Tiket Masuk Gunung Bromo Dan Gunung Semeru Alami Kenaikan

Kabar penting buat kamu yang berencana untuk plesiran ke Gunung Bromo dan Gunung Semeru. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memutuskan menaikkan harga tiket masuk Gunung Bromo dan Gunung Semeru per 1 Juni 2019.

Kenaikan harga tiket masuk ini terjadi merupakan imbas dari naiknya premi asuransi untuk wisatawan lokal. Dengan demikian, tarif masuk ke kawasan TNBTS meningkat sebesar 1,500 IDR dari harga tiket sebelumnya.

Mulai 1 Juni 2019, tiket masuk Gunung Bromo untuk wisatawan lokal berubah menjadi 29,000 IDR pada hari kerja, sedangkan untuk hari libur menjadi 34,000 IDR. Sementara untuk tiket masuk Gunung Semeru berubah menjadi 19,000 IDR pada hari kerja dan 24,000 IDR pada hari libur.

Perubahan harga tiket masuk Gunung Bromo juga berlaku untuk wisatawan mancanegara. Untuk tiket masuk Gunung Bromo menjadi 220,000 IDR untuk hari kerja dan 320,000 IDR untuk hari libur, sedangkan tiket masuk Gunung Semeru berubah menjadi 210,000 IDR di hari kerja dan 310,000 IDR di hari libur.

Naiknya premi asuransi juga ikut mempengaruhi jumlah santunan yang diterima wisatawan jika mengalami kecelakaan. Bagi korban kecelakaan yang meninggal dunia akan mendapat 75,000,000 IDR dari yang sebelumnya 60,000,000 IDR. Sementara untuk perawatan karena kecelakaan, yang sebelumnya mendapatkan 6,000,000 IDR, berubah menjadi 7,500,000 IDR.

Kunjungan Ke Gunung Bromo Diperkirakan Naik Usai Lebaran

Sementara itu, bagi yang berencana untuk menikmati pemandangan alam di Gunung Bromo, kemungkinan harus berhadapan dengan lautan massa yang cukup besar karena diprediksi akan ada lonjakan pengunjung usai lebaran.

Hal itu diungkapkan Ketua Persatuan Hotel Dan Restoran Indonesia (PHRI) Probolinggo, Digdoyo Djamaluddin, menanggapi potensi kunjungan ke Gunung Bromo setelah bulan Ramadhan 2019.

Image credit: @hasyimart_

“Kalau sudah puasa memang tingkat kunjungan wisatawan anjlok, namun tingkat kunjungan ke Bromo akan naik lagi setelah lebaran Idul Fitri,” ujarnya seperti dikutip JatimNow.

Gunung Bromo saat ini juga masih berstatus waspada level II dan wisatawan diminta untuk tetap menjaga keselamatan dengan tidak mendekati kawah dengan radius satu kilometer, sesuai arahan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Gunung (PVMBG).

Baca juga: 6 Hotel Di Bromo Dengan View Yang Mengesankan

Jadi, kapan kamu berencana berkunjung ke Gunung Bromo atau Gunung Semeru?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru