8 Fakta Menarik Ini Jadi Alasan Mengapa Hospital Playlist 2 Begitu Dicintai

Mendengar drama Korea mungkin kita akan berpikir dengan alur yang menarik, aktor tampan, dan aktris cantik. Apalagi drama-drama asal Negeri Ginseng ini sudah dikenal sukses menghasilkan judul dengan cerita yang beragam dan berkualitas. Tapi pernahkah kamu berpikir bahwa menonton drama Korea ternyata tidak hanya menjadi hiburan semata tapi juga memiliki dampak positif dan berpengaruh pada langkah besar dalam kehidupan? fakta hospital playlist 2

Sebuah drama yang masih tayang yaitu Hospital Playlist Season 2, namanya ramai dibicarakan setiap kali menayangkan episode terbarunya. Kabar terbarunya adalah drama ini berhasil membuat dampak positif terhadap kenaikan jumlah donor organ di Korea Selatan.

Hospital Playlist 2 merupakan drama yang menceritakan tentang 5 orang sahabat yang bekerja sebagai dokter dengan spesialisasi yang berbeda di Rumah Sakit Yulje. Drama ini telah meraih kesuksesannya sejak season pertama hingga berlanjut di season kedua kini. Bukan tanpa alasan hal ini bisa terjadi. Banyak fakta-fakta menarik yang harus diketahui untuk menjawab mengapa drama Hospital Playlist 2 begitu dicintai para penggemarnya.

1. Digarap oleh sutradara ternama yang dipercaya selalu menghasilkan drama sukses

Drama ini digarap oleh sutradara terkenal bernama Shin Won Ho. Sebelum menggarap Hospital Playlist, ia telah meraih kesuksesan besar di drama-drama populer lainnya seperti Reply 1997, Reply 1994, Reply 1988, dan Prison Playbook. Berkat Reply 1988, ia berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Best Director dalam ajang Baeksang Arts Awards dan APAN Star Awards 2016.

Drama-drama besutannya berhasil menarik perhatian para penggemar drama Korea. Bahkan tak sedikit dari mereka yang selalu percaya bahwa drama garapan Shin Won Ho PD akan berkualitas tinggi. Tidak heran jika Hospital Playlist season 1 dan 2 begitu dinanti.

Fakta Hospital Playlist 2

2. Banyak menggunakan aktor teater

Bagi penggemar drama Shin Won Ho PD maka sudah tidak asing jika sang sutradara akan memilih aktor-aktor dengan kualitas terbaik. Namun fakta menarik lainnya adalah Hospital Playlist season dan 2 menggunakan banyak aktor dari latar belakang teater. Aktor teater dan aktor drama pada umumnya sangat berbeda karena para aktor teater memiliki kemampuan menyanyi hingga memainkan alat musik.

Tidak hanya kelima pemeran utama saja, tapi para pemeran pembantu lainnya juga merupakan aktor berbakat yang biasa wara-wiri di dunia teater. Bahkan Jo Jung Suk, Jeon Mi Do, dan Kim Dae Myung memulai debutnya sebagai aktor teater. Sedangkan Jung Kyung Ho dan Yoo Yeon Seok juga beberapa kali bermain teater.

3. Drama slice of life dengan alur ringan

Berbeda dengan drama dengan latar belakang medis lainnya, Hospital Playlist 2 ini menghadirkan hubungan persahabatan yang berprofesi sebagai dokter dan memiliki kecintaan pada musik hingga membentuk sebuah band. Hubungan kelimanya pun digambarkan sebagai persahabatan pada umumnya.

Tidak hanya itu, di setiap episodenya drama ini juga menceritakan kisah para tenaga medis dan pasien rumah sakit. Karena ceritanya yang dirasa begitu dekat, Hospital Playlist seringkali dijuluki sebagai salah satu drama slice of life terbaik. Apalagi alurnya yang ringan membuat drama ini semakin menarik untuk diikuti.

Fakta Hospital Playlist 2

4. Cetak rekor sebagai rating tertinggi

Setelah satu tahun sejak perilisan season pertama, Hospital Playlist berlanjut di season kedua di pertengahan tahun 2021. Melansir Allkpop, episode perdana Hospital Playlist season 2 tayang pada Kamis, 17 Juni lalu ini berhasil memecahkan rekor sebagai episode pertama drama dengan rating tertinggi yang tayang di tvN.

Di episode pertama tercatat rata-rata rating di seluruh Korea Selatan sebesar 11,7% dan mencapai puncaknya pada 14,9%. Sebelumnya rekor ini dipegang oleh drama Mr Sunshine dengan rating 8,9%. Angka tersebut termasuk tinggi memngingat tvN adalah saluran TV berlangganan di Korea Selatan.

Tidak hanya di episode pertama saja, rating di episode-episode berikutnya pun terus mengalamani kenaikan dengan capaian di atas 10%. Apalagi drama ini tayang satu episode di setiap minggunya sehingga membuat penonton semakin penasaran.

5. Berpengaruh terhadap kenaikan jumlah donor organ di Korea Selatan

Menurut laporan Naver, berdasarkan data dari Sarangi Organ Donation per 1 Juli hingga 11 Agustus 2021, sebanyak 16.231 orang yang mendaftarkan diri sebagai pendonor organ. Dengan jumlah tersebut menunjukkan terjadi kenaikan tiga kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Kenaikan jumlah pendonor organ ternyata juga terjadi setelah episode terbaru Hospital Playlist Season 2 tayang. Di episode ke-7 yang tayang pada 5 Agustus lalu, jumlah pendaftar donor organ kembali bertambah sebanyak 7.042 orang dalam satu minggu saja yang berarti menjadi kenaikan 11 kali lipat dari dibanding tahun lalu.

Sama seperti episode sebelumnya yang selalu menarik, di episode ke-7 menampilkan scene yang cukup mengharukan. Diceritakan seorang putra yang sudah lama tak bertemu ibu kandungnya akibat perceraian. Suatu ketika keduanya harus bertemu kembali dalam kondisi sang ibu sudah sakit dan telah mendaftarkan diri sebagai pendonor organ. Walaupun terkejut, sang anak harus mengambil keputusan untuk mengizinkan ibunya melakukan donor organ.

6. Menggunakan nama para pemain tim bisbol

Bisbol adalah salah satu olahraga yang sangat populer di Korea Selatan. Tidak heran jika para atlet bisbol juga dikenal oleh banyak orang. Hal ini rupanya dimanfaatkan oleh tim drama Hospital Playlist untuk menggunakan nama para atlet bisbol untuk dijadikan sebagai nama para pemain. Namun penggunaan nama ini tidak sepenuhnya sama karena terjadi perubahan pada nama marga.

Fakta Hospital Playlist 2

7. Soundtrack merajai tangga lagu dan dinyanyikan oleh pemeran utama

Selain berbakat dalam hal akting, para pemeran utama juga menunjukkan bakat tarik suara dengan mengisi soundtrack. Jo Jung Suk membuka jalan ini dengan menyanyikan lagu Aloha milik Cool dan berhasil merajai tangga lagu. Tidak hanya seorang diri, keempat pemeran lainnya pun juga turut mengisi soundtrack drama ini.

8. Punya variety show sendiri di Youtube

Selama proses syuting di season kedua, para pemeran utama drama ini secara spesial dibuatkan variety show sendiri oleh Na Yeong seok PD yang tak lain adalah sahabat Shin Wonho PD. Variety show ini memiliki nama Wise Camping Life dan tayang di Youtube Channel Fullmoon 채널 십오야. Kabar terbarunya mereka juga akan kembali syuting variety show terbaru bersama Na PD setelah Hospital Playlist 2 tamat.

Baca juga: Tidak Hanya Nevertheless, 10 Drama Korea Ini Juga Dibintangi Song Kang

Dari deretan fakta menarik mengenai Hospital Playlist 2, adakah yang baru kamu ketahui? Drama ini banyak menjadi favorit para penggemarnya karena tidak hanya menghibur saja tapi juga memberikan pengetahuan serta dampak baik.


All image credit: Instagram official tvN Drama

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru