8 Destinasi Wisata Bontang, Kota Industri yang Indah

Apa yang ada di benakmu saat mendengar nama Bontang? Perusahaan gas negara atau pabrik pupuk? Tidak salah, sih. Bontang memang terkenal sebagai kota industri, lengkap dengan segala fasilitas yang dibutuhkan oleh pekerja dan keluarga mereka, seperti bandara, sekolah, hotel berbintang, dan lain-lain. Namun begitu, seiring berjalannya waktu, wisata Bontang turut berkembang hingga menjadi salah satu destinasi utama bagi masyarakat Kalimantan Timur dan sekitarnya.

Meskipun wilayah Bontang mencakup hutan dan pantai, atraksi wisata yang bisa kamu kunjungi lebih dari itu. Setidaknya ada delapan tempat wisata Bontang yang bisa kamu pertimbangkan untuk dikunjungi. Berikut rekomendasi dari Tripzilla.

1. Mencari Ketenangan di Bontang Mangrove Park

Image credit: @saidd_achmad

Destinasi wisata Bontang ini merupakan bagian dari Taman Nasional Kutai, dan baru saja dibuka pada awal tahun lalu. Bontang Mangrove Park (BMP) menyediakan jalan setapak sepanjang 1,3 kilometer dan menara pandang dengan tinggi 20 meter. Jika kamu naik ke menara ini, kamu akan berhadapan langsung dengan Selat Makassar.

Image credit: @emera_1811

Taman bakau ini telah dipromosikan ke berbagai sekolah dengan tujuan agar pelajar dapat mendalami tentang keanekaragaman hayati di Kalimantan Timur. Spot ini juga menarik untuk para wisatawan terutama menjelang matahari terbenam. Senja yang muncul di antara pepohonan bakau, ditambah burung-burung endemik yang pulang ke sarang mereka; akan menjadi pemandangan yang menakjubkan.

Image credit: @indahpurnamasariy

Kamu juga bisa berjalan-jalan di BMP pada siang hari. Tak perlu takut dengan teriknya matahari karena rindangnya bakau akan membuatmu nyaman.

Koordinat Lokasi
Harga Tiket Masuk: 5,000-7,500 IDR per orang tergantung hari

2. Pulau Beras Basah yang Populer

Image credit: @fikadwaprl

Jenuh dengan aktivitas sehari-hari? Para warga Bontang dan kota-kota di sekitarnya punya suatu kemewahan, yaitu Pulau Beras Basah. Setelah menempuh perjalanan sekitar 45 menit dari Tanjung Laut atau Bontang Kuala, wisatawan bisa berenang, snorkeling, dan menaiki banana boat di pulau ini.

Image credit: @adixaputra

Tidak hanya pantai pasir putih yang berpadu dengan lautan biru yang membuat pantai ini istimewa. Jika kamu jeli, beberapa titik di sekitar pantai dipenuhi oleh gelembung-gelembung yang berasal dari dasar laut. Gelembung tersebut merupakan tanda sumber gas alam yang dapat dieksplorasi. Luar biasa, kan?

Image credit: @ansariachmad

Di sisi lain pulau, terdapat tumpukan batu beton lonjong yang digunakan untuk menambat perahu nelayan yang mencari ikan. Sebagian pemuda kreatif menjadikannya sebagai tempat berfoto. Keren juga buat menambah post Instagram.

Koordinat Lokasi
Biaya Sewa Kapal ke Pulau Beras Basah dan Pulau Segajah: Mulai dari 500,000 IDR untuk kapal kapasitas maksimal 10 orang

3. Pulau Segajah yang Ajaib

Image credit: @rusdiahdevy_

Mengunjungi Pulau Beras Basah belum lengkap tanpa mampir ke Pulau Segajah. Umumnya, tour guide akan menganjurkan wisatawan datang ke Pulau Segajah terlebih dahulu. Maklum, pulau seluas dua hektar ini cuma muncul pada siang hari. Menjelang sore atau saat air laut pasang, pulau ini akan hilang begitu saja.

Image credit: @pulausegajah_wisatabontang

Sebagian wisatawan kerap menuju Pulau Segajah dan menggunakannya sebagai titik berangkat untuk snorkeling di perairan sekitar pulau. Saat kamu menyelam, kamu akan melihat padang lamun, yaitu hamparan tumbuhan yang didominasi rumput dan alang. Perhatikan dengan baik karena aneka spesies ikan berukuran kecil yang unik bersembunyi di sela-sela tetumbuhan.

Biaya Sewa Kapal ke Pulau Beras Basah dan Pulau Segajah: Mulai dari 500,000 IDR untuk kapal kapasitas maksimal 10 orang

4. Lembah Permai Adventure Park, Atraksi Wisata Pilihan Keluarga

Image credit: @wenny_syaing

Lembah Permai Bontang bukan hanya sekadar restoran biasa. Sejak dibuka pada tahun 2018, berbagai komunitas lokal gemar untuk mengadakan gathering di tempat ini. Destinasi wisata Bontang ini lumayan lengkap, mulai dari kolam renang, wahana outbound, telaga buatan untuk bermain kayak, kolam yang berisi puluhan ikan koi, dan masih banyak lagi.

Image credit: @ellynghaty

Tempat rekreasi ini juga ramai oleh muda-mudi dan keluarga, terutama pada akhir pekan. Terdapat banyak anjungan berfoto untuk menambah koleksi selfie-mu.

Koordinat Lokasi
Harga Tiket Masuk: Mulai dari 50,000 IDR (termasuk voucher makanan)

5. Cafe Singapore yang Mengagumkan

Image credit: @ij_created

Warga Kalimantan Timur tak perlu jauh-jauh ke Singapura untuk melihat patung Merlion yang ikonik. Ada kloning patung tersebut di Cafe Singapore Bontang. Restoran ini cukup terkenal di kalangan masyarakat Bontang karena tempatnya luas, sehingga cocok untuk makan malam bersama keluarga atau teman-teman.

Image credit: @nusalnugrohopratama

Menatap matahari terbenam di sini bisa menjadi pengalaman tak terlupakan. Pantai rawa yang terhampar, dan perairan yang tenang menambah romantis suasana senja.

Koordinat Lokasi
Harga Makanan: Mulai dari 30,000 IDR

6. Menjelajah Taman Nasional Kutai

Image credit: @tasyayaumil

Punya waktu satu hari untuk trekking dan menggali kekayaan hutan di Bontang? Destinasi wisata Bontang ini menyediakan tantangan untuk kamu yang berjiwa petualang. Kebanyakan pengunjung Taman Nasional Kutai adalah wisatawan mancanegara yang ingin melihat kehidupan orangutan di habitat asli; sementara jumlah turis Indonesia yang mendatangi tempat ini setiap bulannya bisa dihitung dengan jari! Padahal, dengan harga tiket masuk yang terjangkau, kamu bisa melakukan pengembaraan di hutan tanpa diganggu sinyal handphone.

Image credit: @azhariphoto

Walaupun sebagian besar orang yang datang ke Taman Nasional Kutai adalah peneliti atau akademisi, sebenarnya Taman Nasional Kutai terbuka untuk umum. Kamu bisa menyewa perahu untuk menyusuri perairan payau di sekitar hutan. Akan tetapi, sebaiknya kamu meminta guide untuk mendampingi, agar pengetahuanmu tentang flora dan fauna semakin bertambah.

Image credit: @ghazwanie

Koordinat Lokasi
Harga Tiket Masuk: Mulai dari 10,000 per orang tergantung hari
Biaya Guide: Mulai dari 100,000 per grup

7. Mengenal Budaya Lokal di Bontang Kuala

Image credit: @rezkymattara

Wilayah perairan Indonesia Timur yang sangat luas memang mendorong penduduk lokal untuk akrab dengan laut. Tak terkecuali di Bontang, Kalimantan Timur. Ada perkampungan Bontang Kuala yang hampir semua bangunannya didirikan di atas air! Unik, kan? Lokasi ini merupakan titik keberangkatan untuk menyeberang ke Pulau Beras Basah dan Pulau Segajah. Maka dari itu, disarankan untuk berangkat pagi-pagi sekali agar masih sempat berkeliling kompleks Bontang Kuala.

Image credit: @nosalnugrohopratama

Berkunjung ke Bontang Kuala belum lengkap kalau belum mencicipi kuliner khas daerah sini, yang kebanyakan merupakan seafood. Yang pasti, ikannya sangat segar karena dipanen langsung dari tambak milik warga tepat sebelum dimasak. Pantas saja, salah satu masakan khas Bontang yaitu Gammi Bawis, pernah mewakili Kalimantan Timur pada nominasi Anugerah Pesona Indonesia Kategori Makanan Terpopuler tahun 2017.

Koordinat Lokasi
Harga Makanan: Mulai dari 30,000 IDR

8. Destinasi Liburan Alternatif, Taman Wisata Graha Mangrove

Image credit: @yuniwidi_

Kota Bontang relatif dikelilingi pepohonan bakau sehingga kamu akan menemukan beberapa atraksi wisata ‘menjual’ hutan bakau sebagai daya tarik. Seperti Kawasan Hutan Lindung Mangrove Bukit Sekatup Damai (BSD) Bontang ini, yang nyaman buat kamu berjalan-jalan santai pada sore hari. Wahana ini juga menyediakan berbagai peralatan untuk aktivitas air, mulai dari speed boat, banana boat, perahu dayung, jet ski, hingga alat pancing. Lengkap!

Image credit: @m_ucuf

Tentu saja kunjunganmu belum mantap kalau tidak mencoba makan siang atau makan malam di sini. Ada sekitar 60-an pondok untuk kamu bersantap bersama keluarga, atau bisa juga memilih tempat duduk di restoran terapung yang super luas.

Koordinat Lokasi
Harga tiket masuk: Mulai dari 5,000 tergantung hari
Harga makanan: Mulai dari 30,000 IDR

Baca Juga: 12 Kuliner Singkawang Yang Yummy Dan Maknyus Untuk Sensasi Asyik Di Lidah Kamu

Bontang punya beragam pesona yang harus kamu lihat, temukan, dan jelajahi. Segera buat itinerary, ajak teman-temanmu, dan terbang ke sini!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru