Manfaat dan Rekomendasi Dry Shampoo, Penyelamat Rambut Lepek Saat Berlibur

Mencuci rambut saat berlibur terdengar kurang praktis dan memakan waktu lama, karena harus membilas dan mengeringkannya. Sementara rambut berminyak dan berbau tidak sedap bisa memicu sakit kepala, rasa tidak nyaman, serta menurunkan rasa percaya diri seseorang hingga berisiko merusak rencana berlibur. Oleh karena itu, penggunaan dry shampoo dianggap menjadi penyelamat terbaik rambut lepek saat berlibur atau dalam keadaan tidak memungkinkan untuk mencuci rambut.

Dry shampoo ini sendiri biasanya tersedia dalam botol semprot atau memiliki tekstur seperti bedak tabur, yang bermanfaat untuk menyerap kotoran dan minyak di kulit kepala tanpa perlu dibilas. Cara menggunakannya pun juga sangat mudah dan cepat. Kamu hanya perlu menyemprot atau menaburkan dry shampoo pada kulit kepala atau bagian rambut yang lepek atau berminyak, lalu pijat lembut kulit kepala agar serbuk dry shampoo tersebar merata. Mudah, kan?

Meski begitu, para ahli tidak merekomendasikan untuk menggunakan dry shampoo sebagai pengganti air untuk mencuci rambut. Artinya, kamu boleh menggunakannya sesekali sebagai penyegar rambut. Namun untuk membersihkan rambut secara optimal, kalian tetap harus menggunakan air dan shampoo. Karena bersifat menyerap minyak, penggunaan dry shampoo yang terlalu sering dikhawatirkan dapat menyebabkan rambut jadi kering dan memicu datangnya ketombe.

Image credit: Canva Pro

Manfaat Dry Shampoo

1. Katakan selamat tinggal pada rambut lepek

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, manfaat utama dry shampoo adalah untuk menyerap minyak alami dari rambut yang dihasilkan oleh kulit kepala, yang menyebabkan rambut jadi lepek atau kotor. Produk ini juga travel friendly, lho, sehingga praktis untuk dibawa kemana-mana dan dapat digunakan kapan saja.

2. Menghemat waktu jadi lebih produktif

Tidak semua orang punya banyak waktu untuk mencuci rambut secara rutin setiap dua hari sekali. Saat berlibur, kalian juga pasti ingin menjelajah tempat baru tanpa harus direpotkan dengan mencuci dan mengeringkan rambut. Nah, disinilah peran penting dry shampoo sebagai penyelamat dalam menghemat waktu.

Saat rambut mulai berminyak dan mengeluarkan bau tidak sedap, dalam waktu singkat dry shampoo akan membantu mengangkat minyak berlebih dan ampuh membuat rambut harum sepanjang hari.

3. Rambut jadi lebih bervolume dan memudahkan styling rambut

Salah satu keunggulan lainnya dari dry shampoo adalah menambah volume dan tekstur pada rambut. Yes, bagi kalian yang memiliki rambut tipis, halus dan mudah rontok, penggunaan dry shampoo akan memudahkan proses menata rambut, sekaligus menjaga bentuk styling lebih tahan lama tanpa perlu pakai hair spray.

 4. Membantu menutrisi dan mengurangi kerusakan rambut

Berkeramas memang memberikan efek segar dan menenangkan, namun tahukah kalian kalau terlalu sering keramasan justru bisa merusak rambut? Sampo yang umum digunakan dibuat dengan berbagai macam campuran bahan kimia, yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan rambut seperti, mudah rontok, kering, berketombe, hingga tumbuh uban.

Dengan menggunakan dry shampoo kalian bisa mencegah kerusakan rambut akibat terlalu sering keramasan, dengan menunda atau memperpanjng jarak rutinitas mencuci rambut. Beberapa produk juga menawarkan nutrisi tambahan yang bermanfaat untuk merawat kesehatan rambut.

5. Membantu warna cat rambut lebih tahan lama

Tren mewarnai rambut ala seleb Korea kembali populer, bukan hanya di kalangan orang dewasa tapi juga anak-anak. Kalian pasti nggak mau dong, warna rambut kalian cepat pudar? Selain menggunakan sampo khusus untuk rambut berwarna, menggunakan dry shampoo juga bisa membantu membuat warna cat rambut kalian jadi lebih tahan lama.

13 Rekomendasi Dry Shampoo Terbaik ampuh atasi rambut lepek

1. Ellips Dry Shampoo

dry shampoo terbaik
Image credit: @ellips_haircare

Untuk masalah perawatan rambut, brand yang satu ini nggak perlu diragukan lagi kualitasnya. Setelah sukses dengan vitamin rambutnya, produk perawatan rambut dan kulit, ellips, juga mengahadirkan produk dry shampoo, lho! Nggak kalah populer dari produk yang sebelumnya, Ellips Dry Shampoo diformulasi khusus agar mampu menyerap minyak berlebih pada kulit kepala dan membuat rambut terlihat lebih bervolume.

Di samping itu, produk ini juga tersedia dalam traveling size, sehingga ringkas untuk dibawa saat bepergian. Ellips Dry Shampoo, juga tersedia dalam 4 varian Ellips Dry Shampoo –Blossom (floral aroma), Fruity (fruity aroma), Breeze (freshness aroma) dan Exotic (tropical aroma).

Harga: Mulai dari 50,000 IDR
Beli di Shopee di sini

2. Dove Dry Shampoo

Image credit: @dove

Selanjutnya, masih dari brand kecantikan ternama, Dove Dry Shampoo diklaim mampu menyerap minyak tanpa meninggalkan noda putih di kulit kepala. Dengan aroma lembut bunga, produk ini memberikan efek menyegarkan pada rambut seperti setelah keramas. Produk ini juga memiliki formula yang ringan, sehingga cocok digunakan pada semua jenis rambut.

Harga: Mulai dari 81,000 IDR

3. Herbal Essences Dry Shampoo

dry shampoo terbaik
Image credit: @herbalessences

Nah, untuk kalian si pemilik kulit kepala sensitif, Herbal Essences Dry Shampoo, adalah jawaban untuk kekhawatiran kalian. Produk ini mengandung bahan-bahan alami seperti aloe vera dan rumput laut, serta tidak mengandung paraben, sehingga ramah untuk kulit kepala sensitif. Herbal Essences juga menghadirkan dua varian dry shampoo dengan aroma yang menyegarkan yaitu, White Grape Fruit & Mosa Mint dan Cucumbar & Green Tea.

Harga: Mulai dari 130,000 IDR
Beli di Shopee di sini

4. Pantene Shampo Tanpa Bilas – PERFEC+ON INSTAVOLUME

Image credit: @panteneid

Siapa yang tidak kenal brand yang satu ini? Pantene terbilang salah satu produk perawatan rambut yang paling sering kita temukan dan banyak digunakan. Kali ini, lewat produk Pantene Shampo Tanpa Bilas – PERFEC+ON INSTAVOLUME, Pantene menawarkan solusi instan untuk mengembalikan kesegaran rambut. Produk ini dilengkapi dengan teknologi tapioka starch yang membantu menyerap minyak berlebih yang ada di kulit kepala dalam waktu singkat dan tanpa meninggalkan residu putih.

Harga: Mulai dari 50,000 IDR
Beli di Shopee di sini

5. TRESemme Instant Refresh Dry Shampoo

dry shampoo terbaik
Image credit: @tresemme

TRESemme diklaim menjadi salah satu produk perawatan rambut terkemuka favorit para hairstylist, seluruh produk keluaran TRESemme bisa dibilang laris manis di pasaran karena kualitasnya yang luar biasa. Termasuk, TRESemme Instant Refresh Dry Shampoo. Produk spray non-aerosol ini ampuh menyerap minyak dan memberikan sensasi menyegarkan pada kulit kepala. Tak hanya itu, produk ini juga dapat menutrisi rambut dan membuat rambut tampak lebih bervolume sehingga memudahkan proses styling.

Harga: Mulai dari 89,000 IDR
Beli di Shopee di sini

6. Batiste Dry Shampoo

Image credit: @batisteofficialid

Menjadi produk dry shampoo favorit yang paling sering direkomendasikan, brand Bastiste memang mengkhususkan diri sebagai produk spray seperti dry shampoo. Salah satu keunggulan dari produk ini adalah varian wanginya yang beragam seperti, Original, Blush, Cherry, Floral dan masih banyak lagi.

Bastiste Dry Shampoo, memiliki formula terbaik yang ringan sehingga cocok untuk semua jenis rambut baik itu rambut kering ataupun berminyak. Produk ini diklaim mampu menyerap minyak, menyegarkan kulit kepala, sekaligus menghilangkan bau tidak sedap pada rambut dalam sekejap.

Harga: Mulai dari 65,000 IDR
Beli di Shopee di sini

7. Etude Dry Shampoo

Image credit: review.soco.id

Para pencinta produk Korea wajib melengkapi produk perawatan kalian dengan produk yang satu ini. Terkenal dengan kualitas kosmetiknya yang sudah mendunia, Etude House juga memiliki produk dry shampoo yang tidak kalah populernya, lho!

Dikemas dalam botol spray yang didomiasi dengan warna pink dengan gambar yang menggemaskan. Produk ini diklaim mampu mempertahankan kesegaran dan wanginya hingga lima jam tanpa meninggalkan residu putih usai digunakan. Tertarik untuk mencobanya?

Harga: Mulai dari 128,000 IDR

8. COLAB Dry Shampoo

dry shampoo terbaik
Image credit: @colabhairid

Berada di bawah sinar matahari, membuat kulit kepala jadi lebih cepat berminyak dan berbau tidak sedap. Tapi jangan khawatir, untuk kalian yang aktif berada di luar ruangan nggak perlu minder, ada COLAB Dry Shampoo penyelamat terbaik rambut lepek. Tak hanya ampuh menyerap pada kulit kepala, produk ini juga tidak mengandung paraben dan dye-free, sehingga cocok untuk digunakan semua jenis rambut.

Harga: Mulai dari 150,000 IDR
Beli di Shopee di sini

9. XL Professionnel Express Dry Shampoo

Image credit: @xlprofessionnelofficial

Eits jangan salah, produk yang satu ini tidak ada hubungannya dengan perusahaan seluler swasta yang terkenal itu, ya! XL Professionnel Express Dry Shampoo, mengandung natural plant extract yang tak hanya berfungsi untuk mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala tapi juga memberikan sensasi segar dan membuat rambut terlihat lebih bervolume.

Harga: Mulai dari 50,000 IDR
Beli di Shopee di sini

10. Rene Furterer Naturia Dry Shampoo

dry shampoo terbaik
Credit image: @renefurterer

Meskipun tidak sepopuler produk dari brand sebelumnya, produk Rene Furterer memiliki kualitas yang tidak kaleng-kaleng, lho! Produk yang ditawarkan ini diklaim dapat menyerap minyak dan menghilangkan bau tidak sedap di kulit kepala secara cepat. Rene Furterer Naturia Dry Shampoo, mengandung cooling essential oil mint yang dapat menyerap minyak berlebih pada kulit kepala dan membuat rambut terlihat lebih bervolume sehingga mudah untuk styling.

Harga: Mulai dari 199,000 IDR
Beli di Shopee di sini

11. OUAI Dry Shampoo Foam

Image credit: @theouai

Lain dari produk dry shampoo pada umumnya, OUAI Dry Shampoo Foam memiliki tekstur busa. Selain dapat menyerap minyak berlebih pada kulit kepala, produk ini juga diklaim dapat menutrisi rambut yang kering, sehingga akan terasa lembut dan segar seperti telah memakai conditioner. Cocok banget, nih, untuk kalian yang punya rambut keriting, karena jadi lebih mudah diatur atau ditata setelah menggunakan produk ini!

Harga: Mulai dari 120,000 IDR
Beli di Shopee di sini

12. Klorane Dry Shampoo With Oat Milk

dry shampoo terbaik
Image credit: @klorane_idn

Banyak orang yang khawatir, bahwa pengunaan dry shampoo akan membuat rambut rentan menjadi kering. Nah, sesuai dengan namanya, Klorane Dry Shampoo With Oat Milk, mengandung oat milk organik yang dapat membuat rambut menjadi sangat lembut setelah pemakaian. Dalam waktu kurang dari lima menit, seluruh minyak berlebih akan terserap secara sempurna dan rambut terlihat lebih bervolume, tanpa harus khawatir akan jadi kering dan kasar.

Harga: Mulai dari 160,000 IDR
Beli di Shopee di sini

13. Oscar Blandi Dry Shampoo Invisible Spray

Image credit: @oscarblandihaircare

Kamu hobi mewarnai rambut? Pasti tahu dong kalau warna rambut terancam akan cepat pudar jika terlalu sering keramasan. Tapi kalau jarang keramas, rambut jadi lepek dan bau, eits jangan sedih! Produk dry shampoo, Elona Pronto Dry Shampoo Invisible Spray, diklaim cocok untuk kalian yang punya rambut berwarna.

Produk ini diperkaya dengan tepung pati, vitamin E dan protein gandum, yang tak hanya ampuh menyerap minyak di kulit kepala, tetapi juga memperkuat setiap helai rambut yang rusak akibat bleaching dan proses pewarnaan rambut.

Harga: Mulai dari 345,000 IDR
Beli di Shopee di sini

Baca juga: Amanda Manopo Luncurkan Body Lotion Spesial Untuk Traveler

Sudah bisa tentukan pilihan dry shampoo terbaik yang cocok buat kamu, kan?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru