10 Destinasi Wisata Jepang Wajib Kunjung dan Tips Jalan-Jalan

Ingin pergi ke Jepang tapi bingung mau mulai dari mana? Atau sudah ada rencana tapi tidak begitu yakin apakah liburanmu di Jepang akan maksimal? Tidak perlu kuatir, karena TripZilla sudah mempersiapkan daftar destinasi wisata Jepang wajib kunjung serta tips-tipsnya untuk memaksimalkan liburanmu di Jepang! Simak dulu artikel di bawah ini, ya!

Tips Sebelum Berangkat

Jalan-jalan ke luar negeri adalah petualangan yang menyenangkan namun menantang pada saat yang bersamaan. Sudah pasti kamu harus bersiap-siap apabila ada yang tidak berjalan sesuai dengan rencanamu! Oleh karena itu, dapatkan dulu Wifi 4G untuk internetmu.

Dengan Wifi 4G ini, kamu bisa mengakses internet tanpa batas kuota data alias unlimited, lho! Lebih asiknya lagi, Wifi 4G ini bisa kamu share dengan 14 device lainnya. Jadi kalau misalnya satu orang menggunakan satu telepon genggam dan satu laptop, kamu bisa share cukup satu saja Wifi 4G ini dengan 7 teman kamu yang lainnya! Cocok sekali kan untuk jalan-jalan bersama teman-teman?

Selain itu, jangan lupa juga untuk memesan JR Pass! Pass untuk turis yang hanya bisa dibeli di luar Jepang ini adalah salah satu cara paling jitu untuk menghemat biaya transportasimu di Jepang.

Kalau sudah siap, langsung saja lihat destinasinya, yuk!

Osaka

Kalau mendengar kata Osaka, pasti hal yang terbayang pertama kali adalah okonomiyaki. Tapi bukan hanya makanan saja, Osaka juga punya banyak lho destinasi lainnya yang harus kamu kunjungi setidaknya sekali deh selagi di Jepang!

Klook Pro-Tip: Tahukah kamu kalau di Osaka tersedia Osaka Amazing Pass yang pastinya akan membuat jalan-jalan kamu lebih gampang dan hemat? Dengan Pass ini, kamu memiliki akses gratis ke banyak sekali destinasi wisata ikonik di Osaka serta akses gratis ke transportasinya umumnya seperti kereta subway dan bus! Lebih asiknya lagi, kamu juga bisa dapat beraneka ragam promosi khusus dari banyak toko-toko dan restoran-restoran di Osaka! Segera pesan di sini dan jangan lupa cek informasi lebih lanjut mengenai Passnya.

1. Osaka Castle and Nishinomaru Garden

Perjalananmu ke Osaka tidak lengkap jika tidak melihat ikon-ikon kota Osaka ini. Selain memiliki nilai sejarah yang tinggi, daerah Osaka Castle dan Nishinomaru Garden memiliki pemandangan yang mengagumkan baik dari atas kastelnya maupun di tamannya yang menawarkan suasana khas Jepang yang asri.

Daerah tamannya pun sering dijadikan tempat untuk berbagai macam acara yang menarik, terutama pada saat 600 pohon sakuranya bermekaran di musim semi. Dan tentu saja, jangan lupa ambil foto dengan kastel utamanya yang super cantik dan instagram-worthy sebelum pergi, ya!

Walaupun untuk masuk Osaka Castle dipungut biaya sekitar JPY 800 atau 105,000 IDR, kamu cukup menunjukkan Osaka Amazing Pass untuk bebas biaya masuk!

Cara ke Osaka Castle: Gunakan Osaka Amazing Pass kamu dan naik kereta gratis ke Osaka Business Park dan keluar dari Exit 2.

2. Umeda Sky Building Floating Garden Observatory

Terletak di Distrik Kita atau Distrik Utara Osaka, Umeda Sky Building Floating Garden Observatory adalah tempat yang paling cocok untuk menikmati pemandangan Kota Osaka. Pada ketinggian 170 m di atas permukaan laut, kamu bisa melihat pemandangan 360 derajat seluruh Kota Osaka yang tidak terhalang apapun – bahkan kamu juga bisa melihat sejauh Pulau Awaji, lho!

Image credit: sanmai

Untuk menikmati tempat ini, disarankan kamu berada di sana menjelang matahari terbenam. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Takimi Koji Alley, jalanan perbelanjaan yang bernuansa Jepang Periode Showa, di bawah kompleks Sky Building.

Image credit: Osaka Amazing Pass

Belum puas? Alternatif untuk melihat pemandangan Kota Osaka dari ketinggian yang terkenal dan tidak kalah mengagumkan adalah dari Tempozan Giant Ferris Wheel, dan kalau kamu ingin melihat Kota Osaka dari atas perahu air, kamu bisa melakukannya dengan Santa Maria Cruise. Asiknya, semua ini bisa kamu lakukan dengan gratis lho dengan Osaka Amazing Pass! Tanpa Osaka Amazing Pass, kamu sudah harus mengeluarkan biaya sekitar JPY 4,400 atau IDR 580,000 lho.

Cara ke Umeda Sky Building: Jalan selama 9 menit dari Stasiun Umeda di kereta subway Jalur Midosuji, atau Stasiun Higashi-Umeda di Jalur Tanimachi, atau Stasiun Nishi-Umeda di Jalur Yotsubashi.

3. Dotombori

Terletak di daerah Minami atau bagian selatan Osaka di Dotombori Canal, Dotombori adalah tempat yang wajib kamu kunjungi setelah matahari terbenam! Tempat yang terkenal dengan papan-papan petunjuk neon ini menyajikan pemandangan yang unik, dan banyaknya restoran-restoran dan kafe-kafe di sepanjang Dotombori Canal yang menyajikan makanan khas Osaka yang lezat juga membuat kunjungan ke tempat ini pasti tidak terlupakan!

Selagi di sini, jangan lewatkan berfoto bareng bersama papan petunjuk Glico Man yang telah mendunia dan sangat ikonik, dan jangan lupa juga kunjungi Don Quijote untuk menemukan rasa Kit-Kat favorit kamu! Bagi yang suka gorengan, kamu tidak boleh melewatkan Daruma Kushikatsu. Kushikatsu adalah masakan gorengan yang ditusuk sate, dan kamu bisa mencoba udang, bakso ayam, keju, hingga ubi, dan masih banyak lainnya di sini!

Jangan lupa juga untuk memaksimalkan Osaka Amazing Pass kamu dengan promosi-promosi dari restoran-restoran di daerah ini, ya!

Cara ke Dotombori: Gunakan Osaka Amazing Pass kamu ke Stasiun Namba dan jalan 5 menit dari sana.

4. Universal Studios Japan

Salah satu destinasi yang tidak boleh dilewatkan juga adalah Universal Studios Japan! Dibuka pada tahun 2001, theme park ini adalah Universal Studios pertama yang dibangun di luar Amerika Serikat. Bersiaplah untuk dibawa ke dunia Jurassic Park, Terminator, Despicable Me, atau The Wizarding World of Harry Potter! Kamu bisa mencoba langsung ‘butterbeer’, atau bertemu langsung dengan karakter-karakter favoritmu seperti Minions!

Image credit: Universal Studios Japan
Agar tidak perlu mengantri lagi untuk membeli tiket masuk ke Universal Studios, ada baiknya kamu memesan tiketnya terlebih dahulu. Selain menghemat waktu, E-Ticket Universal Studios juga berjenis Open Day sehingga bisa kamu gunakan pada hari apapun, jadi kamu tidak perlu kuatir kalau tiba-tiba cuacanya kurang mendukung.

Cara ke Universal Studios Japan: Naik kereta ke Stasiun Universal City di Jalur JR Sakurajima. Pintu masuk USJ berada 5 menit dari stasiun.

Kyoto

Tahukah kamu kalau Jarak dari Osaka ke Kyoto tidak begitu jauh yaitu sekitar 56 km, alias jarak antara Jakarta ke Bogor? Nah, dari Osaka, kamu bisa melakukan day-trips ke Kyoto untuk menikmati pemandangan alamnya yang amat terkenal.

5. Kyoto Tower

Image credit: Klook

Menyuguhkan pemandangan 360 derajat Kota Kyoto dari ketinggian 100 m, Kyoto Tower sangat cocok untuk memulai perjalananmu di Kyoto. Di sini, kamu bisa melihat destinasi-destinasi yang akan kamu kunjungi dari perspektif yang berbeda, dan karena Kyoto Tower dibangun di atas bangunan komersil, kamu juga bisa menjelajahi berbagai toko souvenir, restoran, dan hotel di sini.

Klook Pro-Tip: Kamu bisa langsung masuk ke Kyoto Tower tanpa mengantri dengan memesan tiket ke Kyoto Tower di sini. Selamat menikmati!

Cara ke Kyoto Tower: Jalan sekitar 5 menit ke arah utara dari Stasiun Kyoto.

6. Arashiyama Bamboo Forest

Terletak 30 menit dari pusat Kota Kyoto, Hutan Bambu Arashiyama terkenal dengan suasana asri dan tentramnya, yang sangat cocok bagi kamu yang sudah terlalu lama tinggal di tengah kesibukan kota. Suara bambu yang amat menenangkan bahkan sampai membuat tempat ini dipilih oleh Kementrian Lingkungan Hidup Jepang sebagai salah satu dari 100 tempat dengan lingkungan suara terbaik di Jepang!

Ketika kamu masuk ke ‘terowongan’ bambu yang menjulang tinggi ke langit ini, kamu pasti seakan-akan seperti memasuki dunia lain. Jangan lupa juga mengambil foto untuk mempercantik Instagram kamu, ya!

Image credit: Klook

Untuk pengalaman yang lebih asik, jelajahi tempat ini selama 30 menit, 1 jam, atau 2 jam di atas becak tradisional Arashiyama. Selain pemandu-pemandunya yang amat sopan, ramah, dan berwawasan luas mengenai Arashiyama, mereka juga fotografer yang cukup handal, lho! Tur becak tradisional Arashiyama dijamin tidak mengecewakan. Segera pesan turnya di sini.

7. Fushimi Inari-taisha

Lanjutkan perjalananmu di Kyoto dengan mengunjungi Fushimi Inari-taisha! Dibangun pada tahun 711, destinasi ini terkenal dengan terowongan gerbang-gerbang torii berwarna merah terang yang terlihat amat menawan.

Gerbang-gerbang torii ini merupakan simbol transisi dari yang duniawi ke yang suci / surgawi. Bayangkan saja pengalaman berjalan melalui gerbang-gerbang torii di Fushimi Inari-taisha yang diperkirakan mencapai sekitar 10,000 gerbang. Pasti menakjubkan, ya!

Sebelum memulai perjalananmu, kamu juga bisa meningkatkan sensasi jalan-jalan di sini dengan mengenakan kimono Jepang. Pasti foto-foto yang kamu ambil juga akan memiliki nuansa yang unik dan berbeda dari biasanya! Apalagi dengan 500 jenis kimono yang bisa kamu pilih. Segera pesan kimono kamu di sini!

Tokyo

Sebagai Ibukota Jepang, Tokyo adalah salah satu destinasi yang paling menarik di Jepang, dengan perpaduan antara dunia ultramodern dan tradisional yang terlihat sangat kental.

Klook Pro-Tip: Selagi kamu di Tokyo, jangan lupa untuk membeli tiket kereta subway Tokyo terlebih dahulu! Dengan tiket ini kamu bisa mendapatkan akses tak terbatas ke kereta subway Tokyo selama satu, dua, atau tiga hari! Selain lebih murah, kamu juga akan menghemat waktu membeli tiket perjalanan keretamu satu-persatu.

8. Robot Restaurant

Image credit: Klook

Bagaimana rasanya dibuat terbingung-bingung dan terkagum-kagum pada saat yang bersamaan? Kalau penasaran, kunjungi Robot Restaurant di Tokyo! Restoran yang menawarkan pertunjukan yang unik dan canggih ini telah mendunia karena pertunjukannya yang amat berbeda dari biasanya.

Image credit: Klook

Dengan lampu-lampu laser dan neon yang meriah, penyanyi-penyanyi dan penari-penari dalam kostum yang aneh dan menarik perhatian , serta animatronik-animatronik raksasa yang mengagumkan, kunjungan kamu ke sini pasti tidak dapat kamu lupakan seumur hidup!

Klook Pro-Tip: Untuk menghemat biaya, pesan tiket Robot Restaurant di sini untuk mendapatkan diskon sebesar JPY 3,550 atau IDR 470,000! Pesan juga tiket untuk Pertunjukan Pertama agar mendapatkan tiket minum senilai JPY 800 dan kesempatan berfoto dengan para robot!

Cara ke Robot Restaurant: Gunakan tiket subway Tokyo ke Stasiun Shinjuku dan jalan kaki 5 menit dari sana.

9. Tokyo Tower

Image credit: Klook

Kunjunganmu ke Tokyo belum lengkap kalau tidak pergi ke Tokyo Tower. Dengan ketinggian sekitar 333 m di atas permukaan laut, Tokyo Tower adalah menara besi tertinggi di dunia, 13 m lebih tinggi daripada Eiffel Tower. Walaupun dibangun sebagai menara komunikasi, kemegahan dan keunikan Tokyo Tower telah menarik banyak pengunjung ke bangunan ikonik ini, dan bangunan ini juga seringkali difitur dalam berbagai manga dan anime.

Image credit: Klook

Dengan ketinggian Observatory Deck pada 150 m di atas permukaan laut, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan 360 derajat Kota Tokyo yang sangat fotogenik, baik pada siang, sore, maupun malam hari. Kalau berani, kamu juga bisa mencoba berdiri di atas Sky Walk Window, lantai kaca yang terdapat di Observatory Decknya. Wow!

Image credit: Klook

Persis di bawah Tokyo Tower, kamu juga bisa mengunjungi Foot Town. Gedung ini memiliki beraneka ragam toko souvenir, kafe, dan restoran. Pengunjung juga bisa pergi ke One Piece Tower, amusement park yang menawarkan berbagai permainan, pertunjukan, serta atraksi lainnya yang memfitur karakter-karakter dari seri manga One Piece.

Klook Pro-Tip: Untuk menghemat biaya masuk ke Tokyo Tower, sebaiknya kamu pesan dulu tiketmu online, karena harga membeli langsung di tempat lebih mahal dibanding kalau kamu membelinya online. Selain itu, kamu juga jadi tidak perlu mengantri!

Cara ke Tokyo Tower: Gunakan tiket subway Tokyo ke Stasiun Akabanebashi dan jalan 5 menit dari sana.

10. Shibuya

Apa rasanya berada di tengah-tengah lautan manusia yang berlalu-lalang menuju arah-arah yang berbeda? Hal ini dapat kamu rasakan di Shibuya Crossing, tempat penyeberangan pejalan kaki di yang terletak di depan Shibuya Station. Pada masa yang paling sibuk, jumlah orang yang menyeberang pada saat yang bersamaan bisa mencapai ratusan, bahkan ribuan, lho!

Mengambil foto di tengah kesibukan Shibuya Crossing yang dimandikan cahaya papan iklan neon di atasnya pada malam hari juga merupakan sesuatu yang harus kamu coba. Selain itu, selain Shibuya Crossingnya sendiri, Shibuya juga terkenal akan toko-toko fashion yang menjual barang-barang khusus untuk anak-anak muda.

Image credit: clio1789

Jangan lewati juga mengambil foto Sang Hachiko yang setia itu!

Cara ke Shibuya: Gunakan tiket subway Tokyo dan naik kereta ke Shibuya Station.

Masukkan alamat email kamu
& nikmati promo menarik dari Klook!

Thank you for your subscription.

Penasaran mengunjungi tempat-tempat wajib kunjung di Jepang ini dan mencoba semua tips-tipsnya? Buruan rencanakan perjalananmu ke Jepang sekarang juga!

Baca juga: Itinerary Wisata Jepang Satu Minggu Bersama Keluarga

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru