Destinasi Wisata Belanja Dunia Yang Wajib Dikunjungi Para Shopaholic

Liburan tanpa aktivitas belanja rasanya ada yang kurang, ya kan? Entah untuk membeli oleh-oleh atau memang datang untuk mendapatkan barang yang khusus, belanja di destinasi wisata tertentu menjadi kegiatan yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Pun demikian saat wisata ke luar negeri, ada banyak item barang yang bisa kamu dapatkan, dan mungkin tidak ada di Indonesia, yang menjadikan barang buruan kamu menjadi lebih spesial. Asyiknya, ada banyak destinasi wisata belanja di dunia ini yang bisa kamu datangi. Dengan kondisi pandemi Covid-19 yang menerpa dunia sekarang ini, mengapa tidak mereview destinasi wisata belanja yang ada di segala penjuru dunia, sehingga ketika momen liburan di luar negeri kembali memungkinkan, kamu bisa tahu kemana harus menuju? Cekidot daftarnya di sini, ya!

Asia

1. Tokyo, Jepang

Langsung saja menuju pusat kota Tokyo, di mana kamu bakal banyak menemukan destinasi wisata belanja yang menarik untuk dikunjungi di dunia ini. Sebut saja toko diskon Shibuya Mega Donki yang tersebar di sejumlah lokasi, atau Isetan in Shinjuku, gedung delapan tingkat dengan luas dua blok jalan. Ada banyak jenis barang yang bisa kamu dapatkan, dari kosmetik, produk fesyen hingga gadget. Toko BIG Camera dan Yamada Denki LABI Ikebukuro juga menarik untuk dikunjungi bagi pecinta gadget. Jangan lewatkan juga berkunjung ke UNIQLO di markasnya langsung.

2. Seoul, Korea Selatan

Tidak hanya mendapati sejumlah lokasi syuting K-Drama, kamu juga bisa menobatkan Seoul sebagai salah satu destinasi wisata belanja terbaik di dunia. Myeongdong menjadi salah satu destinasi yang bisa dikunjungi untuk mendapatkan skincare dan peralatan kecantikan lainnya, pun produk fesyen lainnya. Sementara di Namdaemun Market dan Goto Mall, kamu bisa berburu produk fesyen. Ingin hasil kerajinan unik dan lucu, Insadon dan Samcheongdong adalah tujuan kamu.

3. Hong Kong

Causeway Bay menjadi wilayah yang harus dikunjungi jika kamu tertarik dengan banyak pilihan produk yang bisa kamu dapatkan, dari baju hingga pernak-pernik lucu. Ada banyak mall, butik hingga toserba yang bisa dikunjungi. Kamu juga bisa menemukan pedagang kaki lima yang menjual produk tidak biasa dan unik di kawasan ini.

Sementara yang ingin produk berkelas, langsung saja menuju ke Central di mana kamu bisa mendapati butik yang menjual produk branded seperti Gucci, Prada, Chanel hingga Burberry. Ingin mendapatkan barang dengan harga miring, Mong Kok, Stanley Market, Hollywood Road dan Cat Street Bazaar adalah destinasi yang bisa kamu tuju. Yang ingin berburu gadget, Apliu Street dan Sham Shui Po adalah tujuan kamu.

4. Bangkok, Thailand

Sengaja ingin belanja di Bangkok, mall belanja MBK adalah destinasi yang bisa dituju. Mulai dari produk branded dan berkelas hingga kerajinan minimalis dengan harga miring bisa kamu dapatkan di sini. MBK juga punya versi minimalisnya, yaitu Chatuchak Weekend Market, di mana kamu bisa mendapatkan barang-barang murah, unik dan lucu untuk dibawa pulang.

5. Dubai, Uni Emirat Arab

Salah satu kelebihan belanja di Dubai adalah bebas pajak. Turis bisa mendapatkan refund pajak belanja pada barang yang dibeli di toko-toko resmi dan mall di Dubai, dengan catatan harus belanja dengan minimal 1,000,000 IDR setiap pembayaran.

Destinasi wisata belanja di Dubai yang bisa dikunjungi antara lain The Dubai Mall, yang memiliki lebih dari 1,200 toko dan langsung terhubung dengan sejumlah hotel. Selain itu ada juga Mall of the Emirates yang megah dan super luas dengan berbagai wahana bermain seperti gunung es buatan di dalamnya, sehingga pengunjung bisa menikmati suasana musim dingin. Yang ingin berburu produk fesyen, Bur Dubai Souk dan Karama Shopping Complex adalah tujuan kamu!

Amerika Serikat

6. Los Angeles

destinasi wisata belanja dunia

Ada yang menyebut Los Angeles sebagai surganya destinasi wisata belanja dunia. Maklum saja, banyak tempat belanja yang bisa dikunjungi untuk mendapatkan barang-barang berkualitas dan berkelas, seperti The Grove yang ikonik, The Citadel hingga Rodeo Drive. Sementara yang ingin mendapatkan produk ala Bohemian, Abbot Kinney Boulevard menjadi jujukan kamu. Sedangkan untuk pasar barang bekas, Santee Alley adalah tujuannya. Jangan takut untuk menawar, ya!

7. New York

destinasi wisata belanja dunia

Banyak sekali destinasi wisata belanja di New York untuk dikunjungi, dan kamu pasti bingung harus memulai dari mana. Times Square bisa menjadi titik start yang pas untuk berburu banyak hal, termasuk produk fesyen, toko souvenir hingga spot Instagrammable. Di kawasan ini kamu juga bisa menemukan M&M’s World dan NBA Store, atau Macy’s Herald Square. Untuk melengkapi wisata belanja di New York, SoHo, Fifth Avenue dan Madison Avenue juga harus disambangi!

Eropa

8. Wina, Austria

Image credit: Jacek Dylag

Wina menawarkan banyak hal, dari keajaiban budaya hingga destinasi wisata belanja dunia yang aduhai istimewa. Banyak barang premium yang bisa kamu dapatkan di official store seperti Kohlmarkt, The Graben dan Kärntner Straße, di mana kamu bisa menemukan produk seperti Cartier, Longchamp dan Swarovski. Tapi untuk mendapatkan produk murah berkualitas di Wina, Naschmarkt adalah destinasi yang harus dituju. Asyiknya, tiap akhir pekan, pasar ini juga menjual barang bekas berkualitas, lho!

9. London, Inggris

destinasi wisata belanja dunia

Mencoret London dari destinasi wisata belanja dunia adalah kesalahan besar. Ada banyak lokasi yang dikunjungi Crazy Rich Indonesian untuk menghabiskan pundi-pundi uang guna memenuhi hasrat berbelanja. Oxford Street, jalan paling sibuk di London, menjadi “rumah” untuk lebih dari 300 toko internasional dan desainer lokal menunjukkan karyanya. Knightbridge dan Bond Street juga harus dikunjungi, ya!

10. Paris, Prancis

destinasi wisata belanja dunia

City of Love ini juga memiliki banyak destinasi wisata belanja berkelas, seperti Boulevard Saint Germain jika kamu ingin mendapatkan banyak ornamen lucu dan unik untuk rumah kamu, dan juga produk fesyen lainnya. Sementara Rue Du Commerce menjadi surga bagi penggila belanja skincare. Para shopaholic juga bisa melawat ke kawasan Le Marais untuk berburu barang vintage, Rue De Rivoli untuk cuci mata di butik-butik terkenal atau Montmartre yang bohemian.

11. Madrid, Spanyol

destinasi wisata belanja dunia

Gran Vía menjadi ikon belanja tersendiri di Madrid karena bukan hanya banyaknya produk yang dijual di sini, tapi juga karena arsitektur bangunan yang asyik untuk dinikmati. Bangunan di sini merupakan perpaduan gaya Vienna Secession, Art Deco, Neo-Mudejar dan banyak lagi lainnya. Calle Fuencarral dan Calle Serrano juga menawarkan pesona yang sama. Sementara untuk mendapatkan barang dengan harga miring, El Rastro, yang hanya buka di hari Minggu bisa jadi jujukan kamu. Pasar ikonik lainnya yang bisa dikunjungi adalah Mercado de la Paz dan Mercado de San Anton.

12. Milan, Italia

destinasi wisata belanja dunia

Ibu kota mode dunia, dan menjadi destinasi wisata belanja yang tidak boleh dilewatkan adalah Milan, Italia. Bagi crazy rich Indonesian dan para shopaholic bisa langsung mengunjung Via Monte Napoleone, yang merupakan kawasan dengan banyak store yang menjual barang-barang termahal di Eropa. Untuk menambah opsi destinasi dan barang yang kamu inginkan (tapi tidak kamu butuhkan) adalah Via Della Spiga dan Corso Buenos Aires.

Milan juga memiliki destinasi wisata belanja murah meriah, dengan banyak diskon dan penawaran menarik lainnya, seperti Via Torino atau DMAG Store. Sementara untuk mendapatkan cinderamata, Fiera di Singaglia bisa menjadi pilihan untuk didatangi.

Baca juga: Situs Belanja Online Alternatif Yang Bisa Dijelajahi Saat #Dirumahaja

Tertarik mengunjungi destinasi wisata belanja yang mana jika kemungkinan untuk liburan ke luar negeri kembali terbuka lebar?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru