizky.fadli

Gunung Masurai sendiri adalah gunung api yang sudah tidak aktif, dan dapat menjadi pilihan yang bagus bagi para pendaki. Bisa membayangkan keseruannya saat bangun pagi disambut pemandangan danau yang indah?

Lokasi: Gunung Masurai, Jambi
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

4. Keajaiban si tiga warna – Danau Kelimutu

Danau ini sangat tersohor dan kita dapat menjumpai gambarnya di lembaran uang pecahan 5,000 IDR. Letak danau ini ada di dalam kawasan Taman Nasional Kelimutu di Ende. Akses menuju danau ini sudah baik dan cocok bagi pendaki pemula. Tiga warna danau ini mempunyai nama dan makna yang berbeda-beda.

Image credit: @lingkar_ntt

Danau berwarna biru dinamai Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, dianggap sebagai tempat jiwa muda yang meninggal berkumpul. Danau berwarna merah bernama Tiwu Ata Polo, adalah tempat jiwa orang yang selama hidupnya melakukan kejahatan. Sedangkan danau berwarna putih adalah Tiwu Ata Mbupu, yaitu tempat berkumpul jiwa orang tua yang meninggal. Kamu juga bisa melihat gerombolan monyet, yang dianggap sebagai penunggu tebing. Jadi jangan terkejut dengan kehadiran mereka di sana, ya!.

Lokasi: Gunung Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur
Harga tiket: 20,000 IDR per orang

5. Seindah tempat bersemayam para dewi – Danau Talago Dewi

Danau di atas gunung ini merupakan kawah yang berisi air yang dapat diminum. Letaknya dekat dengan puncak Gunung Singgalang, sehingga tentu saja wajib dikunjungi oleh pendaki. Berada di ketinggian sekitar 2760 mdpl, danau ini juga sesuai untuk dijadikan tempat bermalam sebelum menuju ke puncak.

Image credit: @naufal_dedi

Danau ini juga dikelilingi oleh tumbuhan cantigi dengan dahan meliuk-liuk. Unik dan cantik, sehingga tidak salah jika danau ini disebut sebagai Ranu Kumbolo-nya Sumatera Barat.

Lokasi: Gunung Singgalang, Sumatera Barat
Harga tiket: 7,000 IDR per orang

6. Tiga Ranu Di Semeru

a. Si masyhur dari Jawa Timur – Ranu Kumbolo

Danau yang satu ini sangat terkenal di kalangan para pendaki. Bahkan tidak sedikit pendaki yang datang ke Gunung Semeru karena tergoda ingin menikmati sensasi bermalam di tepi Ranu Kumbolo. Pemandangan di sini, terutama saat matahari terbit maupun tenggelam, memang sangat ciamik dan menjadi sasaran bagi para fotografer.

Image credit: @beatrixscolastika

Ranu sendiri berarti danau, dan air tawarnya dapat kita konsumsi. Namun persiapkan dirimu jika ingin bermalam di sini karena pada malam hari suhu udaranya dapat mencapai minus lima derajat celcius.

Lokasi: Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur
Harga tiket: 10,000 IDR per orang

b. Danau di salah satu desa tertinggi di Indonesia – Ranu Pani

Danau ini masih terletak di dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dengan ketinggian sekitar 2100 mdpl. Jika kamu ingin bermalam di sini, fasilitas yang disediakan sudah lengkap mulai dari homestay, pemandu maupun peralatan kemping. Ranu Pani ini berlokasi di desa yang merupakan pos terakhir sebelum menuju puncak Gunung Semeru.

Image credit: @r_farrakhan

Mayoritas penghuni desa di sekitar Ranu Pani adalah masyarakat Tengger. Mereka sangat ramah dan kamu bisa menambah wawasan sejarah jika menginap bersama penduduk disini.

Lokasi: Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur
Harga tiket: 19,000 IDR per orang

c. Saudara yang tidak kalah cantiknya – Ranu Regulo

Berdekatan dengan Ranu Pani, kamu bisa menemui Ranu Regulo yang berada di ketinggian sekitar 2100 mdpl. Wisatawan dapat memancing di danau ini dan juga berkemah. Jangan lupa menyiapkan perlengkapan yang memadai karena suhu di Ranu Regulo ini juga dingin, bisa mencapai minus empat derajat celcius. Pada bibir danau ini, kamu juga dapat melihat tanaman yang dibudidayakan yaitu anggrek hijau.

Image credit: @yossia_ania

Jalan menuju danau ini mudah untuk dilalui. Pemandangan yang ada di sini pun tidak kalah menarik, terutama pada saat matahari terbit.

Lokasi: Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur
Harga tiket: 19,000 IDR per orang

Baca juga: Tiket Masuk Gunung Bromo Dan Gunung Semeru Alami Kenaikan

7. Danau di trek terpanjang Jawa – Danau Taman Hidup

Danau ini berada di trek pendakian Gunung Argopuro dan seakan menjadi objek wisata yang wajib untuk dikunjungi oleh para pendaki. Jika ingin melewati danau ini, ambillah jalur pendakian melewati Desa Bremi! Banyak cerita mistis yang melingkupi danau ini, salah satunya adalah bahwa danau ini menjadi tempat favorit Dewi Rengganis, putri dari Kerajaan Majapahit.

Image credit: @songkosongkro

Jika berkunjung ke Danau Taman Hidup ini, kamu bisa menemukan sebuah dermaga kayu tua di sini. Spot ini jadi tempat favorit para pendaki untuk mengabadikan momen karena sangat instagramable.

Lokasi: Gunung Argopuro, Jawa Timur
Harga tiket: 20,000 IDR per orang per hari

8. Danau tersembunyi di Jawa Barat – Danau Ciharus

Danau yang terletak tepat di perbatasan antara Bandung Selatan dengan Garut ini kerap dijuluki sebagai Ranu Kumbolo-nya Jawa Barat. Jika masuk dari lintasan Gunung Rakutak, kita dapat mencapainya dengan cara trekking menyusuri jalur yang terdiri dari kombinasi antara ladang warga, jalan setapak yang naik turun hingga menyusuri aliran sungai kecil berbatu dengan kedalaman bervariasi mulai dari semata kaki hingga betis. Setelah perjalanan yang cukup menguras tenaga selama kurang lebih tiga jam, kamu akan disuguhi keindahan Danau Ciharus yang luas dan tenang memantulkan keindahan pemandangan di sekitarnya.

Image credit: @catatan_sibungsu

Keeksotisan danau ini semakin bertambah jika kita memutuskan untuk menghabiskan malam dengan berkemah di sekitarnya. Saat pagi menjelang, pemandangan danau dengan permukaannya yang diselimuti kabut akan menyapa mata kita.

Lokasi: Desa Neglasari, Kecamatan Ibun, Bandung, Jawa Barat.
Harga tiket: bayar penitipan kendaraan, jika memakai pemandu warga lokal biaya sesuai kesepakatan.

9. Danau yang dikelilingi tujuh gunung – Danau Gunung Tujuh

Danau yang berada di ketinggian 1950 mdpl ini terletak di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Dinamakan Danau Gunung Tujuh karena letaknya yang dikelilingi oleh tujuh gunung yaitu Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Madura Besi, Gunung Lumut, Gunung Selasih, Gunung Jar Panggang dan yang terakhir Gunung Tujuh. Untuk mencapainya, kita bisa memulai perjalanan dari pos jaga di Desa Pelompek.

Image credit: @rangga_saputra09

Dengan waktu tempuh sekitar empat jam, yang rasanya tidak seberapa jika dibanding dengan pemandangan yang akan kita dapatkan ketika kita sampai di danau, yang masuk kedalam salah satu jajaran danau tertinggi di Indonesia ini. Selain berkemah di sisi danau, kita juga bisa menyewa perahu dari nelayan setempat untuk sekedar berkeliling atau bahkan memancing ikan.

Lokasi: Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Jambi.
Harga tiket: Hari biasa 5,000 IDR per orang, hari libur 7,500 IDR per orang.

10. Danau menawan di Nusa Tenggara Barat – Danau Segara Anak

Bagi mereka yang pernah mendaki Gunung Rinjani mungkin sudah tidak asing lagi dengan Danau Segara Anak. Danau vulkanik yang terletak di ketinggian sekitar 2000 mdpl ini merupakan tempat yang wajib dikunjungi para pendaki Gunung Rinjani. Rasa lelah yang didapat setelah berjalan kaki selama kurang lebih sembilan jam terasa sirna ketika melihat keindahan Danau Segara Anak.

Image credit: @suga_milan

Salah satu keunikan danau ini adalah danau ini menjadi habitat dari berbagai jenis ikan air tawar seperti ikan mas, ikan nila dan ikan mujair berkat sirkulasi airnya yang baik. Padahal danau ini berjenis danau vulkanik yang berasal dari kaldera gunung berapi. Di sekitar Danau Segara Anak juga terdapat beberapa mata air panas yang sering digunakan para pendaki untuk berendam untuk meredakan rasa lelah.

Lokasi: Desa Sembalun, Lawang, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Harga tiket: untuk wisatawan lokal hari biasa 5,000 IDR per hari, hari libur 7,500 IDR per hari, untuk wisatawan asing hari biasa 150,000 IDR per hari, hari libur 250,000 IDR per hari.

11. Keindahan warna yang menyegarkan mata – Telaga Warna Dieng

Dataran Tinggi Dieng memang tidak ada habisnya memberi suguhan bagi para pengunjungnya. Selain terkenal akan hawa sejuknya, Dieng juga menawarkan keindahan pemandangan matahari terbit dari puncak Gunung Prau maupun Bukit Sikunir, beraneka candi, festival budaya serta kuliner dan oleh-oleh khasnya.

Image credit: @novemlawalata

Keunikan lain dari Dieng berupa sebuah telaga yang warnanya bisa berubah-ubah seiring dengan paparan sinar matahari yang menimpanya. Hijau, kuning, kebiruan atau terkadang kombinasi dari ketiganya sekaligus. Dengan akses yang mudah dan harga tiket masuk yang cukup terjangkau, rasanya tidak lengkap jika kita meninggalkan Dieng tanpa melihat keindahan Telaga Warna.

Lokasi: Desa Dieng, Kecamatan Kejajar, Pulau Wonosobo, Jawa Tengah.
Harga tiket: untuk wisatawan lokal, hari biasa 12,500 IDR per hari, hari libur 15,000 IDR per hari, untuk wisatawan asing hari biasa 100,000 IDR, hari libur 150,000 IDR.

12. Keindahan Sulawesi yang tidak boleh dilewatkan – Danau Tanralili

Lereng Gunung Bawakaraeng menyimpan surga tersembunyi yang mulai menarik minat banyak orang untuk menikmatinya. Berawal dari bencana longsor besar di lereng Gunung Bawakaraeng tahun 2003 lalu, terbentuklah Danau Tanralili.

Image credit: @asriadi935

Danau yang seakan dibentengi pegunungan berwarna hijau ini menjadi magnet bagi para penikmat alam untuk berkemah di sekelilingnya. Untuk mencapainya diperlukan perjalanan naik turun melewati bukit dan lembah selama kurang lebih tiga jam. Selama perjalanan kamu akan dimanjakan dengan dengan pemandangan bukit-bukit hijau yang menyejukkan mata. Di sekitar danau terdapat beberapa air terjun beraneka ukuran yang juga bisa kita nikmati hanya dengan trekking singkat.

Lokasi: Desa Manimbahoi, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.
Harga tiket: Rp.5.000 per orang.

Baca juga: Rekomendasi 10 Gunung Untuk Pendaki Pemula Di Indonesia

Selain yang ada dalam daftar di atas, masih banyak danau di atas gunung lainnya di Indonesia yang bisa kamu kunjungi. Ayo kita mulai menjelajah gunung-gunung di Indonesia!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru