Gunung Ijen Ditutup Sekali Sebulan Mulai 2019

Ingin menikmati pemandangan spesial di Gunung Ijen, Banyuwangi? Well, mulai tahun 2019, kamu harus memerhatikan jadwal penutupan karena Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah V Jawa Timur memberlakukan penutupan total kawasan Gunung Ijen sehari setiap bulannya.

Image credit: @jordhanbmtr_

Diungkapkan Sumpena, Kepala BKSDA Wilayah V Jawa Timur, penutupan akan mulai dilakukan sehari setiap bulannya pada Januari 2019, yaitu pada setiap hari Jumat pada pekan pertama. Menurutnya, penutupan bertujuan untuk memulihkan ekosistem di kawasan Gunung Ijen, sekaligus melakukan pembersihan kawasan dan pengelolaan lingkungan, termasuk perbaikan sarana dan prasarana yang berada di wilayah Gunung Ijen.

Aturan ini berlaku untuk semua pihak, mulai dari wisatawan hingga penambang belerang. Pihak BKSDA juga memastikan akan menempatkan sejumlah petugas di setiap pos untuk melakukan pengawasan akan keberlangsungan aturan ini Sebelumnya, kawasan ini sempat ditutup selama beberapa waktu karena keluarnya gas beracun dari kawahnya.

Image credit: National Geographic

Gunung Ijen sendiri menjadi salah satu destinasi paling ngehits di Banyuwangi. Gunung ini juga menunjukkan kemegahannya, sementara Kawah Ijen mempercantik tempat wisata di Banyuwangi ini.

Dengan ketinggian 2.443 mdpl, destinasi wisata ini menawarkan eksotisme api biru di kawahnya, yang juga menjadi daya tarik utama dan menjadikannya sangat fenomenal. Namun secara keseluruhan, Kawah Ijen memang Instagramworthy banget!

Baca juga: Inilah 10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Bisa Menandingi Keindahan Bali

Tertarik berkunjung ke Gunung nan Instagenik di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso ini dalam waktu dekat?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru