Gunung Prau Ditutup Untuk Pendakian Selama Tiga Bulan

Kabar penting bagi para traveler yang doyan hiking ke puncak gunung di Indonesia. Mulai awal Januari 2019, Gunung Prau ditutup untuk pendakian hingga tiga bulan ke depan.

Penutupan itu akan dilakukan mulai 6 Januari hingga 5 April 2019. Tidak hanya pada pada jalur pendakian yang ada, semua base camp pendakian juga tidak diizinkan untuk dimasuki pada tanggal tersebut.

Image credit: @langkahberdebu

Keputusan itu diambil setelah dilakukan pertemuan oleh Forum Koordinasi Gunung Prau Indonesia di Kalilembu, Wonosobo pada 26 November silam. Alasan penutupan jalur pendakian Gunung Prau adalah untuk melakukan revitalisasi jalur pendakian, termasuk di antaranya pembersihan atas sampah, revitalisasi hutan dan pengumpulan serta evaluasi data ekosistem.

Revitalisasi hutan dan reboisasi akan dilakukan di wilayah Telaga Wurung dengan penanaman setidaknya 1,000 bibit tanaman. Bibit ini disediakan secara gratis oleh pihak penyelenggara.

Dilaporkan Kompas.com, pihak-pihak yang melanggar keputusan ini, baik pendaki, pemandu tur hingga agen perjalanan akan dikenakan sanksi denda.

Image credit: @linggabinangkit

Namun demikian, bagi sukarelawan yang ingin ambil bagian dalam program reboisasi dan revitalisasi hutan akan mendapatkan izin untuk ikut melakukan pendakian. Untuk bisa bergabung, para pendaki bisa langsung menuju ke base camp Dieng pada 8 Januari atau 9 Januari pada dini hari.

Baca juga: Rekomendasi 10 Gunung Untuk Pendaki Pemula Di Indonesia

Kamu tertarik ambil bagian dalam program ini?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru